Teka-Teki Logika: Bajak Laut Membagi Harta Karun

Ini adalah sebuah teka-teki logika yang menarik dan jawabannya sangat brilian dan tidak terduga. Teka-teki ini sebenarnya bisa dipecahkan dengan mudah jika saja kuncinya diketahui. Sekarang saya akan membagikan teka-teki ini di sini.

Adalah 10 orang bajak laut yang baru saja pulang berlayar. Mereka membawa satu peti harta karun yang berisi 100 keping emas.

Mereka akan membagi 100 keping emas tersebut. Namun, mereka menggunakan sebuah cara yang unik untuk membagi keseratus keping emas tersebut. Berikut adalah cara yang mereka gunakan.

Pertama, kesepuluh bajak laut tersebut akan berbaris dari bajak laut nomor satu (bajak laut yang mempunyai pangkat tertinggi) sampai bajak laut nomor sepuluh (bajak laut yang mempunyai pangkat terendah) secara berurutan.

Kemudian, satu persatu dari kesepuluh bajak laut tersebut, akan mengajukan proposal tentang bagaimana harta karun tersebut dibagi. Jika proposal tersebut disetujui oleh minimal 50% dari jumlah bajak laut yang masih hidup, maka proposal itu yang akan digunakan untuk membagi harta karun itu. Tapi, jika kurang dari 50% dari jumlah bajak laut yang masih hidup yang menyetujui proposal itu, maka bajak laut yang mengajukan proposal itu akan dibunuh dengan dipenggal lehernya.

Bajak laut yang pertama kali akan mengajukan proposal adalah bajak laut nomor sepuluh. Jika proposalnya ditolak, maka dia akan dibunuh, dan bajak laut nomor sembilan akan mengajukan proposalnya. Proses ini akan terus diulangi sampai ada proposal yang disetujui oleh minimal 50% bajak laut yang masih hidup.

Asumsinya, setiap bajak laut ini mempunyai logika yang sempurna, mereka semua sangat cerdas dan akan mengambil langkah terbaik untuk keselamatan nyawa mereka. Lalu, setiap bajak laut ini serakah, sehingga mereka akan menolak sebuah proposal jika mereka merasa mereka bisa mendapatkan lebih. Selain itu, setiap bajak laut ini juga haus darah. Jika mereka tahu, mereka mungkin mendapatkan sejumlah emas yang sama nantinya jika mereka menolak sebuah proposal, mereka akan memilih menolak proposal itu, dengan harapan si pembuat proposal dibunuh.

Andaikan Anda adalah bajak laut nomor sepuluh. Proposal seperti apa yang akan Anda berikan? (Proposal itu berisi berapa jumlah emas yang diterima masing-masing bajak laut dari bajak laut #1 sampai bajak laut #10). Berapa jumlah emas maksimum yang dapat Anda dapatkan tanpa kehilangan nyawa Anda?

Agar lebih seru, saya tidak akan segera memberikan jawabannya. Saya akan memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk mencoba memecahkan teka-teki ini. Selamat mencoba.πŸ˜‰

Tag:, , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

61 responses to “Teka-Teki Logika: Bajak Laut Membagi Harta Karun”

  1. iip says :

    salam kenal……..
    saya akan coba menjawab:
    “Seperti yang kita tahu seluruh bajak laut tidak akan menerima seluruh proposal. Ketika bajak laut kesembilan mengajukan proposalnya saya (bajak laut ke-10). Akan menolak proposal tersebut, jadi bajak laut kesembilan akan dibunuh.
    Bajak laut ke-10 akan mendaptkan seluruh kepingan emas tersebut tanpa mengajukan proposal…..
    atau proposal tersebut berisi bahwa bajak laut ke-10 berhak atas semua harta. Selanjutnya Dia menyetujui sendiri isi proposalnya…..”
    benar begitu pak?????????

    kirim ke: iipyuan@gmail.com
    terima kasih.

    • Charles says :

      @iip:

      Salam kenal juga Mas Iip…πŸ˜€

      Bajak laut yang mengajukan proposal pertama adalah bajak laut nomor sepuluh, dan jika proposalnya tidak disetujui oleh minimal 50% bajak laut (atau 5 orang bajak laut saat itu), maka bajak laut nomor sepuluh akan dibunuh, dan bajak laut nomor sembilan dipersilakan untuk mengajukan proposalnya. Jadi, saat bajak laut nomor sembilan mengajukan proposal, bajak laut nomor sepuluh pasti sudah mati.

      Kalau bajak laut nomor sepuluh mengajukan proposal bahwa dia berhak atas semua harta, atau dengan kata lain proposalnya seperti berikut:

      #1: 0 keping; #2: 0; #3: 0; #4: 0; #5: 0; #6: 0; #7: 0; #8: 0; #9: 0; #10: 100

      maka sudah pasti kesembilan bajak laut yang lain akan menolak proposal itu (karena mereka tahu seburuk-buruknya mereka tidak akan mendapatkan apa-apa, dan karena mereka haus darah, mereka akan memilih untuk menolak proposal itu). Jadi, hanya bajak laut nomor sepuluh yang setuju dengan proposalnya, atau hanya 10% dari bajak laut. Sesuai kesepakatan, kalau begini, bajak laut nomor sepuluh akan dieliminasi…

      Dengan kata lain, jawabannya masih salah mas… Silakan dicoba lagi kalau masih penasaran.πŸ˜€

  2. Seirr says :

    @iip
    bajak laut #10 adalah yang pertama kali mengajukan proposal…
    dan menurut aturan, hanya dibutuhkan 50% persetujuan bajak laut yang masih hidup, sehingga saat hanya tersisa bajak laut #1 dan bajak laut #2, bajak laut #2 akan mengajukan proposal dimana seluruh keping adalah untuk bajak laut #2… sehingga jika sampai hanya ada 2 bajak laut, yang akan mendapatkan seluruh harta adalah bajak laut #2 (catatan: karena bajak laut #2 menyetujui proposal tersebut, maka quota 50% telah terpenuhi).

    • Charles says :

      @Seirr:

      Jadi, proposal yang harus diajukan bajak laut nomor sepuluh seperti apa?:mrgreen:

      Saya setuju dengan pernyataan Anda:

      sehingga jika sampai hanya ada 2 bajak laut, yang akan mendapatkan seluruh harta adalah bajak laut #2 (catatan: karena bajak laut #2 menyetujui proposal tersebut, maka quota 50% telah terpenuhi).

      Anda sudah menemukan secercah kebenaran untuk menjawab teka-teki ini…πŸ˜€

  3. Bernard Immanuel says :

    Charles… jawabannya:
    nomor 1: 8 keping
    nomor 2: 6 keping
    nomor 3: 4 keping
    nomor 4: 2 keping
    nomor 5: 0 keping
    nomor 6: 0 keping
    nomor 7: 0 keping
    nomor 8: 0 keping
    nomor 9: 0 keping
    nomor 10: 80 keping
    benarkah?? hehehe….
    would u like to delete my previous post?
    thx… hehe…

    • Charles says :

      @Bernard Immanuel:

      Dengan jawaban itu, pasti kamu berpikir bajak laut nomor 1 sampai 4 pasti akan menyetujui proposal itu bukan? Apa yang membuatmu berpikir mereka akan menerima proposal ini? Dan kenapa angkanya 8 keping, 6 keping, 4 keping, dan 2 keping?πŸ˜€

      would u like to delete my previous post?

      I did…πŸ˜‰

    • Bernard Immanuel says :

      untuk alasannya mungkin bisa dijelaskan lewat MSN.. hehe…
      just tell me whether it’s right or wrong…

  4. Cahya says :

    Jika saya seorang si bajak laut nomor 10, maka saya diwajibkan cerdas sehingga saya tidak boleh kehilangan nyawa, artinya proposal saya mesti disetujui oleh 50% yang masih hidup, walau sisanya tidak setuju. Dan sekarang semuanya masih hidup.

    Artinya ada 10 orang hidup dan 5 orang harus setuju, dan sisanya boleh tidak setuju. Yang setuju mesti diuntungkan maksimal (karena serakah) dan sisanya boleh dirugikan.

    Jika 100 keping emas jatuh ke tangan 5 orang pertama untuk dibagi, maka 5 orang berikutnya tidak akan mendapatkan apa-apa.

    Saya dan bajak laut nomor 1, 2, 3 dan 4 akan membagi 100 keping emas, dan bajak laut nomor 5, 6, 7, 8 dan 9 tidak akan mendapatkan apa-apa.

    Lima orang termasuk saya, akan menyetujui proposal itu, karena tidak akan mendapatkan lebih (wong cuma ada 100 keping emas), dan sisanya akan menolak. Tapi saya tidak akan dibunuh, karena sudah cukup suara yang setuju.

    Saya tidak tahu kelanjutan aturan permainan ini, seandainya bajak laut nomor sembilan mengajukan proposal karena menolak proposal saya, ia tidak boleh mengajukan proposal serupa. Ia kemungkinan besar akan mati, begitu juga yang menolak yang lainnya, karena apa ada proposal yang lebih baik?

    Ketika sisa 5 orang dan harus dibagi, ulangi lagi proposal serupa, 100 keping emas dibagi untuk 3 orang dan sisanya tidak dapat apa-apa. Hingga tersisa dua orang, selanjutnya seperti yang disebut Seirr.

    Kalau aturan permainannya setelah proposal nomor 10 diterima dan yang nomor 9 atau yang menolak tidak boleh lagi mengajukan proposal. Yang 100 keping itu tinggal dibagi saja sama rata, sepertinya tidak menentang konsep cerdas, serakah dan haus darahπŸ™‚

    Huih…, ternyata lama juga berpikir masalah ini, hingga perlu dua otak sekaligus, ha ha…πŸ˜€ (eh…, ternyata Om Charles nanti bilang jawabannya salah, gubrak)

    • Charles says :

      @Cahya:

      Anda sudah menemukan secercah kebenaran dengan mempertimbangkan komentar Seirr.πŸ˜‰

      Jadi, dengan kata lain, proposal Anda seperti ini:

      #1: 20 keping; #2: 20; #3: 20; #4: 20; #5: 0; #6: 0; #7: 0; #8: 0; #9: 0; #10: 20

      begitu bukan?

      Kalau proposalnya seperti ini, maaf masih belum tepat Mas…πŸ˜›

      Saya kasih hint deh… Kelima orang yang mendapatkan emas itu juga harus dipikirkan dengan matang (bukan random), dan sebenarnya, si bajak laut nomor sepuluh bisa mendapatkan lebih banyak dari 20 keping loh.:mrgreen:

    • Cahya says :

      Bukan begitu sih OmπŸ˜€

      1, 2, 3, 4, 10 → 100 keping emas (mereka setuju tidak akan buat proposal lagi)
      5, 6, 7, 8, 10 → 0 keping emas (mereka tidak setuju, akan buat proposal baru)

      Semisal no. 9 buat proposal, maka sudah pasti ditolak oleh no. 1, 2, 3, 4, 10 karena mereka menyetujui proposal 10, dan belum tentu disetujui oleh nomor sisanya juga. Kepalanya dipenggal? Maka sisa 9 orang lagi. No. 8 buat proposal, pastinya 5 orang sudah tidak setuju -> mati lagi. Sampai sisa 5 orang yang setuju proposal nomor 10.

      Sekarang bagaimana membagi 100 keping emas untuk no. 1, 2, 3, 4, 10?

      Sama saja,

      1, 2, 10 → 100 keping emas, dan 3, 4 → 0 keping emas. Kembali lagi terulang hal di atas.

      Saat membagi 100 keping emas antara 1, 2, 10, maka proposal yang dibuat no. 10 menjadi:

      1, 10 → 100 keping emas dan 2 tidak, jika 2 mengajukan proposal baru, maka 1 dan 10 menolak karena sudah setuju dengan proposal sebelumnya. Pastilah si no. 2 mati.

      Terakhir antara 1 dan 10, si no, 10 mengajukan proposal 100 keping emas semua untuknya, yang jelas karena hanya berdua, dia bisa mendapatkan 100 keping emasnya untuk sendiri.

      Saya sebenarnya agak bingung dalam menyusun logika ini. Karena dalam matematika ada dua logika utama dalam penyelesaian masalah, yang pertama adalah substitusi dan yang kedua adalah eliminasi. Saya mencoba pendekatan eliminasi karena terbiasa dengan logika ini.

    • Bernard Immanuel says :

      wah.. saya rasa om Cahya perlu baca soal sekali lagi deh..

    • Charles says :

      @Cahya:

      Jangan panggil Om dong~ hehe…πŸ˜›

      Pemikiran logika yang bagus… Tapi sayangnya, proposal yang dibuat harus menspesifikasikan jumlah emas yang diterima oleh setiap bajak laut (bukan kelompok bajak laut). Mungkin hal ini kurang dijelaskan di soal ya?

      Tapi dengan asumsi di atas diabaikan, jawaban Mas Cahya bisa jadi salah satu jawaban yang dipertimbangkan kebenarannya…πŸ˜€

  5. ryan says :

    kalo menurut ane:
    #1=1
    #2=2
    #3=3
    #4=4
    #5=5
    #6=6
    #7=7
    #8=8
    #9=9
    #10=45

  6. AuqX says :

    #1=19
    #2=17
    #3=15
    #4=13
    #5=11
    #6=9
    #7=7
    #8=5
    #9=3
    #10=1

    Dengan Perjanjian Setiap Orang Yang Memiliki Emas Terbanyak Akan Di Penggal Dan Emas Miliknya Di Bagikan Kepada Bajak Laut Sebelahnya

    Jika Para Bajak Laut Tidak Pikir Panjang Mereka Akan Mensetujuinya (No 2-10) Dan Diawali Dengan Bajak Laut No 1 Di Penggal Lalu Emasnya Pindah Ke Bajak Laut No 2 Dan Ia Di Penggal Seterusnya Samapai Ke Bajak Laut No 9

    Bajak Laut No 10 Tidak Ada Yang Memenggal Dan Mendapatkan Ke 100 Keping Emas…πŸ˜€

    • AuqX says :

      Atau Pembagiannya

      #1=20
      #2=20
      #3=20
      #4=20
      #5=20
      #6=0
      #7=0
      #8=0
      #9=0
      #10=0

      Dengan Perjanjian Yang Sama…

    • Dubidu says :

      ingat “setiap bajak laut ini mempunyai logika yang sempurna” pasti mereka langsung menolak perjanjian itu

    • Charles says :

      @AuqX:

      Maaf, mungkin kurang dijelaskan di soal, kalau proposal itu hanya berisi jumlah emas yang diterima setiap bajak laut. Jadi, tidak boleh ditambahkan peraturan lain seperti “Dengan Perjanjian Setiap Orang Yang Memiliki Emas Terbanyak Akan Di Penggal Dan Emas Miliknya Di Bagikan Kepada Bajak Laut Sebelahnya”, karena aturan mainnya sudah dibuat di awal.πŸ˜€

      Tapi, jawabannya cukup kreatif…πŸ˜€

  7. iip says :

    ternyata jawabanku adalah jawaban paling gg masuk akal yach……?

  8. febri says :

    Ikutan ya
    Menurutku
    #1 0
    #2 0
    #3 0
    #4 0
    #5 0
    #6 5
    #7 10
    #8 15
    #9 25
    #10 50

    • Charles says :

      @febri:

      Alasannya?πŸ˜€

      Karena yang terpenting dari sebuah jawaban sebenarnya alasannya. Kalau alasannya bisa diterima, bisa jadi jawabannya benar meskipun tidak sama dengan jawaban saya.πŸ˜€

  9. febri says :

    Bukan 25 tapi 20

  10. Bernard Immanuel says :

    dengan membuat sedikit asumsi yang disertai oleh pemahaman yang benar tentang kondisi yang ada, maka kalian akan dapat menemukan bahwa emas yang dapat di peroleh#10 adalah jauh lebih banyak 50.. tentunya jawaban saya di atas salah, karena (percaya atau tidak) #10 dapat memperoleh lebih banyak dari itu..

    • Charles says :

      @Bernard Immanuel:

      Wah, sudah sadar nih… hehe.

      Benar, sedikit bocoran, bajak laut #10 bisa mendapatkan lebih dari 50 keping emasπŸ˜€

  11. sugi says :

    coba menjawab, tebak doank sih,
    #10 = 75, #9 =5, #7= 5, #5 = 5, #1 =5, dengan menggunakan asumsi hanya #2 yang merasa akan mendapat bagian paling banyak apabila dia terus tidak setuju,maka dia tidak akan memberikan suara setuju sampai kapan pun, nah demikian sebaliknya dengan #1 , dengan mengetahui bahwa walaupun dia tidak memberikan suara sampai kapan pun, akhirnya nihil, maka kita kasih 5 keping untuk membeli suaranya. Sedangkan yang no laennya menyadari keserakahan dari kemungkinan yang masih hidup, untuk menjaga nyawanya , maka akan memberikan suara setujunya.

    • Charles says :

      @sugi:

      Konsep berpikir Mas Sugi sudah mendekati…πŸ˜€ Tapi jawabannya masih salah, mungkin perlu dipoles sedikit lagi.

      #2 memang akan mendapatkan bagian yang paling banyak jika tinggal tersisa 2 bajak laut (dengan proposal #1: 0; #2: 100, dan #2 vote dirinya sendiri).

      Tapi, apa yang terjadi jika bajak laut #3 sebelumnya membuat proposal (#1: 50, #2: 0, #3: 50). #1 tentunya akan setuju dengan proposal itu, karena kalau #3 mati dan tersisa 2 bajak laut, dia tidak akan mendapatkan apa-apa. Dalam hal ini, si bajak laut #2 akan gigit jari.

      Dan, sejak setiap bajak laut mempunyai logika yang sempurna, pastinya tidak akan terjadi kondisi di mana tersisa 2 bajak laut. (Karena setidaknya #1 akan setuju dengan proposal #3, dan permainan berakhir).

      Ditunggu jawaban berikutnya ya mas…πŸ˜€

  12. VHZ says :

    (jika setiap bajak laut ini memiliki logika yang sempurna , maka tidak mungkin #10 akan bisa memenangkan seluruh keping emas tsb… tp bisa dgn satu pengecualian : ” #10 mempunyai logika yg lebih dari sempurna “.. dengan bgitu semua bisa dilakukan )

    hmmm… yang paling penting untuk si #10 adalah selamat saat ia mengajukan proposal,bukan ? maka #10 akan memberi 100 keping emas itu utk si #1,#2,#3,#4 masing-masing 25 keping emas dan dia sndiri dapat 0 keping emas …

    si #1 ,#2 ,#3 ,#4 akan membantu si #10 sehingga dia bisa selamat… saat giliran #9 , sudah pasti #9 akan dibunuh … #10 tidak setuju akan proposalnya #9 , begitu juga dengan #1,#2,#3,#4 .. karena dijanjikan keping emas yg lebih banyak oleh #10…

    dan seterusnya sampai no #5 akan dibunuh… tinggal 5 org .. yaitu : #1 ,#2 ,#3 ,#4 ,#10….

    saat giliran #4 ,

    si #10 akan berkata pada #1 : ” saya ingin berkerja sama , kita harus tidak setuju dengan semua proposal yg diajukan oleh #4 ,dan #3.. saya juga akan mengatakan ini pada si #2… hasil akhir akan dibagi dengan kalian berdua… masing-masing 50 keping emas… dan saya 0 keping emas.. setuju ? ”

    begitu juga akan #10 katakan pada #2 : ” saya ingin berkerja sama , kita harus tidak setuju dengan semua proposal yg diajukan oleh #4 ,dan #3… saya juga akan mengatakan ini pada si #1…hasil akhir akan dibagi dengan kalian berdua… masing-masing 50 keping emas… dan saya 0 keping emas.. setuju ? ”

    #1 sudah pasti setuju … begitu jg dengan si #2 …. dengan begitu si #4 dan #3 akan dibunuh…

    si #10 berkata lagi pada si #1 : ” kita harus tidak setuju dengan proposal yang diajukan oleh #2 … dengan begitu kamu akan mendapatkan seluruh 100 keping emas tsb . ”

    saat tinggal 3 org , yaitu #1 , #2 , #10… #2 akan dibunuh… (tnpa pengetahuan si #2)

    tinggal 2 org… #1 , dan #10… apapun yg diajukan oleh si #1 … si #10 sudah pasti tidak akan setuju .. maka #1 akan dibunuh…

    dan #10 dapat seluruh 100 keping emas tsb .

    • Charles says :

      @VHZ:

      Pertama, maaf soalnya kurang menjelaskan kalau isi proposal hanyalah jumlah emas yang diterima setiap bajak laut, jadi tidak boleh ditambah perjanjian khusus seperti “perjanjian saling kerja sama”, dll.

      Tapi seandainya pun boleh kerja sama, si #10 akan mati ketika #9 membuat proposal. Bajak laut yang lain tidak akan mencoba menyelamatkan bajak laut #10, karena mereka haus darah. Mereka tidak melihat keuntungan menyelamatkan bajak laut #10 bagi mereka.

      Ayo dicoba lagi…πŸ˜€

  13. ibnu says :

    klo saya semua akan mati bila sebagian dari mereka mendapat harta yg sama,,,,,,,,,
    mereka akan saling membunuh hingga mereka tersisa 2 orang dan membagi rata emas tersebut
    ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    • Charles says :

      @ibnu:

      Kenapa hingga tersisa 2 orang mas? Kenapa ga hingga tersisa 1 orang?πŸ˜›

      Terus, gimana caranya memastikan bajak laut yang tersisa adalah bajak laut #10?

      Tapi itu adalah cara barbar mas. Mereka bajak laut dengan logika sempurna, jadi tidak menggunakan cara ini, tapi dengan mengajukan proposal. So, bagaimana proposal mas?πŸ˜€

  14. iip says :

    @VHZ Ketika Si #1 mengajukan proposal tentunya dia akan menyetujui proposalnya dan quota 50% telah terpenuhi…………

  15. iip says :

    mas charles kalau dipikir-pikir susah juga ya…..??????
    kalau boleh saya minta jawabanya donk kirim ke iipyuan@gmail.com

    terima kasih atas perhatiannya
    maaf jika merepotkan…….

    • Charles says :

      @iip:

      Hal mas Iip… Wah, masih setia mengikuti nih.

      Saya sudah berikan petunjuk cara menyelesaikan problem ini di komentar saya kepada jawaban mas Sugi di atas. Mungkin mas Iip bisa coba lagi dengan petunjuk tersebut.

      Saya berikan hint tambahan deh ya:
      Coba mulailah dari 2 bajak laut. Apa yang terjadi jika tersisa 2 bajak laut? Proposal seperti apa yang akan dibuat oleh bajak laut #2? Apakah #2 akan selamat?

      Lalu bagaimana jika tersisa 3 bajak laut? Proposal apa yang akan dibuat #3 agar dia selamat dan mendapatkan emas sebanyak-banyaknya?

      Demikian seterusnya sampai tersisa 10 bajak laut.

      Selamat mencoba yaπŸ˜€

  16. kevin says :

    bajak laut#10 akan membuat proposal bunuh dulu 5 bajak laut pertama,karena haus darah dan punya logika yg sama pasti bajak laut 6,7,8,9 menyetujuinya karena mereka akan berpikir semakin banyak bajak laut berkurang maka jumlah kepingan yg didpat akan lebih banyak. tapi saya ngak tao ap bajak laut #10 masih boleh meminta proposal???

  17. yohan says :

    menurut saya orang ke 10 ini memiliki kelemahan namun juga memiliki keuntungan yang sangatlah besar. kelemahannya jelas karena semakin awal orang mengajukan proposal maka ia harus mendapat persetujuan dari 50% orang yang masih hidup berarti 5 orang termasuk dirinya sendiri.
    Tapi sebenarnya dia mempunyai keuntungan untuk mengontrol permainan ini.
    Saya punya 1 pertanyaan apakah kalau kita sudah selamat dengan kuota 50% ini maka proposal saya pasti diterima atau nanti ada kemungkinan untuk berputar dan membuat saya mengeluarkan proposal lagi?padahal kan di soal tertulis “Proses ini akan terus diulangi sampai ada proposal yang disetujui oleh minimal 50% bajak laut yang masih hidup.”
    seharusnya kan ini berarti asal kita sudah disetujui maka pembagian akan dilakukan seperti proposal saya..
    maaf tolong beri penjelasan karena mungkin saya tahu jawabannya namun kurang paham soal

  18. harris says :

    Seperti apapun caranya, kalo ada mrk haus darah ya susah kk. ^^

    jawabannya nnti ksh tw ya. ^^

  19. Jack says :

    wah ini baru teka teki…:)
    gw coba ya…

    petunjuk dari teka teki ini adalah
    1. setiap bajak laut ini mempunyai logika yang sempurna
    (bagaimana supaya selamat, dan bagaimana supaya tidak dibunuh)
    2. setiap bajak laut ini serakah
    (bagaimana supaya tidak rugi, lebih baik dapet 1 daripada ga dapet apa-apa…:) ya khan)
    3. setiap bajak laut ini juga haus darah
    (ini sih bisa bisa nya yang buat soal supaya kita pusing aja)

    kita mulai dari belakang saat tersisa 2 bajak laut (biar gampang gw buat tabel yah)
    Proposal ke-9
    #1 #2
    0 100
    ket: proposal akan diterima karena kuota 50% terpenuhi

    Proposal ke-8
    #1 #2 #3
    1 0 99
    ket: #1 akan setuju karena jika dia menolak dia tdk akan mendapat apa2
    (untuk menghindari proposal ke-9)

    Proposal ke-7
    #1 #2 #3 #4
    0 1 0 99
    ket: #2 akan setuju karena jika dia menolak dia tdk akan mendapat apa2
    (untuk menghindari proposal ke-8)

    Proposal ke-6
    #1 #2 #3 #4 #5
    1 0 1 0 98
    ket: #1 dan #3 akan setuju karena jika dia menolak dia tdk akan mendapat apa2
    (untuk menghindari proposal ke-7)

    Proposal ke-5
    #1 #2 #3 #4 #5 #6
    0 1 0 1 0 98
    ket: #2 dan #4 akan setuju karena jika dia menolak dia tdk akan mendapat apa2
    (untuk menghindari proposal ke-6)

    dst sampai pada proposal ke 1
    #1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10
    0 1 0 1 0 1 0 1 0 96

    jadi bajak laut #10 bisa dapet 96 emas
    pasti yang buat peraturan bajak laut no. 10 tuh heheheh…

    GBU

    • Charles says :

      @Jack:

      Wah, selamat… Akhirnya, teka-teki ini terjawab juga dengan sempurna.πŸ˜€

      Benar sekali, si bajak laut #10 akan mendapatkan 96 keping emas dengan proposal tersebut.

  20. Jack says :

    wah kok jd berantakan yah😦
    gini aja deh

    Proposal ke-9 —> #1:0, #2:100
    Proposal ke-8 —> #1:1, #2:0, #3:99
    Proposal ke-7 —> #1:0, #2:1, #3:0, #4:99
    Proposal ke-6 —> #1:1, #2:0, #3:1, #4:0, #5:98
    Proposal ke-5 —> #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:98
    Proposal ke-4 —> #1:1, #2:0, #3:1, #4:0, #5:1, #6:0, #7:97
    Proposal ke-3 —> #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:1, #7:0, #8:97
    Proposal ke-2 —> #1:1, #2:0, #3:1, #4:0, #5:1, #6:0, #7:1, #8:0, #9:96
    Proposal ke-1 —> #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:1, #7:0, #8:1, #9:0 #10:96

  21. harris says :

    Cara awal yg saya pake mirip, dgn mencatat ap yg diketahui. Namun, kok cara saya malah berantakan ya??

  22. harris says :

    petunjuk dari teka teki ini adalah
    1. setiap bajak laut ini mempunyai logika yang sempurna

    Ini dimulai SEANDAINYA bajak laut #10 s.d #3 mati, kemudian dihidupkan kembali satu persatu. (ingat mereka mempunyai logika yg sempurna)

    Proposal ke-9
    #1 #2
    0 100
    ket: proposal akan diterima karena kuota 50% terpenuhi, jd pastinya ia akan membuat bajak laut #3 tetap hidup.

    Proposal ke-8
    #1 #2 #3
    1 0 99
    ket: #1 akan setuju karena jika dia menolak dia tdk akan mendapat apa2.
    (untuk menghindari proposal ke-9)

    Proposal ke-7
    #1 #2 #3 #4
    0 1 0 99
    ket: #2 akan setuju karena jika dia menolak dia tdk akan mendapat apa2
    (untuk menghindari proposal ke-8)

    Proposal ke-6
    #1 #2 #3 #4 #5
    1 0 1 0 98
    ket: #1 dan #3 akan setuju karena jika dia menolak dia tdk akan mendapat apa2
    (untuk menghindari proposal ke-7)

    Proposal ke-5
    #1 #2 #3 #4 #5 #6
    0 1 0 1 0 98
    ket: #2 dan #4 akan setuju karena jika dia menolak dia tdk akan mendapat apa2
    (untuk menghindari proposal ke-6)

    dst sampai pada proposal ke 1
    #1 #2 #3 #4 #5 #6 #7 #8 #9 #10
    0 1 0 1 0 1 0 1 0 96

    Dengan logika yg sempurna, dan telah memperhitungkan berbagai kemungkinan, bajak laut #2, #4, #6, #8 akan setuju karena jika mereka menolak, mrk tdk akan mendapat apa2.

    jadi bajak laut #10 bisa dapet 96 emas.

    Kuncinya adalah berpikirlah dari atas ketika tersisa 2 org bajak laut #1 dan #2, agar lebih mudah memahaminya.

    *) hihi ini sekedar saran aja u/ para bajak laut, jgn SERAKAH dan kalau mereka memiliki logika yg sempuna, harusnya mereka membagi sama rata hasil rampasannya ya? kalau begini yg diuntungkan adalah bajak laut #10 kan? (keserakahan mengalahkan logika

  23. Yunita says :

    #1:0
    #2:0
    #3:0
    #4:0
    #5:0
    #6:25
    #7:25
    #8:25
    #9:25
    #10:0

    Dengan asumsi:
    1. Asal disetujui oleh 50% maka lolos proposalnya. asal 6,7,8,9 setuju, maka proposal itu disetujui. Jadi disini nilai voting ditentukan berdasarkan banyak dan bukan pangkat.
    2. karena semua bajak laut itu serakah dan haus darah, jika bajak laut dengan pangkat rendah bisa mendapatkan 1/4 dari harta yang akan dibagi, bukan kah itu sudah jumlah terbaik, dan jika mereka menolak proposal, maka kemungkinan besar giliran mereka berikutnya yang akan mati.

    Bener ngak???? penasaran… atau ada jawaban yg lebih baik?????

  24. Ben says :

    Koq Kurang Pas ya ? Dengan Asumsi Logika Yang Sempurna….
    Proposal seperti dibawah ini dari Bajak Laut#10
    Proposal ke-1 β€”> #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:1, #7:0, #8:1, #9:0 #10:96

    Maka #2 akan menolak Proposal dan #10 dipenggal sebab, dgn #2 Menolak, memberikan Clue kpd #3 dan #1 untuk bermain lebih berani pada proposal #9 , sehingga menekan #9 tdk terlampau menganggap remeh tawaran, jadi lebih ada bargaining gitu…..

    ITU Logika Yang Sempurna, Kecuali Logika Simple yg garis lurus tanpa belok2, baru proposal spt diatas cocok.

    Sorry No Offense.πŸ™‚ Salam Kenal semua…. JBU

  25. Johannes Cornelis Jr says :

    Proposal β€”> #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:1, #7:0, #8:1, #9:0 #10:96

    hahaha… jawabannya itu blm lengkap mas charles,,

    karena jika mereka semua memiliki logika yang sempurna maka mereka semua pasti bisa menebak gambaran masing-masing keping emas yang akan mereka terima jika #10 memberikan proposal 96.

    #1,#2,#3,#4,#5,#6,#7,#8 dan #9 adalah lebih dari 50% suara.
    Ke-9 bajak laut pasti tau itu hanya menguntungkan #10
    Lalu alasan apa yang menyebabkan mereka tidak berani menolak proposal #10 ?
    Bukankah 9 bajak lainnya bisa membuat #10 terbunuh dengan proposal (mengingat mereka haus darah)
    Proposal β€”> #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:1, #7:0, #8:1, #9:96

    Maaf ya mas charles, alur kebalikan logika untuk menyelesaikan teka-teki justru menjadi bumerang kembali dari ketentuan yang mas buat sendiri bahwa “Semua bajak laut memiliki logika yang sempurna”

    Logika sempurna adalah menghitung semua langkah yang ada dan mengasumsikan semua bajak laut mengetahui kesemua langkah tersebut dan kemudian mengambil 1 langkah yang tidak bisa dihindari.
    Seperti permainan catur dengan lawan diri sendiri (karena ada ketentuan semua bajak laut memiliki logika yang sempurna)

    Menurut saya, semua bajak laut pasti tau arah proposal akan menjadi tidak menguntungkan jika #10 mengajukan 96 keping emas dan #10 juga pasti juga tau ada kemungkinan 9 bajak lautnya akan dengan mudah menolak proposalnya dan menyebabkan dia terbunuh.
    Dan pastinya #10 tidak mau seperti itu,, bukan ?

    Pembagian yang paling aman untuk tidak ditolak oleh 9 bajak laut lainnya (lebih dari 50% suara) adalah pembagian masing-masing 10 keping emas, sebab pembagian itu jauh lebih menguntungkan dari pembagian #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:1, #7:0, #8:1, #9:0 #10:96

    Oleh sebab itu, #10 akan mengajukan proposal 10 keping emas.
    #1:10, #2:10, #3:10, #4:1, #5:10, #6:10, #7:10, #8:1, #9:10 #10:10

    • Charles says :

      @Johannes Cornelis Jr:

      Hai Mas Jo… Thanks untuk analisis dan pembahasannya yang komprehensif…πŸ™‚

      Saya kira jawaban mas Jo masuk akal jika saja bajak laut itu mau mengambil resiko mereka tidak mendapatkan apa-apa. Karena, jika mereka menolak proposal berikut:

      #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:1, #7:0, #8:1, #9:0 #10:96,

      maka bajak laut #2, #4, #6, dan #8 harus siap2 tidak mendapatkan apa-apa.

      Jadi, menurut saya, proposal tadi akan disetujui keempat bajak laut tersebut (plus bajak laut #10 tentunya), karena jika tidak, ada resiko mereka akan kehilangan lebih banyak lagi.

      Terima kasih ya untuk komentarnya.πŸ˜‰

    • abzZ says :

      sori baru komen.
      al ny baru liat sekarang.
      untuk #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:1, #7:0, #8:1, #9:0 #10:96, -> #4 tidak setuju, karena dia bisa mendapatkan lebih besar.
      dan hasil ny 40% -> #10 koid.

      maka pengajuan proposal akan mencapai lebih dari 50% adalah #4.
      dengan perbandingan #1->1, #2->0, #3->0, #4->99

  26. nico says :

    sdh bener tuh penyelesaiannya,
    tp yg aneh menurut sy, klo para bajak laut itu punya logika tinggi, knapa bajak laut #1 mw aja jd pembuat proposal terakhir..
    *aneh prtanyaan sy, tp emg bgtulah yg ditanyakan tmn sy saat sy beri soal bgni n pnyelesaian bgni ke dy..

  27. kiko says :

    kalau semua bajak laut mengajukan proposal yang sama seperti di atas,,pembagian selanjutnya gimana???

  28. billy says :

    emmm emnurut saya jika saya menjadi bajak laut no 10( yang harus menyerahkan proposal pertama) saya akan meminta bagian 0 keping, mengapa karna dengan demikian nyawa sata terselamatkan. dan otomatis saya bisa ikut menentukan pantas tidaknya proposal yang selanjutnya. jika bajak laut lain itu pintar sampai urutan sebelum terakhir mereka juga tidak meminta koin karna mereka tidak ingin mati.. dan sampai di akhir yaitu pangkat yang tertiggi akan berhak mendapat koin terakhit,, tapi dengan sifat yang mereka miliki kapten itu pasti mati karna di anggap terlalu serakah dan tidak memperdulikan angota lain… dengan demikian 100 keping tadi di perebutkan dengan cara taruhan nyawa yang akan mendapatkan 100 keping itu adalah orang yang terakhir hidup.

  29. n3ja says :

    kalau jawaban seperti yang diajukan tadi…di sini kontradiksi dengan pernyataan awal..

    > setiap bajak laut memiliki logika yang sempurna.,
    dari sini berarti masing2 bajak laut (termasuk pangkat tertinggi) sudah bisa memprediksikan bahwa yang mengajukan proposal pertamakali yang akan mendapat keping paling banyak..sehingga saat peraturan dibentuk,mereka akan saling berebut untuk mendapat kesempatan pertama..
    dan bajak laut dengan pangkat tertinggi pastilah mengganti peraturan sehingga dia yang akan mendapat kesempatan itu..
    gimana dong..tidak akan pernah ada pembagian keping emas..

    ^_^

  30. welldone says :

    menurut saya pembagiaannya :
    #1 -, #5 = 0, #6 – #10 masing-masing 20, sehingga 6-10 akan setuju karena mendapat bagian yang sama..

  31. edwin says :

    cocokmi itu #10 mendapat 96 keping emas. jawbn plg betulmi itu.
    kl proposal 1 org aja udh diterima berti, semuanya udah selesai.tdk ada lg proposal laen yg akan diajukan.gt

  32. Muhammad Muzammil says :

    bunuh dulu semuanya, langsung kabur, bawa emasnya.

  33. Dipto Nurjan says :

    Menurut saya : #1=15, #2=14, #3=13, #4=12, #5=11, #6=9, #7=8, #8=7, #9=6, #10=5

  34. sukardi says :

    Jawaban menurut saya :
    #1:0
    #2:0
    #3:0
    #4:0
    #5:0
    #6:20
    #7:20
    #8:20
    #9:20
    #10:20

    memenuhi 50% suara bajak laut yang masih hidup.
    jika jawaban nya sperti ini :
    Proposal ke-9 β€”> #1:0, #2:100
    Proposal ke-8 β€”> #1:1, #2:0, #3:99
    Proposal ke-7 β€”> #1:0, #2:1, #3:0, #4:99
    Proposal ke-6 β€”> #1:1, #2:0, #3:1, #4:0, #5:98
    Proposal ke-5 β€”> #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:98
    Proposal ke-4 β€”> #1:1, #2:0, #3:1, #4:0, #5:1, #6:0, #7:97
    Proposal ke-3 β€”> #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:1, #7:0, #8:97
    Proposal ke-2 β€”> #1:1, #2:0, #3:1, #4:0, #5:1, #6:0, #7:1, #8:0, #9:96
    Proposal ke-1 β€”> #1:0, #2:1, #3:0, #4:1, #5:0, #6:1, #7:0, #8:1, #9:0 #10:96
    ada kemungkinan bajak laut 2,4,6,8 bisa menolak proposal, sehingga proposal tidak memenuhi suara 50%.ini jelas agak tidak masuk akal.trims

  35. yusril says :

    1:17
    2;14
    3;13
    4;12
    5;11
    6;10
    7;9
    8;8
    9;10
    10;6
    karena bajak laut pasti serakah dengan pangkat tertinggi pasti sampai terrendah mamikir jumlah keuntungan besar yang mengajukan proposal pasti sayang nyawa.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,………………………………………………………….

  36. neeboozzz says :

    Saya akan buat proposal itu’ saya serahkan pembagian ini kebajak laut yg pangkatnya paling tinggi,Berarti mulai dari bajak laut no 1, dan saya akan tulis pembagian kepingannya dari no 1-10 saya tulis masing masing 0(nol). Otomatis saya dpt suara 50% ,saya selamat. Dan pembantain dimulai dari nomer 1 sampai delapan, dan ketika nomer sembilan membuat proposal pembagian, saya bunuh dia. Haha saya yg dpt 100 keping emas.

  37. gede says :

    Jika saya bajak laut no 10, saya akan tulis” saya serahkan pembagian keping emas ini mulai dari pangkat yang tertinggi, dan saya akan tulis pembagian kepingan masing masing 0(nol) karna saya tidak berhak menentukan selaku bajak laut nomer 10 dengan pangkat terendah. Otomatis dimulai dari no 1, dan pembantaian dimulai dari atas, sampai pada bajak laut no 9, dan saya tidak menyetujui dibagi 2, otomatis dia kehilangan nyawanya dengan cara dipenggal. Saya yg dpt 100 keping emas.

  38. gede suan says :

    Saya akan menulis proposal tersebut seperti ini :
    “Karena saya pangkat terendah disini, maka saya serahkan pembagian ini kepada bajak laut dengan pangkat tertinggi. Dan berikut pembagian 100 keping emas saya isi masing masing :#1=0, #2=0,#3=0,#4=0,#5=0,#6=0,#7=0,#8=0,#9=0,#10=0.
    Karna saya pangkat terendah disini, saya tidak berhak mengatur pembagian 100 keping emas tersebut. Demikian proposal ini saya buat.
    (Logika sempurna)
    Dan otomatis bajak laut no 1 (serakah) dan banyak tidak menyetujui, dibunuh lah dia. Dan begitu seterusnya sampai tersisa no 9. Karna sisa berdua, pastinya saya tidak menyetujui berapapun nominalnya. (Haus darah) saya bunuh lah dia, saha yg berhak atas 100 keping emas. Hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: