Cara Pandang Baru Dalam Menghadapi Masalah

Semua orang pasti mempunyai masalah, kecuali dia sudah mati. Berhubung kita semua masih hidup, kita semua pasti mempunyai masalah. Kebanyakan orang akan melihat masalah sebagai suatu hal yang negatif, yang hanya mempersulit hidup ini. Mereka akan berusaha menghindar dari masalah-masalah mereka, atau menunggu saat-saat di mana semua masalah itu pergi dari kehidupan mereka. Sayangnya, semakin mereka menunggu masalah-masalah itu pergi, semakin banyak masalah yang datang. Hidup bahagia bukanlah hidup tanpa masalah. Masalah boleh saja tetap ada, tetapi jika kita dapat menghadapinya dengan baik, kita dapat mengarungi hidup ini dengan lebih sukacita.

Sekarang, bagaimana caranya menghadapi masalah-masalah itu dengan baik? Saya pun masih terus belajar akan hal ini, tapi dari pengalaman saya, jika kita bisa memandang masalah dengan cara pandang yang baru, yang lebih positif, itu akan sangat membantu.

Tidak ada kejadian baik atau kejadian buruk. Yang ada hanyalah kejadian. Baik atau buruk itu tergantung bagaimana kita memandangnya. Begitu pula dengan masalah. Mungkin kita terbiasa memandang masalah sebagai sesuatu yang buruk. Tapi, jika kita bisa mengubah cara pandang kita, dan memandang masalah sebagai sesuatu yang baik, kita tidak akan dibuat stres lagi dengan masalah-masalah kita. Kita akan menghadapi masalah-masalah itu dengan sukacita.

Tapi pertanyaannya, apa hal positif dari sebuah masalah?

Mungkin Anda sudah pernah mendengar beberapa hal positif dari masalah, seperti “masalah membuatmu menjadi orang yang lebih kuat”, atau “masalah membuatmu lebih dekat dengan Tuhan”, atau “di tengah berbagai masalah, ada kesempatan”. Ketiga-tiganya benar, dan sangat baik kalau Anda juga memandang masalah sebagai tiga hal di atas. Namun, izinkan saya untuk menambahkan beberapa hal positif dari sebuah masalah, yang merupakan buah dari pemikiran pribadi saya. Jika Anda adalah tipe orang yang suka menginspirasi orang lain, maka cara-cara pandang berikut sangatlah cocok untuk Anda.

1. Hal kecil bagi orang yang tidak bermasalah menjadi hal besar bagi orang yang bermasalah

Nick Vujicic adalah seorang yang dilahirkan tanpa tangan dan kaki. Suatu hari, dalam ceramahnya, dia mendemonstrasikan bagaimana dia mengangkat telepon dengan badan dan kepalanya. Banyak orang yang terharu dan terinspirasi ketika melihatnya.

Apa yang dilakukan oleh Nick hanyalah “mengangkat telepon”, yang merupakan hal kecil bagi seorang normal. Tapi, untuk seorang Nick yang mempunyai masalah “tidak punya tangan dan kaki”, hal itu menjadi begitu luar biasa. Di saat kita mempunyai masalah, hal-hal kecil yang biasa kita lakukan dapat menjadi hal-hal yang besar yang dapat menginspirasi orang lain. Kesempatan ini hanya ada ketika kita mempunyai masalah itu, jadi janganlah sia-siakan kesempatan ini.

Senyum yang kita kembangkan di wajah kita saat kita mempunyai masalah akan menjadi sebuah hal yang besar dibandingkan senyum-senyum kita biasanya.

2. Jadikan inspirasi untuk menolong orang lain dengan masalah serupa

Banyak kita jumpai, orang-orang yang tadinya kecanduan narkoba dan berhasil sembuh, menjadi penggalang gerakan antinarkoba. Orang-orang itu sudah merasakan sakit dan pedihnya masalah itu. Namun, ada satu syarat yang membuat mereka dapat membantu orang lain, yaitu mereka harus mampu membantu diri mereka sendiri dulu. Mereka harus mampu keluar dari masalah mereka dengan baik, dan menjadi teladan untuk yang lain.

Jika saat ini Anda mempunyai masalah, mungkin Tuhan ingin Anda menyelesaikan masalah itu dengan baik, menjadi teladan bagi orang-orang lain yang mempunyai masalah yang sama, dan nantinya membantu mereka semua keluar dari masalah-masalah tersebut, seperti Anda yang juga telah keluar dari masalah tersebut.

3. Jadikan pengalaman yang menarik

Masalah dapat menjadi pengalaman yang berharga untuk kita. Saya menjumpai ada hal yang aneh, beberapa pengalaman buruk saya di masa lalu, dapat menjadi pengalaman lucu yang dapat saya ceritakan di masa kini. Jadikan masalahmu saat ini sebagai pengalaman menarik yang dapat kamu ceritakan di masa depan. Tentu ceritanya akan bertambah menarik kalau ceritanya happy ending, yaitu kalau masalah itu pada akhirnya dapat terselesaikan dengan baik.

Ya, ketiga hal di atas adalah beberapa cara-cara yang saya gunakan untuk memandang masalah saya. Ketika saya melihat bahwa masalah saya saat ini dapat memberikan manfaat pada saya di masa mendatang, saya menjadi bersemangat untuk menghadapi masalah itu sebaik mungkin. Dan tentunya, jangan lupa untuk mengandalkan Tuhan dalam menghadapi masalah-masalah itu. Selamat menghadapi masalah dengan cara pandang yang baru.😀

Rangkuman:

Hal kecil bagi orang yang tidak bermasalah menjadi hal besar bagi orang yang punya masalah.

Seorang yang berhasil melewati sebuah masalah, dapat menginspirasi orang lain dengan masalah yang sama untuk melewati masalahnya juga.

Masalah saat ini bisa menjadi pengalaman yang sangat menarik untuk diceritakan di masa mendatang, tentu jika kita bisa melewati masalah itu dengan baik.

Tag:, ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: