Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #9)

Pertanyaan:

Adalah lima jilid ensiklopedia berjejer rapi di rak buku dengan susunan terurut dari jilid 1 sampai jilid 5. Suatu hari, Upik mengambil ensiklopedia jilid 1, dan membuka halaman pertamanya. Tiba-tiba seekor rayap jatuh dari langit-langit ke halaman pertama dari buku itu. Upik langsung menutup ensiklopedia tersebut, meninggalkan rayap tersebut di halaman pertama buku jilid 1, dan menaruh kembali ensiklopedia tersebut di tempat semula. Tanpa sepengetahuan upik, rayap itu mulai menggerogoti ensiklopedianya dan beberapa hari kemudian rayap tersebut sudah ada di halaman terakhir ensiklopedia jilid 5. Jika diasumsikan rayap menempuh perjalanan horizontal dalam menggerogoti buku, dan setiap jilid memiliki tebal 4 cm tanpa sampul, dan tebal sampul depan serta sampul belakang masing-masing 1 cm, berapa jauh perjalanan yang telah ditempuh sang rayap?

Jawaban:

20 cm

Penjelasan:

Cobalah susun lima buku di rak buku secara vertikal dan berurut. Perhatikan letak halaman pertama buku 1 dan halaman terakhir buku 5.


Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana (Problem Set #1)

Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana

Kembali ke halaman Teka-Teki

Iklan

108 responses to “Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #9)”

  1. Nugraha says :

    Loooh kan nii tanpa sampul. . Knp kuddu diitung sampulnya. . Y jwbnya bner laaah

  2. Jengky says :

    jawabannya kn 28cm, knp jadi 20cm doank???
    ini yg ngasi soal cuma jawab sekenanya tanpa di teliti dulu….
    -5 jilid buku disusun vertikal
    -4cm tebal isi setiap buku
    -1cm tebal masing-masing sampul baik depan dan belakang
    (5 x 4) + (5 x 2 – 2))
    20 + 8
    28
    ini mah pelajaran anak kelas 5SD masa masi salah =..=’a

    • me says :

      soalnya copy paste ini, gak jelas!!
      jelas-jelas soalnya begini “berapa jauh perjalanan yang telah ditempuh sang rayap?”
      berarti dimulai dari halaman awal jilid pertama, halaman jilid ke lima, berarti rayap juga melewati sampul akhir yang ada di jilid ke 1 hingga sampul awal jilid ke 5.
      BEGO!!

    • Anonym says :

      Gue malah jawab 29 cm
      Gini:
      Rayap jatuh pas di halaman pertama, artinya bagian sampul jilid 1 tidak dilewati.
      Maka perjalanannya: ((5.(4+2))-1) dikurangi 1 karena bagian sampul jilid pertama tidak dilewati…

    • Ayu says :

      Coba teliti lagi, kalo 5 buku disusun di rak buju, halaman pertama buku jilid 1 ada di paling belakang, jadi si rayap ga lewatin buku jilid 1 lagi, langsung ke cover jilid 1, dan ke jilid 2-4. Nah di buku kelima, halaman terakhir adanya di paling awal buku.

      Jadi jaraknya:
      Tebel buku jilid 2-4 (6 x 3 = 18 cm) + cover depan jilid 1 (1 cm) + cover belakang jilid 5 (1 cm) = 20 cm

      Bayanginnya pake visal juga, jangan logika kalo halaman pertama pasti awal dan harus lewatin buku itu sampe habis. Dibayangin juga letaknya kalo di rak buku.

    • Fulan says :

      Dasar orang fasik !!! Pandai nyusun ensiklopedia gak? Kan jilid 1 dibawah/ di kiri jilid 5 diatas / di kanan. Jadi 3×4 = 12 + sampul”8 = 20. Bisa mikir dulu nggak? Jangan menghina orang aja…. DASAR ORANG FASIK

    • rama says :

      Kan rayap mulai jalan di halaman pertama , jadi otomatis dia gk lewat sampul depan (-4cm) ,kemudian si rayap sampai ke buku ke5 halaman terakhir , dan jg tdk melewati sampulnya (-4cm) ,,,, jdi yg rayap lewati cuma 20 bro ,,,, kurangin 8 cm bro

  3. ikan asin says :

    bener tu 28 cm..
    yg jwb 20cm sekolahnya gak naek kelas tu..wkwkwk..ngasih pertanyaan tp salah jwb..

  4. nova sagala says :

    klo mnurut q sich 28
    – 5 jilid buku fertikal
    -4cm ISIsetiap buku
    – jilid 1 tanpa sampul{ karna rayap jatuh pda halaman pertama buku}
    – jilid2,3,4 bersampul
    – jilid 5 1 sampul yaitu sampul depan { karna di temukan di akhir halaman}
    jilid i=4+1{ tebal buku + tebal sampul}=5
    jilid 2=4+2{ tebal buku + tebal ke dua sampul}=6
    jilid 3=4+2{ tebal buku + tebal ke dua sampul}=6
    jilid 4 = 4+2 { tebal buku + tebal ke dua sampul}=6
    jilid 5 =4+1{ tebal buku + tebal salah satu sampul=5
    ckup jmlahkan 6+6+6+5+5=28

    • karianto Sehati says :

      kalo menurut saya ni.. 18 cm. di soalnya kan disebutin tebal masing2 jilid = 4 cm (ini sudah termasuk sampul dan isi buku ” 1cm/sampul depan+2cm/isi buku+1cm/sampul belakang total = 4cm.
      18 diperoleh dari :
      1+2+1 (rayap telah masuk di halaman pertama, artinya melewati sampul/1cm
      1+2+1
      1+2+1
      1+2+1
      1+2+1 (rayap sampai di halaman terahir, catatan ” sampul tidak di hitung halaman” berarti belum melewati 1cm sampul terahir)
      total yang dilewati = 2+1+1+2+1+1+2+1+1+2+1+1+2.
      ada 2 “note”
      1. gerakan rayap horizontal
      2. jilid tidak pakai sampul
      gimana gan ???

  5. karianto Sehati says :

    oh iya tebal buku tanpa sampul 4 cm sedangkan 1sampul = 1 cm
    berarti masing” jilid tebalnya 6cm x5 buku – dikurangi 2 sampul.
    1= halaman 1 jilid I
    2. sampul jilid V yang belum terlewati
    total 6×5-2=28 πŸ™‚ maknyussss

  6. adin yoi says :

    yaelah, tu rayap super apa, dah atuh dari langit-langit, trus di apit ama buku y super tebel, apa ngk pecah isi perut tu rayap, masuk akal dikit dongk?

  7. fathin says :

    ya 27 lah,kan 1 sampul di jilid awal ga diitung,karena rayapnya udah di dalem..

  8. Jeremboys says :

    1+1+4+1+1+4+1+1+4+1+1= 20
    sampul depan jilid 1 + sampul belakang jilid 2 + isi jilid 2 + sampul depan jilid 2 + sampul blakang jilid 3 + isi jilid 3 + sampul depan jilid 3 + sampul blakang jilid 4 + isi jilid 4 + sampul depan jilid 4 + sampul blakang jilid 5.

    noh gua kasi tau lu pada kalo nyusun buku di raknya. taro bukunya punggungnya ngadep ke depan, yang kertasnya (yang bisa di buka) ngadep blakang

  9. Toel says :

    He he . . , pada sok pinter nih . . . !
    Coba berpikirnya out of box dong.
    Jawabannya emang 20 cm, ini penjelasannya:
    1. Susunan jilid ensiklopediannya adalah dari kanan ke kiri (jika melihat ke arah rak buku): jilid ke-1, jilid ke-2, . . . seterusnya sampe jilid ke-5.
    2. Rayap masuk pada halaman pertama jilid ke-1, berarti rayap berada di antara sampul depan jilid ke-1 dengan halaman pertama jilid ke-1.
    3. Rayap begerak ke kiri ke arah jilid ke-2 dengan menembus sampul depan jilid ke-1 (1 cm) dan terus menemus sampul belakang jilid ke-2 (1 cm), dan menembus lagi isi jilid ke-2 (4 cm), sehingga rayap telah menempuh jarak 6 cm, dan berada di antara halaman pertama jilid ke-2 dan sampul depan jilid ke-2
    4. Begitu seterusnya sampai rayap berada di antara halaman pertama jilid ke-4 dan sampul depan jilid ke-4, dengan jarak tempuh 18 cm (dilalui 3 buku, dari jilid ke-1 sampai jilid ke-3, 6 cm x 3 = 18 cm)
    5. Terakhir, rayap tersebut tinggal menembus sampul depan jilid ke-4 (1 cm), dan menembus lagi sampul belakang jilid ke-5 (1 cm), untuk berada pada halaman terakhir dari jilid ke-5. Dengan demikian total jarak tempuhnya: 18 cm + 2 cm = 20 cm.
    Logiskan penjelasannya. Kalau masih belum paham, coba disimulasikan dengan menyusun beberapa buku di atas rak.

  10. eyang says :

    tergantung arah susunan buku…jika disusun beruurutan kiri ke kanan..maka jaraknya 20cm..dan jika disusun berurutan dri kanan ke kiri maka hasilnya 28cm..gitu aja kok repot

  11. mischa says :

    saya pikir 28

    karena setiap jilid mempunyai tebal 6cm (sampul depan 1cm + sampul belakang 1cm + isi 4cm)

    jadi jika rayap ada di halaman pertama jilid 1 berarti rayapnya ada di antara isi dan sampul DEPAN.
    melakukan perjalanan sampai sampul belakang jilid 5.

    jadi menurut saya total buku 30 – 2(sampul depan jilid 1 + sampul belakang jilid 5) = 28

    saya asumsikan si rayap bergerak ke arah kiri dengan susunan buku jilid 1 di paling kanan dan arah punggung buku menghadap ke depan.
    dengan demikian si rayap ada di posisi paling kanan setelah sampul depan jilid 1.

  12. aril says :

    29 cm.coz raaayapnya gak menembus sampul 1 pada jilid pertama.logika nya gini….
    5 enklopedia
    ketebalan isi 4 cm msng2
    ketebln smpul 2 cm dpn dan blkng
    jadi
    5×4=20
    5×2=10
    jmlh 30 namun krna raypnya jatuh pd hlmn pertma pada ensiklopedia jilid pertama otomatis sampul depan jilid pertama gak di gerogoti jadi 30 nya di kurang 1 mnjd 29.
    gimana anak2 udah paham?

  13. hans says :

    Yg komen pada oon semua. Udah jelas jelas tulisannya “setiap jilid memiliki tebal 4 cm tanpa sampul.” Berarti jilidnya gk pny sampul. Lain lagi kalau soalnya begini “setiap jilid memiliki tebal 4 cm jika tanpa sampul”. Simak. Jgn belagak pintar

  14. aldo says :

    pada ngapain sih

  15. Nurfauzi says :

    jawaban yang benar adalah 20 cm.

    penjelasan:
    coba kita hitung tebal buku dimana didalam buku terdapat 5 jilid yang tidak memiliki sampul (masa didalam buku ada sampul,,,, sampulkan diluar untuk menutupi sisi buku depan dan belakang).
    jadi tebal sampul depan dan belakang masing2 1cm. berarti jumlah keduanya 2 cm. setiap jilid memiliki tebal 4 cm, karna ada lima jilid maka 4 X 5 = 20 cm.
    jadi tebal buku = 20+2= 22 cm.
    karna rayang masuk pada halaman pertama berarti tidak melewati sampul.jadi, 22-1=21, nah si rayap sampai dihalaman terakhir jilid kelima maka rayapnya tidak melewati sampul terakhir,,
    jadi tebal buku yang dilewati si rayap adalah 21-1=20.
    ingat soal logika jangan samakan dengan matematika!!.

    • yeonnie says :

      Bener sih, tapi aneh, tiap jilid artinya sdh beda buku dan otomatis punya masing2 sampul (cth: Harry potter jilid 1, hp jilid 2, dsb, msing2 ada sampul.) Aneh klo tiap jilid tdk ada sampul, buat apa ada jilid baru klo msih 1 buku.
      #justanopinion #thanks

  16. firly says :

    4 buku lah

  17. gabriel says :

    24 dong…

  18. gabriel says :

    Eh bener 20

  19. gabriel says :

    Tapi di soalnya kurang lengkap, gk dikasih tau susunannya dari kiri ke kanan, ato kanan ke kiri

  20. Nur Martia Sari says :

    jawabannya 29 cm πŸ˜€

    tebal isi buku 4 cm
    tebal sampul buku masing2, depan 1cm, belakang 1cm. Jadi 1 buku punya tebel sampul depan+belakang= 2cm

    satu rak ada 5 buku = tebal isi buku keseluruhan 4×5 cm = 20cm
    tebal sampul buku keseluruhan 2×5 cm = 10cm
    _______________________________________+
    keseluruhan mencakup isi dan sampul = 30 cm

    Upik mengambil ensiklopedia jilid 1, dan membuka halaman pertamanya. Tiba-tiba seekor rayap jatuh dari langit-langit ke halaman pertama dari buku itu << karena sudah ada dihalaman pertama pada jilid 1, berarti sampul halaman depan di jilid 1 sudah terbuka ??

    30 – 1 = 29 cm .

  21. lampupijar says :

    Ikutan ah… Sebenernya penyusunan tidak diberitahukan karna itu trmasuk dalam tekatekinya. Perpustakaan seluruh dunia sepakat kok kalo susunan buku yg baik itu ya punggungnya menghadap ke calon pembaca. Gakudu dijelasin harusny pada udah tau. 20cm tuh yg bener.

  22. Djoe says :

    Menurut saya, jawabannya bervariasi. Tidak disebutkan rayap menggerogoti dalam SATU GARIS LURUS. Itu artinya bisa saja rayap melewati bagian belakang rak buku/ tidak perlu menggerogoti jilid demi jilid, toh perjalanannya juga horizontal.

  23. redal says :

    keren…menurut saya hanya 20 cm.. alasan… buku di susun berurut dari 1-5… orang indonesia membaca buku dari kiri ke kanan… otomatis ketika rayap masuk ke halaman pertama. dan buku di kembalikan ke rak buku, maka posisi sampul kiri akan ada di kanan begitupun sebaliknya…. krn urutan angka pasti di mulai dari kiri, maka rayap hanya akan memakan sampul pertama pada buku ke-1 yg tebalnya 1 cm. dan sampul trakhir buku k 5 yg tbalnya 1 cm juga jdi perhitungannya adalah
    buku 1 = 1 cm
    buku 2 = 6 cm (2 cm sampul 4 cm isi)
    buku 3 = 6 cm
    buku 4 = 6 cm
    buku 5 = 1 cm
    total = 20

  24. Dodo says :

    *Dari halaman pertama buku pertama sampe halaman terakhir buku kelima
    *Masing”buku tanpa sampul tebalnya 4cm
    *Masing masuk tebal sampul 1cm (1buku ada 2sampul)
    *(1)+(1+4+1)+(1+4+1)+(1+4+1)+(1)
    * 20

  25. Nuril Fajri says :

    Kok pada ribut sih yang bener itu, perjalanan rayap nya gak itungab cm lagi tapi udah pake meter bisa 3 m kan, coba inget2 jatuh dr langit2 loh. Mohon maaf kalo salah

  26. Juwita Park says :

    yang ngasih soal kurang bener.. orang rayapnya udah mati.. kan sama yang mbaca ditutup bukunya setelah rayap jatuh. πŸ˜€

  27. Sedya Pramono says :

    bener banget 20 cm, ilustrasinya (jika buku jilid pertama ada di paling bawah dan buku jild 5 di paling atas) kesimpulannya = 1 (sampul depan jilid 1 ) + 6 + 6 + 6 + 1 (sampul belakang jilid 5) = 20 cm :DDD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: