Label yang Salah

Tiga kotak masing-masing ditempel dengan tulisan: “Apel”, “Jeruk”, dan “Apel dan Jeruk”. Tiap-tiap label tersebut tidak benar. Anda hanya diperbolehkan mengambil satu buah di dalam salah satu kotak. Setelah itu, Anda harus memberikan label yang benar pada ketiga kotak tersebut. Bagaimana Anda melakukannya?

~silakan diskusikan jawaban pada bagian komentar… πŸ˜€


Kembali ke halaman kumpulan teka-teki logika

Kembali ke halaman teka-teki

Baca tulisan di blog ini secara acak

21 responses to “Label yang Salah”

  1. Stephel says :

    Gampang, anda cukup ambil 1 buah di kotak yg berlabel ‘Apel dan Jeruk’.

    Misalkan yang anda dapat adalah jeruk, copot label ‘Apel dan Jeruk’ dari kotak itu ( karena setiap label salah!) dan beri label ‘Jeruk’.

    Trus 2 kotak sisanya gmana? kita evaluasi kotak berlabel ‘Apel’, kemungkinannya adalah (dgn mempertimbangkan tiap label salah) :
    1. Itu kotak jeruk
    2. Itu kotak apel dan jeruk

    Tapi karena label ‘Jeruk’ sudah diambil, itu pastilah kotak apel dan jeruk, maka kita copot label ‘Apel’ dan di ganti dengan label ‘Apel dan Jeruk’, sehingga kotak yang satunya lagi (yg tadinya berlabel ‘Jeruk’) dipasangkan label ‘Apel’

  2. Charles says :

    @Stephel:

    Yup, tepat sekali… πŸ˜€

  3. RedZz says :

    yah eLah Cha, gampang bener.. wakakakkakaka~

    *pisssss men!*

  4. Artlover says :

    Curang udah kjawab.. Aq bru bca soalny, langsung paham padahal.. Hhe.. Iy kgampangan nii..

  5. raja tompul says :

    blh kn numpang lwat..!!
    baca2..!!

  6. indra PMTI says :

    gampang..

    untuk label jeruk dan apel, waktu diambil benar…
    jadi 2 kotak sudah jelas 1 jeruk, 1 apel.

    untuk kotak ketiga, ada jeruk ma apel..
    jeruk diambil ditaruh di label jeruk,
    untuk apel diambil ditaruh dilabel apel.

    dan kotak yang kosong kasih label aja..
    “kosong”

    hehe…

  7. imam rinaldy says :

    karena semua label salah, berarti apabila jeruk berlabel “apel” berarti apel pasti berlabel “jeruk dan apel” dan jeruk dan apel berlabel “jeruk”.

    dan itu hanya dua kemungkinan.

    apel>”jeruk”= jeruk>”jeruk dan apel”= jeruk dan apel>”apel”

    dan

    apel>”apel dan jeruk”= jeruk>”apel”= jeruk dan apel>”jeruk”.

    jadi kalau misalkan kita mengambil di label jeruk, ternyata buah apel yang ada didalam, pasti pada label apel adalah buah jeruk dan apel , sedangkan pada label jeruk dan apel pasti buah jeruk…

  8. alung says :

    kirain satu kotak isinya banyak…

  9. kalbu adhi taufik says :

    terlalu gampang yah?
    padahal saya belom jawab…

  10. kalbu adhi taufik says :

    dan saya pikir malah susah…

  11. Bukan Rivai Mania says :

    mas saya izin copas buat mading yaa boleh?

  12. Lucky Pd says :

    sorry ne, gw kurang setuju dengan jawaban d atas… sekarang tinjau kasus, yg di bilang label salah..
    sekarang tinjau kasus dari keterangan..
    ada 3 kemungkinan, 1) label hanya salah tempat, 2) label salah karna salah satu kotak atw 2nya tercampur dgn apel dan jeruk (2 kotak atw smuanya berisi apel dan jeruk), 3) label bnar2 salah.. jadi dalam kotak tidak ada apel dan jeruk, munkin pisang atw buah lainnya..
    untuk kasus pertama, jawaban itu munkin benar,… untuk kasus kedua, jangan ambil buahnya, pilih 1 kotak, untuk di bagi dan masukan ke 2 kotak lain, dan beri label, 1 “apel dan jeruk” satunya taruh kedua label “apel” “jeruk”
    untuk kasus ketiga, ambil semua label dan biarkan kotak itu tanpa label πŸ˜€

    • RaVa says :

      ahahahaa,,, kmu bayangin aja berada di tempat pmbungkusan Buah. dan Buah itu cuma ada dua jenis,, Apel dn Jeruk. tp trjdi kesalahan saat proses pelabelan. nah !! darimana datangnya kemungkinan ada PISANG atw BUAH lainnya tuh ?!!.

      trus mksudnya “kmungkinan yg 1) label hx slh tmpt” ?! kek gimana tuh ?. yg namanya salah mmberi label (ini nyata dalam proses pelabelan) ya sudah jelas SALAH mmberi label. hehe.

      memang benar ada bnyak kemungkinan yg bisa terjadi. tp untk mmpertimbangkn hal2 yg NYARIS GAK MUNGKIN bisa makin lama mecahin kasus.

  13. re23 says :

    aaahahahahaaaa…23x..
    benar…
    gampang ternyata…
    wlopun hrs dua kali baca bru ngerti…

  14. rhytmofmysoul says :

    numpang tanya mas,,
    gmna klo buah yg kita ambil dari kotak dengan label “Apel dan Jeruk”,
    Sementara yg kita ambil kan cuma 1 buah,,
    itu artinya andaikan buah apel yg kita dapat maka kita beri label apel, sementara harusnya labelnya “Apel dan Jeruk”..
    Salah semua dong jadinya,,
    gimana tuh????
    #@#@#*&^%^$^$^#&&#^@%@

  15. nawaksara says :

    aku stju dngan rhytmofmysoul

  16. nawaksara says :

    jawaban aslinya gini :
    – untuk nentuin kotak yang berlabel apel dan jeruk kita periksa kotak tersebut apakah kotak itu berisi 2 buah yaitu apel dan juga jeruk
    – sedangkan 2 kotak lainnya kita periksa juga kalau berisi antara apel semua dan juga antara jeruk semua

  17. Muhammad iqbal Nur says :

    Mudah….

    Ambil kotak yang berlabel apel dan jeruk jika isi kotak itu apel tukar label apel jika jeruk maka sebaliknya

    Sisanya tinggal dua caranya, kan kedua kotak pasti salah ya udah tukar aja

  18. tommy says :

    kenapa susah2 sih…tengok aja isi kotaknya, lalu benarkan labelnya πŸ˜›

  19. ana says :

    aku ga ngerti…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: