Perang Tarif Berlanjut… (IM3 vs XL)

.

Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan saya terdahulu:

Di saat harga-harga barang (terutama kebutuhan pokok) sedang naik, ternyata ada harga yang semakin lama semakin turun… Apakah itu? Ya, tarif telepon selular… Saya mencatat terdapat penurunan yang cukup signifikan (dari berbagai operator) dari yang awalnya (mungkin tahun lalu) sekitar Rp 80.000/jam, sekarang kita dapat menemui operator telepon selular yang memasang tarif Rp 600/jam! Penurunan yang sangat signifikan bukan? 😀

Saya masih ingat bagaimana bulan lalu beberapa orang dikejutkan dengan promosi IM3 yang dengan berani memasang tarif Rp 0,01/detik. Jika hal itu sudah cukup untuk membuat Anda terkejut, harusnya saat ini Anda akan lebih terkejut lagi, karena tarif itu sekarang sudah berubah menjadi Rp 0,00000000001/detik! Wow, murah sekali! Mungkin saking kecilnya, nilai tersebut bisa diabaikan (kalkulusnya keluar deh, hehe).

Kenapa IM3 bisa mengubah tarifnya secepat itu? Mungkin (dan sepertinya pasti) karena saingannya, XL, juga sudah mengubah tarifnya menjadi Rp 0,000…1/detik! Loh, kok 0-nya banyak banget? Kenapa ga 0 aja sekalian? Itu karena XL pernah bilang ke operator X kalau “0 itu bukan tarif” (tau dong operator apa yang pernah kasih tarif 0…). Jadi, supaya ga “menjilat ludah sendiri”, XL pun memberlakukan tarif Rp 0,000…1/detik, yang pada dasarnya ya gratis juga alias Rp 0/detik.

Apakah dua promosi di atas berarti kita akan menelepon “gratis”? Ternyata tidak… Kenapa? Karena tarif di atas hanya berlaku pada menit-menit tertentu saja (dan ada perbedaan antara tarif sesama operator dan antaroperator). Jadi, tarif sebenarnya itu seperti ini:

XL (di Jawa)

Tarif XL

IM3

Tarif M3

Tarif M3 2

Setelah saya mencoba sedikit menghitung-hitung, saya dapatkan tarifnya kurang lebih seperti ini:

XL (di pulau Jawa, saat peak 2 – 19:00-22:59):

Sesama operator selama 1 menit: Rp 600
Sesama operator selama 5 menit: Rp 1800
Sesama operator selama 1 jam: Rp 1800
Antaroperator selama 1 menit: Rp 1500
Antaroperator selama 5 menit: Rp 3000
Antaroperator selama 1 jam: Rp 33000

IM3

Sesama operator selama 1 menit: Rp 900
Sesama operator selama 5 menit: Rp 1350
Sesama operator selama 1 jam: Rp 1350
Antaroperator selama 1 menit: Rp 1500
Antaroperator selama 5 menit: Rp 4500
Antaroperator selama 1 jam: Rp 67500

Setelah saya analisis, ternyata dalam banyak kasus XL masih lebih murah daripada IM3, dan itu adalah salah satu konsekuensi XL yang mengeluarkan slogan “Tarif Termurah”.

Saya tidak suka peperangan, tapi untuk perang yang satu ini saya sangat suka, hehe. Perang tarif ini harus terus berlanjut untuk kesejahteraan konsumen… Ditunggu perang tarif selanjutnya… 😀

Sumber:
XL: http://www.xl.co.id/Bebas/Tarif_Termurah_XL_bebas/
IM3: http://www.indosat.com/IM3/IM3_PromotionsProgram_Nasional/IM3_Rp_000000000001_Per_Detik

Iklan

Tag:, , , , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

62 responses to “Perang Tarif Berlanjut… (IM3 vs XL)”

  1. ipunk33mobile says :

    Yg dulunya jarang nelfon, skrg sering nelfon, nah itu yg bikin jaringan tambah padet! Jaringan busy! Sbnrnya indosat benar juga, tiap beberapa menit panggilan terputus karna indosat sbnrnya ingin mengendalikan kepadatan jaringan n memberi ksempatan yg laen buat nelpon. Hehe

  2. artha says :

    perang………..

    semangat 45…!!!!!

  3. darkvanilla says :

    hmm..

    buktiin akh.. coba dua²nya… 😛

  4. Charles says :

    ayo, yang udah coba dua2nya gimana komentarnya? :mrgreen:

    sekarang udah muncul banyak promosi-promosi baru lagi nih. Dari three, axis, dll… Kapan2 bikin postingan perbandingan lagi ah…

    Perang tarif emang ga ada matinya, hehe… Pelanggan sih seneng aja, asal jangan ditipu.

  5. pelanggan XL yg menyesal.. says :

    mas, nulis XL paling murah, tp udah pernah nyoba pake XL blum??

    XL kalo dipake nelpon sejam kata IKLAN sih cuman 2000 sampai detik ke sekian abis itu gratiss…
    tapi kenyataannya, saya pake telpon 1 jam lebih, setiap kurang lebih 15 menit selalu dimatiin sama XL nya, jadi ujung2nya selama 1 jam itu saya harus mengulang penggunaan telepon sampai kurang lebih 5x…jadi sama saja 1 jam XL itu kurang lebih 10.000…

    coba dulu deh sebelum mengatakan XL adalah termurah…

    mana sinyalnya susah lagi….

  6. stefani says :

    Walaupun gw pengguna xl, menurut gw xl licik.
    busuk bgt ga ada untung2y sama sekali …
    xl cuma menang di kualitas suaranya yg jernih …
    tp mahal bgt …

  7. Charles says :

    @pelanggan XL yg menyesal…

    Saya juga pake XL kok. Akhir-akhir ini emang jaringannya lagi kurang bagus. Mungkin dulu memang XL sempet jadi yang paling murah, sekarang uda ga lagi… Kayanya harus update tulisan nih…

    @stefani:
    masih lebih murah XL sih daripada Telkomsel… Kalo licik bener juga, iklannya banyak yang ditutup-tutupi…

  8. ghosye says :

    anak tiri Indosat 😦

  9. gunggung says :

    Iya nich akhir akhir ini gw sebel banget sama operator xl…..
    katanya murah tp kok murahan gini yak…..
    telp murah sama sms murah itu cuma akal2an xl doang yak……
    mendingan pake operator telkomsel yang sinyal n jaringannya jauh
    lebih bagus dari pada XL…

  10. wie says :

    dulu saya juga pelanggan xl yang katanya murah abizzz.eh taunya abiz abisan morotin pulsa.tapi sekarang dah beralih ke telkomsel walaupun aga mahal
    tapi ga miskin sinyal n ga ngebohongin konsumen.
    harusnya pikirin dulu sebelum perang jadi konsumen ga di biohongin.

  11. jojo says :

    inyong merasa puas dengan IM3 dan inyong sangat sebel dengan XL yang cuma omong besar dan bebusa aja mana sinyal miskin bgt lagi…………. huh!

  12. Chrisdian IM3RS says :

    Dari awal saya mempunyai HP, & sampai sekarang pun saya tetap pakai IM3..
    Karena menurut saya (pribadi), hanya IM3 yg jujur & murah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: