SMS Kutukan

Kemarin malam ada sebuah SMS yang masuk ke inbox handphone saya dengan bunyi seperti ini:

BND MARIA NANGIS AIR MT DRH D PLBHN LEWOLEBA BYK YG NYKSIKN KAJAIBN TU.KRM K 10 TMN KM DPT 10 KAJAIBN BSK. KM ABAIKN KM DPT KSLTN 10 TH.JGN PTS D KM.BNR2 NYT. AMN

Jika SMS itu ditulis kembali dengan bahasa yang lebih manusiawi (baca: tidak disingkat-singkat), bunyinya akan menjadi seperti ini:

Bunda Maria nangis air mata darah di Pelabuhan Lewoleba. Banyak yang menyaksikan keajaiban itu. (Kalau kamu) kirim ke 10 teman, kamu dapat 10 keajaiban besok. (Kalau) kamu abaikan, kamu dapat kesulitan 10 tahun. Jangan putus di kamu. Benar-benar nyata. Amin.

Pernah mendapat SMS seperti di atas? Atau bahkan, SMS yang sama? Saya menyebut SMS seperti itu dengan sebutan SMS kutukan. Ciri-cirinya adalah ada kutukan atau hal buruk yang dikatakan SMS itu akan terjadi seandainya kamu tidak mem-forward SMS itu. Sebagai contoh, dalam SMS kutukan di atas, kutukannya adalah kesulitan 10 tahun.

Buat siapa saja yang pernah membuat atau menyebarkan SMS kutukan seperti di atas, bertobatlah! Saya tidak akan membahas orang yang membuat SMS itu. Biarlah dia menanggung dosanya sendiri. Saat ini saya ingin membahas orang-orang yang menyebarkan SMS kutukan itu.

Wahai kamu yang pernah atau sering menyebarkan SMS kutukan itu, kenapa kamu melakukannya? Mungkin ada di antara kamu yang senang karena merasa akan mendapatkan janji manis dari SMS itu (mendapat 10 keajaiban) dengan hanya mem-forward SMS itu. Tapi, saya yakin, lebih banyak orang yang ketakutan ketika menerima SMS itu, ketakutan akan kutukan yang mereka pikir akan terjadi jika mereka tidak mem-forward SMS itu. Mereka akhirnya mem-forward SMS kutukan itu, dan sukses mengutuk teman-temannya. Ya, kamu tidak salah baca! Dengan mem-forward SMS itu, berarti kamu secara tidak langsung telah mengutuk mereka, teman-temanmu.

Saya tidak akan membahas orang yang senang mem-forward SMS itu, karena mengharapkan janji manisnya. Buat mereka, saya hanya melemparkan sebuah pertanyaan, seberapa sering kamu mendapatkan janji manis itu setelah kamu menunaikan tugas yang diberikan dengan mem-forward SMS kutukan itu? Yang akan saya bahas saat ini adalah untuk mereka yang merasa ketakutan ketika menerima SMS itu, takut akan kutukannya, takut jika kutukan itu benar-benar terjadi. Untuk kamu yang merasa seperti itu, saya akan memberikan dua buah pilihan yang dapat kamu lakukan jika kamu menerima SMS kutukan. Here it goes…

  1. Cuekin DAN tegur pengirimnya! Cuekin!? Bagaimana jika kutukan itu benar-benar terjadi? Jika kamu percaya akan kutukan itu akan terjadi jika kamu tidak forward SMS itu, kamu sama percayanya dengan janji manis yang diberikan SMS itu akan terjadi jika kamu forward SMS itu. Coba kamu pikirkan, seberapa sering janji manis itu terjadi setelah kamu mengirimkan SMS itu ke teman-temanmu? Kutukan itu mungkin tidak terjadi, tetapi yang lebih berbahaya adalah pikiranmu yang menganggap kutukan itu akan terjadi. Akibatnya, segala hal buruk yang kamu alami (yang sebenarnya biasa saja) akan kamu asosiasikan dengan kutukan itu, dan percayalah ini tidak baik. Selain itu, kamu juga perlu tegur pengirimnya agar kamu tidak memperoleh SMS kutukan lagi dari dia, dan supaya dia bisa sadar dan tidak mengutuk teman-temannya lagi, termasuk kamu.
  2. Jika kamu masih tetap bersikeras untuk mem-forward SMS kutukan itu agar kutukan itu tidak terjadi, dan kamu masih percaya akan isi dari SMS kutukan yang tidak jelas kebenarannya itu, kamu bisa memilih pilihan kedua ini. Apakah itu? Kamu bisa mem-forward SMS kutukan itu kepada orang yang mengirimkanmu SMS kutukan itu. Dia yang mengirimkan, dia yang harus bertanggung jawab. Berapa jumlah SMS yang harus kamu kirimkan ke dia? Terserah kamu! Kalau kamu mau mengikuti (baca: dibodohi) SMS kutukan itu dengan mengirimkan SMS itu berpuluh-puluh kali, silakan saja. Kalau saya sih sayang pulsanya, atau kalau bisa SMS gratis sekalipun, saya akan lebih sayang pada waktu saya yang dihabiskan untuk mem-forward SMS kutukan itu. Lagipula, kalau di SMS kutukan itu tertulis “forward ke 1000 orang”, akankah kamu akan forward SMS itu ke 1000 orang?

Kalau saya menerima SMS kutukan itu, saya akan memilih cara yang pertama, dengan cuekin dan tegur pengirimnya, karena itu berarti saya tidak perlu mengutuk orang. Lebih jauh lagi, sebenarnya SMS kutukan ini bisa dikategorikan sebagai tindakan mengancam yang dapat dikenakan sanksi pidana. Masuk penjara hanya karena forward SMS kutukan? Jangan sampai deh…

NB: Semoga saya tidak pernah melihat SMS kutukan masuk ke inbox saya lagi…

NB2: Buat kamu yang punya teman-teman yang hobi mengirimkan SMS kutukan, selamatkanlah dia dengan memberitahu tulisan ini. Jangan biarkan dia terus menerus mengutuk kamu dan teman-temanmu yang lain.

NB3: Saya menuliskan ulang tulisan ini karena tulisan saya yang pertama terhapus oleh WordPress tanpa saya ketahui sebabnya. Yah, rasanya tulisan ini lebih baik dari tulisan sebelumnya. Memang benar, kehilangan sesuatu berarti memberikan kesempatan pada sesuatu yang lebih baik untuk dapat dimiliki oleh kita.

Iklan

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

16 responses to “SMS Kutukan”

  1. Clara Vania says :

    saya juga akan melakukan hal yang sama.. hm, kalo di forward-in berarti kita bakal kirim kutukan ke orang lain donk.. hehehe..

  2. antoniusdilianto says :

    Wah aku sering dapat sms kaya geto. Tapi aku cuekin, ketawa aja dalam hati. Ga masuk akal banget..
    nice last sentence…setuju

  3. luck13y says :

    Justru kl pcy, bakal pengaruh ke pikiran kt..
    kl pikiran kacau, ya idup kt juga jd kacau, sialnya mgkn lebih dr 10 🙂
    Buat gw, keajaiban terbesar cuma 1: Mengenal Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat!!
    bersama Dia, kesulitan apapun akan menjadi sebuah keajaiban..
    & gw slalu mengalami itu.
    baca ini, jd igt wkt heboh sms setan axis, gw malah sengaja pake axis cos lg bnyk bonusnya 🙂
    NB:Bunda Maria dr hongkong?
    yg kutau : rancangan Tuhanku sll indah.GB

  4. luck13y says :

    Justru kl pcy, bakal pengaruh ke pikiran kt..
    kl pikiran kacau, ya idup kt juga jd kacau, sialnya mgkn lebih dr 10 🙂
    Buat gw, keajaiban terbesar cuma 1: Mengenal Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat!!
    bersama Dia, kesulitan apapun akan menjadi sebuah keajaiban..
    & gw slalu mengalami itu.
    baca ini, jd igt wkt heboh sms setan axis, gw malah sengaja pake axis cos lg bnyk bonusnya 🙂
    NB:Bunda Maria dr hongkong?
    yg kutau : rancangan Tuhanku sll indah.GB

  5. iLm@N says :

    iya, pernah juga dapet SMS yang mirip kaya gini (kata2nya bukan bunda maria tentu saja, hehehe :D).. yang lebih sering itu lewat email dan milis juga ya..

    kalo gw sih abis baca langsung gw ketawain aja.. tapi poinnya charles bener juga ya, kenapa orangnya ga diingetin aja..

    tapi untung udah lama ga dapet yang kaya gini, hehe..

    • Charles says :

      iya man, kapan2 klo dapet lagi diingetin aja… Meskipun ga percaya, ga enaknya klo abis dapet SMS itu, kita beneran lagi dapet yang jelek2 (yang tentunya bukan karena SMS itu), tapi pikiran kita terlalu kreatif untuk mengasosiasikannya… (pengalaman pribadi, hehe)

      bagus deh udah lama ga dapet… 😀

  6. nia says :

    ehm,.. bnr jg…
    gk ad gunanya mem’4ward ke org…
    akn ak iktin saran2na..thx. GBU

  7. cw says :

    zmz kayak gtu g sah diladenin,paling jg bohong.org yg ska ngirin zmz kayak gtu itu nmnya orang musrik

  8. cw says :

    sebaiknya zmz gtu g sah dipedulikan,biarin saja jija kalian dpt kesusahan itu mungkin udah kehendak dri yang diatas.Orang yg mengirimkan zmz itu pasti org musrik.

  9. cw says :

    sebaiknya zmz kayak gtu g sah di tanggapin.yg mengirim zmz itu pasti org musrik

  10. abahguru says :

    Kalo di agama anda ada yang begituan, di agama saya (Islam) juga ada. Saya setuju dengan pendapat pemilik blog ini…. cuekin aja SMS begituan karena selain berisi kebohongan, juga merusak keimanan…. Masak SMS bikin untung ato celaka…

  11. tukang minyak says :

    Tul ooom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: