A Tribute To David Hartanto, My Classmate

david-hartanto

David Hartanto. A great mathematician. A great player. A great friend.

David Hartanto. Ketika mendengar nama ini, terbayang di kepala saya seorang teman yang begitu ceria, jago matematika, dan menikmati hidupnya dengan berbagai macam game. Saya mengenal David sejak saya duduk di kelas 1 SMA di SMAK I, tahun 2002. Kami memiliki hobi yang sama, kami sama-sama menyukai matematika. Saat itu, saya iseng-iseng pernah membuat sebuah olimpiade matematika. Olimpiade ini hanyalah iseng-iseng saya, dan tidak mengatasnamakan sekolah. David adalah salah satu dari 29 peserta yang terdaftar di olimpiade itu. Hasil olimpiade menempatkan David pada peringkat 4, dengan nilai 45, setelah Sander, Hantonius, dan Anthony. Ini adalah salah satu kesan pertama saya pada seorang David Hartanto. Mendapatkan nilai 45 dari soal yang saya rancang saat itu tidaklah mudah. Nama David pun semakin terdengar karena bakatnya di bidang matematika.

Dua tahun kemudian, saya kembali dipertemukan dengan David, di dalam sebuah keluarga besar 3 IPA 4. Ya, ke-29 anggota kelas 3 IPA 4 memang sudah layaknya sebuah keluarga besar. Terlalu banyak kenangan yang terlalu baik untuk kami lupakan.

Cobalah tanya kepada semua siswa-siswi kelas 3 IPA angkatan saya, “Siapakah David Hartanto?”. Mereka akan menjawabnya, “Oh… Si jago mat itu…”. Ya, dia selalu bisa diandalkan untuk memecahkan soal matematika yang kami rasa pun tidak ada jawabannya. Tetapi untuk seorang David, dia hanya mengambil selembar kertas, mencoret-coret sebentar, dan jawaban telah muncul secara ajaib. Namun, oleh karena bentuk tulisannya yang sangat unik, hanya sedikit orang yang dapat menafsirkannya. Saya sendiri agak kesulitan untuk membacanya, tetapi kalau dibaca dengan sungguh, terbaca kok… Saya ingat saya masih menyimpan setumpuk fotokopi pekerjaan David mengenai latihan integral.

Hobi matematika membawa saya dan Ming Ming, panggilan akrabnya, masuk ke dalam sebuah science club – mathematics, yang saat itu baru saja dibuka oleh SMAK I. Kami termasuk perintis dari klub tersebut, dengan seorang guru pembina kami yang begitu baik, Pak Anton Wardaya, atau lebih dikenal dengan nama Pak AW. Saya banyak belajar dari David di klub tersebut. Dan dari sana pulalah, David dipersiapkan untuk mengikuti IMO (International Mathematical Olympiad).

Betapa pintarnya David tidak perlu saya ceritakan. Kami (3A4) pernah berniat membingkai sebuah ulangan fisika David yang bernilai 45. Sungguh suatu keajaiban saat itu, ternyata David pun bisa mendapatkan nilai 45 di ulangan fisika. Namun, akhirnya kami tidak membingkainya.

David tidak hanya dikenal karena jago matematika, tetapi juga karena kebaikannya yang ingin membagi ilmu yang dimilikinya, dan menjadi teman yang baik di berbagai macam permainan.

Hingga tiga minggu yang lalu, saya masih sempat chatting dengan dia. Saya sempat menanyakan kabarnya dan dia mengatakan sangat enak di sana, hanya bermain game saja. Tiga minggu kemudian, degup jantung saya hampir berhenti ketika mendengar berita yang sangat mengejutkan tersebut. Ming Ming yang begitu ceria, seorang yang baik, telah pergi dari kami semua. Saya tak dapat mempercayainya, namun itu adalah kenyataan. Saya berharap Ming Ming dapat senang di alam sana, di sisi-Nya. Bahkan, itu bukan hanya harapan saya, itu kepercayaan saya. Saya bersyukur Tuhan telah membiarkan kami bertemu, dan berteman dengan seorang yang sangat baik, David Hartanto, selama 6 tahun.

He is an excellent person, and I’ll miss him so much. Rest in peace, Ming! Rest in peace, my friend! Hope we’ll be met in heaven. You just come earlier, doesn’t you?

-Charles Christian, 3A4 family-

Buat teman-teman yang ingin memberikan ucapan belasungkawa atau pendapat teman-teman, bisa berikan pada form komentar di bawah.

Buat teman-teman yang mengenal David Hartanto (a.k.a. Ming Ming) dan ingin memberikan testimonial, dapat memberikannya di sini. Testimonial ini nantinya akan dikumpulkan dan diberikan pada keluarga Ming Ming.

Terima kasih untuk ucapan belasungkawa dan testimonial teman-teman.

Tag:, , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

78 responses to “A Tribute To David Hartanto, My Classmate”

  1. claravania says :

    Turut berduka cita buat semua keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.
    Semoga David dapat diterima dengan tenang di sisiNya..

  2. piNk says :

    turut berduka cita ya atas meninggalnya David..
    Smoga kluarga nya di berikan ketabahan..
    terlebih kasus David ini bisa segera terungkap kebenarannya..

    *AMIN*

  3. vivi says :

    rest in peace..

  4. dian says :

    Saya mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya David. Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan dan segera terungkap kebenaran dari kasus ini. Amin.

  5. kamal says :

    ooohh… david hartanto itu temen charles… turut berduka cita ya…

  6. star7 says :

    David pasti akan mendapatkan tempat yang layak disana.. untuk keluarga yang ditinggalkan tetap tegar dan tabah, Semoga kasus ini bisa terungkap yang sebenarnya.. R.I.P David!

  7. orang lucu says :

    wah… turut berduka cita walau aku gak kenal…sepertinya kmu sangat mengagumi temanmu itu…gak kebayang yah kalo org yg kita kagumi meninggal…sedihnyaaaa

  8. cute says :

    Gue jg penasaran dg kasus ini,NTU jg seolah2 nutupin kasus ini.Pertanyaan gue buat apa NTU kasih beasiswa utk pelajar terbaik Indonesia kl akhirnya kayak gini?????pesan gue buat pelajar2 terbaik yg ada diseluruh Indonesia jg mau terima beasiswa dari NTU,katanya university terbaik tp…….(jawabannya pasti lo org tau).
    Bisa ngak ya Roy Suryo melacak data2 projek David yg sdh dihapus,dan bisa ngak Tommy Rafael utk menghipnotis si Chan Kap Luk buat cerita kejadian yg sebenarnya?????Selamat jalan David….istirahatlah dg tenang kebenaran pasti akan terungkap,mana ada yg bisa nutupin asap.

  9. Harry Chen says :

    turut berduka, walaupun tidak kenal, saya dukung usaha teman2 david yang begitu sungguh-sungguh untuk mengusut tuntas kasusnya…

    Semoga cepat terselesaikan

  10. yustina santikara says :

    Turut berbela sungkawa kepada keluaraga almarhum david haratanto….
    semoga keluaraga tetapa tabah dan teatap teguh memperjuangakan kebenaran terhadapa kematian david….
    kebenaran sejati tidak akan pernah bisa ditutupi
    semoga David bisa tenang dan diterima Tuhan disisi-nya amien….
    God Always Bless U…

  11. Permakdin Manihuruk says :

    Tempat Abadi Kekal Bahagia bagi David bersama Bapa di Surga.
    Bagi keluarga Semoga tabah dan berserah kepada Tuhan.Semoga usaha dan niat baik teman2 mengungkap kebenaran diberkati TYME.

  12. Andy Huang says :

    Semoga KEBENARAN pada akhirnya bisa ditegakkan sehingga arwah David Hartanto, seorang mahasiswa Indonesia yang cemerlang, bisa beristirahat dengan tenang dan menemukan kedamaian.

    Kepada keluarga David, semoga YMK memberikan Anda semua kekuatan & ketabahan untuk melalui cobaan yang teramat berat ini dan keadilan ditegakkan dalam kasus ini.

    Akhir kata, saya sama sekali tidak percaya akan versi resmi yang disampaikan pihak NTU maupun pemerintah Singapura.

    Semoga Keadilan ada & nyata dalam kehidupan ini!

  13. shelly says :

    semoga arwah david di terima oleh yang kuasa dan semua kebenaran terkuak saya mendukung semua teman2 david yang berusaha menguak kebenaran

    rest in peace

  14. yulia ratna D says :

    semoga diterima di sisi-Nya.AMIN n kebenaran’a cepat terungkap…

  15. rei_ says :

    GW HARAP sMUA kebenaran Bakal TruNgkap…biar Smua tau siapa david sebenarnya…Moga dY d’terima d’sisi-Nya

    amien..
    amien..
    Ya rabbalamin

  16. herman says :

    I don’t know him, but one thing for sure
    i am really touch by his story..
    i am so amazed by his talent and kindness.. since it’s quite rare genius person who can enjoy n keep balance of their life. He also known as a kind person who always share his talent and excellency to his friends. what a wonderful guy..
    unfortunately his dream must stop here, but i do believe there would be another else that will continue and finish his dream..

    Rest in peace..
    i believe your rewards in heaven is much greater in this world

  17. herman says :

    I don’t know him, but one thing for sure
    i am really touched by his story..
    i am so amazed by his talent and kindness.. since it’s quite rare genius person who can enjoy n keep balance of their life. He also known as a kind person who always share his talent and excellency to his friends. what a wonderful guy..
    unfortunately his dream must stop here, but i do believe there would be another else that will continue and finish his dream..

    Rest in peace..
    i believe your reward in heaven is much greater in this world

  18. shary says :

    turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya.
    semoga kebenaran cepat terungkap………
    amiiiiiiinn.

  19. mucie says :

    cie jg ikut berduka cita..
    smoga yg membunuh cpat d adili.
    dan indonesia bs menjadi negara yg lbh maju berkat david………………..

  20. zonk says :

    sebelumnya turut berduka cita atas medninggalnya david….
    aku mw nanya ada yang tw ga,penemuan apa sebenernya yang dibuat david itu??

  21. floortje says :

    Pffffhh… it’s sad :(.
    Jangan menyerah keluarga, teman dan semuanya yang di tanah air Indonesia. Kita relakan David sepahit apapun tetapi jangan relakan David menanggung tuduhan tuduhan yang David tidak pantas terima. David di salah gunakan untuk kepentingan NTU saja dan itu tidak fair. Sakit hati saya membaca ini dan melihat ketidak adilan disana sini. Jangan putus asa, kita harus terus menekan pemerintah Singapore untuk bertindak adil dan mencari masalah ini hingga tuntas. May God with us. Amin

    “David, you may know that all your friends here are with you ”

    groet,
    joy

  22. floortje says :

    Pffffhh… it’s sad :(.
    Jangan menyerah keluarga, teman dan semuanya yang di tanah air Indonesia. Kita relakan David sepahit apapun tetapi jangan relakan David menanggung tuduhan tuduhan yang David tidak pantas terima. David di salah gunakan untuk kepentingan NTU saja dan itu tidak fair. Sakit hati saya membaca ini dan melihat ketidak adilan disana sini. Jangan putus asa, kita harus terus menekan pemerintah Singapore untuk bertindak adil dan mencari masalah ini hingga tuntas. May God with us. Amin

    “David, you may know that all your friends here are with you ”

    groet,
    floortje

Tinggalkan Balasan

