Bahaya Golput & Bahaya Mencontreng (Sembarangan)

Tanggal 9 April nanti, akan diadakan PEMILU (Pemilihan Umum). Di saat banyak orang sudah menetapkan pilihannya, ternyata banyak orang yang masih bingung, dan ada sebagian yang cenderung menjadi GOLPUT (golongan putih) alias tidak menggunakan hak pilihnya. Sebagian orang berpikir, dengan menjadi GOLPUT adalah langkah yang terbaik, daripada salah memilih. Ada pula yang memilih untuk menjadi GOLPUT karena tidak ada satu partai pun yang benar-benar pas di hatinya. Apakah benar menjadi GOLPUT adalah langkah terbaik? Sebelum saya melanjutkan, saya akan menceritakan sebuah ilustrasi.

Anda dihadapkan pada sebuah meja pertemuan. Di atas meja tersebut terdapat dua buah gelas. Sekilas, kedua gelas tersebut tampak sama. Isinya berwarna hitam kemerahan, dan baunya seperti bau anggur. Keduanya tidak dapat dibedakan secara kasat mata, tetapi ada satu hal yang sangat membedakan kedua gelas tersebut. Salah satu gelas tersebut berisi “anggur masam”, dan yang satunya lagi berisi “racun”!

Anda harus meminum salah satu dari kedua gelas tersebut. Anda diberikan kesempatan untuk memilih gelas yang akan Anda minum. Jika Anda tidak menggunakan kesempatan tersebut, orang lain akan memilihkan sebuah gelas secara acak untuk Anda minum. Anda diperbolehkan menggunakan alat-alat untuk mendeteksi racun, tetapi Anda harus mencarinya sendiri. Anda hanya diberikan waktu 2 jam untuk membuat pilihan, atau orang lain yang akan memilihkannya untuk Anda. Anda boleh saja memilih secara asal-asalan, Anda boleh saja membiarkan orang lain yang memilihkannya untuk Anda, tapi jangan menyesal kalau ternyata gelas yang Anda minum berisi racun.

Ilustrasi di atas mengilustrasikan PEMILU yang akan diadakan tanggal 9 April nanti.

Gelas-gelas tersebut melambangkan partai-partai yang ada saat ini. Mungkin ada yang berisi anggur manis, mungkin ada yang berisi anggur masam, dan tidak tertutup kemungkinan ada yang berisi racun.

Kesempatan Anda untuk memilih gelas tersebut melambangkan hak pilih Anda dalam PEMILU 2009 ini. Anda boleh tidak memanfaatkannya, memanfaatkannya dengan asal-asalan, atau memanfaatkannya dengan bijaksana. Namun, setiap pilihan Anda akan mempengaruhi hasil PEMILU ini. Mungkin ada yang berpikir, apalah artinya 1 suara… Ketika 10 juta rakyat Indonesia berpikir “apalah artinya 1 suara”, itu sudah berarti “10 juta suara”, bukan “1 suara lagi”.

Anda bisa  memilih untuk GOLPUT pada PEMILU ini dan membiarkan orang lain yang memilihkannya untuk Anda. Tapi, jangan salahkan kalau ternyata yang diberikan pada Anda adalah gelas berisi racun…

Anda bisa memilih untuk menggunakan hak suara Anda untuk memilih partai dengan sembarangan, tanpa Anda selidiki terlebih dahulu apakah partai tersebut “beracun” atau tidak, tapi kembali Anda yang akan menanggung akibatnya nanti.

Menurut saya, GOLPUT hanya boleh Anda lakukan jika:

  1. Anda sudah tahu semua calon-calon pilihan/partai, dan Anda yakin (setidaknya dalam pikiran Anda) tidak ada satu pun dari mereka yang jika terpilih akan membawa Indonesia ke arah yang lebih buruk. Ketika Anda menemukan satu partai saja yang mungkin menjadi “racun” bagi Indonesia, Anda seharusnya tidak GOLPUT.
  2. Tidak ada satu pun dari mereka yang mungkin membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dibanding partai lainnya. Ketika Anda meyakini ada partai yang mungkin lebih baik dari partai lainnya, saatnya Anda untuk memilih… Tapi, jangan lupakan untuk tes terlebih dahulu. Mata dapat ditipu, karena itu Anda membutuhkan alat tes racun untuk meyakinkan Anda. Jika Anda tidak bisa mengetes, tanyakan pada orang yang Anda percayai dan yang cermat yang telah mengetesnya terlebih dahulu. Membiarkan orang yang kita percayai untuk memilihkan gelas untuk kita masih lebih baik daripada membiarkan orang yang tidak kita kenal untuk memilihkannya.

Jadi, kesimpulannya GOLPUT bisa jadi berbahaya, dan sama berbahayanya dengan mencontreng tanpa mengetahui apa yang dicontrengnya. Ada kalanya tidak ada pilihan yang benar-benar baik, bagaikan tidak ada anggur manis, namun anggur masam masih lebih baik daripada racun.

Satu suara Anda dapat mengubah Indonesia. Anda ingin Indonesia menjadi lebih baik? Gunakan hak pilih Anda dengan sebaik-baiknya dan bersiaplah mencontreng pilihan kita di PEMILU 9 April nanti. 😀

Iklan

Tag:, , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

4 responses to “Bahaya Golput & Bahaya Mencontreng (Sembarangan)”

  1. Dracula says :

    Ilustratrasi yg tolol dan sempit! Kayak nasehat buat anak SD aja!

  2. nur says :

    Setuju banget, gw juga suka mikir gitu les, tapi ampe sekarang gw masi bener-bener bingung, ada perasaan takut tertipu kalo ampe gw akhirnya milih tapi ada perasaan takut partai “jahat” yang akhirnya menangin kalo gw ga ikutan milih,
    Huaa pusing euy,, –“

  3. haryono says :

    ihhh…dracula commentnya ga sopan banget.. itu kan pendapat charles sdri…ya terserah dia lah.. ayo kemukakan ilustrasimu…

  4. oz says :

    hehehe…. milih gak milih yang penting dapet starbucks 😀

    ~ko char alamat blog saya pindah ke http://punyaoz.brutefoz.com di-update linknya ya…
    ~terus2 lagi bikin blog satu lagi isinya kumpulan lirik lagu rohani dan lagunya, abis kemaren gara2nya kayaknya si ivon 07 susah nyari lagu, kalaupun tahu lupa nadanya, mau jadi contributor gak? blognya baru nih… sendirian ngindexnya cape juga :D….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: