Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #23)

Pertanyaan

Pada sebuah turnamen sepak bola, terdapat 143 tim yang akan bertanding. Turnamen ini dilakukan dengan memasangkan setiap 2 tim dari 143 tim yang ada untuk bertanding. Tim yang tidak mendapatkan giliran bertanding (apabila jumlah tim ganjil) akan langsung maju ke babak berikutnya. Tim yang kalah akan langsung gugur, dan yang menang akan maju ke babak berikutnya, dan dilakukan hal yang sama sampai diperoleh juaranya. Berapa banyak pertandingan keseluruhan yang ada pada turnamen ini?

Jawaban

142 pertandingan.

Penjelasan

Pada setiap pertandingan, akan ada satu tim yang kalah/gugur, sehingga jumlah tim yang tersisa akan berkurang satu di setiap pertandingan. Setelah 142 pertandingan dilakukan, jumlah tim yang tersisa adalah satu tim, yaitu tim juara.


Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana (Problem Set #2)

Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana

Kembali ke halaman Teka-Teki

Iklan

15 responses to “Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #23)”

  1. syahrulefendi says :

    Great!
    Tapi diperkaya terus dong! Biar lebih asyik.

  2. arfan says :

    wah ini seperti hubungan antara node leave dan node non-leaf pada binary tree

  3. Denny says :

    gw g ngerti ni…
    kq 142 pertandingan????

    • ednin says :

      cara ribetnya

      pertandingan kualifikasi pertama ada 71 pertandingan (143 :2)
      kedua 36 pertandingan (71+1):2
      ketiga 18 pertandingan (36:2)
      keempat 9 pertandingan (18:2)
      kelima 4 pertandingan (9:2)
      keenam 2 pertandingan (4:2) yang 1 gak ya đŸ™‚
      ketujuh 1 pertandingan (2:1) yg 1 tetap gak
      Final 1 pertandingan

      jumlahnya 142

      alasan yang 1 gak ikut karena hasilnya tetap ganjil

    • hidayahblogspot.com says :

      tapi kan klunya “Tim yang tidak mendapatkan giliran bertanding (apabila jumlah tim ganjil) akan langsung maju ke babak berikutnya.” kalau gugur kan tidak pernah kalah
      seharusnya yang satunya lagi dipertandingkan pada terakhir ketika meninggalkan satu itulah lawannya

  4. agha says :

    ini tingkat kesukarannya rendah nih gampang

  5. moiika says :

    wah ada yg ku miss nih hitungan nya … cm dapet 141 >_<
    nyebelin… musti hitung ulang ~

  6. ujang says :

    logika mudahnya begini
    jika jumlah peserta 2, maka jumlah pertandingan 1
    jika jumlah peserta 3, maka jumlah pertandingan 2
    jika jumlah peserta 4, maka jumlah pertandingan 3
    jika jumlah peserta 5, maka jumlah pertandingan 4

    ..
    .
    jika jumlah peserta 143, maka jumlah pertandingan 142

  7. ezra says :

    kalo gue dapet jawaban ini udah lama, dari guru olah raga gue.

    rumusnya kalo gini tinggal N-1

    tanpa pertandingan juara 3 & 4

  8. Hendrawan says :

    Aq kuq 140 yak, hmmm..

  9. aenoza says :

    lah ga da pertandingan perebutan tempat ketiga gan??
    ga seru dongg

  10. harjo purnomo says :

    ya…betul gan….142….

  11. andri says :

    Kenapa harus ganjil…nggak ada juga yang mendapat kan juara harus genap pasti ganjil lah…hahahaha

Trackbacks / Pingbacks

  1. TEKA -TEKI LOGIKA « ERNO - 23 November 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: