Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #10)

Pertanyaan:

Andi mempunyai roti sebanyak 5 biji, Budi mempunyai roti sebanyak 7 biji, sedangkan Cici mempunyai uang sebanyak Rp 1200. Roti itu kemudian dibagi 3 sama rata, sedangkan uang tadi dibagi antara Andi dan Budi. Bagaimana pembagian uang yang adil?

Jawaban:

Andi mendapatkan Rp 300 dan Budi mendapatkan Rp 900.

Penjelasan:

Andi memberikan 1 roti pada Cici dan Budi memberikan 3 roti pada Cici.


Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana (Problem Set #1)

Kembali ke halaman Teka-Teki Logika Sederhana

Kembali ke halaman Teka-Teki

Iklan

43 responses to “Teka-Teki Logika Sederhana (Jawaban #10)”

  1. atheis says :

    hoho..

    gag ada yg comment….. (halaman tidak ditemukan)
    pada ga bisa nemuin halamannya…

    Tapi gwe kirain jawabannya : si Andi dapat Rp500 dan si Budi dapat Rp 700…

    Tapi bener juga sii klo Andi mendapatkan Rp 300 dan Budi mendapatkan Rp 900.
    sesuai pemberian roti, 1 : 3 .

    • dinar says :

      andi : 5 roti @dibagi 3 potong dapet 15 potong
      budi : 7 roti@dibagi 3 potong dapet 21 potong
      klo d total jumlahnya 36 potong /3 orang
      jadi masing2 orang dapet 12 potong
      jadi , karena cici makan 3 potong punya andi dan 9 potong punya budi…perbandingannya jadi 1:3. pembagian duitnya jadi 300 utk andi dan 900 utk budi. begitulah kurang lebihnya

  2. FUSALIT says :

    bener juga bro .

  3. afni says :

    pmbagian uang yG adil 1:1 600:600 jd Gk usah pusing2 think it Lg coZ si andi n budi dah dksh uang sama rata n adil’y

    • jojon says :

      stuju ini jawaban yang memuaskan……
      ngapain membagi adil, lha wong hubungannya roti sama uang gak ada,,…kan cici hanya memberi uang bukan membeli rotinya mereka? LOL

    • Ben says :

      yg think it lg itu ente masbro, misalkan kita memberi 1jt kepada orang kaya dan 1jt kepada orang miskin, apa itu adil????

      di hadits ada cara hitung kyk gitu… (klo gk salah)

  4. william says :

    udh lah, 600 aja, di toko sebelh jg ga dapet

  5. Faisal riza says :

    …BeNar jga.

  6. laras says :

    Ga ada hubungannya mbagi uang sama bagi roti kan? ya udah..

  7. vyrush says :

    Di warung saya roti nya Rp 1000an..
    Itu roti Andi & Budi murah sekali,kadaluarsa x y?haha..

    However,,that’s a good logic puzzle..
    🙂

  8. SweetSoup says :

    Kayanya ada 2 versi jawaban:
    Apakah yg ngasi roti lebih banyak ke teman harus dapat duit lebih banyak?
    1. Kalau ya berarti: Andi 300, Budi 900
    2. Kalau ngga ada hubungan antara bagi roti sama bagi duit: ya udah bagi 2 aja sama rata, (daripada nanti si Andi berantem sama Budi. hi hi hi ^_^)
    mana yg benar nih?

  9. bartha says :

    sip logikanya dah benar sekali…

  10. Soleh Marjuki says :

    Pertanyaannya agak aneh…??

    Jumlah roti adalah 12
    Jika dibagi 3 sama rata, ya masing-masing mendapatkan 4 roti.

    Jumlah Uang adalah sebesar Rp. 1.200
    Jika dibagi hanya antara Andi dan Budi, maka pembagian yang adil adalah masing-masing mendapatkan sebesar Rp. 600

    Pertanyaan variatif lainnya :
    Jika roti tersebut dijual kepada Cici, maka pembagian yang adil kepada Andi dan Budi bagaimana ?

    Rumus :
    5x + 7x = 1.200
    12x = 1.200
    x = 100 (1 buah roti)

    Maka Andi karena memiliki 5 buah roti maka Andi mendapat uang sebesar Rp. 500
    dan Budi mendapat uang sebesar Rp. 700 (karena memiliki 7 buah roti)

    • hendra says :

      tapi andi dan budi kan nggak memberi semua rotinya..
      ada 12 roti di bagi 3 jadi MASING-MASING anak dpt 4 roti.
      sementara itu, tadinya andi punya 5 roti dan budi punya 7 roti
      berarti si andi ngasih 1 roti ke cici dan budi memberi 3 roti ke cici
      dengan begitu andi ‘menjual’ 1 roti, budi ‘menjual’ 3 roti pada cici.
      jika cici ‘membayar’ 1200, maka andi dapat = 1/4 x 1200=300
      dan budi = 3/4 x 1200=900

      simple kan?

    • lina says :

      Setuju Mas Broo…^^

    • Ben says :

      kan dibagi 3 gk dijual semua, Andi jual 1 (5-4) roti dan Budi jual 3 (7-4) roti, artinya 1:3=300:900

    • harjo purnomo says :

      itu klu ratinya di kasikan ani semua…wong rotinya di bagi rata,di makan rame”..ya..uangnya di belikan minuman terus di minum rame”juga…itu baru adil…masak makan gak minum haus tau….ha..ha….dari pd berantem he…he….

  11. shanty says :

    Jumlah roti = 12

    Andi memberikan 1 buah roti kepada cici
    Budi memberikan 3 buah roti kepada cici

    jadi masing masing mendapatkan 4 roti

    Jumlah Uang adalah sebesar Rp. 1.200
    Jika dibagi hanya antara Andi dan Budi, maka pembagian yang adil adalah 1:3 antara Andi dan Budi sesuai roti yang mrk berikan kepada cici

    Andi:Budi=1:3=Rp.300:Rp.900

    jadi setip roti yang mereka berikan kepada cici dihargai Rp. 300,- oleh cici

  12. LMAN30 says :

    oh jadi kita asumsikan si Cici beli roti toh

  13. Bella A says :

    horee bener

  14. Bella A says :

    andi=x budi=y
    5 punya andi+7 punya budi=total 12/3 org=4 u/ masing2
    andi=5-4=1 u/ kasi si cici
    budi=7-4=3 u/ cici
    cici dapet 4 deh
    uangnya 1200/4 ( untuk masing2 harga roti)
    1 roti = 300
    andi kasi 1 ke cici = 1×300 =300
    budi kasi 3 ke cici =3×300=900

  15. budi says :

    sedangkan uang tadi dibagi antara Andi dan Budi. Bagaimana pembagian uang yang adil?

    klo berdasarkan soalnya, bukannya mustinya masing2 Dpt Rp600,00 ya?
    kan dbagi antara Andi ama Budi doang, pembagian uang yg adil, gw kirain g ada sangkut pautnya ama roti

  16. furkon says :

    mendingan si cici nggak usah di kasih , kan dia punya uang suruh aja beli sendiri

  17. pintilu says :

    menurt sy jwbn furkon adlh cara berlogika yg sngt baik ngapain harus repot

  18. nensi says :

    ,” UANGNYA KASIH KE AKU AJA!
    BIAR GA REPOT.. hehehe

  19. sulaiman says :

    Andi sm Budi gk nrima Uang, karna mereka Iklhas saling berbagi sesama Teman
    Itu baru ADIL
    wkwkwkwkwk

  20. bonderi says :

    cici beli aja semua rotinya, satunya 100, trus karna cici baik bagi rata deh

  21. iqbal mow says :

    di bagi rata andi 600, dan budi 600. kan rotinya juga kan di bagi rata, masing masing dapat 4 potong roti.

  22. am alone says :

    kenapa budi harus ngasih 3 roti..???
    bukannya lebih adil kalo keduanya ngasih 2 roti..
    jd cici jg gak bingung mau bagi uangnya.. biar balance.

  23. purnamaxx gasoline says :

    Mending jangan ngasih uang… Ngasih 300perak itu kn memalukan…

  24. iyand says :

    Yang ditanyakan kan cma pembagian uang yg adil tanpa ada rotix

  25. psyco says :

    Lebih untung kalo cici ngerayu andi n budi biar di kasih rotinya. N uang cici bisa di buat beli es deh.

  26. Prakoso says :

    budi 1200,andi bonyok dgebukin budi.

  27. Myra Wirawan says :

    haduh X_X dr awal pertanyaan gk di blg klo cici beli roti, jdi bingung deh XD

  28. ryandiof says :

    gebukin ja tu si andi…

  29. ryuuku_shin says :

    katanya dibagi 3 rata? kok jadi andi memberi 1 dapet 300 budi memberi 3 dapet 900??
    bukanya rotinya dibagi 3 sama rata??
    kalo jawabannya kayak di atas berarti si budi sama si andi ga dapet jatah??soalnya rotinya di kasih ke cici semua itu namanya buka di bagi 3 rata…ah pe’ak!!!

  30. mischa says :

    pertanyaanya adalah bagaimana cara membagi uang tersebut dengan adil antara andi dan budi kan?
    jawabanya 600-600

  31. reza says :

    sedangkan uang tadi di bagi kepada andi dan budi sebanyak 1200,dris itu aj udh keliatan pemabgian yg adil 2:1200=600 dji masing masing dapet setengah

  32. loing555 says :

    intinya kita g d kasi roti sama andi budi kok kita d suruh ngitung ?? wkkw

  33. king says :

    Iya logika matematikanya kurang lebih seperti ini :
    Andi = 5 roti
    Budi = 7 roti
    Bagi ke Cici = 1 roti Andi & 3 roti Budi = 4 roti
    Uang Cici = Rp 1200
    Harga/nilai roti per biji = Rp 1200 : 4 roti = Rp 300 roti per biji
    Jadi, 1 roti Andi × Rp 300 = Rp 300
    3 roti Budi × Rp 300 = Rp 900
    sekian, nice puzzle

  34. Kalong says :

    Ya g ada adilnya… La wong yg dpt cm 2 org… Bagian cici mn..?

Trackbacks / Pingbacks

  1. TEKA -TEKI LOGIKA « ERNO - 23 November 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: