Humor: Surat Cinta Ala Matematikawan

“Surat” ini saya buat 5 tahun yang lalu, terinspirasi saat saya mengikuti kompetisi di Binus (MAGIC – Mathematic and Logic Competition), tanpa suatu maksud tertentu. Bagi yang ingin menggunakan, silakan saja, tinggal isi titik-titiknya, hehehe…


Untuk … tersayang

Tiga minggu yang lalu…
Untuk pertama kalinya kulihat kau berdiri tegak lurus lantai
Kulihat alismu yang berbentuk setengah lingkaran dengan diameter 4 cm
Saat itulah kurasakan sesuatu yang lain dari padamu
Kurasakan cinta yang rumit bagaikan invers matriks berordo 5×5

Satu minggu kemudian aku bertemu kau kembali…
Kurasakan cintaku bertambah,
bagaikan deret divergen yang mendekati tak hingga
Limit cintaku bagaikan limit tak hingga
Dan aku semakin yakin,
hukum cinta kita bagaikan
hukum kekekalan trigonometri sin2+cos2 = 1

Kurasakan dunia yang bagaikan kubus ini menjadi milik kita berdua
Dari titik sudut yang berseberangan,
kau dan aku bertemu di perpotongan diagonal ruang

Semakin hari kurasakan cintaku padamu
bagaikan grafik fungsi selalu naik yang tidak memiliki nilai ekstrim.
Hanya ada titik belok horizontal yang akan selalu naik
Kurasakan pula kasihku padamu
bagaikan grafik tangen (90o < x < 270o)

Namun aku bimbang…
Kau bagaikan asimtot yang sulit bahkan tidak mungkin kucapai
Aku bingung bagaikan memecahkan soal sistem persamaan linear
yang mempunyai seribu variabel dan hanya ada 100 persamaan
Bahkan ekspansi baris kolom maupun Gauss Jordan pun tak dapat memecahkannya

Tag:, , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

36 responses to “Humor: Surat Cinta Ala Matematikawan”

  1. agungfirmansyah says :

    wah,….
    klo kaya gini tulisannya, tuh target bisa pusing bacanya :mrgreen:

    btw, coba liat yg terakhir. “Bahkan ekspansi baris kolom maupun Gauss Jordan pun tak dapat memecahkannya”.
    Sangar Bozzz…, masih SMA dah tau ekspansi baris kolom sama kenal dg Pak Jorda.

    Mantabz…

  2. pipit says :

    oi, charles…huhahhahaahha..bagus loh!! puisinya..hehehhhe…lucu, beda dari yang lain..inspirasi lo jago juga..heheheh..kreatif..!!jadi inget lo jadi asdos alin..hehehhehe

  3. _on says :

    jadi inget kalkulus, alin, dan anum -.-
    ngomong” anum, jadi keinget tugasnya T_T haauuu,, blom baca soal XD

  4. Charles says :

    @agungfirmansyah:

    Tergantung targetnya juga sih, gung… Kalo anak MIPA matematika sih ga masalah kali ya? hahaha…

    btw gw emang uda kenalan sama pak Jordan dari SMA, dikenalin sama guru SMA gw, cuma baru kenal dari hati ke hati pas dikenalin Bu Kasiyah. Hehe, apaan sih ya!? 😛

    ~gung, gw link blognya ya… 😀

  5. Charles says :

    @pipit:

    Thx ya pit… Wah, jadi semangat buat karya lain, hehehe… Hm, btw gw sendiri sekarang uda lupa tuh sama alin. Tapi kayanya harus belajar lagi karena ada anum… T.T

    ~pit, gw link blognya juga ya… 😀

  6. Charles says :

    @_on:

    Gw juga belum baca soalnya, von, hehe…

    ~emang deadliner sejati… 😛

  7. kamal87 says :

    ya ampunn… serem banget dah klo surat cinta yg ngebikin propesor 🙂

  8. Charles says :

    @kamal87:

    Ga kebayang deh mal, kalo yang ngebikin propesor jadi kaya gimana… haha

  9. oscarz says :

    Kak charles suratnya mantab euy, saya aja baru tahu eliminasi gauss jordan setahun yang lalu, hahaha.

  10. apiq says :

    Hehehe…hahaha…
    ada juga yang beginian?!

  11. Charles says :

    @oscarz:

    saya aja baru tahu eliminasi gauss jordan setahun yang lalu

    Hmm, jadi terbayang penderitaan dahulu karena mengetahui sesuatu sebelum saatnya, hehe…

  12. Charles says :

    @apiq:

    Kayanya versi-versi lainnya (puisi cinta matematika, fisika, anak IPA, anak IPS, dll) uda banyak yang beredar, he3… Kalo saya cuma bisa bikin yang matematika aja.

    ~Btw, ternyata ada juga blog matematika ya, hehe. Tetap semangat mas… 😀

  13. Saleh Iskandar says :

    hahaha…lumayan …

  14. mathematicse says :

    Bagus euy… bisa mengkombinasikan pengetahuan matematika dalam kalimat-kalimat yang romantis. Kalau ceweknya seneng atau pandai matematika, wah bisa klepek-klepek nih… 😀 😀 😀

  15. Charles says :

    @mathematicse:

    Haha… Makasi. Surat-surat ginian laku yah di fakultas MIPA? 😛

  16. Mezza says :

    Whehe ….. lo aku cewenya … mikir dulu ney … hahahahha 😀
    Gombal banget ya ternyata matematika

  17. reatheryan says :

    Gak nyangka istilah matematik yang rumit bisa dibuat jadi surat cinta kita” kalo aku kasih ke orang yang aku suka dia langsung nerima aku gak? 🙂

    mas aku link ya blognya… 😛

  18. Cakka says :

    Wah inovatif banget nih puisi nya …. Seru juga 🙂
    Salam kenal ya , oh ya klo ada YM add aku ya di cakkavati_kusuma@yahoo.co.id

    GBU

  19. uni' says :

    huahahahha….kocak abis tu puisi…tapi bingung PL yg 1000 var tp seratus persamaan.Busyet dah gmn ngerjainnya…..muntah angka dah….

    hohohoho…bner2 jd keinget ma alin euy.
    oke lam kenal dari gw nak math unpad:p

  20. Charles says :

    @reatheryan:
    OK, silakan dilink… Makasi ya… 😀

    @Cakka:
    makasih…. nanti ku add ya…

  21. Imperial Nymph says :

    Wah.. Bacanya jadi pusing.. Gag ngerti agh..

    Hahahaha..

  22. Pencinta Matematika says :

    Ini baru namanya cinta matematika.
    Kira-kira, if I send this letter to my girl friends, do they understand?

    http://cintaadalahmatematika.blogspot.com/

  23. Pencinta Matematika says :

    ketinggalan, aku tautin ya blogmu.

  24. atiec says :

    bagus euy,
    tapi kayaknya target yg bkn org mat bkn klepek2 karna tersanjung tp karna puyeng tuchhh…

  25. Hasan eL kyubi says :

    Sae uy, niron ah saalit, mudah2an manjur,heuheu..

  26. nurjasman says :

    hii, salam olah raga

  27. lala says :

    kereen abizzzz….

    kalau aq yang jd incarannya aq pasti mengembalikan kata-kata itu dengan…

    andai aku bisa merubah sudut yang bertolak belakang menjadi sudut berpelurus agar engkau tak lagi bimbang diperpotongan diagonal itu..
    andai aku bukan asimtot yang tak mampu kau capai…

    tapi.. andai aku belum punya gandengan…
    ha,ha,ha…..

    tapi ziiip abis dee…

    teruslah berkarya……….

    semangat!!!!!

  28. Dhesy says :

    Wkwkwk good good
    kreatif dah….

  29. Rizki fauzan says :

    wow mantap sekali mtk i like it tapi ngartos teu yahmanehna

  30. Mifta says :

    bikin yang fisika donk, atau kimia…….

  31. muaz says :

    huhuhu…

    pusing, v enak bahasa`a…

  32. Pujja Slalu Semangat says :

    bagus Bangettttttttttttttttttttt,,,,

    kreatif banget ka …

    ajarin dunk ka

  33. Milla yohanna manggoes says :

    Hahahaha……asyik bangetz 🙂

Tinggalkan komentar