Refleksi 2009

Akhir tahun memang saat yang tepat untuk melakukan refleksi. Saatnya mengevaluasi apa yang telah kita capai sepanjang tahun ini. Bagi saya, tahun 2009 ini sangatlah luar biasa. Tahun ini adalah tahun transisi saya. Saya belajar begitu banyak hal, dan ada beberapa titik-titik penting yang saya lewati dalam kehidupan saya di tahun ini. Syukur kepada Tuhan yang telah memimpin saya di sepanjang tahun 2009 ini. Berikut adalah hasil refleksi saya di tahun 2009 ini.

1. Lulus kuliah dan menjadi wakil wisudawan
Ini adalah satu titik yang sangat penting dalam kehidupan saya. Sungguh merupakan anugerah Tuhan yang luar biasa, yang membuat saya dapat lulus dari Fasilkom UI setelah menjalani 3,5 tahun masa studi. Saya mendapatkan begitu banyak hal berharga selama saya kuliah. Hal lain yang luar biasa yang Tuhan berikan kepada saya adalah ketika saya dapat lulus dengan predikat cum laude, dan bahkan terpilih menjadi wakil wisudawan fakultas saya. Saya bahkan tidak pernah berpikir akan menjadi lulusan terbaik sebelumnya, tetapi Tuhan berikan kepada saya.

2. Mulai mendapatkan penghasilan
Tahun ini saya mulai mendapatkan penghasilan sendiri dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Setidaknya, saat ini, saya dapat mencukupi kebutuhan saya sendiri, meskipun hanya kebutuhan minimal saya. Jika ada hal yang aneh, itu adalah sampai saat ini saya tidak memiliki pekerjaan tetap. Lebih jauh tentang ini akan saya ceritakan di tulisan-tulisan saya yang lain.

3. Kembali jomblo
Tahun ini saya mengakhiri hubungan yang telah saya jalin selama hampir tiga tahun. Masa-masa yang berat untuk saya, ketika saya harus mengakhiri hubungan ini menjelang saya sidang skripsi. Tapi, sekarang saya dapat melihat bahwa hal itu adalah rencana Tuhan yang baik untuk saya, dan saya bersyukur hingga saat ini, saya dapat mempertahankan relasi yang baik dengan mantan saya.

4. Perubahan pola pikir
Ini adalah sebuah revolusi yang besar dalam hidup saya. Tahun ini, saya banyak dibukakan tentang pola pikir yang membuat saya dapat menikmati hidup yang Tuhan berikan kepada saya dengan lebih baik lagi. Orang-orang yang cukup dekat dengan saya mungkin menyadari perubahan yang terjadi pada saya, di mana saya menjadi seorang yang lebih bersemangat dan lebih positif. Salah satu hal yang paling mempengaruhi saya dalam perubahan pola pikir ini adalah seminar Tung Desem Waringin “Financial Revolution” yang saya ikuti. Saya mengikuti tiga seminar beliau tahun ini, dan saya sungguh bersyukur saya dapat mengenal beliau.

5. Menjadi pembimbing KTB (Kelompok Tumbuh Bersama)
Ini adalah sebuah titik besar lainnya di dalam kehidupan saya, ketika Tuhan boleh mempercayakan lima orang yang boleh saya bimbing di gereja saya. Sebelumnya, saya juga membimbing sebuah kelompok serupa di kampus saya yang beranggotakan empat orang.

6. Belajar mobil
Ini adalah target yang tidak kesampaian dari tiga tahun yang lalu, namun akhirnya tahun ini dapat tercapai juga.

7. Blog
Nah, hal yang terakhir ini adalah tentang blog ini. Tahun ini saya mengalami kemunduran yang jauh dibanding tahun lalu di bidang ini. Jumlah tulisan yang saya buat menurun drastis. Bahkan, yang paling parah, saya sempat tidak update blog ini selama tiga bulan! Namun, saya begitu terkejut ketika melihat jumlah pengunjung blog saya justru naik hingga empat kali lipat dari tahun lalu, dan saya bisa mendapatkan penghasilan pertama saya dari blog ini tahun ini.

Saat ini, saya ingin mohon maaf pada para pembaca setia blog ini (kalau ada, hehe) yang menanti-nantikan tulisan saya, tetapi seringkali dikecewakan ketika datang ke blog saya yang tidak terurus dengan baik ini. Tahun ini, saya mendapatkan begitu banyak inspirasi, begitu banyak pengetahuan baru, begitu banyak pengalaman berharga, namun saya merasa sangat kurang dalam membagikannya. Syukurlah, saat ini saya sudah cukup termotivasi kembali untuk menulis di blog ini, dan rencananya, saya akan melakukan revolusi besar di blog ini. Untuk lebih detail, akan saya jelaskan di tulisan saya berikutnya. So, tunggu ya…😀

Sebenarnya masih ada banyak hal lain yang saya dapatkan di tahun 2009 ini. Mungkin hal-hal lain itu akan saya bagikan sedikit demi sedikit di tulisan-tulisan saya di masa mendatang. Intinya, saya sungguh bersyukur kepada Tuhan untuk apa yang boleh saya capai di tahun 2009. Menjelang tahun 2010, saya juga sudah membuat resolusi. Resolusi yang berisi 100 target yang ingin saya capai di tahun 2010 mendatang, jika Tuhan mengizinkan.

Terakhir, saya mau memberikan sedikit rahasia… Blog ini akan mengalami revolusi dahsyat di tahun 2010, dan sang pemilik blog menargetkan untuk melakukan update blog harian secara rutin, memberikan sebanyak mungkin inspirasi yang telah terlebih dahulu menginspirasi dirinya. Kalau kamu tertarik, jangan lupa untuk berkunjung lagi besok ke blog ini untuk melihat perubahan-perubahan yang terjadi.😀

NB. Gimana nih dengan refleksi teman-teman di tahun 2009, dan resolusi di tahun 2010?:mrgreen:

Tag:, ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

2 responses to “Refleksi 2009”

  1. ilmanakbar says :

    2009 itu alhamdulillah tahun terbaik sepanjang hidup gw char..
    refleksinya udah ada di blog, hehe..

    resolusi 2010 udah dipikirin dikit2, tapi belum ditulis bener2.. mudah2an malam ini bisa jadi dan bener2 jadi pijakan untuk memulai tahun yang baru..

    ayo semangat dan sama2 sukses ya char!

    • Charles says :

      @ilmanakbar

      Wah puji Tuhan, berkat Tuhan memang tiada habisnya kalau kita bisa merasakannya ya Man?😀

      Uda jadi Man resolusinya? hehe.

      Yup, thx Man… Tetap semangat dan sukses selalu ya.

      *Ke blog iLm@N, numpang baca refleksinya*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: