Ingin Disukai Orang Lain? Belajarlah Menyukai Orang Lain!

Egois sudah menjadi sifat dasar manusia. Setiap orang cenderung akan lebih memperhatikan dirinya sendiri dibandingkan orang lain. Salah satu contohnya, jika kamu melihat sebuah foto, siapakah yang akan pertama kali kamu cari? Jika kamu ada di dalam foto itu, kemungkinan besar yang kamu cari pertama kali adalah dirimu sendiri. Kenapa? Karena kamu ingin meyakinkan dirimu kalau kamu tampil baik di foto itu, atau jika kamu tampil jelek, kamu akan mencoba untuk mencegah foto itu untuk dilihat orang lain.

Jika kita menawarkan sesuatu kepada orang lain, seringkali kita hanya melihat kepentingan kita sendiri. Kita tidak memperhatikan kebutuhan orang yang kita tawarkan. Seringkali inilah yang menjadi masalah orang yang kita tawarkan menolak tawaran kita. Mereka berpikir, “Apa hubungannya denganku? Apa untungnya bagiku? Kenapa aku harus melakukan ini?”

Hal yang sama terjadi ketika kita mengobrol. Seringkali kita berbicara tentang diri kita. Kita menjadi semangat kalau kita sedang membicarakan topik yang kita sukai, atau tentang diri kita. Namun, ketika tiba saatnya untuk mendengarkan orang lain yang bercerita tentang dirinya dan hal yang dia sukai, kita menjadi kurang antusias. Padahal, itu adalah kesempatan kita untuk mengambil hati lawan bicara kita. Mereka akan senang kalau kita senang mereka berbicara tentang diri mereka.

Sekarang saya belajar, bahwa saya juga harus memperhatikan kepentingan orang lain, kebutuhan orang lain, dan jangan menjadi terlalu egois. Dengan memperhatikan kepentingan orang lain, kita bisa membuka pintu kerja sama dan komunikasi yang lebih baik lagi.

Tag:, ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

4 responses to “Ingin Disukai Orang Lain? Belajarlah Menyukai Orang Lain!”

  1. Yohanes Hutabalian says :

    bagus om Charles
    like this : )
    saya share ke tman2 fb ku boleh ya??
    God bless😀

  2. nonadita says :

    Nice post. Seringkali mendengarkan lebih sulit dilakukan ketimbang berbicara🙂

  3. Johannez Hutabalain says :

    thx
    pe link apa ya???
    oh stat saia ya yg ttg kebahgian dri apa yg kta miliki……
    ada 25 orang yg like, bru x nie saia update satat yg like ape bayak segitu😀
    thx ya om Charles
    God bless ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: