Menabung Waktu

Pernah terpikir untuk menabung waktu? Bayangkan Anda harus menghadiri meeting penting jam 7 pagi, dan Anda terlambat bangun. Anda baru bangun jam setengah 7 lewat. Seandainya saja Anda punya tabungan waktu yang bisa digunakan di saat-saat genting seperti ini… Seandainya saja waktu bisa kembali. Mungkin itu yang Anda pikirkan jika hal itu terjadi.

Well, waktu memang takkan bisa kembali. Tetapi, saya akan membagikan sebuah tips yang saya gunakan, yang membuat saya merasa seolah-olah waktu dapat kembali, seolah-olah waktu dapat ditabung dan digunakan di saat-saat paling dibutuhkan. Tips yang sangat sederhana, namun cukup berdampak.

Tips itu adalah majukanlah jam Anda antara 5 hingga 30 menit. Saya sendiri memajukan jam tangan dan jam dinding di kamar saya sebanyak 20 menit.

Kembali ke contoh kasus di atas. Seandainya saya ada meeting penting jam 7 pagi. Setidaknya, saya harus bangun jam 6:10, dan berangkat dari rumah jam 6:30 agar tidak terlambat. Ketika saya bangun pagi dan melihat jam dinding di kamar saya menunjukkan pukul 6:30, saya akan menjadi kaget dan segera bangun. Saya akan mengira bahwa saya sudah kesiangan, sampai beberapa saat kemudian saya sadar kalau jam sebenarnya saat itu masih jam 6:10. Saya merasa “terselamatkan” oleh “tabungan waktu” 20 menit tersebut.

Ketika kita sudah terbiasa dengan jam yang dimodifikasi tersebut, mungkin kita berpikir kalau itu tidak lagi efektif, karena kita sudah tahu bahwa jam itu dimodifikasi. Ketika kita melihat jam itu, kita akan menghitung-hitung jam sebenarnya saat itu, dengan mengurangkan 20 menit dari jam yang telah dimodifikasi itu. Saya juga berpikir demikian, dan tidak jarang saya melakukannya. Namun, meskipun demikian, cara ini ternyata masih cukup efektif. Contohnya saja, kalau kita ada janji rapat jam 3 sore, dan ketika kita melihat jam kita, ternyata sudah jam 3 pas. Meskipun kita tahu jam itu sudah dimodifikasi, kemungkinan besar kita akan sempat kaget dahulu sebelumnya, dan hal itu mendorong kita untuk lebih cepat berangkat.

So, akankah Anda mulai “menabung” waktu Anda sekarang?😀

Tag:, , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

3 responses to “Menabung Waktu”

  1. Cahya says :

    Sebenarnya ada juga yang seperti itu, tapi kalau saya sendiri lebih suka jam saya tepat waktu. Karena jika ada orang lain yang kebetulan melirik jam saya dan dia tidak tahu kalau itu dimajukan, wah bisa-bisa dia kalang kabut telah 30 menit😀

  2. tiwi says :

    Kalau saya lebih suka jam ga dimajuin/dimundurin & so far ok2 saja. Ada teman yg dimajuin setengah jam tetep aja suka telat. Jadi sebenernya itu tergantung orangnya sendiri.

Tinggalkan Balasan

