Trik Sulap Matematika: Menebak Angka

Lagi pengen bagi-bagi trik sulap… Sebenarnya sih bukan sulap juga, tapi trik matematika biasa, tapi ternyata masih banyak yang belum tahu, hehe…

Jalan Permainan

Pertama, minta seseorang memilih bilangan empat angka (misal: 8552). Lalu, minta dia mengurangi bilangan tersebut dengan angka-angka penyusunnya (contoh: 8552 – 8 – 5 – 5 – 2 = 8532). Selanjutnya, dari hasil yang diperoleh (8532), mintalah dia untuk menyembunyikan sebuah angka dan menyebutkan angka sisanya. Lalu buatlah dia terkejut dengan menyebutkan angka yang dia sembunyikan dengan cepat. (contoh: dia menyembunyikan angka 5 dari 8532, lalu menyebutkan tiga angka sisanya: 8, 3, dan 2. Lalu Anda dengan cepat berkata, “Angkanya 5 kan….”).

Trik

Bagaimana? Apakah Anda cukup terkejut dengan “sulap” di atas? Triknya ternyata mudah saja… Bagaimana? Jumlahkanlah angka yang diberikan (8 + 3 + 2 = 13), lalu cari bilangan kelipatan sembilan yang terdekat dengan angka tersebut tetapi lebih besar atau sama dengan angka itu (dalam hal ini bilangan kelipatan 9 yang terdekat dan lebih besar atau sama dengan 13 adalah 18). Lalu, kurangkan 18 dengan 13 dan Anda akan mendapatkan jawabannya: LIMA!

Sebagai catatan, Anda akan mengalami sedikit kesulitan jika jumlah dari tiga angka yang diberikan adalah kelipatan 9. Jika itu terjadi, maka angka yang disembunyikan ada di antara 2 kemungkinan, 0 atau 9. Anda dapat mengakalinya dengan bertanya, “Angkanya besar kan…?”. Kalau responnya negatif, berarti angkanya 0 dan kalau responnya positif, berarti angkanya 9. Ini hanya salah satu cara, Anda bisa berkreasi dengan cara lain… 😉

Penjelasan

Nah, apakah Anda penasaran mengapa trik di atas bisa berjalan? Saya akan menjelaskannya. Pertama, yang harus Anda ketahui adalah ciri-ciri dari sebuah bilangan yang habis dibagi 9 adalah jumlah angka-angka penyusunnya habis dibagi 9 juga. Tidak percaya? Coba saja: 81 habis dibagi 9, maka 8 + 1 = 9 habis dibagi 9 juga. 87651 habis dibagi 9 karena 8 + 7 + 6 + 5 + 1 = 27 habis dibagi 9. 8421 tidak habis dibagi 9 karena 8 + 4 + 2 + 1 = 15 tidak habis dibagi 9.

Sekarang Anda sudah tahu ciri dari bilangan yang habis dibagi 9. Kita kembali pada permainan di atas. Misalkan bilangan yang dipilih adalah “abcd”. Bilangan ini bisa dituliskan menjadi 1000a + 100b + 10c + d. Lalu, mengurangkan bilangan tersebut dengan angka-angka penyusunnya berarti (1000a + 100b + 10c + d) – a – b – c – d = 999a + 99b + 9c = 9(111a + 11b + c). Artinya, hasilnya pastilah sebuah bilangan yang habis dibagi 9, maka jumlah angka-angka penyusun dari hasilnya pun habis dibagi 9.

Q . E . D

Catatan: modifikasi dari sulap ini dapat dilihat di
Trik Sulap Angka: Menebak Angka (modifikasi).

Tag:, , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

212 responses to “Trik Sulap Matematika: Menebak Angka”

  1. arif says :

    ternyata……

  2. azier vareza says :

    mlah gag ngerti

  3. kakangsung says :

    ada yg lain blm bos?

  4. Derry says :

    Aq tetep gk iso man…..,……….

  5. fadriyan says :

    lumayan buat nambah wawasan,
    thank’s

  6. -pacung says :

    pake bahasa yang lebih mudah di mengerti donk

  7. supriy sang magic street says :

    payah gue dah tau mending jangan di sebar

  8. ipay says :

    Hmm..rumit,sulit di mengerti..
    yg agak gampangan dah,kaya nebak tahun lahir,tanggal lahir dsb..
    oya kalo metode handsit bisa gak,ajarin dunk..

  9. Yadis says :

    Wah benr2 rumus yang jmpolan.. Sangat bagus.. Karna sangat sulit rahasia terbongkar juga fantastis, sebab menulis angkanya semaunya d sumuskan dari penyusunnya. Ok.. Thnk..

  10. wandi says :

    Wah mantap bngt tu sulapnya. Q uda coba ke tmn2q n mrka pada heran smua. Oyah btw, ada sulap yg lebih extrim lg gak?

  11. Raisa Caca says :

    Gak keren sulapnya!
    rumit pulak itu!!
    halah halah

  12. akbar says :

    whahahwhahwahwha . . .
    thnx ya bo,,, dah d’ksih tw trik na . . .

  13. Axel says :

    Hmmm… kata – katanya sulit dimengerti.Lain kali pake yang bisa dimengerti orang yah.Saya nga marah 🙂

  14. galank format says :

    bagus banget tapi susuh di mengerti *****

    -censored

  15. Prikitiew... says :

    Bgus.. tapi buat cntoh prmainan lbih simple agr mdah dimngrti..
    Good Job.

  16. Andy Kurniawan says :

    wow…!!!
    its awsome..!!
    Thx 4 the instruction…

  17. gino says :

    wow tunjukin trik sulap lainya doung

  18. kakang sung says :

    mampir k tempat saya dong,ada tebak nmr hp dgn matematika.

  19. jacky aditya says :

    gitu aja kok susah….jacky aditya pesulap asal bojonegoro-sugihwaras

  20. ADHY says :

    waduh…gak ad yang langsung “ting” langsung tebak trs bener….

    hehe “^.^”

  21. cuuppp.... says :

    trik yg biaaaasssssa….

  22. Sabirin says :

    aq dah tau trik ne dari smp…….! tambah yang laen donk. tankh.

  23. Titan says :

    Hmmmm…. Saya tertarik dengan sulap matematika ini. Saya juga punya trik sulap matematika. Mau tau?? Kirim email ke saya.

  24. nesa iera moiselle says :

    nggak ngerti..,
    gimana sich..,

  25. fahmi says :

    sulapx sudah bagus tapi kurang banyak tolong di perbanyak sekarang oke tailaso!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  26. pria anisa says :

    bagus banget

  27. salsa says :

    gw udh tau lg trik sulap ini

  28. riki ramone says :

    trik kya gini ade w jg tau,,,, yg laen & agak ajaib dikit…

  29. aan says :

    bisa lbih bagus lagi ok

  30. nheaaaa says :

    humm,,,hummm,,,

    gillaaa,,,krreeenn bgtzz

  31. Yuki yulyadin says :

    bagus eum.krennnnnnnnnnnnnnn

  32. bintixx says :

    pussing om

  33. fina says :

    boleh juga…
    lain kali sulapnya lebih banyak lagi ya ….
    saya punya banyak…

  34. rifqi zaidan says :

    oke deh gampang

  35. Sancha Angel Haiden says :

    Hebattt … !!! setelah mempelajari trik sulap ini , aku yang tadinya benci akan matematika jadi ngefenss banget sama matematika . Wuhhh hebattt!!!

  36. ilham says :

    wuaaaah…keren….thanks ya…!!!

  37. christfoery says :

    buruknyoooooooooooo kalau cek itu ambo bisa

  38. nanda says :

    dia gak bales kalien semua kan dia kan orang inggris maka -nya gak tau

  39. asyrofi says :

    goooddddddd….it’s amazing

  40. CoOL AnD CuTE says :

    ADUuH…MAsIh gAk NGertI NeEHh….UDah AkU cOBA-CoBA TEteP Aja GAk BisA…JeLAsiNNya KYAknya Aku KURang NGeRti Dech…HehHE SoRry…MksDnyA GmanA SEEhhH…?? Aku nAnYA yaa…ToLOng Di jAwaB okaY….???

  41. jon says :

    wooooooww…mau yang lbih 4neh ….gampang

  42. usep says :

    idih sulap gampang gitu

  43. Tips Trik says :

    keren mas triknya..
    mau bagi-bagi trik buat yang belum tahu trik sulap deddy corbuzier pada ramalan piala dunia 2010 silahkan liat..
    http://zone-tips-trik.blogspot.com/2010/07/rahasia-sulap-ramalan-deddy-corbuzier.html

  44. afril says :

    wah

    hampir berhasil

  45. afril says :

    wah

    hampir berhasil oy. . . . . .!

  46. Witchen.h says :

    Wow bgs untuk tambah wawasan ne m’ksh ada yg lain gak?
    Email saya ya

  47. shanty says :

    keren buanget coy… tambah cinta ma matematika nich…!!!

  48. rahmadi says :

    akk G’k ngerti sma sekali ,,, ??

    akk binggung apa itu angka-angka penyusunnya ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: