Kesulitan adalah Kesempatan Besar untuk Memberikan Dampak yang Besar

Mengangkat gagang telepon adalah sebuah hal yang sederhana.

Mungkin sebagian besar dari kita akan setuju dengan pernyataan tersebut. Ya, apa susahnya mengangkat gagang telepon?

Mungkinkah mengangkat gagang telepon menjadi sebuah hal yang luar biasa, yang menginspirasi orang lain, dan yang berdampak besar bagi banyak orang?

Jawabannya adalah ya, jika itu dilakukan oleh Nick Vujicic, seorang yang dilahirkan tanpa tangan dan kaki. Suatu hari saya pernah melihatnya di dalam sebuah seminarnya, dia mempraktekkan mengangkat gagang telepon menggunakan tubuh dan kepalanya. Ketika dia berhasil, tepuk tangan penonton penuh keharuan membahana di ruangan tersebut.

Apa yang bisa kita pelajari? Ternyata kesulitan yang dialami oleh Nick telah membuat hal-hal yang sederhana dan biasa menjadi sebuah hal yang luar biasa dan begitu menginspirasi. Nick tidak perlu membelah batu karang menjadi dua untuk menarik perhatian penontonnya. Tidak dibutuhkan hal-hal yang sulit untuk membuat sesuatu yang spektakuler. Hal-hal sederhana seperti mengangkat telepon pun sudah cukup.

Ketika kita berada di dalam kesulitan, itu adalah kesempatan besar untuk memberikan pengaruh. Di saat kita dilanda kesulitan, hal-hal sederhana yang kita lakukan bisa menjadi sebuah hal yang spektakuler, yang menginspirasi banyak orang. Ini adalah kesempatan untuk berbuat hal yang mudah namun berdampak besar!

Sebuah senyuman yang diberikan seseorang yang baru menang lotere tentu sangat berbeda dampaknya dengan sebuah senyuman yang diberikan seseorang yang sedang menderita sakit.

Usaha yang dikeluarkan untuk menghasilkan kedua senyuman itu mungkin tak jauh berbeda. Mereka mengembangkan sejumlah otot yang sama di sekitar mulut. Mereka sama-sama dapat mengembangkan senyuman itu dalam hitungan detik bahkan sepersekian detik. Mereka mungkin memberikan senyuman itu kepada orang-orang yang sama. Namun, dampak senyuman seorang yang sedang sakit akan jauh lebih besar dibandingkan senyuman seorang yang baru saja mendapat lotere.

Kesimpulannya: Jika kita sedang sakit atau mengalami kesulitan, bersyukurlah. Ini adalah kesempatan kita bisa memberikan dampak positif yang besar bagi orang lain, hanya melalui sebuah hal yang mungkin sangat mudah dilakukan, jika kita mau melakukannya.

Lalu kenapa dampaknya dapat sedemikian berbeda? Itu karena tidak banyak yang melakukannya. Semua orang tentu akan tersenyum ketika menang lotere. Ini adalah sebuah hal yang sangat umum. Tapi orang-orang yang tersenyum di kala sakit melandanya? Tidak banyak orang yang melakukannya! Namun, tidak banyak orang yang melakukannya bukan berarti hal itu adalah hal yang sulit. Banyak orang tidak melakukannya hanya karena mereka terlalu berfokus pada penderitaan mereka daripada anugerah yang telah mereka terima.

Jadi, jika saat ini kita sedang dilanda kesulitan, bersyukurlah. Ini dapat menjadi sebuah kesempatan yang besar untuk menginspirasi orang lain. Pikirkanlah kebaikan-kebaikan sederhana yang dapat Anda lakukan, dan lakukanlah. Mungkin itu hanyalah sebuah senyuman yang sangat sederhana, namun senyuman itu dapat sangat berarti di hati orang-orang yang melihatnya.

Ketika Anda mengalami kesulitan, setiap kebaikan sederhana yang Anda lakukan akan berdampak ganda bagi para penerimanya.

Jangan sia-siakan kesempatan besar ini.

Tuhan memberkati kita semua,

Charles Christian

Tag:, , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

13 responses to “Kesulitan adalah Kesempatan Besar untuk Memberikan Dampak yang Besar”

  1. Rudy Azhar says :

    kalau tidak salah saya pernah nonton videonya, dia menjatuhkan diri lalu bangkit dengan segala upaya hanya dengan badannya. Salut abizzz…….

    Mereka aja yang punya kekurangan bisa semangat menghadapi hidup, apalagi yang seperti kita manusia normal. Seharusnya bisa melebihi dia.😀

    • Charles says :

      Betul, itu salah satu videonya yang sangat terkenal. Bagaimana dia menjatuhkan diri dan mencoba untuk bangkit. Tanpa tangan dan kaki. Bahkan dia juga bisa mengetik, berenang, dan melakukan banyak hal luar biasa lainnya. Sungguh luar biasa.😀

    • Miftahgeek says :

      Mengetik dan berenang? Saya cuma pernah ngeliat video nya yang bangkit-dari-jatuh itu doank, rasa2nya belom pernah ngeliat yang sesi mengetik dan berenang? Tapi beneran bisa juga?

      *mikir gimana caranya ngetik ga pake tangan*

    • Baju Wanita says :

      sip🙂 keren

  2. Regina says :

    Tulisan yang memberikan renungan🙂 Adanya suka dan duka itu berarti kita hidup. Makanya harus tetap disyukuri ya. Bukannya melulu mau yang senang-senang aja hehehe…

    Anyway, makasih sudah berkunjung ke blog saya dan salam kenal juga😀

  3. giewahyudi says :

    Lha kita yang normal saja malah malas-malasan..

  4. Pendar Bintang says :

    Sulit dan mudah itu hanyalah pikiran kita tergantung bagaimana menyikapinya, salam🙂

  5. Che Susanto says :

    good posting. salam kenal, bung

  6. galeriberanda says :

    Cermin untuk kita yang raganya tidak kurang suatu apapun
    Agar lebih bersyukur dan bisa memanfaatkan kesempurnaan ini untuk hal-hal yang baik saja dan mampu menjadi manfaat bagi orang lain

    Terima kasih pencerahannya🙂

  7. Masbro says :

    Itu adalah hal yang sederhana buat manusia normal. Tapi adalah sebuah keistimewaan tersendiri bagi Nick. Luar biasa inspiratif..

  8. Kaget says :

    Ketika kita dalan keadaan ‘tak sempurna’, ternyata disaat itulah waktu kita untuk menggali sebuah potensi atau malah bisa berujung sebuah kemakmuran. Banyak yang sudah mengalami hal ini, pada dasarnya hidup adalah misteri🙂

  9. Karina says :

    Ketika Kita dalam Kesulitan Pasti Tuhan akan menolong

  10. nuraeni says :

    asalkan kita menuruti perintahnya,
    Allah juga pasti akan menolong hambanya
    yang sedang kesulitan………..

    teruslah berdo’a.:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: