Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #1)

Pertanyaan:

Sebuah jam dinding berdentang 1 kali pada jam 1, 2 kali pada jam 2, dan seterusnya hingga berdentang 12 kali pada jam 12. Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang selama 3 detik. Berapa detik yang diperlukan jam dinding tersebut untuk berdentang pada jam 6?

Jawaban:

7,5 detik

Asumsi:

Waktu setiap dentangan sangat kecil jika dibandingkan waktu jeda antardentangan, sehingga waktu setiap dentangan ini dapat diabaikan.

Penjelasan:

Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang 3 kali selama 3 detik. 3 kali berdentang berarti terdapat 2 buah jeda antardentangan (jeda antara dentangan pertama dan kedua, dan jeda antara dentangan kedua dan ketiga). Artinya, jeda antardentangan ini adalah 1,5 detik. Jika kurang jelas, perhatikanlah ilustrasi berikut.

TENG —— (1,5 detik) —— TENG —— (1,5 detik) —— TENG

Jadi, pada jam 6, terdapat 5 jeda antardentangan. Sehingga waktu yang dibutuhkan adalah 5 x 1,5 detik = 7,5 detik.

Notes:

Perbedaan asumsi mungkin membuat perbedaan jawaban. Namun, intinya waktu jeda antardentangan harus diperhatikan.


Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana Problem Set #1

Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana

Kembali ke halaman Teka-Teki

127 thoughts on “Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #1)

  1. ga logis bgt! payah ah! pantes pd ga bisa jawab, orang aneh

  2. ahahahaha

  3. menurut saya, jawabannya 10800 detik
    karna jarak antara jam 3 dgn jam 6 itu adalah 3 jam
    karna 1 jam 3600 dtk maka 3600 x 3 = 10800 dtk

    jadi waktu yg diperlukan jam dinding tsb utk berdentang di jam 6 adalah 10800 detik

    • betul yang di tanyakan jumlah detik agar dia bisa berdenteng lagi. bukan lama dentengnya….???

    • 10797 dtk, karena 3 detik udah dipake berdentang pada jam 3…

      hehehehehe

    • pada jam 3 waktu yang diperlukan untuk berdentang 3 kali adalah 3 detik… bukankan dari detik pertama ke detik kedua itu terdapat sedikit jedah beberapa milidetik…
      artinya pada jam 6,,, waktu yang diperlukan untuk berdentang itu ialah 6 detik….. pada soal tidak terdapat berapa selisih waktu antara dentangan pertama ke dentangan kedua… cuma diketetahui berdentang selama 3 detik untuk 3 kali dentangan…..

  4. secara logika tidak mungkin waktu berdatang = waktu jeda

  5. Saya pikir jawaban kawan bagus sekali..
    saya sangat mengapresiasi jawaban kawan..
    Tapi menurut pandangan saya,,
    Perhitungannya ialah begini kawan:
    1 dentangan itu kan 1 detik,,
    jadi kan d jumlah 6 detik..
    Jeda kawan asumsikan 0,5 detik.. ada 5 jeda..
    jadi kan jumlahnya 2,5..
    kalau kita tambahkan jumlah dentangan dengan jeda maka:
    6 + 2,5 = 8,5…
    jadi menurut pandangan saya jawabannya ialah 8,5 detik..

    Saya rasa postingan kawan bagus sekali..
    sangat bermanfaat bagi orang lain…
    ^_^

    • tapi gini kalo menurut saya gan
      kalo 1 detik = 1 dentangan dalam ilustrasi akan seperti ini
      start hitungan itu pada dentang pertama dan berakhir pada dentangan ke 3

      TENG — jeda (0,5) — TENG (0,5) — Jeda (0,5) —- TENG (0,5) = total hanya 2 detik pada 3 dentangan brti tidak sesuai dengan soal

      jadi sangat jelas jawaban 7.5 detik adalah jyang benar

    • ga idep kaya gini mah gue -_-“

  6. Wedos pertanyaan jawaban ga mutu..
    Ya tergantung jam ditiap2 rmh.. Jgn cuma asumsi2… Buktikan… Kurang kerjaan buat ga mutu!!!!

  7. basiiiiiiiiiiiiiiiiiii…..

  8. Udah dibilang kalo’ jam 3 cuman butuh waktu 3 detik. Kalo’ jarak antar dentang 1,5 detik berarti saat jam 3 waktu yg dibutuhkan bukan 3 detik melainkan 6 detik.
    Pikirin aja dentang lamanya 1 detik lalu jarak antar dentang 1,5 detik.

    (1 detik) —– (1,5 detik) —– (1 detik) —– (1,5 detik) —– (1 detik).

    Kira2 ini 3 detik atau 6 detik?!
    Jadi, kesimpulannya adalah orang yg jawab barusan tadi itu baru belajar baca soal.

  9. Hore, jam tangan ane bisa nyala dlm gelap. Wakakakak

  10. Jika;
    jam 3 tiga dentangan selama 3 detik,
    maka;
    jam 6=
    6 dentangan=
    6 detik. Gitu aja ko’repot..! Soal jls banget lho..!!!

  11. Jawaban yang sangat konyol !!
    Yang anda hitung hanyalah jeda dentangannya BUKAN dentangnya
    Teng ——- 1,5 detik —— Teng —— 1,5 detik —— Teng
    Kalau Teng tidak punya waktu (0 detik) sama aja tidak berbunyi!!!

  12. TENG……TENG……TENG 3 KALI TENG 3 DETIK ,BERARTI KALAU TENG….. ITU ADALAH 1.2 DETIK,,,,JADI KALAU 6 KALI TENG TENG….TENG….TENG….TENG….TENG….TENG ITU BERARTI 5 X 1.2 DETIK DITAMBAH 0,6 DETIK DAN HASILNYA 6,6 DETIK KALAU JAM 6,,MENGAPA? BELUM TENTU JAWABAN 6,6 DETIK BENAR TAPI KALAU MENURUT LOGIKA <7 DIBAWAH 7 DETIK DIATAS 6 DETIK MENGAPA,,KARENA SEKALI BUNYI TERGANTUNG KECEPATAN TELINGGA KITA UNTUK MENANGKAP BUNYI,,,

  13. wah ni jwbn ny trlalu bragam gan, trgantung asumsi tiap org ttg waktu jeda

    jdi 7,5 dtik tidak mutlak benar

    saran saya, klo teka teki logika jawabannya harus mutlak…. klo gak, bukan logika nama nya

  14. pertanyaan macam apa ini.. gak logis… hitungannya harusnya
    3 dntangan : 3 dtik = 1 dntangan/dtik
    trus 6 dntangan x 1 dntangan/dtk = 6 dntangan/dtik
    gak ada waktu jeda untuk lonceng jam..

    trus kalimat pertanyaannya gak bener banget…

  15. Menurut saya kalau memang jeda antar detik adalah 1,5/berdendang maka pada saat jam 6 hanya 1,5 karena tidak keterangan komulatif dari soal diatas.
    thank u.

  16. Gak mudeng…pertanyaan sama jawabannya kurang nyambung n kepanjangan

  17. wowwwwwwwwwwww

  18. pembodohan banget, -_-
    kalo jam 3 , 3 kali berdenteng,
    berarti,
    teng! itu satu detik,
    berati kalo jam 6, 6 kali berdenteng,
    teng (1) teng (2) teng (3) . . . teng (6)
    6 detik, coy! -_-

  19. gw lgsg jwb 6 detik td, tp pas baca jawaban dr yg ksh soal kok 7.5 detik??
    “Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang selama 3 detik” artinya pada jam 1 = 1 detik, jam 6 ya 6 detik…
    kalo dirumah kakek gw baru bs 10 detikan soalnya batrenya udah soak. anehhhh

  20. 7,5 detik? Saya setuju dengan jawaban ini, alasannya yah sesuai dengan alasan diatas :D

  21. intinya jam,detik,menit, klo tdk ada itu kita tdk akan tw jam brpa skarang

  22. salah jawaban nya. kan yang di tanya brp detik untuk berdentang pada jam 6. jwaban nya ya 3 jam =10.800 detik. pertanyaan nya kemana jwab ny kemana. bahasa indonesia nya mesti di perbaiki tuh

  23. Selamat!!!
    Bukan benar atau salah, tetapi pahala kepada orang yang telah membuat otak sesamanya aktif digunakan…

  24. gak logis jawaban yang payah

  25. nich gw jelasin lagi,,..
    Jam 1 ada 1teng, jam 2 ada 2 teng, jam 3 ada 3 teng,, dst smpi jam 12 ada 12 teng.

    Diket
    jam 3 ada 3 teng selama 3detik itu berarti TENG 1 (jeda waktu) TENG 2 (jeda waktu) TENG 3

    jeda waktu= total waktu berdentang : jumalh jeda= 3 : 2 = 1,5 detik

    anggap aja jeda wktu = W

    berati pada jam 6 adalah,,
    ada 6 teng dan 5 jeda waktu yaitu sbb:

    TENG 1-jeda-TENG 2-jeda-TENG 3-jeda-TENG 4-jeda-TENG 5-jeda-TENG 6

    jadi lama dentengan
    TENG 1 (5 * 1,5= 7,5detik)sampai TENG 6

  26. Setuju dengan 7,5 detik dengan jeda waktu 1,5 detik per dentang…
    Hitungannya sama seperti diatas…
    Dan kenapa dalam soal harus disebutkan jam 3 karena disitulah hitungan pastinya berapa waktu jeda antar dentangan dimana kalo hanya jam 1 dan jam 2 aja gak bisa diketahui berapa waktu jeda antar dentangannya…
    Yg jawab 1 detik = 1 dentang pada jam 3 lupa ya kalo dentangan pertama berbunyi pada detik ke-0, kalo memang 1 dentang = 1 detik seharusnya pada jam 3 berdentang selama 2 detik, bukan 3 detik yaitu dentang pertama dihitung dari detik ke-0 pas jam 3.00 dentang ke 2 = 1 detik setelahnya dan dentang ke 3 = 2 detik setelahnya…
    Cmiw… :D

  27. dalam pertanyaan tidak di lampirkan berapa ama jeda antardentangan, tetapi pada jawaban anda muncul istilah jeda tersebut, bagaimana orang bisa menjawab teka teki tersebut dengan benar? jika orang menjawab sekian detik, anda bisa seenaknya mengatakan bawah jawaban itu salah, karena anda bisa mengasumsikan jeda antardentangan itu berapa pun sesuka hati, contoh 0,1 sampai 0,5 detik, jawaban akan selalu berbeda…jika seperti itu ini belum dapat di katakan sebagai teka teki karena jawabannya bisa di modifikasi, thanks.. bye

  28. Begini. Sesungguhnya pertanyaan tidak secara tepat memberikan informasi yg cukup. Mengapa?
    Karena hanya disebutkan untuk 3 dentang dan 2 jeda totalnya adalah 3 detik.
    ——| |——| |——- = 3 detik
    Ket: ——– = waktu dentang
    | | = waktu jed
    Bila ditanya berapa durasi dibutuhkan maka untuk jam enam akan terdapat 6 dentang sebagai berikut :
    ——| |——| |——- = 3 detik ditambah
    ——| |——| |——- = 3 detik
    Atau 3 dentang pertama + 3 dentang kedua
    Terakhir perlu diperhatikan antara 3 dentang pertama 3 dentang kedua terdapat 1 jeda yang durasinya tidak ketahui.
    Yg diketahui dari pertanyaan adalah total dari 3 dentang dan 2 jeda. Sehingga total durasi yg sibutuhkan untuk jam 6 adalah:
    2 x (durasi 3 dentan) + 1 jeda antara atau :
    2 x 3 detik + 1 Durasi jeda
    Bila durasi jeda = Tj, maka
    = 6+1 Tj

    Demikian pula utk jam 9. Karena 9 terdiri dari 3 x (3 dentang = 3 dtk) dan 2 Tj, maka
    9 + 2 Tj.
    Durasi antara tiap dentang tergantung jamnya sendiri.
    Semoga bisa menjelaskan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s