Terang Lebih Kuat Daripada Gelap!

Saat kita duduk di bangku SD, kita diajarkan bahwa “terang adalah lawan gelap”. Ketika kita mendengar “terang adalah lawan gelap”, seringkali yang terbayang adalah terang dan gelap mempunyai kekuatan yang sama dan saling beradu satu sama lain. Padahal, kalau dipikir-pikir lagi, terang tidak berlawanan dengan gelap. Terang lebih kuat daripada gelap!

Ada senter terang untuk menerangi dalam gelap, tapi tidak ada senter gelap untuk menggelapi yang terang bukan? Ketika ada terang, gelap otomatis menyingkir. Gelap adalah ketiadaan terang.

Ada sebuah ilustrasi yang menggambarkan hal ini dengan cukup baik. Ilustrasi tersebut adalah ilustrasi tentang goa dan matahari.

Goa tinggal di dalam dasar bumi yang gelap. Suatu hari goa mendapat undangan dari matahari (jangan tanya gimana cara ngirim undangannya, mungkin pakai MENTARI sinyal kuat? :p) untuk berkeliling di permukaan bumi melihat terang. Goa sangat antusias karena dia belum pernah melihat terang. Dia ingin tahu terang itu seperti apa. Maka goa pun menyambut undangan matahari dan naik ke permukaan bumi. Dia lalu diajak oleh matahari mengelilingi bumi. Goa sangat takjub dengan terang yang ditunjukkan matahari. Lalu, setelah perjalanan tersebut, kembalilah goa ke dalam dasar bumi yang gelap.

Goa lalu merasa berhutang budi dengan matahari. Dia lalu mengirim undangan pada matahari (sekali lagi jangan tanya gimana caranya) untuk datang ke dasar bumi untuk melihat kegelapan. Matahari yang menerima undangan tersebut juga sangat antusias dan penasaran seperti apa gelap itu. Dia lalu datang ke dasar bumi menemui goa. 1 menit berlalu, 5 menit berlalu, 15 menit berlalu, 30 menit berlalu… Matahari lalu bertanya pada goa, “Goa… Ayolah lekas tunjukkan padaku seperti apa kegelapan itu. Aku sudah tak sabar melihatnya…”

Anda menangkap inti ilustrasi di atas? Ya, kegelapan itu telah sirna seketika setelah matahari datang. Terang matahari telah menyingkirkan kegelapan di dasar bumi tersebut.

Meskipun demikian, mungkin Anda bertanya, “Tapi di zaman sekarang, seringkali orang yang benar semakin susah, dan orang yang tidak jujur lebih diuntungkan… Seringkali orang yang baik dikalahkan oleh orang yang jahat. Bukankah itu tandanya gelap mengalahkan terang?”

Tidak, sobat. Terang tetaplah terang, dan terang selalu lebih kuat dari gelap. Meskipun di dunia ini seolah-olah terang tersebut dikalahkan oleh kegelapan, pada akhirnya nanti, ketika kita menghadap Sang Pencipta, terang akan selalu mengalahkan kegelapan.

Jadilah terang untuk menerangi kegelapan di sekeliling kita.😀

Sumber ilustrasi: Khotbah KPI Natal 2009, oleh Alex Nanlohy

Tag:, , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

5 responses to “Terang Lebih Kuat Daripada Gelap!”

  1. maestrofx says :

    Bahkan saat kita berada di suatu tempat yang sangat gelap sekalipun[indera mata tidak bisa melihat apa-apa], jika kita menutup mata dan berkonsentrasi sejenak, kita akan melihat sesuatu berdasarkan terang kita masing-masing. Terang itu adalah keyakinan kita..

    Salam Damai..

  2. Ulfa Abyadh Idrus says :

    gelap tidak bisa menutupi terang walaupun bisa terjadi hal yg sebaliknya

  3. Reza says :

    tapi ada suatu saat ketika kegelapan menelan cahaya.

  4. makjen manik says :

    terang itu adalah diam tetapi dapat menarik perhatian dan sekaligus mengubah suasana kehidupan

  5. Dina Esterina says :

    ilustrasinya ok tuh. Tapi, sepertinya akan lebih ok lagi ketika Kita tahu darimana sumber terang itu. KIta tidak akan mungkin bs jujur dan benar tanpa anugerah dari Allah. Hanya dengan bergantung pada Sang Terang itu, sesungguhnya kita bisa memperoleh kekuatan untuk menjadi Terang di tengah Dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: