Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #15)

Pertanyaan:

Dua kakak beradik suatu hari ditanya siapakah dari mereka yang lebih tua. “Akulah yang lebih tua,” kata yang laki-laki. “Aku yang lebih muda,” kata yang perempuan. Akhirnya diketahui bahwa sekurangnya salah satu dari keduanya sudah berbohong. Siapakah yang lebih tua?

Jawaban:

Yang perempuan yang lebih tua.

Penjelasan:

Pernyataan keduanya tidak saling kontradiksi. Artinya, entah keduanya benar atau keduanya salah. Karena diketahui setidaknya satu dari keduanya telah berbohong, maka itu berarti keduanya salah. Karena itu, yang lebih tua adalah yang perempuan yang berkata “aku yang lebih muda.”


Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana Problem Set #1

Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana

Kembali ke halaman Teka-Teki

30 responses to “Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #15)”

  1. ima says :

    Mang sieh bisa di asumsiin kaya gtu, tp menurut gw mnding tanyain za ma ibu’y soal’y kakak adik itu kembar ya?
    menurut kepercayaaan klo lahir lebih awal itu adik’y
    hehehehehe

  2. Risma says :

    jawaban gw sama , Perempuan yang lebih tua. Asumsinya sedikit berbeda. Asumsi gw : “Sekurangnya” bukan salah satunya maka pasnya berarti bisa jadi ada kata “pasnya” maka yang pas adalah lebih dari satu, yaitu 2. tidak mungkin “pasnya” kurang dari satu.

  3. mulia oloan nauly harahap says :

    ho oh
    sama aja…

  4. atheis says :

    misal : A = laki-laki
    B = perempuan
    X = bohong
    T = tua
    M =muda
    jadi,
    jika, A = T
    maka, B = M
    “sekurangnya salah satu dari keduanya sudah berbohong” = keduanya mungkin berbohong
    misal A berbohong , maka,
    jika, A = XT
    maka, B = XM

    A = M(lebih muda)
    B = T(lebih tua)

  5. FUSALIT says :

    Terlalu Mudah !

  6. yohannes says :

    adik dan kakak mana yang lebih tua

  7. Ichsan says :

    Kakak lach

  8. THe excalibur 666 says :

    Jawabanya : yang lebih tua adalah Kakak, karena tidak ditanya apa jenis kelamin mereka.

  9. Black Crosshair says :

    Yang lebih tua adalah ayah, yang lebih tua lagi adalah kakek, yang lebih-lebih tua lagi adalah buyut,

  10. gbenzoin says :

    knapa slah satu dr mreka brbohong??
    Kan dah jlas k dua” nya brbohong..!?!

  11. gbenzoin says :

    jka salah stu dr mreka brbohong mka asumsinya …
    Laki” brbohong= laki” dan prmempuan sma”
    muda…
    Prmpuan brbohong= sma” tua…
    So ..tdak bsa dkatakan slah stu dr mreka brbohong tpi ke Duanya brbohong …

  12. paijo says :

    sederhanaya lihat soal disitu yang dtanyakan mana yg lbih tua bkan mana yang berbohong..

  13. MARIUS IBAN says :

    YANG BOHONG>>>> PEMBUAT PERTANYAANNYA!!

    masa kakak adik itu uda bener… tapi pembuat pertanyaan bilang boong!

  14. ari says :

    bner jwbnnya,…karna si aku yg lbh muda..bukan akulah

  15. roby.awalo says :

    K’dua2nya bhong.
    itu aja ko’repot…!

  16. tian says :

    Benar perempuan yang lebih tua…timbul pertanyaan baru ..orang tuanya gimana tuh klo tw kedua anaknya pembohong ?

  17. Purandhinata says :

    perempuan yg lebih tua karena dalam kata
    Akhirnya diketahui bahwa
    “sekurangnya” salah satu dari keduanya sudah
    berbohong => sekurangnya berarti paling sedikit, karena pernyataan keduanya saling berkaitan, jika 1 berbohong maka 1 lagi juga berbohong dan sebaliknya, karena yang berbohong paling sedikit 1 (tidak bisa kurang dari 1 dan karena hanya 2 orang jadi paling banyak 2) maka keduanya berbohong.

  18. aku driver pakam says :

    “salah satu dari keduanya sudah berbohong.
    Brarti kn salah satu dri keduanya ada yg jujur..
    sharusnya kn yg lbih tua yg laki.laki?

  19. papindoedi says :

    dari pada binggung, langsung sj nanya sm orang tuanya di rumah…..betul kan….

  20. rian indrayana says :

    anak orang kok dipikirin!

  21. Jesti says :

    bingung.Tp aku skarang tau maksudnya.Jwabannya bener

  22. sial gw oon says :

    jika anak laki2 berbohong maka anak laki2 = paling muda
    jika anak perempuan berbohong maka anak laki2 = tetap paling muda
    kesimpulan: anak laki2 MUDA yg tua yg PEYEMPUAN

  23. mischa says :

    yang lebih tua adalah kakaknya 😀
    kan gak mungkin adiknya lebih tua

  24. s e c r e t says :

    iyaaa bener,
    aku juga jawab itu

Trackbacks / Pingbacks

  1. TEKA -TEKI LOGIKA « ERNO - 23 November 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: