Setiap Jiwa Begitu Berarti

Suatu hari, adalah seorang pemuda yang sedang berjalan mengitari sebuah pantai. Ia biasa berjalan-jalan di pantai itu, menikmati suasana pantai, angin sepoi-sepoi, dan melihat indahnya matahari terbit. Namun hari itu, dia melihat suatu hal yang berbeda di pantai itu, dia melihat seorang anak sedang melempar bintang laut ke tengah laut.

Sang pemuda melihat begitu banyak bintang laut yang ada di pantai itu, begitu banyaknya hingga ia pun tak dapat menghitungnya. Dan dia juga melihat sang anak memungut bintang laut itu satu demi satu dan melemparkannya ke tengah lautan.

Tertarik dengan apa yang dilakukan sang anak, sang pemuda mendekati anak tersebut, dan bertanya, “Hai Nak, apa yang sedang kau lakukan?”

“Aku sedang menyelamatkan nyawa bintang-bintang laut ini dengan melemparkannya ke laut. Lihatlah, matahari akan segera muncul dan laut pun semakin surut. Jika mereka tidak masuk ke dalam laut, mereka akan mati kekeringan di pantai ini…” jawab sang anak.

“Tapi… Kupikir apa yang sedang kau lakukan adalah suatu usaha yang sia-sia… Maksudku, lihatlah berapa banyak bintang laut yang ada di pantai ini? Beratus-ratus jumlahnya. Dan hanya sedikit saja yang dapat kau lemparkan ke laut. Sama sekali tidak ada artinya dibandingkan beratus-ratus bintang laut yang tertinggal di pantai dan akan segera mati. Kupikir kau tidak melakukan suatu perubahan yang berarti, apalagi kau hanya seorang diri di sini…”

Sang anak tersenyum, dan berkata, “Ada dua hal yang aku ingin kakak tahu…”

Sang pemuda semakin penasaran dan bertanya, “Apakah dua hal itu?”

Sang anak mengambil satu bintang laut yang ada di sebelah kakinya. Dia memperlihatkan bintang laut itu kepada sang pemuda, “Kak, lihatlah bintang laut ini…”. Ketika sang pemuda masih terbingung-bingung apa maksud anak tersebut, sang anak melempar bintang laut tersebut ke tengah lautan, lalu sang anak berkata, “Apa yang baru saja kulakukan membawa perubahan yang sangat berarti untuk satu bintang laut yang baru saja kulempar. Benar kan kak?”

Sang pemuda baru saja tersadar. Ya, memang jika dibandingkan beratus-ratus bintang laut yang ada di pantai ini, usaha sang anak mungkin terlihat tidak ada artinya. Tapi, sesungguhnya usaha sang anak begitu berarti bagi setiap jiwa bintang laut yang dia lemparkan ke laut. Sang pemuda pun berkata kepada sang anak, “Terima kasih Nak, kau telah memberikanku sebuah pelajaran yang berharga. Maafkan kata-kata kakak tadi ya… Ngomong-ngomong, apakah hal kedua yang ingin kau katakan kepada kakak?”

Sang anak mengambil dua bintang laut yang ada di dekatnya, dan memberikan satu bintang laut kepada sang kakak, dan dengan senyum yang sangat indah ia berkata, “Bukankah kita berdua bisa membuat perubahan yang lebih besar daripada saya sendirian? Maukah kakak juga membantu saya menyelamatkan nyawa bintang-bintang laut ini?”

Sang pemuda mengambil bintang laut tersebut, dan pagi itu, mereka berdua sibuk melemparkan bintang laut ke lautan. Mereka tahu apa yang mereka lakukan sangat berarti bagi setiap bintang laut yang mereka selamatkan.

Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.

(Lukas 15:10)

Tag:, , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

3 responses to “Setiap Jiwa Begitu Berarti”

  1. Yohanes Hutabalian says :

    nice😀

  2. Lucky dc says :

    Hmmm… Semua makhluk hidup yang diciptakan Tuhan ke dunia ini pasti sudah ada fungsi dan perannya masing-masing🙂

  3. Cahya says :

    Tapi setelah di lempar ke laut, esok ia akan terdampar lagi ke pantai, dan dia menderita dua kali panjang hari ini dan esok sebelum mati.

    Kemana akan diselamatkan? Itu juga menjadi pertimbangan, kebaikan hati tanpa kecerdasan, terkadang menimbulkan lebih banyak penderitaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: