Mulailah Menulis Untuk Mencurahkan Isi Hati dan Pikiran

Apakah Anda pernah mengalami sebuah kejadian yang sangat berkesan untuk Anda? Saya rasa semua orang pasti pernah mengalaminya. Tetapi, apakah semua kejadian-kejadian yang berkesan tersebut masih Anda ingat sampai sekarang? Saya sendiri, banyak kejadian-kejadian menarik dan penuh makna yang saya alami, yang tidak bisa saya ingat lagi sekarang. Kesalahan saya adalah tidak mendokumentasikan kejadian tersebut di saat saya masih mengingatnya.

Ada banyak cara mendokumentasikan sebuah kejadian. Salah satu caranya adalah dengan menuliskannya. Tuliskanlah kejadian itu beserta dengan pesan yang Anda dapatkan dari kejadian itu. Tuliskanlah di mana saja. Di buku harian. Di agenda pribadi Anda. Di blog Anda. Atau di komputer Anda, dan simpan di folder pribadi Anda.

Saya yakin suatu saat nanti, tulisan yang Anda buat pasti akan bermanfaat. Di kemudian hari, Anda akan terkejut melihat tulisan Anda sendiri. Nilai tulisan itu akan semakin bernilai jika Anda telah melupakan kejadian tersebut, sehingga Anda seperti belajar dan tercerahkan kembali oleh tulisan Anda sendiri di masa lalu.

Jangan biarkan diri Anda dipusingkan dengan berbagai perencanaan yang menghambat Anda untuk mulai menulis. Anda tidak sedang membuat sebuah penelitian ilmiah. Yang penting, menulislah terlebih dahulu. Tulislah apa yang ada di pikiran Anda saat ini. Ide yang muncul di kepala Anda saat ini belum tentu muncul kembali esok hari. Ide itu dapat dengan mudah saja lenyap. Sangat disayangkan jika Anda melewatkan ide-ide brilian di kepala Anda, yang sebenarnya bernilai sangat tinggi. Kalau saja Anda menuliskan ide-ide tersebut… Anda tidak perlu takut melupakannya. Jadi, tuliskanlah ide-ide yang ada di kepala Anda.

Kebanyakan orang mempermasalahkan masalah-masalah kecil seperti gaya bahasa, kalimat yang baku, kata-kata yang tepat. Anda tidak perlu memikirkan itu semua di saat menulis pertama kali. Ingat, tulisan itu bisa Anda edit kembali. Yang tidak akan kembali adalah idenya. Anda bisa memperbaiki tulisan Anda di kemudian hari, tetapi Anda sudah menangkap idenya terlebih dahulu. Jadi, kalau Anda mempunyai sebuah ide di kepala Anda, segeralah tulis dengan bahasa Anda sendiri. Tulislah dengan bahasa yang membuat Anda nyaman. Alirkanlah ide di kepala Anda tersebut ke atas kertas atau ke dalam sebuah dokumen. Tuliskanlah semuanya. Jangan biarkan Anda diganggu dengan masalah-masalah teknis yang menghambat Anda dalam menulis.

Mulailah menulis. Curahkanlah isi hati dan pikiran Anda ke dalam tulisan Anda.

Tuhan memberkati kita,

Charles Christian

Tag:, , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

8 responses to “Mulailah Menulis Untuk Mencurahkan Isi Hati dan Pikiran”

  1. Ceritaeka says :

    Setuju!
    Nah itu dia isi blog saya… isinya curhatan semua hehehe

  2. Cahya says :

    Tapi nanti malah jadi isinya pikiran negatif semua masuk ke dunia maya🙂 – kalau semua kejengkelan ditumpahkan, bisa-bisa tidak terkendali juga.

  3. Yohanes Hutabalian says :

    bagus : )

    pengen coba2 jga nie mencurah kan isi hati lwat tulisan…
    biasanya yg aneh2
    heh😀

  4. mujipurkhon says :

    Yup, saya mau belajar memulai menulis tetapi kog selalu kebingungan menulis apa yah bro? terpikir untuk memulai dari hal sederhana yg biasa saya temui di jalan, di rumah, di kantor.. tapi sepertinya “ide” itu belum menghinggap juga.. hahhahaha… masakah perlu les private dulu? hahahaha … musti banyak belajar dari brother charles christian nih,,.. =D

    • Charles says :

      @mujipurkhon:

      hai bro… ga usah les private lah, itu uda mulai nulis kan di blog? hehe… Ide biasanya banyak hinggap cuma susah ditulisnya ya. Ya, kita sama2 belajar bro… Klo urusan sales, g yg harus byk belajar dari u nih bro… hehehe.

      GBU bro… Tetap semangat!😀

  5. diadiadia says :

    bener ! jos
    tapi semua ini bikin saya ragu untuk melangkah dan mambangun kembali masalalu itu..
    apa ada saran lain ?

  6. dela says :

    aku selalu sayang alpin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: