Rahasia Sukses Arsenal Terbongkar

LONDON, SELASA – Rahasia kemenangan Arsenal lawan Bolton Wanderers terbongkar. Informasi itu muncul setelah catatan penting milik pelatih Arsene Wenger tertinggal di hotel. Apa isinya?

Catatan yang berupa tulisan tercetak pada kertas ukuran A4 itu ditemukan sebuah hotel di Manchester tempat Wenger dan sejumlah stafnya mengadakan pertemuan, Jumat (19/9) petang. Dalam memo itu, Wenger menekankan pentingnya kerja sama tim dan kesatuan para pemainnya.

“Sebuah tim menjadi kuat jika ada hubungan baik antarpemain di dalamnya. Kekuatan yang mengendalikan tim adalah kemampuan anggotanya untuk membuat dan menjaga hubungan baik dalam tim yang dapat menambah dimensi dan ketahanan dinamisasi tim,” bunyi tulisan dalam memo tersebut.

“Sikap ini dapat dipakai oleh tim kita untuk tetap bersyukur dan mengambil nilai positif yang selalu dibawa tim dalam hidup mereka. Itu dapat digunakan untuk memperkuat dan memperdalam hubungan tim dan memaksimalkan peluang untuk memperkuat dan menyatukan tim.”

Tidak hanya berhenti di situ, catatan itu juga menjelaskan beberapa poin tentang bagaimana cara membuat The Gunners semakin kokoh. Item itu antara lain menampilkan sikap positif baik di dalam maupun luar lapangan, keharusan semua anggota tim membuat keputusan yang tepat bagi tim, dan keyakinan bahwa tim dapat mencapai target yang ditentukan. Poin lainnya adalah tetap menjadi pemain dan orang yang rendah hati serta tetap menjaga identitas sebagai The Gunners di partai tandang dan memainkan sepak bola sebaik mungkin sebagaimana di kandang sendiri.

Catatan itu rupanya menjadi pegangan setiap pemain Arsenal. Buktinya, ketika mereka bermain lawan tuan rumah Bolton di Reebok Stadium, Sabtu (20/9), pemain berusaha bermain dengan sikap terhormat.

Gelandang Cesc Fabregas mengakui, Arsenal selalu mendapat tekanan jika bermain di wilayah utara, namun itu tak memengaruhi emosi mereka. Setelah pertandingan itu, Wenger juga sempat uring-uringan karena pemain Bolton sengaja mengincar Theo Walcott sebagai sasaran tekel. Namun, nyatanya para pemain tetap dapat menjaga emosi dan akhirnya menang 3-1.

Sumber: Kompas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: