Solusi Tantangan Sembilan Titik

Berikut adalah jawaban dari tantangan pertama saya, yaitu melewati sembilan titik dengan TIGA buah garis lurus yang bersambungan.

Kebanyakan orang menambahkan asumsinya sendiri, bahwa garis yang dibuat harus melewati TENGAH titik-titik tersebut. Padahal, yang diminta hanyalah melewati titik, entah di tengah atau di pinggir. Ketika kita melepaskan asumsi tersebut, solusi di atas akan dapat ditemukan dengan mudah.

Nah, sekarang, bagaimana caranya kita melewati kesembilan titik tersebut hanya dengan SATU garis lurus? Sekali lagi, tidak ada aturan yang mengatur tebal garis bukan? Sekarang coba Anda bayangkan Anda mempunyai sebuah kuas yang besar, dan menyapu kesembilan titik tersebut sekaligus dengan satu garis lurus yang dibuat oleh kuas itu. Hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut.

Masih berpikir tantangan saya tidak mungkin diselesaikan? Ternyata, ketika kita mengubah pola pikir kita dan membuang asumsi-asumsi yang tidak relevan yang membatasi kita, kita akan dapat melihat solusi yang dahulu kita tak dapat melihatnya.

Seperti itulah contohnya โ€œthink out of the boxโ€.๐Ÿ˜‰

26 responses to “Solusi Tantangan Sembilan Titik”

  1. sasha says :

    keren … keren …
    jadi dapat inspirasi sebagai bahan ice breaker …
    boleh kan game-nya diadopsi ?
    thanks

  2. Dicky says :

    Kalau pertanyaanya gimana melewati kesembilan titik tersebut tanpa garis gmn coba hayoo??๐Ÿ˜€

  3. Danu says :

    bgmna sih cra melpas asumsi yg tdk relevan tersebut

  4. abiibeez says :

    good, inspiring!

  5. sadmijaya says :

    very excited bro

  6. adnan irawan says :

    Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaan yang berbeda-beda. Setiap penghuni menyukai satu jenis minuman terntentu; merokok dengan satu merk rokok tertentu; serta memelihara satu jenis hewan tertentu. Tidak ada satupun dari kelima orang tersebut yang memiliki warna rumah yang sama; minum minuman yang sama; merokok merk rokok yang sama; serta memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

    Pertanyaannya sederhana sekali : Siapakah yang memelihara IKAN?

    Petunjuk:
    Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah.
    Orang Swedia memelihara anjing.
    Orang Denmark senang minum teh.
    Rumah berwarna hijau terletak tepat di sebelah kiri rumah berwarna putih.
    Penghuni rumah berwarna hijau senang minum kopi.
    Orang yang merokok merk PallMall memelihara burung.
    Penghuni rumah yang terletak di tengah-tengah senang minum susu.
    Penghuni rumah berwarna kuning merokok merk Dunhill.
    Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama.
    Orang yang merokok merk Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing.
    Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill.
    Orang yang merokok merk Winfield senang minum bir.
    Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia.
    Orang Jerman merokok merk Rothmans.
    Orang yang merokok merk Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air putih.

    • ujang says :

      jiah, teka-teki lama..hehe๐Ÿ˜€
      jwabannya jerman..
      di petunjuk terdapat tiga petunjuk penting, yaitu:
      Penghuni rumah yang terletak di tengah-tengah senang minum susu.
      Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama.
      Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia
      selanjutnya petunjuk yg lain tinggal dihubungkan..

    • anton nugroz says :

      jerman

    • manner says :

      terlalu mudah . .
      yang memelihara ikan adalah orang jerman . .

  7. iiN greeN says :

    wah… benar2 game yang menginspirasi.. LIKE THIS..๐Ÿ˜€

  8. dudung Koswara says :

    mantap

  9. Bella A says :

    asik soalnya

  10. Rendz says :

    Kta Einstein,org yg menjwb jerman adlh slh stu dri 98% org di dunia

  11. Budhy says :

    Yayaya… Klo gtu gue rubah aja pertanyaannya.. Bagaimana melewati kesembilan titik tersebut dengan menggunakan sehelai rambut..? Aturannya: rambutnya gk boleh keriting, gak boleh putus, n tidak boleh menempelkan rambut kesesuatu benda..

  12. re23 says :

    mantap gan….
    hahahahaaaa…23x..

  13. arjo says :

    dipegang, dilewati aj diatsny.

  14. Choyrul Zuky says :

    ”TEKA TEKI INSPIRASI DARI
    ALBERT EINSTEIN”.
    Anda pasti mengetahui Teka Teki
    Albert Einstein yang
    Pertanyaannya (SIAPA YANG
    MEMILAHARA IKAN?).
    Ya bener Orang Jerman
    jawabnya. Dari sini kami (M.Hardi
    Alfarobi – Khoirul Marzuki Hsb)
    membuat Teka Teki yang baru,
    Inspirasi dari teka teki Albert
    Einstein tersebut.
    Kami berharap tidak ada yang
    mengopas. DI SHARE BOLEH.
    Langsung saja
    .
    .
    .
    .
    * Dalam 1 kos terdapat 5 kamar
    dengan Mahasiswa yang
    memiliki Suku yang berbeda.
    *Jurusan dari Mahasiswa dalam
    setiap kamar berbeda.
    * Berangkat sekolah dengan
    kendaraan yang berbeda.
    * Menggunakan HP yang
    berbeda .
    * Hobi yang berbeda .
    * Tidak ada satupun dari mereka
    itu yang sama.
    PERTANYAANNYA : ”SIAPA YANG
    MENGGUNAKAN SEPEDA??”.
    PETUNJUK.
    1. Orang Jawa merupakan
    Mahasiswa Jurusan Biologi.
    2. Orang Sunda Hobi menulis.
    3. Orang Minang Suka Main Bola.
    4. Mahasiswa yang memiliki HP
    SAMSUNG bersebelahan dengan
    Mahasiswa yang memiliki HP
    NOKIA.
    5. Penghuni kamar keempat
    bertetangga dengan Mahasiswa
    Jurusan Geografi.
    6. Mahasiswa Jurusan Fisika
    bersebelahan dengan Mahasiswa
    menggunakan Motor.
    7. Mahasiswa yang hobi
    membaca bersebelahan dengan
    Mahasiswa Suku Dayak.
    8. Mahasiswa yang memiliki BB
    (Black Berry) TIDAK bersebelahan
    dengan Mahasiswa yang
    menggunakan Mobil.
    9. Mahasiswa Suku batak ada di
    kamar Pertama.
    10. Mahasiswa yang
    menggunakan Taksi terletak di
    sebelah kanan Mahasiswa yang
    menggunakan Bus.
    11. Mahasiswa yang memiliki
    MITO Terletak di tengah tengah.
    12. Mahasiswa yang hobi
    menyanyi bertetangga dengan
    Mahasiswa yang memiliki SONY
    ERICSON.
    13. Mahasiswa Jurusan Kimia
    bersebelahan dengan Orang
    Sunda .
    14. Suku Minang di samping
    Mahasiswa Jurusan Matematika.
    15. Mahasiswa yang hobi
    memancing TIDAK bertetangga
    dengan Mahasiswa yang hobi
    Menulis.
    #CyZy.
    Tweet : @Chaerul_hsb.
    Email : zchoyrul@gmail. com
    #M.KHOIRUL ALFAROBI

  15. permainan matematika says :

    jika informasi yang bejibun di atas disusun ulang dalam bentuk matriks akan sangat jelas jawabannya.

  16. TekaTekiNet (@TekaTekiNet) says :

    persis seperti perkiraan ane gan. bedanya, yang garis lurus ane arahnya ke bawah. kunjungi juga blog ane tekateki.net.

  17. Edi Gunawan says :

    Dalam menghubungan 9 titik pada satu garis lurus, Mengapa mesti tanda panah sedangkan persegi empat juga bisa… Terima kasih

Trackbacks / Pingbacks

  1. Sebuah Permainan “Think Out of The Box” « Charles' Notes… - 17 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: