Wisuda Fasilkom UI

Sdri. Dyta Anggraeni, Sarjana Ilmu Komputer, dan Sdr. Charles Christian, Sarjana Ilmu Komputer, mewakili teman-temannya di Fakultas Ilmu Komputer.

Kira-kira begitulah panggilan MC saat memanggil wakil wisudawan/wisudawati Fasilkom untuk menerima penghargaan kelulusan oleh rektor saat wisuda program sarjana kemarin. Perasaan saya sungguh tidak terkatakan, antara senang, grogi, tidak percaya, bangga, terharu. Saat saya masuk ke Fasilkom, saya tidak pernah berpikir bahwa suatu saat saya akan mewakili teman-teman wisudawan dari fakultas saya, Fasilkom, apalagi mendapatkan predikat lulusan dengan IPK tertinggi dari Fasilkom. Namun, saat wisuda kemarin, hal yang tidak pernah saya pikirkan di awal itu terjadi! Saya menjadi wisudawan Fasilkom dengan IPK tertinggi, dan dapat menjadi salah satu kebanggan Fasilkom. Wow! Saya tidak percaya…

Bagaimana mungkin saya berharap hal tersebut? Selama duduk di bangku sekolah, saya tidak pernah mendapatkan juara. Jangankan juara pertama, bahkan sepuluh besar di kelas saja tidak pernah saya dapatkan. Padahal kelas saya rata-rata hanya berisi sekitar 30-an orang. Well, saya bukanlah siswa yang menonjol di sekolah saya, kalau tidak disebut sebagai siswa menengah ke bawah, yang sudah sangat bersyukur ketika mendapatkan nilai 60 untuk ulangan biologi.

Lalu, apa yang menyebabkan saya bisa meraih hal-hal yang besar di Fasilkom? Saya pun sempat merenungkannya, dan saya mendapatkan beberapa jawaban yang sangat mempengaruhi kesuksesan saya selama kuliah di Fasilkom.

  1. Mencintai apa yang saya pelajari. Saya akui, saya tidak suka biologi, dan itu sangat berpengaruh pada nilai-nilai biologi saya. Saya suka matematika, dan itu pun mempengaruhi nilai matematika saya. Inilah pentingnya memilih jurusan yang tepat untuk kuliah. Jangan memilih sesuatu yang tidak disukai, apalagi yang dipaksakan orang lain. Saya bersyukur saya bisa memilih jurusan yang tepat, yang sesuai dengan minat saya, yang saya sukai.
  2. Tekun. Ini adalah kata yang sering didengung-dengungkan tetapi sulit untuk dilaksanakan. Orang bisa tidak selalu karena kejeniusannya, tetapi karena ketekunannya di dalam mengerjakan hal tersebut. Ingat, bisa karena biasa. Jangan menyerah, terus mencoba dan berlatih, miliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan kerjakanlah dengan tekun.
  3. Melakukan yang terbaik dan serahkan pada Tuhan. Kadang-kadang, saya merasa saya tidak dapat lagi melakukan apa-apa yang baik. Tapi, meskipun begitu, saya tetap berusaha untuk melakukan yang terbaik semampu saya. Saya tidak pernah mengosongkan jawaban pada sebuah ujian. Meskipun tidak bisa, saya tidak menyerah dan tetap mengisinya sebaik yang saya bisa, yang meskipun jawabannya, well, salah total. Setelah melakukan yang terbaik, serahkan semuanya pada Tuhan. Manusia dapat berencana, tetapi tetap Tuhan yang menentukan. Yakinlah Tuhan memiliki rencana yang indah di balik setiap perkara yang kita temui.

Oke, terakhir saya ingin mengucapkan terima kasih kepada beberapa orang yang turut berjasa membentuk saya selama saya kuliah di Fasilkom UI.

  1. Tuhan Yesus. Just everything… Nothing less.
  2. Kedua orang tua saya, untuk semua biaya yang telah dikeluarkan, support secara materiil maupun moril, serta perhatian yang tiada hentinya.
  3. Dosen-dosen Fasilkom UI, untuk Pak Ruli, Pak Ari, Bu Bela, Pak Stef, Bu Ika, Bu Dina, Bu Dewi, Bu Aminah, Pak Yugo, Pak Nizar, Pak Ade, Pak Ibam, Pak Petrus, Pak Heru, Pak Indra, Pak Rifki, Bu Mirna, Pak Chan, Pak Didit, dan semua dosen lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
  4. Kuncung, teman-teman angkatan 2005. Kita harus tetap kompak.
  5. Teman-teman PO Fasilkom UI, termasuk empat AKK saya, Ias, Reynard, Obet, dan Budi.
  6. Teman-teman Fasilkom lainnya beserta alumni.
  7. Para janitor (Pak Wiryo, Pak Acep, Pak Komar, dkk.), staf sekretariat, staf perpustakaan, staf keuangan, satpam, dan seluruh staf Fasilkom UI yang lain.
  8. Teman-teman lain yang saya kenal, yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.

Terima kasih semuanya. Tanpa kalian, saya tidak akan bisa menjadi saya yang ada saat ini. Semoga saya bisa memanfaatkan ilmu yang telah saya peroleh ini untuk kemajuan bangsa Indonesia. Amin. Selamat berjuang untuk kita semua! Terus berusaha sampai garis akhir. 😀

~Uda kaya kata pengantar skripsi aja, haha…

Tag:, , , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

13 responses to “Wisuda Fasilkom UI”

  1. RedZz says :

    kyaaa.. Cha2 LuLusss~
    *tepok tangan.. gunting pita..*

    *nunggu makan2~*

    wakakakakak~

    seLamat ya Chaaa ^^-

  2. Ahiun says :

    Uit charles,he2x ucapan langsung sudh dlakukan,ucapan via telepon sudah kulakukan,ucapan via sms sudh kulakukan jg,nah sekarang ucapan via dunia maya ha3x selamat y char..^^, wa yakin charles bs memutuskan pergumulan k dpn dngn baik:) Tq yo buat wkt kmren;p semangat char..

  3. iLm@N says :

    3 langkah simpel, tapi itulah kunci kesuksesan yang orang2 sering nggak tahu.. makasih buat sharingnya ya char..

    ini salah satu quotes kesukaan gw

    And the only way to be truly satisfied, is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. (Steve Jobs, Apple CEO)

  4. Charles says :

    @RedZz, Ahiun, iLm@N:

    thanks yah… 😀

  5. ima says :

    Wah…….. Charles hebat buanget….,… Semoga sukses melangkah dalam dunia kerja jg ya………….!
    Semoga ide2’y bisa tambah banyak n bermanfaat
    thanks ya!

  6. antoniusdilianto says :

    Hmmm…abis baca tulisan charles, aku jadi menyesal dengan masa laluku… 🙂
    Thx ya, tulisan en pengalamanmu memberkati aku.

    • Charles says :

      @antoniusdilianto:

      Jangan terlalu lama menyesal, yah… Masih banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Anggaplah masa lalu itu jadi ujian untuk membuat kamu bisa melompat lebih tinggi lagi di masa depan.

      Thx, have a great life… 😀

  7. Oz says :

    Berjuang buat Basdat II….

  8. Renova says :

    peace
    n
    love 4 u
    🙂
    gbu

  9. RIRI SATRIA says :

    Congratulation Charles … i saw you yesterday!

Trackbacks / Pingbacks

  1. Refleksi 2009 « Charles' Notes… - 31 Desember 2009

Tinggalkan Balasan

