6 Hal Paling Mengganggu dari Facebook

clip_image002[9]

Setelah hari Selasa yang lalu saya membagikan sembilan fitur yang paling saya sukai dari Facebook, hari ini giliran saya menuliskan enam hal yang paling mengganggu saya di Facebook. Enam hal itu adalah…

1. Photo tagging yang disalahgunakan. Seharusnya, fitur ini digunakan untuk memberikan informasi foto-foto di mana diri kita ada di dalamnya. Tapi, fitur ini mulai banyak disalahgunakan, mulai dari untuk promosi barang-barang, pengumuman, foto-foto aneh yang ingin di-share (seperti foto-foto lucu), dan foto-foto yang dihasilkan oleh aplikasi. Menurut saya, yang terakhir (foto-foto yang dihasilkan oleh aplikasi) adalah yang paling mengganggu, setelah foto-foto barang untuk tujuan promosi.

Salah satu contohnya adalah foto berikut:

clip_image004

Saya cukup kaget ketika mengetahui bahwa tag-tag yang diberikan pada foto itu diberikan secara acak oleh aplikasi. Jadi, orang yang “genius” dalam foto di atas bukanlah orang yang dianggap “genius” oleh pemilik foto, tapi hanya pilihan mesin secara acak. So, apa gunanya itu semua? Hanya membuat penuh album foto kita, dan membuat foto-foto kita yang sebenarnya semakin sulit dicari.

2. Nama-nama samaran dan nama-nama yang diganti. Salah satu hal yang paling saya sukai dari Facebook adalah Facebook mewajibkan kita menggunakan nama asli kita saat mendaftar. Namun, seiring dengan waktu, semakin banyak saya melihat teman-teman saya mengganti nama mereka menjadi nama-nama yang lucu-lucu, atau nama-nama yang lebih keren. Hal ini menyulitkan saya dalam mencari mereka. Coba perhatikan nama-nama yang ada di Facebook sekarang-sekarang ini:

clip_image006

3. Ucapan-ucapan yang dihasilkan aplikasi dan dikirimkan ke wall. Ini membuat wall Facebook saya menjadi sangat penuh dan berantakan. Mungkin maksud pengirimnya baik, tetapi saya lebih menghargai tulisan plain biasa yang dikirim oleh sang pengirim dibandingkan dengan ucapan-ucapan “forward”-an dari aplikasi. Contohnya seperti ini:

clip_image008

4. Akun Palsu. Jangan percaya sepenuhnya pada orang-orang yang ingin menjadi teman Anda di Facebook. Mungkin saja mereka membawa maksud buruk, mulai dari ingin mengambil informasi yang ada di profil Anda, menyebarkan virus, sampai kepada modus-modus penculikan via Facebook yang sedang nge-trend akhir-akhir ini.

5. Privacy Unawareness. Masalah privasi adalah masalah yang sangat serius yang diperhatikan oleh tim Facebook. Meskipun Facebook memiliki fitur “Privacy Control” yang cukup baik, tidak semua penggunanya memanfaatkannya dengan baik. Informasi-informasi yang sebenarnya adalah privasi kita mungkin tidak kita sadari telah menjadi publik, dan bukan tidak mungkin informasi tersebut dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. So, berpikirlah sebelum posting sesuatu di Facebook, dan gunakanlah privacy control yang disediakan.

6. Tidak Sadar Netiket. Yang terakhir ini adalah sesuatu hal yang umum, yang tidak terjadi di Facebook saja. Saya masih menjumpai beberapa konten-konten ofensif yang diposting di Facebook, yang berpotensi melukai hati orang lain. Dan, yang memperparah hal ini, konten-konten ini menjadi milik publik, yang dapat mengarah pada pencemaran nama baik. Salah-salah, tindakan konyol yang tampak sepele ini bisa membawa kita ke meja hijau, seperti yang dialami oleh Luna Maya. So, berpikirlah sebelum menulis/posting sesuatu di Facebook.

Semoga keenam hal di atas dapat semakin berkurang dari dunia per-Facebook-an… Semuanya dimulai dari diri kita masing-masing. Jadikanlah Facebook tempat yang lebih baik di masa depan.😀

NB: Nama-nama dan foto-foto yang ada di tulisan ini hanya ditujukan untuk keperluan edukasi, tanpa ada maksud untuk menjelek-jelekkannya. Saya mohon maaf bila ada pihak yang merasa tersinggung karenanya.

Tag:, , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

4 responses to “6 Hal Paling Mengganggu dari Facebook”

  1. Cahya says :

    Kadang orang mencoba menggunakan teknologi yang di luar penguasaannya hanya sekadar untuk bersenang-senang. Lupa kalau ada yang terganggu.

    Mungkin bahkan kadang jejaring sosial membuat kita semakin kenak-kanakan😀

  2. pm says :

    setubuh.. eits salah tuh.. setujuh maksudnya pake “h” halah..hehe..😀

  3. indyastaric06 says :

    betulll.. sama yang cukup mengganggu juga orang yang suka ganti status tiap menit sekali..hihi.. *saya gak tega mau ngeRemove nya*

  4. Johannez Hutabalain says :

    nice…
    alasaan yg masuk akal….😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: