Rencana Evaluasi Blog

Dua bulan sudah berlalu sejak saya bertekad untuk menulis secara rutin di blog ini. Selama dua bulan itu, sudah lebih dari 60 tulisan baru yang saya bagikan di blog ini. Jumlah itu jauh lebih banyak dibandingkan jumlah tulisan di blog saya sepanjang tahun 2009, yang hanya berisi 26 tulisan.

Dua bulan yang lalu, saya begitu semangat dalam membagi ide-ide, opini, dan inspirasi-inspirasi yang saya dapatkan. Saat itu, rasanya begitu banyak tulisan yang ingin saya bagikan. Sampai-sampai, saya memutuskan untuk meng-update blog ini setiap hari.

Kini, sebenarnya masih banyak ide-ide dan pemikiran saya yang ingin saya bagikan. Namun, waktu untuk menuangkan ide-ide itu ke dalam tulisan menjadi semakin terbatas. Saya merasa, jika saya terlalu memaksakan untuk menulis, saya menjadi lebih merasa tertekan untuk menulis dibandingkan menikmati waktu-waktu menulis saya. Dan, itu dapat mempengaruhi kualitas-kualitas tulisan saya.

Beberapa blogger yang pernah mengalami hal ini, atau yang sedang kehabisan ide menulis, memilih untuk hiatus. Hiatus di sini maksudnya adalah seperti “beristirahat sejenak” dari dunia per-blog-an, berusaha mengumpulkan semangat dan ide-ide baru. Saya pun pernah hiatus dari blog ini selama beberapa bulan sejak pertengahan hingga akhir tahun 2009 lalu.

Tidak, saya tidak akan hiatus saat ini. Masih banyak ide-ide dan inspirasi yang ingin saya bagikan dalam blog ini, yang masih ada dalam kepala saya, menunggu dituangkan dalam bentuk tulisan. Tapi, saya mulai memikirkan untuk mengurangi frekuensi update blog ini, dari setiap hari, menjadi seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Semoga ini tidak menjadi alasan saya untuk tidak menulis. Kadang, kita memang harus dipaksa untuk dapat melakukan sesuatu, tapi untuk melakukan sesuatu yang hebat, kita harus melakukannya dengan senang hati.😀

So, saya akan mengevaluasi blog ini kembali, dan saya akan mengabarkan keputusan saya di blog ini hari Sabtu nanti, tentang akan saya bawa ke mana blog ini, dan frekuensi update yang baru.

Jika Anda punya masukan untuk blog saya, silakan berikan dalam kolom komentar. Bagaimana pendapat Anda tentang blog ini selama dua bulan terakhir ini? Tulisan-tulisan apa yang Anda sukai? Atau apapun juga… Saya akan sangat menghargainya dan itu juga akan menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi saya.

Terima kasih.😀

Tag:, ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

9 responses to “Rencana Evaluasi Blog”

  1. Cahya says :

    Pelan-pelan…, tidak apa-apa tidak terlalu sering… banyak hal yang lebih produktif bisa didapatkan di luar dunia blog.

  2. nick says :

    Semangat y charles !!!!
    Sy slalu menjadikan tulisanmu sebagai motivator sy
    Thanks Charles

  3. idafazz says :

    selamat berkarya..:D

  4. saffadi says :

    wah..sama.. saya juga sedang giat giatnya nih

  5. tetembak says :

    wah.. selamat berkarya semoga bermanfaat..!

  6. Ben says :

    saran aja bro…. kalau bisa, ada tulisan atau bahasan yang bisa di kupas, di bedah, di evaluasi lebih dalam dan lebih detil, biar bisa banyak menggali pikiran2 baru yang segar dan mendalam… Inspiration Story, Motivation Story kan sdh betaburan banyak banget, Motivator dan Inpirator semakin banyak, tetapi yang siap dikupas/bedah/evaluasi secara terbuka dan siap menerima masukkan kan blom ada tuh Bro. Siapa tahu Bro Charles dengan blog nya bisa jadi yang pertama…

    Sukses selalu Bro… GBU

  7. Kang Bondan says :

    sama. saya juga beberapa waktu lalu juga mengalami “ingin berhenti” blogging. bahkan tulisan yang sedang saya garap juga tentang itu. eh, ternyata di situs bang romi juga dibahas. saya kira hanya saya yang mengalami. ternyata banyak juga blogger lainnya yang begitu.😛

Tinggalkan Balasan

