Teka-Teki Dari Anda (Solusi #1)

Teka-Teki Logika oleh B’tharie Chanteuse

Pertanyaan

Seorang musafir hendak pulang dari Saudi Arabia menuju Afrika. Lama ia berjalan, ia menemukan persimpangan jalan, menuju ke kanan dan ke kiri. Malangnya, ia tidak ingat, ke mana arah jalan pulang ke Saudi. Alkisah, di tengah persimpangan tersebut tinggal sepasang lelaki kembar identik. Panggil saja mereka A dan B. Mereka sama-sama ketus dan tidak begitu suka kedatangan tamu di rumah mereka. Satu-satunya hal yang tidak bisa dibedakan dari A dan B adalah bahwa A adalah seorang yang luar biasa jujur, sedangkan B sebaliknya, pembohong dan pembual. Musafir mengetahui hal kembar identik ini, karena cerita tentang mereka sudah sangat tersohor, meskipun musafir tidak tahu mana di antara mereka yang jujur, dan mana yang tidak. Tapi ia memutuskan untuk bertanya, apapun yang terjadi nanti. Ketika ia mengetuk pintu, seorang lelaki menjawab dari dalam rumah:

Ada perlu apa?

Aku ingin bertanya.

Ya. Satu pertanyaan, lalu pergilah.

Pertanyaan: Andaikan Anda adalah musafir itu, pertanyaan apakah yang akan Anda ajukan? (ingat, Anda tidak tahu apakah yang menjawab itu si pembohong atau si jujur)

Solusi

Pertanyaan yang Anda ajukan adalah: “Jika aku bertanya kepada saudaramu kemana arah menuju Saudi, apa jawaban saudaramu?”

Penjelasan

Jika ia menjawab KIRI, maka pilihlah jalan ke KANAN, karena itulah jalan yang benar.

Dan begitu pula sebaliknya.
Penjelasan: Mari kita anggap bahwa jalan menuju Saudi adalah ke KANAN.

Jika A yang menjawab (ia akan menjawab jujur), A akan memberitahukan APA JAWABAN SAUDARANYA. Bukan JAWABAN SEBENARNYA. Karena dia tahu bahwa saudaranya pembohong. A pasti tahu bahwa B akan BERBOHONG. B akan menjawab KIRI. jawaban itulah yang disampaikan pada musafir.

Jika B yang menbjawab (ia pembohong), ia TIDAK AKAN MENYAMPAIKAN JAWABAN SAUDARANYA YANG JUJUR. Saudaranya pasti menjawab benar yaitu KANAN, namun karena B pembohong, ia pasti menjawab KIRI.

Begitulah🙂


Kembali ke halaman “Teka-Teki Dari Anda”

One response to “Teka-Teki Dari Anda (Solusi #1)”

  1. karianto Sehati says :

    sip dah.
    itu selama masing” memegang peranan A dan B, kalau si B pura pura jadi si A, sehingga sulit untuk mengetahui mana yang benar-benar jujur dan bohong ?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: