Setiap Koruptor Seharusnya Dihukum Begini!

Seminggu yang lalu, baru saja ditemukan sebuah istana di dalam penjara Pondok Bambu. Istana itu tak lain adalah sebuah metafora untuk fasilitas mewah yang diberikan kepada beberapa tahanan yang konon mempunyai banyak uang untuk membayar fasilitas mewah tersebut. Salah satu tahanan yang dimaksud adalah Artalyta Suryani alias Ayin.

Beberapa fakta terungkap, seperti Ayin yang diberikan fasilitas mewah yang berbeda dari tahanan yang lain (springbed, kulkas, komputer, perlengkapan karaoke, televisi, AC, dll.), petugas lapas yang diberikan “gaji bulanan” dari Ayin setiap bulan untuk menjaga fasilitas tersebut, mobil yang selalu sedia untuk Ayin gunakan, dan banyak lagi yang lain. Bagi sebagian orang, fakta-fakta ini mengejutkan mereka. Mereka mengernyitkan dahi melihat ketidakadilan ini. Bagi sebagian orang yang lain, fakta ini tidaklah aneh lagi. Ini adalah realita yang ada di negara ini, di mana korupsi sudah menjadi suatu gaya hidup di berbagai kalangan masyarakat. Mereka memakluminya, atau lebih tepatnya mereka sudah pasrah. Mereka pesimis korupsi dapat diberantas. Atau malah, mereka sendiri adalah sang koruptor itu sendiri, mulai dari korupsi listrik PLN, korupsi denda tilang lalu lintas, hingga korupsi yang merugikan negara sekian miliar hingga triliunan rupiah.

Kita ada di zaman di mana uang sangat berkuasa. Uang seolah dapat membeli segalanya, dapat meringankan hukuman seseorang, dapat mengubah perlakuan orang lain, atau dapat mengalihkan orang lain untuk membuat keputusan-keputusan yang menguntungkan kepentingan pribadi mereka. Di dalam zaman ini, orang yang mempunyai banyak uang akan lebih berkuasa dibandingkan orang yang tidak punya uang. Orang jahat yang punya banyak uang akan lebih didukung dibandingkan orang baik dan benar yang tidak punya uang.

Itu semua adalah sifat dasar manusia yang serakah. Mereka ingin mendapatkan uang sebanyak-banyaknya, meskipun mereka harus memberikan atau menerima suap. Pertanyaannya, kalau itu adalah sifat dasar manusia, bagaimana korupsi dapat diberantas?

Menurut saya, salah satu langkah yang dapat diambil untuk menghentikan korupsi adalah memberikan hukuman yang memiskinkan para koruptor. Setiap koruptor seharusnya dihukum begini! Ketika para koruptor itu didenda lebih kecil daripada jumlah yang mereka dapatkan dari hasil korupsi mereka, mereka cenderung untuk tidak jera dan melakukan korupsi kembali. Apalagi, dengan kekayaan mereka, mereka dapat menyuap berbagai petugas untuk membuat mereka bebas dari hukuman. Lain halnya kalau para koruptor ini didenda sekian kali lipat dari jumlah korupsi mereka. Mereka yang melakukan korupsi akan dimiskinkan, membuat mereka tidak punya dana lagi untuk menyuap petugas, dan mereka pun akan berpikir sekian kali sebelum melakukan korupsi, karena kalau sampai ketahuan, itu akan memiskinkan dirinya.

Memang langkah di atas terkesan idealis. Beberapa orang akan menganggap hukuman itu tak dapat diaplikasikan. Namun menurut saya, jika ada usaha yang keras untuk itu, hal itu dapat diwujudkan meskipun sedikit demi sedikit.

Kembali ke kasus penjara mewah Ayin, seandainya Ayin menjadi miskin karena tindak korupsinya, tentu dia takkan dapat menyuap para petugas, dan dia akan lebih jera untuk melakukan korupsi kembali. Para petugas penjara pun akan berpikir-pikir lagi sebelum menerima suap, karena setiap suap yang mereka terima harus mereka bayar sekian kali lipat jika hal itu sampai ketahuan.

Semoga negara kita Indonesia tercinta dapat semakin terbebas dari virus korupsi yang sudah menyebar begitu hebatnya di negeri ini.

Rangkuman:

Menurut saya, salah satu langkah yang dapat diambil untuk menghentikan korupsi adalah memberikan hukuman yang memiskinkan para koruptor.

Tag:, , , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

2 responses to “Setiap Koruptor Seharusnya Dihukum Begini!”

  1. Hedi says :

    DAh bgus kok, sekrang jangan hanya melalui tulisan saja membuar gerakan anti koruptor, tapi jobalah tunjukkan gerakan yang konkrit

  2. desy says :

    wah .. coba di usulin ke yg nanganin mslh korupsi ..
    bagus nih ide nya ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: