Tag Archive | kereta

Tips Anti Copet di Kereta, Bis, Atau Angkot

Buat yang suka naik angkutan umum seperti kereta api, bis, atau angkot, istilah “copet” sudah tidak asing lagi. Malah mungkin ada dari para pembaca yang pernah mengalami kecopetan, atau setidaknya mendengar kabar teman yang kecopetan handphone atau dompet di dalam angkutan umum. Saya mendengar beberapa teman saya yang mengalami kecopetan di kereta, mulai dari kantong yang dirogoh secara tidak sadar sampai tas yang disilet, mulai dari yang baru pertama kali naik kereta sampai yang setiap hari naik kereta. Saya pun pernah nyaris dicopet di angkot. Namun syukurlah, sepanjang empat tahun saya menggunakan jasa kereta api, saya belum pernah kecopetan. Saat ini, saya ingin membagikan tips yang saya lakukan setiap kali saya naik kereta api, untuk menghindari kecopetan di kereta.

Saya biasa memasukkan handphone dan dompet saya ke dalam kantong celana. Biasanya, menaruh handphone di kantong celana di tengah penuh sesaknya kereta adalah makanan empuk bagi para pencopet. Tapi, itu hanya berlaku untuk kantong yang tidak dijaga dengan baik. Saya menemukan satu filosofi yang berhasil menyelamatkan saya dari kecopetan selama empat tahun terakhir ini. Filosofi yang sangat sederhana, yaitu… Baca Lanjutannya…

Pengamen Aniaya Anak Di Kereta

Kisah berawal ketika saya naik kereta ekonomi tujuan Jakarta sore ini. Ketika kereta berhenti dan saya mau masuk ke dalam gerbong delapan, tiba-tiba terdengar suara-suara ribut dari gerbong sebelah. Awalnya saya berpikir ada pencopetan atau semacamnya. Saya pun menambah kewaspadaan dan masuk ke dalam gerbong.

Saya dikagetkan dengan datangnya seorang ibu dari gerbong sebelah yang menangis sambil menggendong seorang anak laki-laki berusia sekitar 5 tahun yang hidungnya berlumuran darah. Saya kembali bertanya-tanya, apakah yang terjadi… Apakah terjadi kecelakaan dengan anak tersebut. Ibu itu membersihkan luka yang ada di wajah sang anak dan berkata, “Ini bukan anak saya… Tapi saya kasihan dengan anak ini.” Beberapa detik kemudian, saya baru tahu apa yang terjadi sebenarnya.

Baca Lanjutannya…

Naik Kereta Gratis

Kisah ini berawal dari kemarin malam, di tengah belajar untuk ujian anum (baca: analisis numerik), seorang teman memberikan informasi ini kepada saya:

March 28, 2008, 4:27 pm
31 Maret, KRL Jabotabek Tetap Jalan

KRLmania.com,
Beredarnya kabar akan adanya aksi mogok massal seluruh karyawan Divisi Jabotabek yang tergabung dalam Serikat Pekerja Divisi Jabotabek pada hari Senin, 31 Maret 2008 nanti, , membuat resah banyak pengguna KRL Jabotabek.

Mereka berharap, aksi mogok tersebut tidak mengganggu operasional KRL Jabotabek pada hari Senin nanti.

“Bener gak sih mau mogok ?. kalao mau mogok mbok ya di hari libur aja,” uajr sorang Roker.

Kabar mengenai aksi mogok ini dibantah oleh Kepala Humas Daops. I, PT KA, Ahmad Sujadi. Menurutnya Serikat Pekerja tidak akan melakukan aksi mogok. Kemungkinan memang akan ada aksi demo, tapi bukan mogok massal. Aksi demo ini akan dilakukan oleh karyawan Kowasjab, Koperasinya Karyawan PT KA Divisi Jabotabek yang selama ini mempekerjakan karyawan penjual tiket di stasiun-stasiun. “Mereka bukan karyawan PT KA, tapi tenaga outsourcing yang dipekerjakan oleh Koperasi untuk menjual tiket KRL Jabotabek,” ujarnya.

“KRL Jabotabek akan tetap beroperasi,” ujarnya.

(nc)

Berhubung pagi ini ada ujian di kampus saya di Depok jam 8 pagi, dan saya biasanya menggunakan jasa kereta api untuk mengantarkan saya dari Stasiun Kota jam 6 pagi setiap hari Senin, issue pemogokan membuat saya agak khawatir…

Seperti biasa, saya sampai di Stasiun Kota jam 6 pagi. Masuk ke dalam stasiun, dan cukup terkejut melihat loket tidak dibuka. Ada satu petugas yang meminta saya untuk menuju loket yang lain. Saya pergi ke loket yang lain… Sesampainya di sana, saya melihat banyak orang berkerumun, tetapi loketnya tidak dibuka juga… Dag dig dug… “Wah, jangan-jangan beneran mogok nih?” T.T

Setelah mengamati beberapa lama, saya melihat banyak petugas yang berkerumun di depan pintu tempat penjualan tiket… Ternyata, mereka tidak dapat membuka pintu tersebut (yang saya juga tidak tahu kenapa, mungkin karena yang membawa kuncinya tidak datang alias mogok!?). Wah, bagaimana ini, pas saya ada ujian jam 8 pula…

Baca Lanjutannya…

Kereta oh Kereta…

Hari ini saya naik di atas sebuah kereta yang di dalamnya tidak ada satupun pedagang. Kalau sering naik kereta pasti tahu apa artinya kalau pedagang aja ga mau naik ke kereta dan beroperasi (selain karena ada razia tentunya).

Untuk memberikan sebuah gambaran, hari ini saya naik kereta ekonomi tujuan Bogor, dari Jakarta Kota, pukul 17:30, setelah menunggu selama 1 jam di stasiun Jakarta Kota karena ga ada kereta ekonomi yang masuk, di tengah guyuran hujan. Kalau belum pernah ngerasain mungkin ga ngerti. Tapi kalo yang udah/sering mengalami, pasti mengerti. Ada kalimat yang cukup merepresentasikan keadaan tersebut. No more space…

Baca Lanjutannya…

%d blogger menyukai ini: