Inilah Alasan Kenapa Orang Menjauhi Kita

Suatu hari, teman saya bertanya kepada saya, “Kenapa ya banyak orang yang ngejauhin saya? Kenapa ya ga ada orang yang mau peduli sama saya?”

Saya mencoba menjawabnya dengan sebuah pertanyaan lain, “Menurut kamu, kamu lebih banyak jadi solusi atau lebih banyak jadi masalah?”

Dia lalu mulai berpikir… “Saya ga pernah jadi masalah kok… Saya kan cuma mau sharing sama teman-teman saya, dan saya mau mereka memperhatikan saya.”

Saya bertanya balik padanya, “Apakah kamu sendiri pernah memperhatikan masalah teman-temanmu?”

Acuh tak acuh, dia tersenyum sinis… “Heh… Buat apa perhatiin masalah mereka? Toh mereka semua juga ga ada yang memperhatikan saya.”

Apa yang Anda tangkap dari percakapan di atas? Apakah Anda juga pernah menjumpai percakapan serupa? Yang saya tangkap dari percakapan di atas adalah, teman saya tersebut merasa dijauhi dan tidak diperhatikan oleh teman-teman di sekelilingnya. Namun, meskipun dia ingin diperhatikan, dia tidak mau proaktif memperhatikan teman-temannya terlebih dahulu. Intinya, teman saya tersebut menjadi bagian dari masalah, bukan bagian dari solusi, meskipun dia sendiri tidak mengakui atau menyadari dirinya adalah bagian dari masalah.

Cepat atau lambat, orang-orang yang selalu memposisikan dirinya menjadi bagian dari masalah, akan dijauhi oleh orang lain. Kenapa? Sederhana saja, karena pada dasarnya, orang-orang tidak suka dikasih masalah. Apalagi kalau ada orang yang setiap kali datang cuma mau kasih masalah? Pastilah orang itu yang akan ditolak pertama kali.

Apakah Anda ingin menjadi pribadi yang banyak dicari, disukai, dan diperhatikan oleh orang lain? Kalau ya, jadilah pribadi yang menjadi bagian dari solusi. Tawarkanlah solusi Anda untuk memecahkan masalah-masalah teman-teman Anda. Buatlah orang-orang yang mendekati Anda merasa semakin banyak dia berinteraksi dengan Anda, semakin banyak masalahnya yang terselesaikan. Dengan begitu, Anda pastilah menjadi pribadi yang dicari, disukai, dan diperhatikan banyak orang.

Ketika Anda sudah menjadi pribadi yang disukai banyak orang, jangan heran ketika Anda mempunyai masalah, tiba-tiba ada saja orang-orang yang menawarkan solusi atas masalah Anda untuk Anda. Tiba-tiba, ada saja orang-orang yang bersedia membantu Anda dan memperhatikan Anda.

Jadi, kembali ke pertanyaan yang menjadi judul tulisan ini: “Kenapa banyak orang menjauhi kita?” Banyak orang menjauhi kita karena kita hanyalah menjadi bagian dari masalah untuk mereka.

Oleh karena itu, jadilah pribadi yang menjadi bagian dari solusi bagi orang lain, bukan bagian dari masalah… Dan jangan heran jika pada akhirnya Anda akan menemukan banyak orang yang menjadi bagian dari solusi masalah-masalah Anda.

Tag:, , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

11 responses to “Inilah Alasan Kenapa Orang Menjauhi Kita”

  1. dildaar80 says :

    thank’s..

  2. e-rain says :

    Bener banget ka =)
    Saya seneng kalo bisa bantuin temen yang lagi ada masalah. Seneng aja, ga tau kenapa.
    Dan waktu saya lagi kena masalah, meskipun hanya hal sepele, ada aja yang mau bantuin saya.
    Kita memang mesti proaktif dalam kebaikan =D Tanpa berniat pamrih tentunya =)

  3. elsa says :

    saya selalu mencoba memberi solusi & hampir selalu ikut campur dalam setiap masalah teman saya (bukan menambah masalah) tapi ada satu teman saya yang ternyata tidak suka diperhatikan, dibantu, dsb. awalnya dia bersikap biasa sebagai teman tapi tiba-tiba dia marah pada saya & mungkin membenci saya, awalnya saya tidak tahu dia kenapa, saya kira dia sedang ada masalah & tidak mau saya tahu, maka saya biarkan dia sendiri, 1 bulan kemudian saya baru tahu dia marah pada saya, saya bingung karena selama ini saya tidak merasa salah & teman” saya pun tidak ada yang mau memberi tahu salah saya tapi saya tetap meminta maaf & saya menanyakan salah saya tapi dia hanya menjawab ti
    https://charleschristian.wordpress.com

    • wulan says :

      Sama sya jga gtu
      Hampir sama tiba” yg dia awalnya smw d critain k sya tiba” tanpa tau salah sya dy jauhi sya smpe skrg sudah hmpir 3 bulan. Sya ttep mnta maaf dan mau tau salah sya .tetap gk adha respon.ya sudah saya diamkan saja sampai saat ini

  4. revi says :

    saya akn coba inn munxkin bisa meemecahkan masalah inn…… Send all

  5. Agung gd wisnu says :

    saya,.selalu dukung orang berjuang tuk dikenal dengan orang sekitar dgn pengorbanan tanpa pamrih..yg berlebih..moga diberi umur panjang pd orang yg melakukan kebaikan demi sesama

  6. Yuan says :

    BERMANFAAT. thanksz.

  7. David Ardianto says :

    Thank yaah, bismilah semoga aku bisa merubahnya ;’) ternyata kalo berbuat baik pasti akan dibalas baik juga..

  8. Adnan says :

    No Problemo…
    Silahkan Kunjungi Blog yg akan merubah hidup anda….
    faedah-ringkas.blogspot.com

  9. Fathillah says :

    Ya,,sya jg mngalami kyk gitu jg,,bnyk tmen2 sya yg lbih membela tman sya yg lain drpda sya,,bnyk yg suka provokator,,,bnyk yg bully sya scra fisik dan ucapan,,,sya cuman berharap tman2 dsni,ksih sya motivasi agar sya tdk mdah ciut saat di bully

  10. edilkonsisten@gmail.com says :

    good

Tinggalkan Balasan

