Charles’ Notes: Sebuah Perjalanan

Blog ini telah membawa banyak perubahan positif pada diri saya. Sebelum melangkah maju, saya akan mengevaluasi blog ini, agar saya tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan dapat menjadi lebih baik lagi.

Saya memulai blog Charles’ Notes sejak awal tahun 2008. Dengan sebuah tagline “membuka wawasan, bersama belajar dari kehidupan”, dengan semangat saya membagikan ilmu dan pemikiran saya kepada para pembaca. Hari ini, blog ini hampir berusia 2 tahun. Kemarin, saya sudah mengumumkan komitmen saya untuk dapat menginspirasi lebih banyak orang lagi melalui blog saya. Sebelum saya melanjutkannya, saya ingin mengevaluasi dua tahun perjalanan blog ini, untuk suka-duka yang saya temui bersama blog ini, tentang bagaimana blog ini telah mengubah hidup saya, dan tentang para pembaca blog ini (dan mungkin saja Anda) yang telah menginspirasi saya dan memberikan saya semangat dengan begitu banyaknya komentar positif.

Saya memulai blog saya dengan sebuah tulisan “Selamat Jalan Pak Harto”, pada tanggal 31 Januari 2008. Dalam tulisan saya yang pertama, saya membagikan satu pesan yang saya dapatkan dari wafatnya Pak Harto, yaitu “Hargailah orang ketika orang tersebut masih ada. Ini bukan artinya kita tidak boleh memberikan penghargaan saat seorang telah wafat, namun alangkah baiknya (dan tentu akan jauh lebih baik) jika penghargaan itu diberikan saat orang itu masih ada.”

Di awal saya membuat blog ini, saya mempunyai harapan dengan adanya blog ini saya dapat berinteraksi dengan lebih banyak orang, dan dapat mengurangi sifat introvert saya. Saat ini, saya dapat mengatakan bahwa blog ini benar-benar membuat saya menjadi orang yang lebih ekstrovert/terbuka, dan saya bisa menjalin hubungan dengan lebih banyak orang, dan mendapatkan banyak inspirasi dari mereka.

Bulan Februari 2008, saya sangat aktif ngeblog, dan menghasilkan 28 tulisan. Setelah dua tahun berjalan, hari ini, ada 146 tulisan di blog ini, termasuk tulisan ini. Berarti sekitar 20% tulisan saya, saya tulis di bulan pertama saya ngeblog. Yang menyedihkan adalah di tahun 2009 saya hanya menghasilkan 26 tulisan. Itu artinya selama 12 bulan di tahun 2009, jumlah tuliskan yang saya hasilkan lebih sedikit dibandingkan tulisan yang saya hasilkan selama 1 bulan di bulan Februari 2008, saat saya baru mulai ngeblog dan sedang semangat-semangatnya. Saya harap hal ini tidak terjadi lagi sekarang, dan saya dapat terus menulis secara konsisten sepanjang tahun ini, setiap hari, seperti yang sudah menjadi komitmen saya.

Berikutnya, dari jumlah pengunjung, rata-rata ada 150+ pageviews per hari di tahun 2008, dan meningkat menjadi 600+ pageviews per hari di tahun 2009. Saya sangat bersyukur, karena menurut saya, angka itu adalah angka yang cukup besar untuk ukuran blog pemula seperti saya (thanks to blog agregator CSUI05 :D). Terima kasih juga untuk para pengunjung blog ini, dan teman-teman yang sudah meninggalkan jejak di blog ini. Angka-angka ini menjadi motivasi bagi saya untuk melakukan perubahan besar di blog saya. Lebih lengkapnya akan saya jelaskan besok.

Saat ini, di tahun 2010, saya sudah melihat ke belakang, sebuah perjalanan kehidupan yang telah saya lalui bersama dengan blog ini. Saya akan belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada di masa lalu, dan memperbaikinya agar tidak terulang kembali di masa depan. Sekarang saya akan melihat ke depan. Saya akan membawa blog ini ke arah yang lebih baik lagi, yang memberikan lebih banyak manfaat pada pembacanya.

Apakah ada evaluasi yang ingin teman-teman sampaikan tentang blog ini? Silakan teman-teman berikan dalam kolom komentar. Komentar teman-teman akan sangat berharga untuk saya dan untuk kemajuan blog ini. Terima kasih.😀

Tag:, ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

2 responses to “Charles’ Notes: Sebuah Perjalanan”

  1. ilmanakbar says :

    rata2 blogger indonesia mulai bosen ngeBlog saat masuk tahun kedua-ketiganya..

    terus ‘tobat’ ngeblog lagi saat masuk tahun ketiga-keempatnya.. rata2 blogger Indonesia gw lihat kaya gitu, yg pada ngeblog di tahun 2006-2007, tahun 2008-2009 udah mulai males ngeBlog, dan di Pesta Blogger 2009 kemarin jadi tobat lagi, hehe..

    kalo belum liat hasil surveynya http://media-ide.bajingloncat.com/2009/05/21/survei-blogger-indonesia-2009/

    • Charles says :

      @ilmanakbar:

      wah, ternyata ada penelitian juga tentang ini yah, gw baru tau… Thx buat infonya Man, hehe. Tapi pas taon 2009 kemarin gw liat temen2 seangkatan kita juga berkurang cukup drastis jumlah postingannya. Tapi untungnya, akhir2 ini sepertinya sudah mulai pada ‘tobat’ ya… :p

      Terus semangat ngeblog dan nginspirasi orang buat ngeblog ya Man…😀

Tinggalkan Balasan

