Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #14)

Pertanyaan:

Adalah dua kakak beradik yang jumlah umurnya 11 tahun. Yang satu 10 tahun lebih tua dari yang lain. Berapakah umur mereka masing-masing?

Jawaban:

Sang kakak berumur 10 tahun 6 bulan, dan sang adik berumur 6 bulan.


Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana Problem Set #1

Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana

Kembali ke halaman Teka-Teki

Iklan

51 responses to “Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #14)”

  1. lex says :

    Menurut saya adiknya itu harusnya berumur satu tahun

    tapi knapa kok bs 6 bulan????

  2. Charles says :

    @lex:

    Kalau adiknya berumur satu tahun, berarti kan kakaknya berumur 11 tahun (10 tahun lebih tua dari adiknya). Jadi, total umur keduanya 12 tahun dong… ๐Ÿ˜‰

    • adi says :

      TPI BANG CARLES, NTU KAKAK BERADIK DI PERUT XOKAPX BERAPA BULAN RU LAHIR KE DUNIA? KLO NTU ADA ASUMSI YANG SAMA RU BISA DIJAWAB

  3. Roni says :

    Kakak = 10 thn 1 bln
    adik= 11 bln
    ato
    kakak= 10 thn 2 bln
    adik=10 bln
    dst

    • Einstein says :

      yha gak bisa mas…
      “yang satu lebih tua 10 tahun dr yang laen”
      coba jwaban mas di’itung lagi , selisihnya gak 10 tahun tha…
      caranya secara mathematis gini

      (biar lebih gampng dimisalkan kakak=A adik=B)
      -A+B=11 tahun
      -A-B=10 tahun >> A=10+B

      . A+B=11
      (10+B)+B=11
      . 2B=11-10
      . B=1/2 tahun >>>> 6 bulan

      otomatis A/kakak=10 tahun 6 bulan

    • SixthSenseIsHeart says :

      @einstein: ya btul lah โ€œyang satu lebih tua 10 tahun dr yang laenโ€

      penjelasan:
      ———————————
      A=kakak dan B=adik

      A+B=11 tahun
      A-B=10 tahun >> A=10+B

      A+B=11
      (10+B)+B=11
      2B=11-10
      B=1/2 tahun >>>> 6 bulan
      ———————————
      B=1/2 tahun substitusi ke pers. A=10+B
      A=10+(1/2)=10,5 tahun >>>> 10 tahun 6 bulan
      A/B=(10 tahun 6 bulan)/(6 bulan)
      =10,5/0,5
      =10

    • aaaa says :

      mana bole gitu kan bedanya 10 taun klo ade nya 11 bulan yah ngko nya 10 taun 11 bulan itung aja sono jdi nya 11 taun ga?

    • onald says :

      klo umur adik = 11 bulan
      umur kakak = 10 thn 11 bulan
      dst om

    • Drew Feasd says :

      kalau itu selisihnya ga 10 tahun donk, pikir” dlu sebelum koment

      btw, ane ganteng thanks B|

  4. veeytHa says :

    iya yah…
    koq aq gag kepkiran…

  5. prahas_muttahari says :

    @ roni,
    klo kakak 10 tahun 1 bulan adik 11 bulan maka kita asumsikan

    (10 tahun 1 bulan + 1 bulan) – (11 bulan + 1 bulan) =
    10 tahun 2 bulan – 1 tahun = 9 tahun 2 bulan bukan 10 tahun

  6. marewan says :

    menurut saya adik baru lahir

  7. mulia oloan nauly harahap says :

    hohoho…
    gampang banget…
    cara matematika nya gini!!!!
    misal si kakak =A
    si adek =B
    A+B=11 tahun
    A+B= 11×12 bulan = 132 bulan
    A=120 bulan+B
    A-B= 120
    A+B=132

    di eleminasi aja mas
    2b=12
    B= 6 bulan
    A= 18 bulan

  8. elma ester yosephine says :

    liat soalnya aj aq dah ga mudeng ap lagi baca koment nya mubeeng

  9. FUSALIT says :

    heee iaa ya ,
    pinter neh yg bikin .

  10. erwin says :

    y kakaknya tetep berumur 11 tahun dung..
    ket:
    masih butuh 3 bulan 10 hari lagi menunggu adiknya lahir…
    ๐Ÿ™‚ ;0 ๐Ÿ˜‰

  11. untung jek urip says :

    bagus lg klo kaka nya 10 taun,adik nya 1 taun..trus ngitung pake jari jarak nya umur..
    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10…

    ada 10 bilangan kan jaraknya…hahahaha

  12. Bro TC says :

    bisa aja kan:
    kakak 10tahun 1 hari
    adik 1tahun kurang 1 hari

    hahahah peace ๐Ÿ˜›

  13. WilliamRAV says :

    wakkakak, bener gw ketipu

    ini mah soal jebakan, gw pikir 10 ma 1

  14. xyz says :

    a=kakak b=adik
    a+b=11
    a-b=10
    a+b-11=0
    a-b-10=0
    0=a+b-11=a-b-10
    berarti
    a+b-11=a-b-10
    a-a+b+b=-10+11
    2b=1
    b = adik = 0.5 tahun = 6 bulan
    a+0.5= 11
    a=11-0.5
    a = kakak = 10.5 tahun = 10 tahun 6 bulan

  15. alfadison says :

    hebatt yabg buat nee pertaxaan
    saya jadii kejebak..
    kakak sma adik saya kira sama-sama umur 11 tahun
    terxata umur kakak ma adik di jumlah kan toh…hahahaa

  16. unique says :

    ribet bgt…tar kutanya mamanya deh

  17. yusuf says :

    udah…. gini aja….
    10 th 6 bln+6 bln=
    10 1/2+1/2=
    11 tahun!!!!!!!!!!!
    btul kan!!!!

  18. Black Crosshair says :

    Kalo gue bilang sih soal ini gak berlaku lagi, Soalnya sekarang udah tahun 2011.

  19. Black Crosshair says :

    Berarti logikanya umur kedua anak tersebut sudah bertambah.

  20. sulaiman says :

    Ini kan cuma soal Subtitusi
    Kakak+Adik= 11
    Kakak-Adik= 10

    Klw yg gk paham cara ngerjain’y, tanya aj sm guru SMP kalian
    hehehe

  21. rezkyfadhiel says :

    heh ?….
    Bukan karna pertanyaannya ya ?
    “10 tahun lebih tua” .. Kalau di perhatikan , mngkin maksudnya kayak gini .. “10 tahun lebih , tua dari yang lain ” … Soalnya kalau dijelaskan “10 tahun lebih , lebih tua” , pembacanya kan jadi bingung nnti …
    Jadi kan bisa ,
    10,1 thn
    10,2 thn
    10, 3 thn , dst …
    10 tahun 1 hari aja , kan sudah 10 tahun lebih tua .

  22. Scorpion says :

    kalau -A+B=11
    B=11-A
    B=11-10

    jadi 1 tahun dong?

  23. yogapw says :

    Kita ibaratkan,
    Umur Kakak = A
    Umur Adik = B

    Persamaannya:
    A+B=11 atau A=-B+11
    A-B=10 atau -B=10-A

    Tinggal Dimasukin aja kepersamaan.
    Pertama kita cari umur kakak:
    A=-B+11
    A=(10-A)+11
    A=21-A
    A+A=21
    2A=21
    A=21/2
    A=10,5
    Jadi umur kakak 10 tahun 6 bulan

    Skrng kita cari umur adik
    -B=10-A
    -B=10-(10,5)
    B=-10+10,5
    B=0,5
    Jadi umur adik 0,5 tahun. atau 6 bulan.

  24. itho says :

    si kaka berumur 10thun 359hari si adik barumur 1 hari hahahhahahahahah

  25. aaa says :

    Kalo pertanyaan nya brapa tahun brarti jawaban nya umur kakaka 10 tahun setengah, dan umur adik setengah tahun, kalo pertanyaan nya brapa bulan brarti umur kakak 126 bulan dan umur adik 6bulan. Dan kalo pertanyaanya brapa hari umur kakak dan umur adik? Itung aja sendiri

  26. cutlemsayuthithi says :

    seru juga comment-commentnya. ternyata dalam matematika yang katanya pasti masih dimungkinkan terjadinya berbagai persepsi, bagaimana lagi dengan kajian-kajian sosial. amazing….

  27. dino says :

    Ya ga bs gtu donk kn jraknya cm 10 th ..
    Ya jd si kk 10 th, si adik 1 th..
    Itu yg bnr, mnurut ilmu matematika aja 10+1=11 kn
    Mna ada 10,6+6=11 itu ngawuuuurrrrrr

    • Fauzi says :

      Kaka 10thn, adik 1 thn, cara mengetahui selisih dari kedua bilangan gimana caranya? Menggunakan hitungan pengurangan, 10 – 1 = 9. Terimakasih.

  28. Purandhinata says :

    jawaban anda benar
    caranya: misal adik=x
    kakak=x+10
    x+x+10=11
    2x+10=11
    2x=11-10
    2x=1
    x=1/2
    jadi adik=1/2 tahun = 6 bln => kakak= 6 bln + 10 thn = 10 thn 6 bln

  29. Purandhinata says :

    buat yang di atas jawab 11-10=1
    coba aja jika umur adik 1 thn dan selisih 10 maka umur kakak =11 thn dancjika dijumlah akan jadi 12 sedangkan di soal 11

  30. Purandhinata says :

    buat yang bilang umurnya bertambah memang benar tapi itu jika dilihat dari waktu di dunia nyata sedangkan dalam soal tidak menyebutkan tahun berarti umur mereka tidak bisa kalian sebut bertambah

  31. ferdinand says :

    jumlah umur – beda umur
    11 tahun – 10 tahun = 1 tahun
    selisih tadi : jumlah org
    1 tahun : 2 tahun = 0,5 tahun => pembagian umur
    umur kakak = beda umur + pembagian umur = 10 tahun+0,5 tahun=10,5 tahun
    umur adik = jumlah umur – UMUR KAKAK = 11 tahun – 10,5 tahun = 0,5 tahun

    PEMBUKTIAN :

    TOTAL UMUR = UMUR KAKAK+UMUR ADIK=10,5 TAHUN + 0,5 TAHUN = 11 TAHUN

    SELISIH UMUR = UMUR KAKAK – UMUR ADIK = 10,5 TAHUN – 0,5 TAHUN = 10 TAHUN

  32. karianto Sehati says :

    mmm… mantap broo…
    lok menurut saya ni
    jawaban Carly ets carles gto udeh mantap pi perlu di pahami
    lok cara gue si :
    (umur kakak – umur adik)
    10,1-11 = 9 tahun 11 bulan (belum pas 10 tahun)
    10,2-10 = 9 tahun 10 bulan (belum pas 10 tahun)
    10,3-9 = 9 tahun 9 bulan (belum pas 10 tahun)
    10,4-8 = 9 tahun 8 bulan (belum pas 10 tahun)
    10,5-7 = 9 tahun 7 bulan (belum pas 10 tahun)
    10,6-6 = 10 tahun (kan di soalnya lebih tua 10 tahun)
    jadi umur kakak 10,6 bulan dan umur adik 6 bulan

  33. setya says :

    dua kakak beradik?? berapa orang itu ya??
    1 kakak beradik berarti ada 1 kakak dan satu adik?
    gagal paham

  34. Jay says :

    Pada slah smua, coba geh baca lgi soalnya. Disitu tertera “Adalah dua kakak beradik”. Jadi dsini ada 2 (dua) kakak beradik, artinya yg dmaksud dsini ada 4 orang (2 kakak & 2 adik).
    Yang 1 lebih tua 10 tahun dari yg lain. Jadi kalau kita ambil rata. Umur ke tiga orang sisanya adalah 4 bulan, dimana 4 x 3 orang = 12 bulan atau 1 tahun.
    1 + 10 = 11 tahun

  35. Aries'boys says :

    Lumayan

Trackbacks / Pingbacks

  1. TEKA -TEKI LOGIKA « ERNO - 23 November 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: