Pertanyaan-Pertanyaan Besar Tentang Kehidupan

544853_22199986

Setiap dari kita pasti memiliki pertanyaan-pertanyaan tentang kehidupan. Beberapa di antaranya mungkin telah kita temukan dan yakini jawabannya. Beberapa pertanyaan lainnya, kita merasa kita telah temukan jawabannya, tetapi kita masih belum yakin apakah jawaban ini yang paling tepat. Namun, ada pula pertanyaan-pertanyaan yang kita masih terus cari jawabannya sampai saat ini. Pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sesekali atau sering kali mengusik pikiran kita.

Membahas tentang pertanyaan-pertanyaan dalam kehidupan selalu menjadi sebuah hal yang menarik. Mengapa? Karena kita hanya menjalani hidup ini sekali saja, dan terlalu banyak misteri kehidupan yang ada di dunia ini.

Saat ini, berbeda dari tulisan saya biasanya yang hanya bersifat satu arah, saya ingin kita bisa bersama-sama berdiskusi mengenai hal-hal ini. Bagaimana caranya?

Tuliskanlah pertanyaan-pertanyaan tentang kehidupan yang Anda benar-benar ingin tahu jawabannya. Beberapa pertanyaan mungkin terlihat sangat bodoh atau sangat sederhana. Tidak apa-apa! Justru pertanyaan-pertanyaan yang sepertinya terlihat sepele dan bodoh dapat menjadi sebuah pertanyaan yang ditanyakan oleh banyak orang, dan begitu banyak orang yang ingin tahu jawabannya.

Lalu, Anda juga dapat menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman yang lain juga. Silakan utarakan opini Anda, pendapat pribadi Anda tentang jawaban dari pertanyaan tersebut. Diskusi ini bukanlah mencari yang benar atau yang salah, tetapi kita ingin bersama-sama melihat kehidupan yang kita jalani saat ini dari berbagai sudut pandang. Meskipun tentunya, kita juga harus mengutarakan semuanya dengan cara yang baik, tepat, dan sopan.

Beberapa pertanyaan menarik yang muncul nantinya akan saya bahas di dalam blog ini, bagaimana saya pribadi memandang pertanyaan itu.

Jadi, pertanyaan-pertanyaan apa yang mengusik pikiran Anda tentang kehidupan ini? Mari bagikan dan diskusikan melalui kolom komentar di bawah.๐Ÿ˜€

Tag:, , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

33 responses to “Pertanyaan-Pertanyaan Besar Tentang Kehidupan”

  1. Kontraktor says :

    saya jadi pendengar yg baik saja deh…
    karna bingung mau tanya apa…

    salam kenal…

  2. Miftakhudin says :

    Banyak sekali pertanyaan dalam hidup saya mas, yang sampai sekarang belum saya temukan adalah mengapa laki-laki harus mencintai seorang wanita..?

    • suyuti says :

      Karena itu fitrah dari sang pencipta. Agar cinta itu jadi berkah, maka harus dikendalikan oleh aturan sang pencipta. Ikuti syariat agama sang pencipta yaitu syariat Islam. Moga manfaat.

  3. orangizenk says :

    Buah apa sih sebenarnya yang dimakan Adam dan Hawa, Ko? (Hehehe.. eaaa, dibahas lagi. Hehehehehe)

  4. Sawali Tuhusetya says :

    saya jadi ingat ungkapan jawa: “wong urip ibarate mung mampir ngombe” (orang hidup ibaratnya hanya seprti orang mampir minum)”. Kalau hanya sebatas itu, kenapa orang rela menggadaikan harga dirinya dan menghalalkan segala cara utk mendapatkan kekayaan, pangkat, dan jabatan, ya?

    • Ipras says :

      Mungkin saja karena mereka belum tahu dengan istilah Jawa itu Pak๐Ÿ™‚

    • hilman says :

      karena setiap manusia dicictakan berbeda beda daya tangkap dan daya fikirnya masing masing tentang hidup ini ada yg dikasih Allah hidayah yg banyak sedikit lemah kuat tentang keimanannya dan tergantung usaha pla fikir dan moral nya masing masing toh tdk semua manusia kan yg berbuat jelek seperti itu demikian mungkin setahu saya sy jg belum nemu nih jawaban yg pasti masih mencari hehhe

  5. zilko says :

    Pertanyaan tentang kehidupan yang sejauh ini sering aku pikirkan biasanya bersifat pribadi sih, hehehe๐Ÿ˜› Jadi yang mampu dan tahu jawabannya ya diri sendiri gitu deh๐Ÿ˜›

    salam kenal๐Ÿ™‚

  6. Joko Sutarto says :

    Pertanyaan yang pernah mengusik dan membuat gundah saya adalah untuk apa saya harus terus hidup di dunia ini? Apa, sih sebenarnya yang saya cari dan inginkan dalam hidup ini?

    Dua pertanyaan mendasar itu cukup mengganggu pikiran saya dan membuat saya tercenung lama dalam diam di kala saya sendirian. Dan saya akhirnya sudah menemukan jawabannya meski itu belum 100% memuaskan saya.

    • suyuti says :

      Kalau saya hidup di dunia hanya menginginkan rahmat Allah dan itulah cita-citaku yang tertinggi dan mungkin itu juga yang anda cari, namun belum betul-betul menyadari hal itu. moga manfaat.

    • hilman says :

      bukan bapak saja itu adalah pertanyaan yg semua orang di dunia ini tanyakan dari mulai bumi diciptakan dan nanti kiamat jg yg pasti itu adalahkaromah dari sebuah mahluk tertinggi yg diciptakan Alllah di muka bumi ini yg hanya satu satunya mahluk hidup yg bisa berfikir dan menanyakan ciptaaannya dan menayakan apa hidup ini beruntunglah kita yg mempunyai oertanyaaan seperti itu dfalam hati kita berarti kita diberi karomah tadi mudah mudahan pak jawabannya bisa ketemu he hehe

  7. Sherly Nie says :

    Salam kenal jg๐Ÿ™‚

  8. Ilham Chandra says :

    saya nggak tahu pertanyaan apa yang harus diajukan. tapi ini bikin saya merenung tentang kebenaran-kebenaran diri yang telah saya temukan sejauh ini. dan bagaimana itu membebaskan saya, sekaligus mendorong saya untuk berbuat yang lebih baik.๐Ÿ™‚

  9. ceritabudi says :

    Dan saya melakoninya kang

  10. Ipras says :

    Sebenarnya pertanyaan yang selalu mengganggu pikiran saya dahulu, sekarang sudah terjawab, yaitu kenapa dan untuk apa kita hidup?๐Ÿ™‚

    • suyuti says :

      Kita hidup karena diciptakan oleh sang pencipta yaitu Allah SWT
      Kita hidup untuk mengabdi kepada sang pencipta, jadi hanya untuk mengabdi kepada Allah kita dihidupkan.

  11. medja says :

    Saya yakin semua manusia di dunia ini ingin hidup dalam kebaikan dan mendengarkan hati nurani mereka. namun kenapa kekerasan dan kejahatan nggak surut2?

    trims

    • hilman says :

      karena sudah di desain dari sananya kan di alquran juga di sebutka bahwa di dunia ini diciptakan untuk mengetahui siapa siap yg benar benar bertaqwa di hadapan Allah diseinannya seperti ini diciptakan dalam satu tempat atau wadah yg berusia panjang sekali dan re generasi yg silih berganti tiada berhenti agar cerita cerita dan riwayat yg terjadi di muka bumi ini terus bergulir dari wakil wakil allah yaitu para nabi mulai dari nabi adam dan nabi terakhir Muhammad saw sampai para sahabat wali dan para [engikut yg setia jadi semuanya saling berkesinambungan dan berkaitan ada yg berperan sebagai kontra (kafir) dan ada yg pro muslim sekian

  12. Sukajiyah says :

    Saya terbiasa menanyakan masalah pribadi saya pada diri saya sendiri pak, tetapi mencari jawabannya pada diri sendiri dan orang lain.., mengapa ya? hehe
    salam kenal pak.

  13. ndutyke says :

    Pertanyaanku: knp kok sampe sekarang, kami berdua blm dikaruniai keturunan.

    BerAt yeeee pertanyaannya, hehehe.

    Btw ini blog ini beneran jumlah visitornya udah 1,2 JUTA?? Weleh weleh canggeh benneeeer….

    • suyuti says :

      Karena Allah belum meridhoi reski berupa keturunan untuk anda, coba anda baca doa nabi Ibrahim dan shalat (+berdoa) bersama sebelum melakukan hubungan suci. Semoga manfaat

  14. Fitri says :

    pertanyaan besar. ttg masa depan. how the future?

  15. IBNUFAJARISME says :

    salam kenal..
    tolong jawab pertanyaanku jg, knapa dalam hidup mesti ada perkenalan?

    • Fitri says :

      dengan mengenal, qt saling mengetahui, saling mengerti dan mencintai sesama. dg it, hdp akn lebih bermakna. bayangkan hidup tanpa adanya perkenalan?

    • suyuti says :

      Karena kita makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri. Walaupun kita terus berkenalan, tetapi sebaik-baik kita adalah yang paling taat kepada penciptanya. Jadi kebaikan hidup hanya tergantung pada kualitas pengabdian kepada Allah SWT.
      Semoga manfaat

  16. dinneno says :

    Kalau saya pertanyaan yang paling membuat saya bingung untuk menjawabnya adalah apa itu kehidupan sebenarnya.

    • kesetmbulaks says :

      menurut yang pernah saya baca di facebook, arti kehidupan adalah proses berawal hingga berakhirnya perjalanan waktu yang dihiasi dengan suka dan duka.

  17. Yohanes says :

    aku sering jatuh bangun didalam dosa, apa yang harus aku lakukan

    I’m christian

    • suyuti says :

      Bertaubat (taubatannasuha) sebelum benar-benar tidak bisa bangun lagi (maut menjemput). Semua orang punya dosa, tetapi sebaik-baik manusia adalah yang bertaubat dari dosanya.
      Allah Maha Pengampun

  18. muhamad rizal supriatna says :

    akau punya pertanyaan,,,,yang di maksud dengan kebebasan apa ya..?apa ada yang namanya kebebasan? dan apakah hidup saya ini bebas?

    salm kenall

  19. a_khurniawan says :

    Perlukah kita menyadari apa tujuan hidup kita sebenarnya didunia ini? (sangat perlu)
    Apa akibatnya bila hidup tanpa tujuan: Gerak hidup menjadi sama sekali tanpa arah (ibarat layang2 putus), Umur terbuang sia-sia (seperti penyelam mutiara yg tergoda oleh keindahan laut), dan Tidak pernah bisa mengevaluasi diri (padahal tanpa ada evaluasi tidak pernah ada kemajuan, bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin).
    Seseorang yang tidak menyadari untuk apa tujuan hidupnya didunia, maka pasti ia akan melangkah kearah yang keliru. “susungguhnya kebanyakan manusia itu tertidur ketika mati baru ia terbangun”
    Sikap seseorang ditentukan secara otomatis oleh keyakinan yang tertanam didalam kalbunya bukan oleh ilmu yang ada diotaknya, amal soleh muncul bukan disebabkan karena otak terisi dengan pengetahuan ilmu agama, melainkan karena kalbu terisi dengan “keyakinan-keyakinan Ilahiah”
    “Dan sesungguhnya kami ciptakan untuk isi neraka jahanam kebanyakan dari jin dan manusia. mereka mempunyai hati tapi tidak dipergunakan untuk memahami ayat-ayat Allah, mempunyai mata tidak dipergunakan untuk melihat tanda-tanda kekuasaan Allah, mempunyai telinga tidak dipergunakan untuk mendengar ayat-ayat Allah. Mereka itu seperti binatang ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai” (Al-A’raaf : 179)

Trackbacks / Pingbacks

  1. [New post] Pertanyaan-Pertanyaan Besar Tentang Kehidupan - 7 Desember 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: