Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #6)

Pertanyaan:

A ingin pergi dengan mobil dari kota P ke kota Q dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Ternyata, setengah perjalanan pertama ditempuh A dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam. Berapa kecepatan rata-rata yang harus dicapai A saat dia menempuh setengah perjalanan sisanya sehingga pada akhirnya dia dapat mencapai kecepatan rata-rata keseluruhan 60 km/jam?

Jawaban:

Tidak mungkin (atau tidak terhingga)

Penjelasan:

Misalkan jarak kota P dan Q adalah 60 km. Untuk mencapai kecepatan rata-rata keseluruhan 60 km/jam, A harus menempuh jarak tersebut dalam waktu 1 jam.

Namun, di setengah perjalanan pertama (atau 30 km pertama), A menempuhnya dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam. Ini berarti A menempuh setengah perjalanan pertama dalam waktu 1 jam.

Maka, A tidak mungkin menempuh jarak P ke Q dalam waktu 1 jam, karena dia telah menghabiskan waktu 1 jam di setengah perjalanan pertama. Atau, dia harus menempuh perjalanan sisanya dalam waktu 0 menit dengan kecepatan tak terhingga km/jam.

Catatan: Jarak P dan Q bisa berapa saja dan tidak harus 60 km dan jawaban ini tetap berlaku.


Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana (Problem Set #1)

Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana

Kembali ke halaman Teka-Teki

101 responses to “Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #6)”

  1. allexcip says :

    namanya saja teka teki logika…jadi masalah jarak dan waktunya kita pikirkan sendiri….

    karena pertanyaannya logika maka harus dijawab dengan logika

    dan logikanya dia sudah kehabisan waktu….

    klo jawabannya 90 km/jam itu bukan jawaban logika. cuma seperti pertanyaan anak SD. dan saya yakin klo anak sd juga bisa menjawab.

    dalam berlogika kita harus memperhatikan makna dalam setiap kalimat, karena logika kuncinya adalah IQ…

    secara intuisi, tidak mungkin soal logika sangat mudah dihitung secara matematika..

    • hilmy says :

      segala hal didunia ini bisa diselesaikan dengan matematika karena pasti.. coba buka bab “aljabar”.. kata siapa jarak tidak ditentukan. coba lihat “setengah perjalanan di tempuh dengan kecepatan 30 km/jam” .. nah secara tidak langsung setengahnya saja 30 km/jam otomatis keseluruhannya adalah 60 km/jam.. jika ingin rata2 60 km/jam artinya benar jarak tempuh ditentukan senilai 60 km…. ini matematika cuy…

    • agus says :

      gw setuju ma allecip, logikanya waktu dah abis,
      untuk yang jawab 90 km/jam gw jelasin kesalahan matematikanya.
      anggap aja jaraknya 120 km, 60 km pertama ditempuuh 30 km/jam = 2 jam perjalanan. 60 km berikutnya jika ditempuh 90 km/jam = 2/3 jam atau 0.666 jam perjalanan,
      coba cek, waktu tempuh berarti = 2 + 0.666 = 2.666 jam untuk jarak 120 km,
      jadi kecepatannya = 120 / 2.666 = 45 km/jam.. SEDANGKAN yang diminta 60 km/jam,, BENER apa SALAH ??,, kalo masih gak paham mending cek IQ aja…

    • Mello says :

      semua pertanyaan pasti punya jawaban.
      klo logikanya dia udah kehabisan waktu ngapain pertanyaanya ngapain di tanya KAPAN pada akhirnya dia dapat mencapai kecepatan rata-rata keseluruhan 60 km/jam?
      yang bikin pertanyaan bego yang jawab bahasanya ketinggian

    • hidayat day says :

      KLO PKE MATEMATIKA
      S=jarak kota P-Q, s1=S/2 , s2=S/2 jadi s1=s2.
      V=60, v1=30 , v2=?(yg ditanyakan)
      T=t1+t2.
      V=S/T, S=VT, T=S/V.
      v1=s1/t1, v2=s2/t2, s1=v1.t1, s2=v2.t2
      Karena jika dianalisa v1≠v2 sedangkan s1=s2 maka jelas bahwa t1≠t2.
      V=60=S/T
      60T= S
      60T=s1+s2
      60T=30.t1 + v2.t2
      v2.t2=60T – 30t1
      v2.t2=60(t1+t2) – 30t1
      v2.t2=60.t1+60t2 – 30.t1
      v2.t2=60.t2 + 30.t1
      v2=60.t2/t2 + 30.t1/t2
      v2=60 + 30.(t1/t2)
      Jika saja jawabannya 90, maka harusnya t1/t2=1 atau t1=t2, yang berarti v1=v2(karena s1=s2). Jika v1=v2=30 maka jelas V≠60 (kontradiksi).
      Maka saya lbh setuju v2=∞ atau t2=0.

      KLO PAKE LOGIKA SEDERHANA
      anggap si X berangkat dari kota P ke kota Q dengan menggunakan motor, sementara si Y menggunakan sepeda. kecepatan si X adalah 60 km/jam dari kota P ke Q. sementara si Y 30 km/jam. Di tengah perjalanan maunya si Y pengen punya kecepatan yang sama dengan si X. karena jaraknya sama, yaitu sama-sama dari kota P ke Q, maka agar kecepatannya sama berarti waktu tempuhnya pun harus sama. kenyataannya ketika si X nyampe di kota Q, tapi si Y baru setengah jalan, padahal waktu tempuh si Y harusnya sama dengan si X. jadi seharusnya saat itu (saat si X nyampe kota Q) si Y juga harus berada di kota Q. satu-satunya jalan adalah mengeNOLkan waktu perjalanan setengah berikutnya, yang artinya kecepatan tak hinnga.

  2. Scorpion says :

    woo iya sih, mana bisa jadi 60km/jam? kan 1 jamnya udah dipake sama yg 30km. jadi tetep aja jadinya 30km/jam

  3. rhuberts says :

    tidak disebutkan brapa waktu yg harus dan telah ditempuh, hanya jarak yg telah ditempuh dan kecepatan yg diinginkan, sementara sudah 1/2 perjalanan yg ditempuh, sisa perjalanan ya tinggal atur kecepatan rata2 di 60km/jam hehehe, CMIIW.

    • rhuberts says :

      heheh ssdh dibaca baik2 lagi soal nya dah ada jawaban yg menurut saya benar 90km/jam, krn ybs menginginkan dapat mencapai kecepatan rata-rata keseluruhan 60 km/jam, KESELURUHAN..hehehe,asik nih, makasih…

    • veryday says :

      S=jarak total, s1=S/2 , s2=S/2 jadi s1=s2.
      V=60, v1=30 , v2=?(yg ditanyakan)
      T=t1+t2.
      V=S/T, S=VT.
      v1=s1/t1, v2=s2/t2, s1=v1.t1, s2=v2.t2
      Karena jika dianalisa v1≠v2 sedangkan s1=s2 maka jelas bahwa t1≠t2.
      V=60=S/T
      60T= S
      =s1+s2
      =30.t1 + v2.t2

      v2.t2=60T – 30t1
      =60(t1+t2) – 30t1
      =60.t1+60t2 – 30.t1
      =60.t2 + 30.t1

      v2=60.t2/t2 + 30.t1/t2
      v2=60 + 30.(t1/t2)
      Jika saja jawabannya 90, maka harusnya t1/t2=1 atau t1=t2, yang berarti v1=v2(karena s1=s2). Jika v1=v2=30 maka jelas V≠60 (kontradiksi).
      Maka lbh setuju v2=∞ atau t2=0.

  4. gun74ck says :

    90 km/jam

  5. bocah says :

    NYONG, lu dodol amat bikin jebakan!!! Emangnya lu kasih tau berapa lama waktu tempuhnya??? GILA LU

  6. agus says :

    kalo q setuju yang jawabannya tidak mungkin atau tak berhingga! ini bukti saya buktikan dengan matematika :
    Diket: jarak = j
    j1 = 1/2 j
    K1 = 30 km/jam

    K. rata – rata = 60km/jam
    kecepatan = jarak : waktu atau ( k = j :w )
    t1 =1/2 j : k1 = 1/2j : 30km/jam
    t2=1/2 j : k2 km/jam

    Krata – rata = jumlah jarak tempuh : jumlah waktu tempuh
    60km/jam = (1/2j + 1/2j) : (1/2j:30) + 1/2j:k2)
    60km/jam = j : (( 1/2jk2 + 15j):30k2) ( samakan penyebut dengan kali silang )
    60km/jam = 30jk2 : (1/2jk2 +15j)
    2 km/jam = jk2 : ( 1/2jk2 + 15j ) ( sederhanakan 30 dan 60 )
    2 ( 1/2jk2 + 15j ) = jk2
    jk2 + 30j = jk2
    jk2 – jk2 = -30j
    0 = -30j
    j = ( 0 : -30)
    j = 0

    tidak bisa dicari k2 nya karena j = 0.

    • lala says :

      ” Maka, A tidak mungkin menempuh jarak P ke Q dalam waktu 1 jam, karena dia telah menghabiskan waktu 1 jam di setengah perjalanan pertama.”

      ia nih di soal kan ga dikasi tau waktunya mo 1 jam/ brp. kl Jarak P ke Q cuma 40 km jg kan ga maslh krn sbnrnya kan yg dipentinigin ttg kecepatan awal sama kec. rata2nya kan ? yg sy tangkep sih itu. Jd jwbn tak terhingga kurang tpt, 90 km/jam bnr kl kataku.

      Misi mo komen nih ttg jwbn agus :
      kecepatan = jarak : waktu atau ( k = j :w )
      brarti kan harusnya -> 30 = 1/2 j : w

      Bukan t1 =1/2 j : k1 = 1/2j : 30km/jam >> kalo jawaban kamu ini 30 km/jamnya dianggap waktu donk ?

      CMIIW😀

    • Andy Tryandi says :

      bner tuh….
      Vrata-rata = S / waktu total
      = S / t1 +t2
      t1 = 1/2 S : V1
      = 1/2 S : 30
      = 1/60 S
      subtitusikan Vrata-rata = S : 1/60 S + t2
      60 = S : 1/60 S + t2
      60 x 1/60 S + 60 t2 = S
      S + 60 t2 = S
      60 t2 = 0
      t2 = 0

      V2 = 1/2 S : t2
      V2 = 1/2 S : 0
      V2 = ~ (tak didefenisikan)

  7. paijo says :

    jwabanya 90km/jam yng dtanyakan kcepatan rta2 bkan wktu yang dbutuhkan..

    • veryday says :

      S=jarak total, s1=S/2 , s2=S/2 jadi s1=s2.
      V=60, v1=30 , v2=?(yg ditanyakan)
      T=t1+t2.
      V=S/T, S=VT.
      v1=s1/t1, v2=s2/t2, s1=v1.t1, s2=v2.t2
      Karena jika dianalisa v1≠v2 sedangkan s1=s2 maka jelas bahwa t1≠t2.
      V=60=S/T
      60T= S
      =s1+s2
      =30.t1 + v2.t2

      v2.t2=60T – 30t1
      =60(t1+t2) – 30t1
      =60.t1+60t2 – 30.t1
      =60.t2 + 30.t1

      v2=60.t2/t2 + 30.t1/t2
      v2=60 + 30.(t1/t2)
      Jika saja jawabannya 90, maka harusnya t1/t2=1 atau t1=t2, yang berarti v1=v2(karena s1=s2). Jika v1=v2=30 maka jelas V≠60 (kontradiksi).
      Maka lbh setuju v2=∞ atau t2=0.

  8. Ki Pentol says :

    Terserah si pengendara dunk, ini kendaraan2 gue, bensin saya beli dgn uang gue sendiri. Mau aku percepat ato perlambat, itu urusan gue. Ngapa kau ikut2 ngurusin gue.
    Dasar culun.

  9. ray says :

    30km/jam setengah perjalanan, ga dikasi tau berapa lama. Jd jawabannya itu oon kalo anggap total jalan 1jem dan udh selesai kemakan “setengh perjalanan”. Itu baru setengah, artinya mau logika atau tdk itu cm jwbn menjebak. Shrsnya 90kmph. Karena setengah perjalanannnya lagi akan ditambah / akumulasi. Ga percaya? Sni sy bonceng naik mobil ke destinasi mana aja, kita jalan di 30kmph sampe setengah jalan. Terus lanjutkan dngn 90kmph sampai tujuan, maka rata2 total kecepatan rata2 : 60kmph

    • silet says :

      btul.. mnurut ane jga 90km/h c gk ad ktetapan berapa lama waktu tempuh….
      1/2 perjalan x 30 ditambah 1/2 perjalanan x 90
      1/2×30=15
      1/2×90=45
      15+45=60

  10. andre bernad says :

    jawabannya 90 km. karena kecepatan setengah perjalanan sudah di ketahui=30 km/jam.
    maka agar rata2x 60km/jam setengah perjalanan berikutnya harus 90 km/jam.
    “asalkan setengah perjalanan sudah di ketahui maka setengahnya pasti dapat ditemukan”…

    • faturagufatur agus says :

      waktunya gak nyampek mas bro,,<
      misalkan jaraknya 60 km,, jika ingin kecepatan rata-rata nya 60 km/jam maka waktu tempuhnya 1 jam perjalanan,,
      sedangkan setengah perjalanan ditempuh 30 km/jam (ingat setengah perjalanan jadi 30 km, ditempuh dgn kecepatan 30 km/jam = 1 jam perjalanan) sedangkan waktu tempuhnya seharusnya 1 jam yo gak nyampek mas bro,,
      kecuali di setengah perjalanan ada pintu kamana sajanya doraemon,,
      hehehehhe

  11. agus says :

    salam kenal semuanya,,ternyata seru juga masih ada pro dan kontra! seperti dunia politik, hehe! tapi itulah indahnya matematika, soalnya satu jawabannya beragam tergantung dari tingkat pamahaman dan cara penyelesaian. Tapi inikan soal matematika ( ilmu pasti ), kenapa bisa terjadi ya ???? yang jelas pasti ada satu jawaban yang benar ( mutlak )

  12. Mbuh sopo says :

    Yang saya tau disini YBS tidak mempersoalkan waktu, beliau hanya menginginkan kecepatan rata2 60km/jam
    jadi berapa lamapun waktu tempuhnya itu bukan masalah
    jawab : 90km/jam

    • coba says :

      ya bener mas tidak mempersoalkan waktu…
      tapi perlu diinger rumusnya juga, matematika kan ini?
      rumus nya kecepatan rata2 = jarak / waktu, makanya itu memang soal yang menjebak, tergantung kita melogika pertanyaannya, jangan sampai terjebak😀

  13. anonim says :

    ane jga setuju 90 km/jam,,kan yang diminta agar kcpatan rata2nya 60 km/jam,,dan mskipun si A menempunya lebih dari 1 jam,,klo dirata2kan tetap dikatakan km/jam,,,kan satuan dari kecepatan rata2 km/jam……jadi jawabannya 90 km/jam

  14. Tamamu Rony says :

    Yg bener ya tak hingga donk.. Gk perlu pake itung2’an matematis mas bro n mbak bro… Dalam ilmu matematika hitungan 30 /jam atau dibaca tiga puluh per jam, per jam nya (/jam) itu kan sama dengan 1 jam.. Dgn kata lain kalo 30 per jam (30/jam) berarti ya 30 per satu jam.. Jd 30 menit per satu jam di setengah perjalanan pertama alias waktu 1 jam udah habis di 30 km pertama.. Kalo disuruh 60/jam dr kota P ke Q berarti ya harus menmpuh jarak 60 km PER 1 JAM.. Lha kalo waktu 1 jamnya udah dihabisin di setengah perjalanan pertama.. gimana anda bisa smpai di kota Q??? Dgn kata lain itu udah TELAT/TERLAMBAT… Lalu yg diMaksudkan tak hingga adalah, ketidak mungkinan anda menempuh jarak 0,00 detik untuk ke kota Q, karena 1 jam nya udah dihabisin di setengah perjalanan pertama… Paham agan2?????

  15. Aa_ok says :

    Kalo soalnya dibaca lagi dengan baik, perhatikan bahwa jarak kota P ke Q dan waktu tempuh yang diinginkan tidak disebutkan secara eksplisit. (Mungkin itu simber masalah nya). Tapi jarak dan waktu tempuh nya bisa dimisalkan, bukan?

    Misal
    jarak P – Q = d
    waktu tempuh = t (merupakan waktu tempuh dari P ke Q dengan kecepatan rata2 60 km/jam)

    Karena A ingin menempuh perjalanan dengan kecepatan rata2 60 km/jam dalam waktu t jam maka d = 60t.

    Setengah perjalanan ditempuh dengan kecepatan 30 km/jam.
    Artinya jarak yang telah ditempuh adalah d/2 = 30t.
    Dengan demikian waktu tempuh setengah perjalanan tersebut dengan kecepatan 30 km/jam adalah 30t/30 = t.

    Dengan mengingat bahwa t merupakan waktu tempuh dari P ke Q dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam maka dapat disimpulkan bahwa jawaban dari soal adalah “tidak mungkin”.

  16. alief says :

    lucu ya,30 km/jam klo msalnya ditentukan wktunya 1 jam ya msih bisa dicari kecepatan akhirnya dan smua jawaban akan benar dgn waktu 30 km/jam.
    Bayangkan aja,kcpatan rata” 30 km/jam brarti bisa 10 km/20 menit atau 15 km/30 menit ataupun 1 km/2 menit brarti jawabannya smua bnar asal dgn persepsi diatas dan nanti tinggal dikonversikan jadi km/jam lagi kan gk susah.
    Kan ini soal logika,klo soal matematis jawabannya ya 90 km/jam jadi brhubung logika ya seperti itu logikanya.

  17. achilez says :

    kepingin jawab nih,
    kecepatan rata2= 60 km/jam
    kecepatan rata2 = (kecepatan1+kecepatan2):2
    60km/jam=(30km/jam + x) : 2
    60km/jam *2 = 30km/jam + x
    120km/jam= 30km/jam + x
    x = 120 km/jam – 30 km/jam
    x = 90 km/jam

    v rata-rata = (v1+v2+v3+…..+vn)/n

  18. Ben says :

    jika waktu yg harus ditempuh 1 jam, dan sesuai yg ditanyakan, kecepatan rata2 keseluruhan,

    ane jawab 90km/0dtk

    (90km/0dtk + 30km/jam) :2 = 60km/jam

  19. Ichwan says :

    Menurut saya jawabannya 90 km/jam.

    Pertanyaan dari soal ini kan “Berapa kecepatan rata-rata yang harus dicapai A saat dia menempuh setengah perjalanan sisanya sehingga pada akhirnya dia dapat mencapai kecepatan rata-rata keseluruhan 60 km/jam?”.

    Artinya, yang menjadi target itu kecepatan rata – ratanya, Bukan waktu tempuhnya.

    Nah, kalo setengah perjalanannya ditempuh dengan kecepatan 30 km/jam, kemudian setengahnya lagi ditempuh dengan 90 km/jam, maka rata – rata kecepatan keseluruhannya yaitu (30+90)/2 = 60 km/jam.

  20. Agus says :

    asli penjelasannya bego banget

  21. abdulannafi says :

    60km/jam ato 30km/jam kan bukan satuan waktu tapi satuan kecepatan maka nilai waktunya di singkirkan.. jawabannya jelas 90km/jam.. perjalanan dibagi 2. separuh pertama dan separuh ke 2 teka teki sih teka teki tapi gak boongin anak sd jg kaleee…

  22. Mello says :

    Bikin soal jawabnya asal, klo ga terhingga berarti bisa 150km/jam, lo ga bilang brapa jam yang harus di tempuh di soalnya sampe dia nyampe di tujuan. bisa aja dia brenti dulu buat berak.
    IQ lo di bawah 90 kayanya

  23. veryday says :

    S=jarak total, s1=S/2 , s2=S/2 jadi s1=s2.
    V=60, v1=30 , v2=?(yg ditanyakan)
    T=t1+t2.
    V=S/T, S=VT.
    v1=s1/t1, v2=s2/t2, s1=v1.t1, s2=v2.t2
    Karena jika dianalisa v1≠v2 sedangkan s1=s2 maka jelas bahwa t1≠t2.
    V=60=S/T
    60T= S
    =s1+s2
    =30.t1 + v2.t2

    v2.t2=60T – 30t1
    =60(t1+t2) – 30t1
    =60.t1+60t2 – 30.t1
    =60.t2 + 30.t1

    v2=60.t2/t2 + 30.t1/t2
    v2=60 + 30.(t1/t2)
    Jika saja jawabannya 90, maka harusnya t1/t2=1 atau t1=t2, yang berarti v1=v2(karena s1=s2). Jika v1=v2=30 maka jelas V≠60 (kontradiksi).
    Maka lbh setuju v2=∞ atau t2=0.

  24. Andy Tryandi says :

    Vrata-rat itu rumusnya bukan V1+V2 : 2 gan….
    tapi Jarak total : waktu total…
    gitu….

  25. burhan says :

    lho mas,, emang harus 1 jam? Thuing thuink…. 2 jam 4jam 5 jam pa gak bisa?

    Diket
    rata”V =60km/jam
    Misal
    t = 2 jam
    jadi s = t * v
    s = 2 * 60 =120km

    setengah jalan 30km/jam * 1jam = 30 km
    setengah lagi 1jam==>90km
    jadi kcepatan 1jam akhir 90km/jam

    gitu ajja kok sepot

  26. Fajri Akbar says :

    Buat anda yang ngeyel dengan jawaban 90km/jam, ini penjelasannya.
    Jika dia harus menempuh “jarak 1km” dari A ke C.
    Dalam 500m pertama “kecepatan rata-ratanya” 30km/jam(30km/60menit atau 1km/2menit atau 500m/1menit).
    Dia menempuh 500m pertama dalam “waktu” 1 menit.
    Dia masih harus menempuh 500m dari B ke C.
    Dalam 500m kedua “kecepatan rata-ratanya” 90km/jam(3km/2menit atau 1km/40detik atau 500m/20detik).
    Dia menempuh 500m kedua dalam “waktu” 20 detik.
    Sehingga A ke C memakan waktu 1 menit dan 20 detik dengan jarak tempuh 1km.
    Dan kecepatan rata-ratanya menjadi 3km/4menit atau 30km/40menit atau 45 km/jam.

    Untuk mencapai jarak 1 km dengan kecepatan rata-rata 60km/jam adalah 1 menit karena 60km/jam sama dengan 60km/60menit atau 1km/1menit.
    Karena waktu 1 menit sudah dihabiskan untuk mencapai 500m pertama, maka jawabannya adalah “tidak mungkin” karena kecepatan yang dibutuhkan adalah “tak terhingga” untuk 500m kedua.

  27. asep ikbal says :

    kan jaraknya gak di tentuin tuh..
    Gimana kalo jaraknya cuman 30 km?

    misalkan,
    x = 30 km
    Setengah jarak = 15 km
    v1 = x1/t1
    ==> 30 km/jam = 15 km/0,5 jam

    karena yang kecepatan yang diinginkan 60 km/jam, maka

    v = (v1+v2)/2
    60 km/jam = (30 km/jam + v2)/2
    v2 = 60 . 2 – 30
    v2 = 90 km/jam

    jadi, jika ingin mendapat kecepatan rata2 60 km/jam, maka v2 harus 90 km/jam

    intinya, jawaban dari pertanyaan tersebut hasilnya bisa bervarasi, tergantung jarak yang kita tentukan😀

    • Eyke Vione says :

      Oke, i get it guyss. pada awalnya saya bersikeras dengan jawaban 90m/s. tapi setelah dianalisis kembali sebenarnya masalahnya disini guyssss. cekidottt.

      Coba cek statement,”setengah perjalanan” pertama ditempuh . . .
      disini kesalahan kita guysss. maksud “setengah perjalanan” disini itu mungkin berbeda2 setiap orang.

      Kalo yang dimaksud “setengah perjalanan” disini adalah waktu yang diperlukan, maka jawabannya adalah benar 90m/s.

      Tapi kalo yang dimaksud “setengah perjalanan” itu adalah jarak yang ditempuh, maka benar tidak ada jawabannya. hehee.

      iyalah, ane mengakui kalo IQ ane kurang dalam menganalisis soal ini. sori gannn. hehee.

  28. A Junk Stonehoof says :

    Waktunya pasti abis kalo matoknya bener-bener harus real situation, tapi kalo yang ditanya cuma kecepatan keseluruhan biar bisa jadi 60km/jam itu bisa diitung banget, tanpa menghiraukan waktu, 30km/jam disetengah perjalanan, berapa kecepatan setengah terakhir agar hasilnya bisa 60km/jam gitu kan? dia sudah menghabiskan/atauu rugi 2x lipat kecepatan dari target kecepatan dia disetengah awal perjalanan, agar kecepatan tempuh si A/rekor target si A tetap dengan rata-rata 60km/jam, logikanya si A harus untung 2x lipat di setengah perjalanan terakhir, 120km/jam. dan rata-rata kecepatannya akan menjadi 60km/jam, walaupun pada akhirnya waktu tempuh dari P ke Q akan menjadi 2 jam 30 menit di jakar 120km.

  29. Tjah-jo says :

    bisa aja, meskipun pertanyaan logika tetep bisa pake rumus matematika. di sana tidak di jelaskan jarak dan waktu tempuhnya. yang jadi pertanyaan adalah kecepatan yang harus ditempuh agar rata-ratanya bisa 60km/jam.

    misalkan jaraknya 120 km, setengah perjalann pertama 60 km —> brati ditempuh 2 jam. sisanya 60 km —-> dapat ditempuh dengan kecepatan 98 km/jam selama 30/49 menit. jadi kalo kecepatannya di rata2 = ( 30 + 30 + 98 ) : 128/49 menit = 60,4 km/jam …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. hehehehe

  30. caca says :

    Setengah perjalanan kan tidak ditentukan waktunya 1jam. bisa saja waktunya 2 jam, 3 jam atau 4 jam. karena tidak ditentukan waktunya. hanya ditanyakan berapa kecepatan pada setengah perjalanan selanjutnya…..
    lha kalo misalnya jarak yang ditempuh cuma 30 km gmn????

  31. Dodo says :

    Emgnya ada catatan waktu maksimal?

  32. jafar says :

    klo permasalahin waktu nya dah abis, masih bisa pakai kecepatan cahaya..300.000 km/detik..langsung sampe…hahahaha

    klo di balik gimana..si a naik mobil stengah perjalanan pertama kec nya 30 km/jam lalu stengah perjalanan berikut nya kec mobil nya 90 km/jam, berapakah kec rata2 a sampai ke tujuan?

Trackbacks / Pingbacks

  1. TEKA -TEKI LOGIKA « ERNO - 23 November 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: