Mengapa Saya Membagikan Trik Sulap Angka?

Setelah setiap hari saya mengamati blog saya, baik dari statistik dan komentar-komentar yang masuk, saya mengamati ada beberapa fenomena menarik. Apakah fenomena menarik tersebut?

Yang pertama adalah mengenai banyaknya orang yang masuk ke blog saya dari search engine dengan kata kunci “trik sulap angka”, “sulap matematika”, dan “sulap angka”. Yang menarik adalah jumlah pencarian ini melonjak drastis sejak Joe Sandy mempertontonkan aksinya dalam bermain angka di acara sulap The Master. Saya cukup senang dengan fenomena ini karena banyak orang-orang Indonesia yang menjadi tertarik mempelajari matematika, meskipun beberapa hanya sebatas penasaran akan sulap angka yang diperagakan Joe Sandy.

Sebelumnya, saya sudah membagikan dua buah trik sulap angka (yang sebenarnya mirip-mirip) di blog ini, yaitu di sini dan di sini (dan kedua tulisan itu benar-benar menjadi hits saat ini sampai sempat terpilih menjadi Top Posts di WordPress). Fenomena yang kedua berkaitan dengan komentar pembaca dari kedua tulisan tersebut. Jika diperhatikan, kedua tulisan saya tersebut cukup mirip, bahkan triknya pun sama. Tetapi anehnya, komentar-komentar yang masuk di tulisan saya yang pertama kebanyakan komentar-komentar negatif dan di tulisan kedua kebanyakan komentar-komentar positif. Tanya kenapa? Saya juga bingung, hehe.

Di antara sekian komentar yang masuk, ada sebuah komentar yang cukup menggelitik untuk direspon. Berikut adalah komentarnya.

Kata gw sih biasa aja .. toh gw dah tau caranya .. lo bisa ini juga harusnya ga disebar-sebarkan seperti ini .. bukankah lo pernah janji saat lo jadi pesulap bahwa trik lo ga boleh disebarkan caranya kecuali pd pesulap lain .. dengan dsbarkan ini maka pesulap lain yg waktu sblmnya mgunakan trik ini maka rahasia akan terbongkar ..

Mungkin saya akan memperjelas saja… Sebenarnya apa sih tujuan saya menuliskan trik-trik sulap angka itu di blog? Apakah untuk pamer atau kurang kerjaan atau ingin membocorkan rahasia pesulap? No, no, no… Itu bukanlah tujuan saya. Tujuan saya sebenarnya sederhana saja. Saya ingin membangkitkan keingintahuan orang-orang akan matematika, dan orang-orang yang membacanya dapat melihat bahwa matematika juga menarik untuk dipelajari. Matematika tidaklah selalu rumus-rumus yang rumit-rumit, tetapi juga bisa jadi menyenangkan dan menghibur. Oleh karena itu, di saat banyak sumber lain yang memberikan trik sulap angka ini, saya tidak hanya memberikan triknya, tetapi juga menjelaskan mengapa trik itu bisa berjalan. Ternyata, prinsipnya adalah ciri-ciri keterbagian dengan angka 9. Saya harap masyarakat Indonesia bisa terinspirasi dari tulisan saya mengenai trik tersebut (dan mungkin dari Joe Sandy) untuk dapat mempelajari matematika yang ternyata lebih menyenangkan dari yang mereka bayangkan. 😀

Tag:, , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

19 responses to “Mengapa Saya Membagikan Trik Sulap Angka?”

  1. agungfirmansyah says :

    Teka-teki ilmu pasti semacam ini memang seru. Oh iya. Ada satu kenikmatan yg ga bisa dirasakan pesulap. Biasanya, pesulap ga bisa menikmati aksi pertunjukan sulap dan akan bilang “Repost Gan!” 😀 .

  2. Lex dePraxis says :

    Magic fun. Math sucks. Mathemagic… orgasmic! 😀

    Salam kenal lagi.

  3. claravania says :

    waaah,
    charles,
    jangan2 lo mau jadi saingannya joe shandi ya?
    ikut the master selanjutnya aja.. :p

  4. CyborgDrikeâ„¢ says :

    wkwkwakakka, Maju terus!!!!!!! ^_^
    Klo bisa smuanya di brtahu!!!! …

  5. CyborgDrikeâ„¢ says :

    Klo bisa saingi Joe Sandy.Good Luck!!

  6. clara says :

    maju trus , , , , ,

    JOE SANDY . . . . . . . .

    JOE SANDY . . . . . . . .

    JOE SANDY . . . . . . . .

  7. kamal says :

    itu yg komen pasti pesulap ya

  8. nusantaraku says :

    Bagus deh…
    Minimal saya dapat belajar matematika untuk sulap..

  9. sendukjetis says :

    i love you joe… aku fans kamu. JBU

  10. Mudjoko says :

    Gimana cara blajar sulap dg cara cepat dan yg pasti bisa menghibur ?

  11. Ri-Q says :

    Buat gw Sulap illusi tp dgn trik yg Rasional lbh bagus…tp klo mas chrls punya trik NEBAK HARI LAHIR,boleh jg tuh..

  12. vhy says :

    dasar sulap bohongan ! dasar penipu

  13. edar says :

    gue salut sama joe ! gue suka gaya loe

    go joe kalahkan dedi cobuzer yg edan itu

  14. edar says :

    gue salut sama joe ! gue suka gaya loe
    go joe kalahkan dedi cobuzer yg edan itu

  15. assasincreed says :

    matematika digabungin dengan sulap, boeleh juga tuh !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    biar tambah rame pas pelajaran terakhir , tombo ngantuk Gan…/

  16. gemazzz says :

    gue anak 23 bdl

  17. vErEn'sSs says :

    ad yg bisa trik hipnotis!?

  18. wita says :

    waaaaaaaaw…
    mantaps om triknya…

    share disini sekalian donk…
    http://www.ms-room.com
    tempat bagi trik2 keren

Tinggalkan Balasan

