Teman Sejati

Alangkah senangnya jika kita mempunyai teman yang setia di segala keadaan, baik di saat suka maupun di saat duka. Alangkah senangnya jika kita dapat berbagi apa yang kita rasakan. Alangkah senangnya jika ada orang yang mengerti kita. Dan itulah gunanya seorang teman.

Sebelumnya marilah kita merenung sejenak. Kita menginginkan mempunyai teman yang setia, yang dapat berbagi dengan kita, yang mengerti kita… Namun pertanyaannya, apakah kita sudah menjadi seperti itu?

Apakah kita sudah menjadi teman yang setia di segala keadaan? Sudahkah kita memberikan yang terbaik untuk teman kita? Maukah kita mengerti teman-teman kita?

Mari kita renungkan. Siapa yang akan memulai semua itu kalau bukan kita? Orang lainkah? Haruskah kita menunggu orang itu, jika kita dapat melakukannya?

Ingin mempunyai teman yang setia? Jadilah teman yang setia terlebih dahulu bagi teman anda. Ingin mempunyai teman yang mengerti anda? Jadilah teman yang mengerti mereka terlebih dahulu.

Jika dapat kita lakukan hari ini, lalu mengapa harus besok? Seorang teman sejati sulit dicari. Maka jadilah teman sejati bagi temanmu, maka kamu akan menemukan teman sejati itu.

Seorang teman sejati takkan lenyap karena waktu, takkan lenyap karena jarak, takkan lenyap walau kita berubah. Teman sejati selalu setia dan melakukan semua untuk kebaikan kita. Alangkah senangnya mempunyai teman seperti itu.

Apakah kita hanya mau menerima itu? Lantas siapa yang memberi jika semua orang berpikir seperti itu? Alangkah baiknya dan sudah seharusnya bagi kita untuk memberi.

Mungkin kita terpisah oleh ribuan mil lautan. Apa yang dapat kita lakukan bagi teman kita? Berdoalah bagi mereka.

Jadilah seorang teman sejati, maka kamu akan mendapatkan teman sejatimu. 😀

Iklan

Tag:, , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

52 responses to “Teman Sejati”

  1. Ricky says :

    Pemikiran yg menarik…

    Terutama yg ini:
    Apakah kita hanya mau menerima itu? Lantas siapa yang memberi jika semua orang berpikir seperti itu?

    Lagi2, sayangnya, banyak orang yg berpikir spt itu… apalagi di zaman sekarang… gw turut prihatin…

    Lagi2, kalo semua orang berpikir seperti gw (turut prihatin) yah cuma jadinya turut prihatin tanpa ada tindak lanjut..

    Gw pikir antar teman sejati bahkan tak perlu mengatakan bahwa mereka teman sejati. Tidak di kata2, tapi dapat dirasakan…
    Teman sejati juga tdk harus selalu mendukung keinginan kita. Tepatnya teman sejati akan mendukung kita kalo kita benar dan akan mengingatkan kita kalo kita salah.

    ~Gw ga mau hanya menjadi yg turut prihatin…
    ~Gw ga perlu mengucapkannya, gw hanya perlu melakukannya…

  2. Charles says :

    @Ricky:

    Totally agree… 😀

    Teman sejati akan dapat kita rasakan dengan sendirinya. Teman sejati akan berbuat sesuatu untuk kebaikan kita…

  3. idha says :

    teman sejati kata yg indah wat persahabatan..sulit menilai apakah sdh ada tmn sejati di kehidupan kita taw bahkan tak pernah menemukannYa,,saat mncari keberadaan teman sejati kekecewaan yang di dpt karena pengkhianatan yang di temui,padahal tlh bnyak hal yang baik di lakukan untuk mNdapatkan tmN sejati..

  4. lyea says :

    teman sejati susah ditemukand dibanding cinta sejati..
    teman sejati akan muncul ketika diperlukand, tak kan jaug walau tak diperlukand, >> selalu ada d sisi kita,

    salam, Lyea beud itz me JPS indo

  5. bambang sp says :

    Sejatinya teman sejati itu adalah bayangan mu, kenapa ? karena disaat siang dia selalu mendampingimu dan disaat malam dia melebur kedalam dirimu.

  6. Ejha says :

    Qu setuju dg opini tsb,tp aq gx peduli dg yg namanya sahabat sejati,melelahkan.kbnykn sahabat sejati itu dlm suka aja x.

  7. ian says :

    Iyah,stju bgt ma opininy..
    Jaman skrg bgt2 susahny nemuin tmen sejati..
    Smua org mikir gmana bs nemuin tman sjati,tapi g berpkr gmana crny jd tmen sejati..
    Pdhal g cm cr tmen sjati aj yg susah,tp mw jd tmen sejati jg susah bgt…

  8. aviv says :

    it’s beautiful.
    tulisannya saya taruh di blog saya.

  9. enal says :

    gue skarang lebih mementingkan teman sejati daripada pacar

    slnx pacar itu gampan scali ji di cari,mka jika kmu dha

    memdapatkan teman sejati kmu harus menjaganya

    supaya tidak di ambil ma orang laen

  10. dodoy says :

    SUsah cari teman sejati….! teman sejati menutut g seperti semut ( susah senang bareng2 )

  11. riva says :

    aq sependapat dgn ricy .akan q tambahkan commenty ricy ,
    teman sejati akan membawa hidup kita lbh indah

  12. Popo says :

    Untuk zaman sekarang yg namanya teman sejati,itu susah dicari hamppir bisa dikatakan sudah tidak ada lagi.

  13. Totone says :

    Untuk mendapatkan teman sejati itu susah sekali, karena selalu penghianatan atau kepahitan yg kita dapat. Jadi sebaiknya bersikap biasa-biasa saja terhadap teman.

  14. sella says :

    teman sejati sulit dicari

  15. Asha says :

    Alangkah bahagianya hidup jika kita mempunyai seorang teman yang memahami dan mengerti kita….tapi aku tak pernah menemuinya lagi….

  16. Lisa says :

    Di dlm dr mns ada kelebihan n kekurangan…. Mns g bs memenuhi pa yg qt inginkan…. Mns msh terbts,coy….

  17. amaalyaaquu says :

    tpii q aj pnyaa tman,q udaa brusahaa baeek,tp ga adaa gunanya jg,,mreka baik bnget law ada maunya,tp klo ga,aq di pukul,di apain lah,,memang bnr ya cari tmen sjati it susahh

    • sulaiman says :

      kadang kita harus bercermin juga….!!!
      sebagai seorang teman tidak semuanya harus kita berikan
      kita mempunyai identitas dan kehormatan diri
      kita harus menjadi teman yang pintar tidak hanya teman sejati…
      kesalahan anda adalah membiarkan teman anda untuk berbuat demikian ke anda

  18. meycha says :

    teman sejati bagiku ialah teman yang s’lalu ada di saat suka maupun duka.dan merasakan apa yang kita rasakan.jangan s’kali2 teman sejati kita pergi meninggalkan kita karna perbuatan kita,karna kita akan menyesal banget ketika dia pergi meninggalkan kita..

  19. panduiiiii says :

    shabattttt yang terbaikkkkkkkkkkkkkkkk…………………..

  20. LITHA says :

    emang siiih smw org butuh teman sejati,tapi jarng ada tmn sejati itu

  21. pm says :

    walaupun sekalinya ada teman sejati atau sahabat sejati atau apalah,, eh taunya malah dikecewain kita dgn teman sejati kita sendiri.. 😦

  22. iput says :

    setujuuuuuuuuuuuu…mank sahabat paling oke

  23. iput says :

    2x setujunya sahabat is the best 😀

  24. meli says :

    temen 2 org yg ada wkt kt bthn,baik suka n duka,
    temen jg bkn orang yg ad klo kt lg sng aj nd tmn jg bkn org yg bsa mnfaatn kt klo kt ge da duit atw sgl mcm na lah,
    tp tmn ky gtu langka nd susah………banged wat d tmuin klo kt hya ngu nd ga nyari,
    dlm brtemn kt jg hrs plh2,mna tmen yg baik wat kta atw ga,dgn cara 2 kta bsa dpt teman sejati atw SAHABAT………
    key

  25. momo says :

    Gw setuju dgn Lisa..

    ” Di dalam diri manusia ada kelebihan dan kekurangan…. Manusia tidak bisa memenuhi apa yang kita inginkan…. Manusia masih terbatas,coy…. ”

    So, alangkah indahnya bila kita hanya berharap kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, dan mengandalkan diri sendiri… Gitu kan yah..? 🙂

  26. bluenight says :

    nice share… nice thought…

  27. arul says :

    enak ya main breng dngan temen sdangkan ku ga bsa maen breng kmpul breng dngan tmen

  28. sulaiman says :

    sangat setuju dengan mas charles dan ricky.
    berikan saja yang terbaik yang “dapat” kita berikan dengan “pintar”.
    berikan semua jika itu baik. dan sebaliknya….

    oh ya saya hanya menambahi pesan dari mas ricky aja :d

    ~Gw ga mau hanya menjadi yg turut prihatin…
    ~Gw ga perlu mengucapkannya, gw hanya perlu melakukannya…

    >> Gw juga akan melakukannya dengan ikhlas.

    yup…!!! kita harus membantu dengan ikhlas.
    bukan dengan harapan mereka akan membalasnya kemudian kelak hari atau mereka menepati janji-janjinya.
    karena jika kita membantu dengan perasaan pamrih kecewa besar yang kita dapat dikemudian hari. [“sehingga kita juga perlu bertanya : sudahkah kita juga menjadi teman sejati karena ternyata ada pamrih di dalam bantuan kita ?? “]

    jadi…!!! mari berpikir positif saja…!!!

  29. Jolly says :

    Ijin share di FB yah..artikel yang sangat bagus 🙂

  30. flo says :

    aku punya teman sejati sejak kelas 2 sd aku sudah mengerti dia tapi dia tidak mengerti aku
    bagaimana caranya?

  31. karin chan says :

    :green:

  32. karin chan says :

    maksudnya apa sih (mutar -mutar)
    coba cerita persahabatan sejati

  33. karin chan says :

    🙂

  34. karin chan says :

    :p

  35. rolly says :

    bener emang harus dimulai dari kita sendiri

  36. Rahma says :

    Hemm tulisan yg bagus..

    ~Ada satu pertanyaan ni apakah teman sejati tu sama dgn sahabat??

    Soalnya q ma temen q gak prnah mau mengenal kta sahabat, krna q ma tmn q uda prnh ngrasain d khianatin..
    Dan skrg q ma temen q buat istilah bru yaitu “temen mambu untuk temen sejati”
    dan “temen busuk untuk temen yg palsu”
    🙂

  37. Hasya says :

    Kurang lebih 7thn temenan, aku selalu berusaha untuk menjadi teman sejati, slalu berusaha menjadi yang terbaik selalu setia di dalam suka ataupun duka, tapi kebanyakanya aku hadir di dalam duka nya melulu karena kalo dia lagi seneng kadang aku di lupakan,,,,:D
    pengorbananku,,, perjuanganku,,, kesetiaanku,,, penderitaanku,,, ternyata di salah artikan 11 nopember 2010 aku di sakitin lahir & bhatin sm orang yang aku anggap sebagai teman sejati,,,;(
    jadi sekarang mh berbuatlah baik pada siapun di manapun dan kapanpun tong di wilah wilah cek orang sunda mah,,, dan saya setuju dengan pendapat kang sulaiman,, lakukanlah kebaikan itu dgn ikhlas, tulus dan tanpa pamrih:*

  38. Carlos Hansellino says :

    Saya kelas 5 sd..
    saya pikir..
    sahabat tidak akan bisa di pisahkan ..
    dan saya ada satu pesan..
    ini buatan saya..
    Sahabat ternyata kita perlukan.. walau dy menyebalkan,dan walau pun dy membenci kita.. Tetaplah kita harus menyayangi mereka.. Karena merekalah yg selalu menemani,mendukung,dan yg selalu menghibur kita di kala sedih.. Sayangilah sahabatmu walau memang ia mengecewakan.. Tetapi,hanya dia lah yg akan selalu di samping kita.. SAHABAT,SAHABAT, SAHABAT!Dan Kita Tidak akan pernah berjalan sendiri…

    Terima kasih..

    SD Tarakanita Gading Serpong ..

  39. zul says :

    teman sejati,mengerti apa yg tak di jelaskan,mendengar apa yg tak dikatakan….

  40. herlan says :

    indahnya jika kita bisa memberi dan berbagi kebahagiaan dengan kawan…..

  41. billydolontelide says :

    teman sejati itu setia,,,,walaupun fisiknya mungkin tak seperti orang normal pada umumnya. aku punya teman yg sangat baik,,tetapi dia tunarungu….aku tak perduli itu,,,karena aku merasa dialah teman sejatiku yang selama ini aku cari,,,,

  42. Suhu narilana says :

    Bagaimana jika teman sejati kita hanya menumpang nama sajah ? Percuma kan teman sejati takan ada jika masih ada perhianatan. . Kangen bgt pengen bgt punya teman sejati . .tapi sulit . .pertama baik , tapi baik itu ada maksudnya. .
    Andai teman sejati ituh ada di salah satu anggota badan ku , agar teman sejati tidak pernah berkianat ,

Trackbacks / Pingbacks

  1. Teman Sejati | Aciez_Small - 18 Desember 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: