9 Fitur Facebook yang Paling Disukai

image

Saat ini, siapa sih yang ga tahu Facebook? Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang paling fenomenal saat ini. Onno W. Purbo, dalam harian Kompas, 8 Februari 2010, di halaman 6 menjelaskan popularitas Facebook di Indonesia sebagai berikut.

Hampir semua provider dan operator telekomunikasi mengakui bahwa 40 – 60 persen trafik internet didominasi oleh Facebook. Data Checkfacebook.com menunjukkan, Indonesia peringkat ke-7 di dunia dengan 12 juta pengguna. Bahkan, Indonesia merupakan negara yang paling banyak menambah pengguna Facebook di dunia dengan lebih dari 700.000 pengguna per minggu! Hal ini dikonfirmasi Alexa (www.alexa.com) yang memeringkat Facebook sebagai situs nomor satu di Indonesia.

Saya pun mempunyai sebuah akun di Facebook sejak 3 tahun yang lalu, meskipun saya tidak mempunyai akun Friendster. Lalu apa yang menyebabkan saya membuat akun di Facebook? Tentunya ada fitur-fitur yang saya sukai dari Facebook. Berikut akan saya bagikan sembilan di antaranya yang paling disukai (oleh saya :P)…

  1. Status update, yang memungkinkan kita mengetahui keadaan teman-teman kita tanpa harus bertemu/berkomunikasi langsung dengannya. Dengan Facebook, kita dapat mengetahui kondisi dari banyak teman-teman kita dalam waktu yang sama, kapan saja. Kita juga akan lebih tahu berita-berita terkini yang sedang ramai dibicarakan oleh teman-teman kita.
  2. Photo tagging, yang membuat kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto. Selain itu, foto-foto yang memuat diri kita pun dikumpulkan jadi satu, sehingga mudah dicari.
  3. Real screen name. Saat pendaftaran, Facebook mewajibkan nama minimal terdiri dari dua kata, dan harus merupakan nama asli. Berbeda dengan Friendster yang penggunanya banyak menggunakan nama-nama yang lucu atau nama-nama samaran, di Facebook sebagian besar penggunanya (setidaknya teman-teman saya) menggunakan nama aslinya sebagai screen name mereka. Ini memudahkan kita dalam mencari teman kita.
  4. Neat design. Menurut saya, design Facebook tergolong sangat rapi. Penggunanya tidak diberikan hak yang berlebihan untuk mengganti design profile-page-nya (seperti mengganti background picture, font tulisan, dan sebagainya yang bisa membuat tulisan menjadi sulit terbaca, dan lain-lain).
  5. Ajax Technology, yang memungkinkan bagian tertentu dari sebuah halaman dapat di-update tanpa harus me-refresh /membuka kembali halaman itu.
  6. Games. Ada banyak games yang terintegrasi dengan Facebook. Sebagian besar games tersebut memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
  7. Birthday List, yang membantu mengingatkan kita teman-teman kita yang berulang tahun.
  8. Privacy Control, yang memungkinkan kita untuk mengatur content-content apa saja yang dapat diakses secara publik, atau hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.
  9. “Like” Feature, sebuah fitur yang sangat bagus menurut saya, untuk mengapresiasi teman-teman kita. Sebaliknya, kita tentunya senang bukan bila ada teman-teman kita yang suka dengan status kita? Hehe…

Setidaknya, sembilan hal di atas adalah fitur-fitur yang paling saya sukai dari Facebook. Saya sangat berharap Facebook mempertahankan, bahkan terus meningkatkan, fitur-fitur andalan mereka tersebut.

Namun, meskipun ada banyak keunggulan yang dimiliki Facebook, banyak pula pengguna Facebook yang mulai menyelewengkannya, yang saat ini saya rasakan mulai mengganggu. Apakah hal-hal yang mengganggu tersebut? Saya akan membagikannya di tulisan saya Selasa depan. So, tunggu saja ya…😀

Tag:, , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

5 responses to “9 Fitur Facebook yang Paling Disukai”

  1. bluethunderheart says :

    lama sekali blue tak mampir
    pa cabar
    aku tunggu kelanjutan postmu bang

  2. indyastaric06 says :

    kalau saya paling suka games nya.haha..

  3. online store says :

    aku juga suka game nya

  4. abdul rahman putra selsius says :

    aku jga suka main game. apalagi game fb karna di fb itu banyak saingan

Trackbacks / Pingbacks

  1. 6 Hal Paling Mengganggu dari Facebook « Charles' Notes… - 16 Februari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: