Sebuah Permainan “Think Out of The Box”

Seperti apa sih “berpikir kreatif” atau “berpikir lain dari biasanya” atau bahasa kerennya: “think out of the box” itu? Daripada saya menjelaskan panjang lebar, saya rasa Anda akan lebih paham dan lebih ingat jika saya menyajikannya dalam bentuk sebuah permainan.

Permainannya sederhana saja. Perhatikan gambar sembilan buah titik di bawah ini.

Tugasmu adalah membuat kesembilan titik di atas terlewati oleh LIMA buah garis lurus yang bersambungan (tidak terputus).

Wah, ini sih mudah sekali… Dengan cara berpikir biasa pun, kita sudah bisa dapat jawabannya. Jawabannya seperti gambar di bawah ini.

Kurang menantang? Kalau permainan di atas kurang menantang, saya akan berikan yang lebih menantang. Sekarang, coba lewati kesembilan titik tersebut dengan EMPAT buah garis lurus yang bersambungan (tidak terputus).

Sekarang, pemikiran kreatif atau “think out of the box” sudah mulai diperlukan. Saya berikan hint: cobalah fokus kerjakan apa yang diminta, jangan biarkan pikiranmu dikekang oleh asumsi-asumsi yang kamu buat sendiri.

Sudah dapatkan jawabannya? Jawabannya adalah sebagai berikut.

Untuk menemukan jawaban ini, kamu harus “think out of the box”. Tidak ada aturan bahwa garis-garis tersebut harus ada dalam area kesembilan titik tersebut, jadi janganlah membuat asumsi sendiri. Ketika kita melepaskan asumsi tidak berdasar tersebut, kita akan dapat melihat jawaban yang tidak terlihat sebelumnya.

Mungkin beberapa dari Anda sudah sering melihat permainan di atas. Tapi, sekarang saya akan memberikan Anda kejutan ekstra. Saya ingin mengajak Anda semua untuk berpikir dengan lebih kreatif lagi, untuk tidak sekedar “think out of the box”, tapi “think out of the room”. Berikut adalah tantangan saya untuk Anda.

Cobalah lewati kesembilan titik tersebut dengan TIGA buah garis lurus yang bersambungan (tidak terputus).

Kalau Anda sudah berhasil, saya bahkan akan menantang Anda untuk melewati kesembilan titik tersebut dengan SATU buah garis lurus!

Apakah tantangan ini mungkin untuk dipecahkan? Ya, kalau Anda bisa menghilangkan asumsi-asumsi yang tidak relevan dan membatasi Anda, Anda akan dapat melihat solusinya dengan mudah.

Buat Anda yang penasaran dan ingin tahu solusinya, Anda dapat melihat jawabannya di sini.

Happy thinking out of the box. Be creative!😀

Rangkuman:

Kita harus membebaskan diri kita dari asumsi-asumsi yang tidak relevan yang membatasi pikiran kita, dan kita akan temukan solusi-solusi dari masalah yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Don’t stop by just thinking out of the box! Try to think out of the room…😀



Tag:, , , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

21 responses to “Sebuah Permainan “Think Out of The Box””

  1. iko says :

    1 garis lurus ? gampang .. garisnya yang gede😀

  2. 3hari says :

    jika menggunaka 1 garis, maka 9 titik tsb kita sejajarkan saja dan tusuk semua menggunakan 1 garis,,ex: -0-0-0-0-0-0-0-0-0->

  3. sansan says :

    Emank Gue Pikirin ??
    gag Penting amat,.

  4. TIANI says :

    keren dah, tp ko yg pke 3n1 ga kepiriran tuh, hehe …

  5. SOFIE says :

    .Like this…

  6. rozi says :

    memang sangat mudah memberi pertanyaan yg cukup menyita logika kita, namun apakah si pemberi pertanyaan sanggup g’ menjawab pertanyaan yg saya ajukan.. saya akan menyamakan bobot pertanyaan anda.. ketika anda mampu memecahkan, saya akan berjanji pula PASTI mencari jawaban atas teka teki yg anda berikan… ini fair saya kira kan.. gmn???

  7. hasnaazkia says :

    Yg satu bikin lingkaran aja,klo yg 3 ehm..blum kepikiran

  8. semperfi says :

    saya coba utk menjawabnya.. 3 garis mmg bisa, hanya garisnya bukan garis kecil yang seakan2 “menghubungkan” kesembilan bulatan diatas.. Harus berpikir dengan cara out of the box, yaitu, perbesar sudut pandang kita dan buat garis lurus yang panjang (ditarik dari panjang dari sisi bulatan no 1 (kiri atas) dan di tarik (dengan agak diturunkan – dengan ttp menyentuh bulatan no 3 (kanan atas) hingga garis yang panjang tersebut agak miring sudutnya. kemudian masih dengan trik yang sama, tarik garis panjang lagi dengan menyinggungkan garis yang baru dengan garis yang pertama dari arah kanan ke kiri dengan pola kemiringan yang sama, dan terakhir adalah menarik garis panjang dengan bersinggunggan dengan garis kedua dari kiri ke kanan utk bulatan no 7-8-9.

    jadi intinya Garis yang dibuat adalah garis yang panjaaaang2 (out of the box) walau “sedikit” melengkung namun tetaplah sebuah garis dan… intinya adalah garis tersebut bukan mutlak haris menyentuh center-tengah2 dari lbulatan, namun tetap bisa walau hanya menyentuh sedikit. itulah sebabnya dibuat gambar 9 bulatan, bukan 9 titik yang kecil untuk toleransi garis yang akan melengkung…

    demikian..

  9. semperfi says :

    untuk 1 buah garis lurus… sudah terjawab . think out of the out of box.. 🙂 salam

  10. EFRAIM LOBO says :

    MEMBUAT LINGKARAN YANG DI MULAI DARI TITIK 7 KE TITI 1 DILANJUTKAN KE TITIK 3 DAN 9 LINGKARAN MENUJU DI BAWAH TITK8 DAN TARIK GARIS LURUS KE TITIK 8,5 DAN 2…………….GARIS PERTAMA,SELANJUTNYA GARIS KEDUA DARI TITIK 2 KE TITIK 4 DAN GARIS KETIGA DARI TITK 4 HORISONTAL KE TITIK 5 DAN 6……..TQ

  11. Nadia Iabel says :

    Dibentuk segitiga mungkin ?

  12. wahyu ramadhan says :

    kalo yang TIGA GARIS bentuk aja titiknya jadi leter U
    0
    0 0
    0 0
    0 0
    0–0

    kalo yang DUA GARIS bentuk aja titiknya jadi leter L
    0
    0
    0
    0
    0 0 0 0 0

    kalo yang SATU GARIS bentuk aja titiknya jadi leter I
    0
    0
    0
    0
    0
    0
    0
    0
    0

  13. irgo says :

    jawabanya buat aja garis yg tebel banget sampe kena ke semua titik… hehe bner kannn

  14. fitri elfida says says :

    Zzzzzzz……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: