Jerman atau Inggris? (Jawaban #2)

Pertanyaan:

Andai kamu bukannya ingin tahu apakah mesin itu buatan Inggris atau Jerman, melainkan ingin tahu apakah mesin buatan Inggris atau mesin buatan Jerman yang memaksudkan hijau sebagai ya. Manakah pertanyaan tunggal yang memungkinkan mesin dapat memastikan jawaban ya/tidak?

Jawaban:

Apakah kamu dibuat di Inggris?

Penjelasan:

Andai kamu mendapat jawaban warna hijau. Jika hijau berarti ya, maka mesin itu sungguh buatan Inggris, dan karena itu mesin-mesin Inggris memaksudkan hijau sebagai ya.

Di pihak lain, jika hijau berarti tidak, maka mesinmu bukan buatan Inggris, melainkan buatan Jerman; karena itu mesin-mesin Jerman memaksudkan warna hijau sebagai tidak, dan lagi, mesin-mesin Inggrislah yang memaksudkan hijau sebagai ya. Maka jika engkau mendapat warna hijau sebagai jawaban, tanpa mempedulikan apa maksud hijau itu, maka mesin buatan Inggrislah yang memaksudkan hijau sebagai ya.

Analisa serupa menyatakan bahwa jika kamu memperoleh warna merah sebagai jawaban, maka itu berarti mesin-mesin Jermanlah yang memaksudkan hijau sebagai ya.


Kembali ke halaman teka-teki Jerman atau Inggris

Kembali ke halaman kumpulan teka-teki logika

Kembali ke halaman teka-teki

Baca tulisan di blog ini secara acak

11 responses to “Jerman atau Inggris? (Jawaban #2)”

  1. Kosmas says :

    Wew, pusing2, ga salah nih jawabannyay?

    • huhihuha says :

      coba posisikan dirimu jadi mesin .
      Apakah kamu dibuat di Inggris?
      kamu menjawab “Ya”(dengan memancarkan hijau)
      artinya kmu dibuat di inggris dan karena kmu menyalakan hijau yang berarti ya,dapat disimpulkan bahwa inggris memaksudkan hijau=ya dan merah=tidak

      kamu menjawab “Tidak” (dengan memancarkan hijau)
      artinya kmu dibuat di jerman dan karna kmu menyalakan hijau yang berarti tidak, dapat disimpulkan bahwa jerman memaksudkan hijau=tidak dan merah=ya

      begitu sebaliknya jika kamu memancarkan warna merah 🙂

  2. laras says :

    Keren! iya bener juga yach.. logikanya mesti on nih..

  3. Bella A says :

    horee aku bener

  4. Kahfiya says :

    lah? darimana dapet kesimpulan mesin inggris menjawab “ya” dgn warna hijau? kan itu yg ditanyain alias belum tau jawaban pastinya?

    misalnya mesin inggris bilang ya dengan warna merah dan mesin jerman bilang ya dengan warna hijau. Tanyain ke mesin itu “apakah kamu dibuat di inggris”? trus jawabannya hijau. itu artinya kalau dia mesin inggris akan jawab “bukan” dan kalau mesin jerman akan jawab “ya”. jawabannya masih “ya” dan bukan”, masih ada dua kemungkinan.

    kalau anda dari awal sudah mengkategorikan jika mesin inggris bilang ya dengan warna hijau dan mesin jerman dgn warna merah, ketika ditanyakan ke si mesin “apakah kamu mesin inggris?” ya jelas lah si mesin inggris akan menjawab ya sebagai hijau.
    terus pertanyaan yang diajukan ke mesin tidak menjawab “apakah mesin inggris menjawab ya dengan warna hijau”, kan sudah menjadi mindset anda sebelumnya. padahal bisa saja maksud si mesin hijau berarti bukan.

    • Archoni says :

      top banget ! dari tadi jawaban yang ada pada gakbener semua, termasuk dari om charlesnya sendiri

  5. Fukujima says :

    kenapa ga langsung tanya jawaban yang jelas kita tau jawabannya?

    misalnya tanya gini “apakah orang jerman berbahasa prancis?” atau “apakah menara pisa ada di inggris?”

    jelas jawabannya tidak,.

    jadi kalo nyala merah barti ; merah = tidak, dan warna hijau = ya.
    dan sebaliiknya,.

  6. Aan says :

    Kunci jawaban ngaco,konstruk salah. Dengan bertanya,”apakah kamu dibuat di inggris?”, maka bisa saja mesin inggris menjawab ‘ya’ dengan pancaran warna merah,karena pertanyaan tsb tdk mngandung batasan warna,jk jawaban mesin = ya = merah, apa penjelasanmu?

    • alul says :

      kondisi 1.kalau mesin jerman merah = ya, artinya mesin inggris hijau = ya. dengan demikian, jika ditanyakan kpd mesin apakah dibuat diinggris, maka mesin jerman akan berwarna hijau, juga mesin inggris berwarna hijau. artinya warna hijau adalah ya untuk mesin inggris

      kondisi 2. kalau mesin jerman hijau = ya, artinya mesin inggris merah = ya. dengan demikian, jika ditanyakan kpd mesin apakah dibuat diinggris. mesin jerman akan berwarna merah, juga mesin inggris berwarna merah. artinya warna merah adalah ya untuk mesin inggris. berarti warna hijau adalah ya untuk mesin jerman

  7. Rickur says :

    Jawabannya salah tuh, belum solved

  8. penghuni bumi says :

    jawaban dari pertanyaan satu lebih tepat untuk pertanyaan ini.
    untuk alasan saya yakin anda pembuat pertanyaan, akan lebih tau kalau anda lebih fokus dan mainkan logika anda lebih dalam. jawaban anda menurut saya masih belom dapat menunjukan titik temu yg pasti 🙂
    matematika = ilmu pasti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: