Mobil dan Lalat

Ada 2 buah mobil, mobil A dan mobil B. Mobil A berangkat dari kota P menuju kota Q dengan kecepatan 40 km/jam. Mobil B berangkat dari kota Q ke kota P dengan kecepatan 60 km/jam. Kedua mobil berangkat bersama-sama. Ketika kedua mobil baru saja berangkat, seekor lalat terbang lurus dari mobil A menuju mobil B dengan kecepatan tetap 100 km/jam. Ketika lalat tersebut telah sampai di mobil B, dia langsung berbalik dan terbang kembali ke mobil A. Ketika telah sampai di mobil A, lalat tersebut berbalik lagi dan terbang menuju mobil B, dan demikian seterusnya hingga mobil A dan B bertabrakan dan lalat pun mati tergencet kedua mobil. Jarak kota P dan kota Q adalah 1000 km.

Pertanyaannya: Berapakah total jarak yang ditempuh lalat?

~silakan diskusikan jawaban pada bagian komentar… 😀


Kembali ke halaman kumpulan teka-teki logika

Kembali ke halaman teka-teki

Baca tulisan di blog ini secara acak

79 responses to “Mobil dan Lalat”

  1. khosmin88@gmail.com says :

    Resultan kecepatan kedua mobil adalah 40+60 = 100 km/jam,
    so, waktu yang diperlukan sampai kedua mobil berpapasan adalah t = 1000 km/100km/jam = 10jam,
    sehingga lalat juga terbang selama 10 jam, dr sini didapat jarak yang ditempuh lalat S=100km/jamx10jam =1000 km

  2. cynthia says :

    wah salah banget nih si om

    • cynthia says :

      logika karna lalatnya bolak balik berarti jaraknya pasti lebih dari 1000km dong.
      (40xa) + (60xa) = 1000
      a(40+60) = 1000
      a(100) = 1000
      a = 10 jam
      trus buat nentuin jarak lalat kan berarti pertama lalat jalan dari start selama 1 jam menuju mobil b trus a dan b berarti juga lagi jalan kan maka saat sampai di mobil b, mobil b sudah berjalan selama 1 jam juga dengan jarak 940 dengan rumus (1000-(60×1)). Nah waktu dia balik hal yang sama juga terjadi saat dia menuju mobil a. Berarti saat sampai ke mobil a sudah terpakai 2 jam maka jaraknya (1000-(60×1+40×2) maka hasilnya 860m. Perjalanan ketiga juga sama lalat bergerak ke mobil b yg sudah bergerak 3 kali juga jadi rumusnya (1000-(60×1+40×2+60×3) yang hasilnya 680 begitu seterusnya hingga mencapai atau melewati angka 0. Maka di dapat pola yang saling berkesinambungan .
      perjalanan 4 :
      1000-(60×1+40×2+60×3+40×4) = 520
      perjalanan 5 :
      1000-(60×1+40×2+60×3+40×4+60×5) = 220
      perjalanan 6 :
      1000-(60×1+40×2+60×3+40×4+60×5+40×6) = -20
      trus ditambah deh dari awal sampe akhir 940+860+680+520+220+(-20) = 3200 m

    • cynthia says :

      itu km maksudnya

  3. romeo says :

    wah keren lalat memiliki kecepatan 100km/jam ( menurut saya coba aja tentukan dempetan mobil karena jarak yang di tempuh lalat 1,5 kali jarak antara 2 mobil) capek nyarinya jadi nyari aja ndiri

  4. Michael says :

    Setuju dgn agan Khosmin88.

    Utk penjelasan Cynthia masih kurang logis.
    Kalau memang lalat menempuh 3200Km, brarti dgn kecepatan 100Km/jam, lalat sudah terbang selama 32 Jam.
    Kalau pun cuma 3,200 m malah cuma 3,2jam.
    Masih ada selisih waktu 6,8 Jam sblm tabrakan.
    Dan satu lagi, buat Cynthia, dlm hal ini jarak tidak bisa minus. Karena bukan vektor.
    Yg kita hitung adalah total jarak, yg dipakai harus harga mutlak.

    Kalau mau dihitung satu persatu =
    Pada saat tabrakan :
    40Km/jam x t + 60Km/jam x t = 1000Km
    t = 10 Jam

    Saat lalat terbang dr mobil A ke mobil B utk pertama kali,
    Memenuhi persamaan Jarak:

    1000 – 60 x t = 100 x t
    t = 6.25 Jam
    jarak yg ditempuh lalat : 625KM
    jarak yg ditempuh mobil A : 250 KM
    Jarak yg ditempuh mobil B :
    375KM

    Kemudian saat dia balik
    Memenuhi persamaan jarak :

    1000 – 250 – 375 – 40 x t = 100 x t
    375 – 40t = 100t

    t = 2.678571 Jam

    Dlm kasus lalat balik, saya langsung hitung total biar nanti tidak bingung.

    Total jarak yg lalat tempuh = 267.8571 KM + 625 KM
    = 892.8571 KM
    Jarak Mobil A = 250 + 107.1429 = 357.1429 KM
    Jarak mobil B = 375 + 160.7143 = 535.7143 KM
    Jarak kedua mobil saat lalat tiba di mobil A :
    1000 – (357.1429 + 535.7143) = 107.1429 KM
    sisa waktu sblm tabrakan :
    10 – (6.25 + 2.678571) = 1.071429

    Kalau mau menggunakan pendekatan,

    Kecepatan lalat x waktu yg diperlukan = jarak selisih A-B

    Diperoleh waktu yg diperlukan = waktu sisa seblm tabrakan
    = 1.071429 Jam.

    Ini menggunakan pendekatan saja, kalau mau dicari satu persatu, bisa saja namun lama.
    Kalau mau cepat pakak limit saja.

    logikanya, saat jarak A-B sudah smakin dekat, waktu yg diperlukan lalat utk bolak balik A-B semakin singkat, jaraknya pun smakin pendek.

    kalau mau dicari dgn limit akan diperoleh hasil yang sama dgn agan Khosmin88.

    Kiranya membantu penerangannya.

  5. nizar says :

    Waktu dari mulai bergerak sampai terjadi tabrakan= t
    (40.t)+(60.t)= 1000
    t(40+60)=1000
    t=1000/100
    t=10 jam
    Nah, karena startnya sama, sampai tabrakan pun lalat juga menempuh waktu 10 jam, 100.10=1000
    Jadi lalat menempuh jarak 1000km

  6. rizka marshanda says :

    komentar ku `emang gue pikirin`

  7. rizka marshanda says :

    emang gue pikirin

  8. datu says :

    840 km

  9. faizin says :

    Waktu yang diperlukan untuk tabrakan adalah 40(t)+60(t)=1000
    100t. =1000
    t=1000/100
    t=10 jam

    Jadi lalat akan bolak balik selama 10 jam dari mobil A ke mobil B
    jadi jarak yang di tempuh adalah
    10 jam x 100 km/jam = 1000 km

    Ini soal logika gak perlu pakek rumus limit segala

  10. shoru says :

    kalo pake logika “emang ada lalat terbang secepat itu??” pertanyaannya sudah tidak logis, untuk apa jawab pake logika?

  11. penghuni bumi says :

    garis besarnya mobil A dan B itu ada di KM 400 kota P menuju kota Q.
    dan menghabiskan waktu perjalanan selama 10 jam.
    jika perjalanan lalat terhenti sampai mobil A dan B bertemu dan kecepatan lalat konstan 100 km/jam. maka lalat tersebut menempuh jarak 1000 km.

  12. Akmala says :

    997km. 3 detik untuk ancang ancang balik. Ama tolakan dari mobil 1 ke mobil 2. Ya…karena lalatnya nempel ga bisa salto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: