Memotong Gambar dengan Microsoft PowerPoint

Setiap kali ada yang bertanya kepada saya tools yang bagus dan mudah untuk meng-edit foto (seperti cropping/memotong gambar, mengatur brightness, menambahkan tulisan di dalam foto, menghias foto, dll), saya selalu merekomendasikan Microsoft PowerPoint 2007.

Pada beberapa kesempatan lalu, saya sudah membagikan beberapa tips powerful dari Microsoft PowerPoint. Sekarang, saya akan membagikan tips untuk memotong gambar.

Sebagai contoh, saya ingin memotong gambar berikut.

Pertama, masukkan gambar tersebut ke dalam slide PowerPoint Anda dengan menggunakan “insert picture”, atau copy gambar tersebut dan paste di dalam slide PowerPoint Anda.

Lalu, klik gambar yang ingin dipotong tersebut. Selanjutnya, klik tab “Format” pada bagian “Picture Tools” seperti yang ada pada gambar berikut. Kemudian, pilih “Crop” (icon yang dilingkari merah pada gambar berikut).

Ketika Anda meng-klik icon “Crop” tersebut, akan muncul garis hitam pendek pada gambar seperti yang diberi lingkaran biru pada gambar di atas. Untuk memotong gambar, Anda cukup menggeser (drag) garis-garis tersebut, sampai menghasilkan bagian gambar yang Anda inginkan. Garis yang ada di keempat pojok dapat digeser atas-bawah dan kiri-kanan, garis yang ada di atas-bawah hanya bisa digeser atas-bawah, dan garis yang ada di kiri-kanan hanya bisa digeser kiri-kanan.

Setelah Anda mendapatkan gambar yang Anda inginkan, Anda dapat menyimpannya ke dalam sebuah file gambar baru dengan melakukan klik kanan pada gambar, dan memilih “Save as picture” seperti pada gambar berikut.

Selanjutnya, Anda tinggal memilih nama dan lokasi gambar (yang telah dipotong) yang ingin Anda simpan tersebut. Jadilah gambar tersebut seperti gambar berikut.

Mudah bukan memotong gambar dengan Microsoft PowerPoint?😉

Tag:, , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

2 responses to “Memotong Gambar dengan Microsoft PowerPoint”

  1. firdausyi says :

    emang adddddddddd yang simple lagi tooooh

  2. Niwang Richty says :

    yang lain apa??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: