Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #16)

Pertanyaan:

Bagaimana mengukur waktu 9 menit dengan menggunakan jam pasir 4 menit dan jam pasir 7 menit?

Jawaban:

Mulailah kedua jam secara bersamaan. Ketika gelas yang 4 menit selesai, balik. Ketika gelas yang 7 menit selesai, balik. Semenit kemudian, gelas yang 4 menit selesai; 8 menit akan berlalu dan akan ada waktu 6 menit untuk pasir di bagian atas gelas yang 7 menit dan 1 menit untuk pasir yang ada di dasar, lalu baliklah gelas yang 7 menit, dan semenit kemudian waktu 9 menit akan tercapai.


Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana Problem Set #1

Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana

Kembali ke halaman Teka-Teki

Iklan

44 responses to “Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #16)”

  1. brodenichev says :

    mas waktu untuk membalik jam gak diitung kah, seperti pada teka-teki jam berdentang (selanya aja dikasih 1,5 detik)… he3x

    • doni says :

      Mulai membalik kedua jam pasir, begitu pasir di jam 4 menit habis langsung balik kembali jam 4 menit itu, begitu pasir di jam 7 menit habis langsung balikkan jam pasir 7 menit itu, lalu begitu pasir di jam 4 menit habis kembali balikkan jam pasir 7 menit itu. Kemudian saat pasir di jam 7 menit itu sudah turun semua berarti waktu telah berlalu selama 9 menit.

  2. Agha says :

    ga usah diitung……ga diitung aja otak lu dah ga nyampe, apalagi diitung
    wakkawkawkawkawkawkkaw

  3. Agha says :

    ga usah diitung
    diitung aja otaklu ga nyampe
    apalagi diitung awkkawkawk
    awk
    awkawkkw

  4. Risma says :

    Cara Gw gak kayak gitu, cara gw lebih mudah :
    Yang 4 menit dibalik dulu hingga terbagi 2, lalu jam pasir tersebut ditempatkan dalam posisi tidur.
    Kemudian mulailah permainannya, jam pasir 7 menit dituang setelah habis, dengan cepat jam pasir 4 menit yang telah dibagi2 , menjadi 2 menit persela lalu dibalikkan. maka setelah jam pasir 7 menit dibalikkan lalu habis, lalu dilanjutkan dengan jam pasir 4 menit yang telah dibagi 2 tersebut.

    • gerry says :

      khan blum pasti kk jam pasir yg 4 menitnya terbagi 2 secara pas klo kayakgtu hanya perkiraaan j lah

    • WELLGI says :

      cara lu nentuin jam pasir 4 menit itu udah pas di bagi 2 gimana tolol? bisa aja kan gak tepat terbagi 2. setuju dengan brodenichev! selax kok g’ di hitung?

  5. sabila says :

    @ risma : gak bisa dong.. kalau dalam posisi horizontal, pasir akan berbalik hanya dalam sekejap karena tidak ada lengkungan d tabung yg menghambat si pasir..

  6. oa7h says :

    halah,, baru ja mo mengukur waktu 9 menit dah menghabiskan waktu beberapa menit (tergantung orangnya juga sie lemod apa kgak) wakakakakakk…

    mendingan pertanyaannya d ganti,,
    berapa banyak waktu yg d pergunakan untuk mengukur waktu 9 menit dengan menggunakan jam pasir 4 menit dan jam pasir 7 menit?

    bTw waktu itu bisa d ukur yah? pake apa? penggaris ato meteran??
    klo d hitung? d hitung pake apa? kalkulator ato sempoa,, :p

    pizzz,,,, kabuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrr,,,,,,

  7. mulia oloan nauly harahap says :

    ahahha
    no coment…

  8. Isa says :

    Pada ga pnya jam apa yaa haha

  9. Ayiek says :

    buang ajach jam pasirnya…..
    bli jam dinding ajach biar cepet ngitungnya…
    wkwkw

  10. FUSALIT says :

    Bener juga tuh caranya .
    tapi gampangan bgini :
    pakai jam pasir 7 menit dan balikan sampai habis . (waktu 7 menit)
    setelah habis cepat-cepat jam pasir 4 menit di balikan .
    tapi sampai setengah saja . (waktu 2 menit)
    jadi jumlahnya kan 9 menit .

    klo mau gampang bawa jam sendiri dari rumah .

    • Allan says :

      yup betul betul betul, jawabanq jg kayak gt. jwbn yang ngasih pertanyaan bikin binung aja…………….

    • Hadi says :

      ga tepat dunk klo gitu… mank bisa bagi nya tepat setengah? pasti ada kurang atau lebih

  11. Mr.X says :

    penjelasannya ga’ logis nih!!!………….gimana caranya kita tau kalo jam pasir yang 7 menit udah jalan 1 menit setelah dibalik kan bisa kelewat ato kurang dari 1 menit(apa harus pake stopwatch biar 1 menitnya gak kelewat?)

  12. Zega says :

    Keren..
    Trnyata gelas 4 menit di blik sekali
    gelas 7 menit di blik 2 x.

    Nice

  13. jojon says :

    waktu membalik jam pasir tidak dihitung? gaya gesek dan gaya gravitasi tidak dihitung? ralat pergeseran waktu tidak dihitung?

    menurut saya: pecahin jam pasirnya tadi terus buat jam pasir yang untuk 9 menit..selesai kan?

  14. gwsasuke says :

    tanya ma tukang arloji aj

  15. Abie says :

    Waduh, ngapain ribet, acuhin ja jam 7 menit nya. Pakai jam 4 menit 2 kali… Trus yang ketiga kalinya berhenti pas tersisa 1/4.. Gmn?

  16. ilham says :

    kirain bisa dibuka trus di tuang2x gitu gan kayak air galon..

  17. ayang says :

    Yang complain ma jawaban ny itu orang kepinteran.kalo kepinteran jadi kebanyakan mikir..
    Jawaban d atas udah bener banget, ga ad jawaban lain ( jangan bilang butuh waktu untuk balik in jam pasir, ini teka – teki, kalo mau argumen buat teka – teki sendiri )

  18. Black Crosshair says :

    Kalo gue sih mending pake jam tangan ato stopwatch.

  19. WELLGI says :

    KAlian semua goblok! mending pertanyaan di ganti gini. Kamu di suruh ambil air di laut tepat 4 liter tapi gak pake lteran. yang di kasih cuma 2 ember yang satu ember ukuran penuh tepat 3 liter, yang satu lagi ember ukuran penuh 5 liter. gimana caranya? Ayo berpikir!

    • dokter matematika says :

      ambil air laut pake ember 5 liter trus tuang di ember 3 liter, jadi di ember 5 masih sisa 2 liter, air di ember 3 liter dibuang semua, tuang sisa air di ember 5 liter ke ember 3 liter sehingga ember 3 liter terisi air 2 liter, ambil air lagi dengan ember lima liter, trus tuang ke ember 3 liter yang sudah terisi 2 liter hingga penuh, dapet deh kita air laut 4 liter

  20. dokter matematika says :

    caranya begini soobbb, jam 4 menit dan jam 7 menit mulai bersama, begitu jam 4 menit habis balik, kita sudah dapat 4 menit, begitu jam 7 menit habis kita dapet 5 menit (4 menit + 1 menit (dari 4 menit jam 4 dikurangi 3 menit jam 7), trus jam 4 menit balik lagi dapet deh 4 manit lagi, jadi total 4+1+4=9, begitu coyyy

  21. Ahmad Ahay says :

    eh mw tanya<<<
    Sani dpat mnyelesaikan suatu pkrjaan dlm wktu 12 hari
    Amir dpat mnyelesaikan pkrjaan yg sama dlm wktu 16 hari
    Roni dpat mnyelesaikan pkrjaan yg sama pula dlm 20 hari

    Berapa waktu yg d butuhkn ketiganya jika mereka mnyelesaikan pkrjaan tsb bersama-sama??

    +solusi/cara

  22. oktakurniawan says :

    misal 4menit = jamA, 7menit = jamB
    mulai dengan posisi masing 4 dan 7 menit

    (1) 4 ———- 7
    (2) 0 ———- 3 // balik A
    (3) 4 ———- 3 // mulai lagi, abaikan waktu membalik
    (4) 1 ———- 0 // tunggu sampe jam B habis, total jamA = 4+4+1 = 9

    • oktakurniawan says :

      upss kurang maap
      …..
      misal 4menit = jamA, 7menit = jamB
      mulai dengan posisi masing 4 dan 7 menit

      (1) 4 ———- 7
      (2) 0 ———- 3 // balik A
      (3) 4 ———- 3 // mulai lagi, abaikan waktu membalik
      (4) 1 ———- 0 // sudah 7 menit, kurang 2 menit
      (5) 1 ——— 7 // balik jamB
      (6) 0 ——— 6 // sekarang total sudah 8 menit. karena sudah membalik jamA 2x (4×2) = 8menit. masih kurang 1 menit lagi untuk 9 menit, diambil dari jamB

      (7) X ——– 1 // balik jamB, jamB sudah berjalan 1menit 7-1 6, jika posisi dibalik maka jamB tersisa 1 menit.

      jadi total ada 9 menit.

      —-maaf diatas kurang

  23. Genius says :

    Jam 7 menit mulai dulu, tunggu 2 menit dan nyalakan jam 4 menit. waktu akan menjadi 9 menit (7-2)+4= 9

  24. mochammadiqball says :

    Agar lebih memudah kan untk selanjutna jam pasir 7 menit akan ditulis #7 dan jam pasir 4 menit ditulis #4.

    Perhitungan waktu 9 menit dari #7 &#4 ini membutuhkan 6 tahap:

    1. Balik #7 & #4
    2. Setelah #4 habis balikan kembali
    -4 menit dihabiskan pada tahap ini
    -pada tahap ini #7 menyisakan waktu 3 meit
    3. Setelah #7 habis balikan kembali
    -3 menit dihabiskan pada tahap ini
    -pada tahap ini #4 menyisakan waktu 1 menit
    4. Setelah #4 habis balikan kembali
    -1 menit dihabiskan pada tahap ini
    -pada tahap ini #7 menyisakan waktu 6 menit
    5. Setelah #4 habis balikan kembali
    -4 menit dihabiskan pada tahap ini
    -pada tahap ini #7 menyisakan waktu 2 menit
    6. Setelah #4 habis balikan kembali lalu biarkan #4 sampai waktunya habis,setelah sampai pada tahap ini abaikan #7
    -4 menit dihabiskan pada tahap ini

    Semua tahap sudah selesai dan kunci dari perhitungan untung mencapai waktu 9 menit adalah dari waktu yang dihabiskan dari setiap tahap.
    Dan tahap yang digunakan untuk mencapai waktu 9 menit ada lah tahap 4 (1 menit), 5 (4 menit) dan 6 (4 menit) Total 9 menit.

    Jadi untuk memulai perhitungan waktu 9 menit dimulai pada tahap 4, 5, dan 6.

  25. Purandhinata says :

    ini zaman modern bro udah ngga jaman pake jam pasir

  26. me says :

    4 7
    selesai 3
    4 3
    1 selesai
    1 7
    selesai 6
    4 6
    selesai 2
    4 2
    2 selesai
    2 7

    9 menit telah di dapat.

  27. Abang says :

    balik2 jam pasir kayak tukang putu balik2 putu yg diuapin wkwk

  28. surya says :

    kan gak dikasih peraturan harus balik bareng, balik yg 7 menit jika selesai balik yg 4 menit ketikaa yg 4 menit tinggal setengah maka itulah 9 menit

  29. fahririfkinaila says :

    – Pertama yang 7 & 4 diputar bersamaan(Pertama kali).
    – Yang 4 habis, langsung balik(Kedua kali). 7 masih ada 3 menit.
    – Setelah 7 habis, saat itulah ditetapkan mulainya waktu 9 menit
    – 1 menit kemudian 4 akan habis, langsung balik(Ketiga kali). Ada waktu 1 menit antara habisnya 7 dan mulainya 4 untuk ketiga kali.
    – Setelah 4 habis, balik lagi(Keempat kali)
    – Saat 4 habis, waktu 9 menit sudah habis

    *Penghitungan 9 menit dimulai dari menit ke 7(Jam pasir 7 habis) sampai menit ke 16(Jam pasir 4 habis untuk ke 4 kalinya)

    Begitu menurut saya…

Trackbacks / Pingbacks

  1. TEKA -TEKI LOGIKA « ERNO - 23 November 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: