Jerman atau Inggris?

Seorang ilmuwan komputer mendesain serangkaian mesin menakjubkan yang memberi jawaban benar pada pertanyaan ya/tidak yang diajukan ke mesin tersebut. Mesin itu akan memancarkan sinar hijau atau merah, salah satu dari warna itu berarti ya, dan yang lain tidak. Mesin itu dibuat di Inggris dan Jerman, tetapi sayangnya tidak dibuat secara seragam. Mesin-mesin yang dibuat di salah satu negara, hijau berarti ya dan merah berarti tidak, tetapi di negara yang lain, hijau berarti tidak dan merah berarti ya. Hal itu semakin membingungkan karean tidak diketahui negara mana, Inggris atau Jerman, yang pada mesinnya, hijau berarti ya.


Pertanyaan 1

Seandainya kamu kebetulan mempunyai salah satu dari mesin tersebut dan ingin tahu apakah dibuat di Inggris atau Jerman. Kamu boleh mengajukan pertanyaan pada mesin hanya dengan jawaban ya/tidak. Pertanyaan manakah itu?

Lihat Jawaban


Pertanyaan 2

Andai kamu bukannya ingin tahu apakah mesin itu buatan Inggris atau Jerman, melainkan ingin tahu apakah mesin buatan Inggris atau mesin buatan Jerman yang memaksudkan hijau sebagai ya. Manakah pertanyaan tunggal yang memungkinkan mesin dapat memastikan jawaban ya/tidak?

Lihat Jawaban


Pertanyaan 3

Andai kamu hanya ingin tahu dari mesin itu, manakah dari kedua warna yang berarti ya dan warna apa yang berarti tidak. Pertanyaan ya/tidak manakah yang tepat diajukan?

Lihat Jawaban


Pertanyaan 4

Pertanyaan ya/tidak manakah yang dapat diajukan sedemikian rupa, tanpa mempedulikan mesin itu buatan Jerman atau Inggris, yang membuat mesin harus menjawab dengan memancarkan warna merah?

Lihat Jawaban


Pertanyaan 5

Pertanyaan ya/tidak manakah yang diajukan sedemikian rupa sehingga mesin buatan Inggris harus menjawab dengan memancarkan warna merah dan mesin buatan Jerman memancarkan warna hijau?

Lihat Jawaban


Pertanyaan 6

Ada pertanyaan ya/tidak yang dapat kamu ajukan kepada mesin, yang membuatnya tak mungkin menjawab dengan cahaya warna merah atau pun hijau! Pertanyaan manakah itu?

Lihat Jawaban


Pertanyaan 7

Ada pertanyaan ya/tidak yang dapat diajukan kepada mesin, yang pancaran warna hijaunya berarti ya, akan menjawab dengan pancaran warna merah atau hijau, tetapi mesin yang pancaran cahaya hijaunya berarti tidak, tak dapat menjawab sama sekali. Pertanyaan manakah itu?

Lihat Jawaban


Pertanyaan 8

Kelompok pertama dari mesin yang dibuat di dua negara ini sangat jarang dan merupakan benda berharga bagi para kolektor. Pertanyaan ya/tidak manakah yang dapat kamu ajukan pada mesin untuk menentukan apakah mesin itu berharga bagi para kolektor?

Lihat Jawaban


Pertanyaan 9

Andai kamu pergi ke toko untuk membeli salah satu dari mesin tersebut. “Tinggal tiga yang kupunyai,” kata si penjual, seraya meletakkan mesin-mesin tersebut di counter, “dan sayangnya salah satu dari tiga ini konstruksinya salah dan memancarkan warna merah dan hijau secara kacau, dan aku tak tahu mesin mana yang baik!” Yah, ada kemungkinan untuk mengetahui mesin mana yang baik dengan mengajukan sebuah pertanyaan ya/tidak. Pertanyaan manakah itu?

Lihat Jawaban


Kembali ke halaman kumpulan teka-teki logika

Kembali ke halaman teka-teki

Baca tulisan di blog ini secara acak

7 responses to “Jerman atau Inggris?”

  1. ramarairiankikiwahyu says :

    coba aja tanya sambil nunjuk komputer, trus tanya”apakah ini komputer???” kalo jawabnya merah, berarti merah itu”ya”. selanjtnya tinggal mengikuti petunjuk tadi, udah deh!!!

  2. nil says :

    kalau mesin inggris merah artinya tidak jerman artinaya iya jadi pertannyannya adalah apakah kamudari jerman?karna mesin inggris berkata tidak maka mengeluarkan merah dan sbaliknya dgn jerman

  3. nil says :

    kayaknya no 9 sama dgn no 4/5

  4. Logan says :

    Penjelasannya ribet, aq malah ga mudeng…

  5. abbo says :

    Kalo saya berpikir yang simple bang…
    hanya butuh 2 pertanyaan yang bisa dijadiin patokan buat nentuin karakteristik mesin tsb
    ( Hijau=ya,Merah=tidak … atau … Hijau=tidak,Merah=ya)
    Gini Bang…
    Pertanyaan 1 : buat pertanyaan apapun supaya membuat mesin menyalakan salah satu lampunya (apapun warnanya), contoh : “apakah saya ganteng ?” misal lampu Hijau menyala….
    langsung hajar di pertanyaan ke 2 :
    “Barusan kamu menyalakan lampu Hijau ?”
    nah… disini mesin kejebak…
    -apabila lampu hijau menyala itu tandanya karakter mesin adalah Hijau=ya
    -apabila lampu merah menyala itu tandanya karakter mesin adalah Merah=ya
    gampang kan…. sangat sangat simple sekali bang…
    nah dari patokan itu baru kita bisa tanya soal yang lain….
    sangat Mudah banget Bang….
    ngga usah dibikin SUSAHHHHH…..

    … Salam Genius……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: