MLM Tianshi in my opinion… (Part 4 – End)

Iya… Ini bagian yang terakhir! Janji deh… hehehe. Oke, pada postingan kali ini saya hanya ingin berbagi saja mengenai beberapa hal (tepatnya sih 2 hal) tentang MLM Tianshi ini…

Yang pertama, saya merasakan hubungan saya dengan beberapa teman saya yang ikutan MLM dan masih aktif di dalamnya itu menjadi berubah. Perubahan menjadi lebih buruk (atau setidaknya tidak sama lagi seperti yang dulu)… Lebih buruk yang saya maksud di sini bukan artinya saya jadi suka berantem dengan mereka. Tapi, saya secara subjektif merasakan kalau hubungan pertemanan saya dengan mereka telah mereka reduksi menjadi hubungan teman bisnis. Mereka mencari saat-saat yang tepat untuk bertemu dengan saya, beberapa dengan kedok pertemuan teman lama, yang berakhir dengan presentasi MLM ini… Oh tidak! Mereka bisa jadi baik banget loh pas menawarkan MLM ini, dan ketika saya menolaknya, saya merasakan hubungan saya dengan mereka jadi merenggang… Seolah mereka hanya membina hubungan yang baik dengan orang yang ikut bisnis ini saja.

Hal lainnya, biasanya orang yang serius menekuni bisnis ini akan menjadi orang yang super sibuk… Presentasi sana-sini, ikut seminar sana-sini, dll, dll, dll… Yah, saya juga sedikit banyak berasa waktu komunikasi saya dengan teman saya yang ikut bisnis ini menjadi berkurang, karena kesibukan mereka ini. Yah, yang namanya menjalankan bisnis pastinya akan bertambah sibuk sih…

Terakhir, mau bahas sedikit tentang produk Tianshi (saya menyebutnya produk… Bukan obat/suplemen). Saya cukup kaget melihat banyak keluhan dan surat pembaca yang dirugikan oleh produk Tianshi ini, bahkan sampai ada yang menjadi koma bahkan meninggal… Sebenarnya salahnya di mana ya? Saya sendiri berpikir salahnya bukan pada produknya, tapi karena perilaku distributor yang sembarang merekomendasikan produk tersebut sebagai jawaban dari berbagai sakit-penyakit yang mereka sendiri belum mendiagnosisnya atau menanyakannya pada dokter.

Celakanya, tidak banyak (kalau tidak bisa dikatakan tidak ada) distributor atau pengikut MLM yang diberitahu saat presentasi awal, kalau dalam merekomendasikan dan menjual produk, mereka harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter… Banyak dari mereka yang hanya mengandalkan pengalaman. Contoh: “Wah, dulu si A sakit perut minum ini sembuh… Sekarang si B sakit perut, harus minum ini juga nih…”. Padahal, siapa yang tahu kalau sakit perut si A sama dengan sakit perut si B? Itu kan harus diperiksa dokter dulu…

Celakanya lagi, tidak banyak (kalau tidak bisa dikatakan tidak ada) distributor atau pengikut MLM yang diberitahu efek samping dari salah merekomendasikan produk ini… Mereka tahunya hanya produk ini adalah suplemen yang aman untuk dikonsumsi, dan mereka tidak tahu komplikasi yang mungkin terjadi jika produk tersebut dikonsumsi oleh orang berpenyakit tertentu. Mereka hanya mendengar kesaksian bagaimana produk itu sukses menyembuhkan orang. Tidak pernah di seminar atau presentasi, mereka diberikan kesaksian bagaimana produk itu sukses membuat orang koma bahkan kehilangan nyawa… Sekali lagi, karena ketidakjujuran!

So… pesan saya untuk para distributor produk Tianshi… Konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum merekomendasikan sebuah produk. πŸ˜€

OK…. Inilah akhir dari pembahasan tentang pendapat saya mengenai MLM Tianshi ini. Semoga pembahasan yang dibagi dalam 4 bagian ini dapat bermanfaat bagi Anda. Mohon maaf jika ada yang tersinggung karena kata-kata yang saya gunakan…

Hidup ini adalah pilihan… Ikut atau tidak di dalam MLM ini juga adalah pilihan. Saya pribadi memegang prinsip untuk tidak ikut di dalam bisnis MLM ini. Prinsip yang saya pertanggungjawabkan dengan 4 part postingan saya mengenai MLM (khususnya part 2 dan 3). Apakah Anda akan ikut di dalam bisnis MLM ini? Cobalah untuk objektif, gunakan hati nurani, berdoa, dan pilihlah…

Tag:, , , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

54 responses to “MLM Tianshi in my opinion… (Part 4 – End)”

  1. Andra says :

    pertamax!

  2. Andra says :

    Yep.

    Berjualan obat sangat berbeda dengan berjualan handphone. Tidak hanya butuh pengalaman, tapi memang dituntut untuk menguasai ilmu kedokteran dan kebatinan πŸ˜€

    Masalahnya, tidak semua distributor mengatakan “Jika sakit berlanjut, hubungi dokter.” malahan “Jika sakit berlanjut, coba obat yang lain.”

  3. Andra says :

    Well done Mr.Charles.

    Saya menunggu Serial selanjutnya.

  4. bravo9682 says :

    bung silahkan main ke blog saya di http://bravo9682.wordpress.com
    ada artikel mengenai bisnis MLM, terutama Tianshi.

  5. iwan says :

    Hore season 1 kelar ^^
    Ditunggu season 2-nya?
    Mungkin bisa flash back dan menceritakan pengalaman detil sewaktu diwawancara atau ikut seminarnya?
    Lebih menarik dalam bentuk wawancara kayanya?

    Season 3: Detil objektif pengalaman teman dan lingkungan sekitar akibat efek MLM
    Season 4: MLM Todays, fakta dan data akurat ttg MLM

    Wah jadi bikin buku ^^

  6. anthonysteven says :

    Nice charles, very nice πŸ˜€

    MLM adalah fenomena sosial yang menjual mimpi sebagai komoditi utamanya. Bisnis yang sangat tidak sehat, kita sebagai blogger harus membantu menyadarkan masyarakat πŸ™‚

  7. alex says :

    walah walah, gw baru tahu kalo ada yang meninggal. kacau banget tuh tiens.

    bang Napi : Waspadalah, waspadalah!

  8. farid says :

    Hebat ya bung charles artikelnya.. bener… congratrzz
    Untuk seorang yang belum pernah masuk tianshi, info anda tentang tianshi jauh lebih banyak dari saya yang udah jd member tuh…
    Anda benar-benar seorang pengamat yang sangat baik….hehe
    Tapi untuk segala hal selalu ada 2 sisi mata uang… banyak orang yang mengungkap info, yang mereka anggap fakta tentang tianshi padahal belum pernah nyoba ngejalanin secara benar.. padahal fakta-fakta anda gak bakal ngubah hidup kami tuh.. kecuali anda mau ngasih saya uang yg banyak, dan pengembangan diri sebagai kompensasi yang saya peroleh dari tianshi. hehehe.

    banyak juga orang yang bilang ke gw ” mimpi lo!!” , ” jangan mimpi tinggi-tinggi!!” tapi kebanyakan dari mereka yang ngomong gitu , mungkin anda jg, hidupnya juga biasa-biasa aja.. dari dulu gitu-gitu aja.

    kalo dipikir-pikir, gw emang lagi mimpi.. gw cuman pengen ngebahagiain orang tua gw doang kok.
    Kalaupun gw gagal, at least I can look back and say that I’ve tried my best mom. And i will use this as an experience for my life…

    setidaknya saya gak hanya berada di pinggiran doang dan mengamati ini gagal, itu gagal.. Tapi saya udah berani nyoba dan kalo saya gagal saya anggap itu semua kesalahan saya dan enggak nyalahin orang lain seperti pengamat pada umumnya

    hanks

  9. farid says :

    lupa t

    thanks maksudnya

  10. bondan says :

    ORANG GAGAL berhenti terlalu cepat sedangkan,
    ORANG SUKSES bertahan lebih lama.

    kemungkinan anda orang yang gagal dibisnis ini,sehingga anda berfikir negatif terhadap bisnis ini.
    toh nyatanya banyak diluar sana, mereka yg sudah bergabung dan sukses, karena mereka semua mau kerja keras untuk menggapai impian mereka.

    kesimpulan saya sudah dipastikan anda adalah orang yang kalah sebelum berjuang. mudah2ah anda sadar dan kami siap menerima anda untuk bergabung kembali bersama kami untuk kehidupan yg lebih baik dikemudian hari.

    wassallamualaikum.wr.wb

  11. anthonysteven says :

    @farid & bondan

    > 99.9% orang ikut bisnis ini gagal.

    < 0.1% keberhasilan orang yang berhasil, mayoritas didapatkan dari kegagalan yang 99.9%

    Jadi apakah bisnis ini worthed? you decide…..

    • Tom Riddle says :

      bner bgt!!!
      uang dari orang yang gagal di ambil untuk yg sukses
      TOTALLY S*IT!!
      THOSE A*SH*LE DONT KNOW HOW WORTH MONEY IS…
      they think its easy to make money? that’s why they’re fool..

      -censored

  12. Refly Hadiwijaya says :

    @farid, bondan
    Get Real..!!! Wake Up….!!!

  13. ida says :

    kenapa melulu tianshi apa gak ada MLM lainnya selain tianshi yg terus dijelek jelekin, apa anda gak tahu MLM lain yang juga banyak berkembang pada saat ini.
    tapi biarlah yang besar itu emang udah biasa klo dijelek-jelekin
    jangan hanya bisa coment tapi bisa nggak anda juga seperti mereka2 yang udah pada sukses di bisnis MLM.

  14. Mr. Tiansie... says :

    Hiduuup tianshi……….
    hidup mlm………………………..
    merdeka !! (ada yg gokiel nee… :)) )

  15. bang gim says :

    Salam Cinta
    Gw mau berbagi tentang teman gw yang sudah kaya dari tianshi. Suatu hari gw sms dia dengan menyatakan :” Eh broer, boleh enggak gw pinjem duit ke elo sebesar Rp.650.000,- hari ini ? Soalnya gw perlu buat tambahan biaya pendaftaran ulang sekolah anak gw.Tolong ya !Nanti bulan depan gw kembaliin.”
    Mau tahu jawabannya ? Gak dijawab sama sekali !!!
    Gw cuma bisa elus dada dan positif thinking kali dia lagi gak di Indonesia. Prospek ke luar negeri, walaupun di hp gw tertulis terkirim.
    Nah buat temen-temen yang udah sukses di tianshi jangan lupa ya sama kita-kita orang. Toh kalo elo mati tuh duit gak bakal di bawa.
    Terima kasih
    Tetap semangat
    Bang gim

  16. weirdofreak says :

    mungkin dia sebenernya gk suskses, cuman dikeliatanin supaya sukses, dan banyak org terjaring

  17. karl marx says :

    MLM ini lebih tepatnya disebut DRAKULA si iblis penghisap darah… setiap korban harus mencari korban lain untuk keberlangsungan hidupnya..

  18. Tianshi Watch says :

    Terima kasih atas tulisannya… bukti bahwa Anda belum ter-brainwash oleh tianshi…

  19. Pringpetung says :

    Gw salut bgt deh sm fanatisme tianshitter,gile beneer…Org tianshi emang gitu,kalo pdkt mo prospek memainkan ego dan harga diri orla,dielus2 trus dinaikkan,kalo diberi pertanyaan gak bs jawab trus pake negatif psikologi,defensif bgt,khas tianshi
    Speechless gw…Muak bgt ma tianshi
    ps. Prnah join tianshi bintang 5,udah tobat gak mau hdp diatas penderitaan downline
    Skrg gw udah lmyn,pegang cc platinum,py anakbuah 1000,hdp damai tanpa ada yg benci

  20. Vanquish says :

    Assalamu’alaikum wr wb

    sebenernya saya bingung…. saya banyak melihat banyak orang yang menjelek-jelekkan tianshi. kenapa harus sampai seperti itu?

    kenapa harus tianshi? kenapa bukan MLM lain? kalau memang ada beberapa distributor tianshi yang berbuat salah, itu tidak bisa dijadikan alasan untuk anda men-judge bahwa tianshi itu jahat/jelek.

    sekarang ibaratnya seperti ini… jika kita menilik tragedi bom bali, tragedi sampit, bahkan tragedi timor-timur.

    saat berita” tersebut tersiarkan, banyak orang asing diluaran sana menilai orang indonesia itu adalah orang-orang yang brutal, tanpa perikemanusiaan, dll. apakah kita sebagai warga indonesia yang tidak berpartisipasi dalam “kekacauan” tersebut mau di nilai secara pukul rata seperti itu? tentu tidak kan?

    kesalahan dan ketidaksuksesan seorang distributor MLM manapun kebanyakan berasal dari kurangnya informasi, konsultasi, dan tidak mengikuti sistem kerja yang dianjurkan.

    Manusia punya jalan hidup dan rezekinya melalui cara yang berbeda-beda. dan saya yakin bahwa Tuhan tidak akan pernah tidur.

    sekian dari saya…

    mohon maaf jika kata-kata saya ada yang menyinggung perasaan saudara-saudara pembaca komentar saya.

    Wassalamu’alaikum wr wb

  21. able says :

    thx bgt mas infonya…
    aq udah sebulan join *3,, 5 org udh positif join n 3 org udh join *1 dlu.. tp berkat artikelnya mas n artikel2 dr tianshi watch..
    aq udh mutusin untuk keluar dr tianshi..
    mending kehilangan 2jt,, drpd dapet dosa gr2 bo’ongin org..

    viva tianshi watch!!

  22. roky says :

    Ass vanquish..

    untung aja aku gag jd ikut tiens berkat artikel dr tianshi watch..
    emang bener tuhan yg menentukan rezeki umatnya,, tapi Dia juga tahu mana yang halal n yang haram..

    wass

  23. WAHYU PRIAGUNG says :

    semua MLM emang sucks, jaringan yang berbentuk piramida nggak akan bikin orang sukses bareng2…

  24. Nas says :

    Saya bingung lihat kalian berdebat dan berdiskusi tentang MLM terutama Tianshi, tidak ada yang bernada positif. Apa kalian tidak cape dan tidak merasa rugi dengan membicarakan pihak lain yang jelas-jelas mereka lebih mempunyai impian yang jelas demi kesuksesan hidupnya. Orang-orang yang selalu menjelek-jelekkan hanyalah orang yang tidak punya impian yang jelas dalam hidupnya, ibarat zombie hidup nggak punya tujuan tapi dibilang mati juga nggak karena masih bernafas. Cobalah cari sumber yang berbicara positif tentang bisnis MLM agar ada perbandingan dan pertimbangan. Tidak bisa memutuskan sesuatu pilihan bila tidak ada bandingannya.
    Silahkan Anda baca ini dulu… http://dokternasir.web.id/berpikir-negatif-tidak-menguntungkan/
    Terlalu naif jika selalu berpikir negatif, Allah sudah mengajarkan kepada manusia melalui Nabi-Nya agar kita selalu berpikir positif terhadap segala sesuatu, jika selalu berprasangka buruk tanpa mau melihat kebenaran, yang sudah ada di hadapan, atau bahkan bersikap masa bodoh, apakah itu tidak termasuk orang yang sombong, sementara sifat takabur adalah sifat yang sangat dibenci Allah, bahkan iblis pun diusir dari hadapan-Nya. Kita makhluq sempurna yang diberi akal pikiran dan hati untuk senantiasa melihat kebenaran atau fakta sebelum berbicara dan bertindak.
    Sehubungan dengan segala artikel Anda yang menjelek-jelekkan Tianshi atau MLM sejenis, saya hanya ingin mengajak Anda duduk bersama, berpikir jernih, dan berbicara dari hati ke hati, apa permasalahannya dengan bisnis tersebut. Adanya pertemuan dan diskusi yang hangat antara anggota MLM hanyalah semata-mata keinginan mereka untuk selalu hidup di antara orang-orang yang berpikir positif, berpikir untuk maju dan sukses baik dunia dan akhirat. Jika ada yang bilang bahwa ngomong negatif sama orang MLM seperti ngomong sama tembok adalah wajar karena mereka tidak mau terpengaruh lagi dengan orang-orang negatif yang selalu berpikir gagal dan mempengaruhi orang lain untuk ikut gagal bersamanya. Lucu sekali dan mungkin lebih parah daripada sifat syetan, karena kalo syetan menggoda kita tinggal ta’awudz dan syetan pun lari, tapi kalo manusia yang selalu mempengaruhi orang lain untuk ikut gagal, dibacain ayat kursi berkali-kali pun tidak akan kabur apalagi sadar, kecuali Allah memberikan hidayah padanya. Kalo begitu kerasnya orang negatif, apa itu juga tidak sama dengan ngomong sama tembok?
    Lebih baik ngaca dulu dan introspeksi sebelum mempengaruhi orang lain, apakah yang Anda lakukan dengan menjelek-jelekkan pihak lain yang punya impian ingin sukses adalah benar, jika hanya untuk menaikkan rating/ranking page blog Anda, Anda keliru besar, karena orang sukses tidak akan terpengaruh oleh Anda.
    Buat Anda yang setuju bahwa pemilik blog ini orang gagal, jangan pernah kunjungi lagi blog ini dan perlu didelete saja dari dunia internet, cuma jadi sampah… Wallahu A’lam

  25. Charles says :

    @Nas:

    Lebih baik ngaca dulu dan introspeksi sebelum mempengaruhi orang lain, apakah yang Anda lakukan dengan menjelek-jelekkan pihak lain yang punya impian ingin sukses adalah benar, jika hanya untuk menaikkan rating/ranking page blog Anda, Anda keliru besar, karena orang sukses tidak akan terpengaruh oleh Anda.
    Buat Anda yang setuju bahwa pemilik blog ini orang gagal, jangan pernah kunjungi lagi blog ini dan perlu didelete saja dari dunia internet, cuma jadi sampah… Wallahu A’lam

    Loh mas… katanya berpikir negatif tidak menguntungkan… kok mas berpikir negatif tentang saya? πŸ˜‰

    • Nasir says :

      justru itu untuk meluruskan… mari kita diskusi lebih dalam dan menyeluruh agar tidak ada yang salah faham dan menyebarkan informasi salah dan negatif… agar tidak perlu berpikir negatif…

    • Tom Riddle says :

      ga usah di pikirin lha c nasir mha anak kcil gtw apa”. beli nge-dot ja lo

  26. farizkurniawan says :

    wah, tulisan yang panjang, jika tidak keberatan main2 di

    http://kaskus.us/showthread.php?t=865698&page=2094

    salam hangat, Tianshi Watch Team…

  27. Shun says :

    Mau ngeshare dikit tentang bisnis ini…

    http://blog.shun-setiyabudi.co.cc/ada-apa-dengan-mlm/

    Mohon komentar dr para mlm-er untuk lebih mencerahkan saya

  28. Michael says :

    Duh2 Commentnya sok tau juga nie…

    Mangnya u dah pernah liat bukti apa?

    Blom Pernah ngerasain ikut MLM tau apa?

    Cuma bisa ngomong gitu doank?

    Gak ikut MLM ok, tpi gak usa sok tau dhe, benci g..

    U sendiri gak ikut MLM gak usah jatuh2in dhe..

    CUma tau luarnya doank sok tau dalemnya..

  29. luck13y says :

    Kapan2 gw buat rumus matematika bisnis mlm..
    – knp pendiri mlm bs tetep kaya, biar ngasih bonus se-abrek2(bnyk) sm anggotanya(yg sukses tentunya)??
    dengan asumsi, semua sukses..
    – apa yg terjadi ketika ada yg naik level?
    sebelumnya: salam kenal dulu!!
    nah tar baru bs kasih kesimpulan:
    mau ikut bisnis mlm? keluar?
    ato, mau bikin mlm sndr?
    gampang kok, tinggal pake deret aritmatika, geometri n sedikit limit fungsi πŸ™‚
    tgu aj yah!!
    GBU

    • Tom Riddle says :

      Heh emg u pernah ke rumah ny liad sndr harta kekayaan nya atw liad foto rumah nya…
      u cman tw dr upline u kan? upline u ja mgkn cman dngr cerita aja

  30. dimas udin says :

    Menarik juga share soal MLM dan fenomenalnya..tentu memberikan pencerahan pada semua orang tentang dunia bisnis dan niaga. Ada dua cara perusahaan dalam sistim distribusi produk-produk mereka, yaitu dengan konvensional dan networking. Dalam sistem konvensional, mereka promosikan produk dengan mediasi iklan (cetak maupun elektronik), jasa salesman dan SPG yang tentunya cantik dan sexy…hehe serta butuh biaya yang tidak sedikit untuk agar produk itu sampai di masyarakat / konsumen. Sedangkan jalur networking menggunakan jasa distributor langsung sebagai media untuk distribusi produk. Artinya, beaya yang seharusnya untuk bayar iklan, sewa SPG, atau jadi sponsor sebuah event di sana sini dan lain sebagainya bisa diberikan langsung kepada para distributornya sebagai komisi dari omset penjualan produk. Dan yang perlu diketahui adalah kalo sistem Networking dikenal dengan jasa referensi atau juga bisa disebut royalti.
    Dalam dunia Networking juga disedikan fasilitas pelatihan bisnis dan pengembangan kepribadian, termasuk di dalamnya adalah leadership.
    Soal reward yang sudah disiapkan perusahaan Networking akan diperoleh sesuai prestasi kerja di perusahaan networking dikembalikan kepada masing-masing pribadi, sejauh mana prestasi kerja kita kepada perusahaan. Tentunya ini juga terjadi di perusahaan konvensional
    Sebagai kesimpulan, semua memiliki kelebihan dan kekurangan, namun lebih akan lebih arif bila memandang sebuah mesalah dengan pemikiran positif.
    Tidak semua pengusaha sukses, dan tidak pula semua distributor networking gagal.
    Salam sukses, terus maju dan berkarya untuk tanah air, juga ukir prestasi emas untuk menjadi orang yang dibanggakan dalam keluarga kita.

    weblog : http://www.melilea-bantul.blogspot.com

  31. 18 says :

    Cuma ingin menyegarkan suasana
    Kenapa bermain musik dr hati dan bermain untuk orang lain n diri sendiri sangat indah…

    Nikmati kejujuran n keindahan musik, apapun genreny…

    Q lebih suka seperti ini. Coba deh main musik, alhamdulillah q diberi kebisaan dalam menikmati musik.

    Tak hanya musik, seni lainny juga.

    Seniman memberikan hiburan pada yg membutuhkan. Hati, jiwa, pikiran.

    Seniman yg menghibur lalu diharagai oleh yg terhibur. Indah! Betapa jujurny dan indahny seni. Kalo begini tak ada yang rugi. Seniman senang, yg dihibur juga senang. Indah!

    Berpikir ala seniman asik lo. Coba deh!

    Q jadi pngen tau apakah ada seniman yg begitu berseni sehingga dia dpt hidup dengan me-nomor-sekiankan uang… Pasti ada.

    Salam hangat untuk semua, calm down guys…

  32. Chito_desk says :

    Huahahahaha,asik juga y liat posting tentang pro dan kontra,..Sungguh maha hebat Tuhan ciptakan manusia dgn pola fikir dan akal masing2,udah ah,g k0mentar tentang pro dan kontra,intinya,saya punya impian,mw MLM or bukan,kalo gda action y te2p ja cuma mimpi,makanya,ayo semua fokus di kerjaan masing2,bhagiakan ortu,sejahterakan istri,sekolahn anak,..Jangan sia2kan hdp hanya untk hal yg tak perlu,hidup hanya sekali

    berjiwa besarlah agar anda lbh sigap jalani hidup πŸ™‚
    go freedom,be excel diamond

    dewa_ruci@rocketmail.com

  33. Destiny says :

    Wedewh…jadi bingung nih kk….
    wa dah setor duid 2 juta nih…
    eh ternyata orang2 tianshi g ada yg menyenangkan…
    maksa2 terusss…
    g peduli gw lagi stresss….nenek gw meninggal….sahabat tlah tiada…mereka kok pada g punya kesetiakawanan…gw disuruh2 cari orang terusss….
    hiks…gw ngerasa klo gw ni jadi romusha jaman jepang…
    trus klo gw g kerja…tu duid kan hasil jual komputer..padal komputer adalah nyawa studi aku..
    hiks..hiks…
    kk kk yg pengertian…help me
    thanx from me

  34. eral says :

    setuju sekali dengan artikel di blog ini..

    saya udah 3x ditawarin ikutan tianshi, dan yang terparah adalah kemarin…
    saya disms oleh orang yang mengaku mendapatkan nomor hp dari teman saya…
    awalnya menggirukan : menawarkan pekerjaan part time dengan gaji 800rb/bulan..buat anak kuliah yang kos, tentu penghasilan segitu udah lumayan banget
    nah,dia ngajak ketemuan, dan saya diajak ke suatau tempat (namanya Bussines Center)..tentu dengan nama kayak gitu saya belum menyadari kalau itu bisnis MLM…tapi ternayat saya dibawa ke ruang seminar, mengikuti ocehan yang persis sama seperti yang diungkapkan di blog ini…
    Seminar yang terdengar seperti angin surga…tapi saya tidak mau terbawa arus begitu saja seperti orang-orang di sekitar saya (yang sebagian sudah member yang menjadi pemandu sorak) …di tengah-tengah acara, saya keluar dari ruangan, dan seluruh peserta riuh bertepuk tanga…tak apa malu sedikit, yang penting tidak terjebak dalam bisnis nggak sehat seperti itu…
    Tuhan memberikan kita kesuksesan asal dengan jalan yang baik, dengan kerja keras, pantang menyerah,,,bukan dengan cara yang instan dan menipu orang..

  35. Recca says :

    MLM????
    yah Menjual Lewat Mulut.

  36. eka says :

    Kasian bgt orang” yg posting buang-buang duit tp cma bwt jelek-jelek’n perusahaan yg dah maju/go international. Meski kalian gag ikt tianshi, tianshi ttp maju kok, and tianshi gg aqn nunggu org yg negatif bgtttt bwt gabung kq. Pikir” lg deh. Emang d suruh kerja keras, tp qn itu jga bwt kalian sndri”, qn klo sukses yg ska qn kalian bkn org yg mempresentasi kalian yg bangga jga ortu kalian, keluarga kalian, anak” kalian. Makanya smua itu ambil segi positifx. OkeYYYY. . . . . .

  37. wkwkwkwkwk says :

    yaaa.. sbnrnya kasian juga sih gw,, mereka di suru bayar gitu 2jt, trus ikud seminar2 gtu bayar lagi tentunya,, trus hrus ktmuan di sana sini ongkos lagi tntunya,,
    dan 1 hal lagi.. waktu.. waktu adalah uang man.. lw buang2 waktu 1 orng gw liat si 2 jam-an gtu aplgi orngnya gak trtarik.. mkn lama deh tu wktu bwt presentasi..

    iya lah di fanatik.. 2 juta man !! gede !! wkwkwkwkwkwkwkwk

    mereka bilang (“drpda kerja2 gtu gak kaya2, mnding ikud”)
    anda sadar tdk y? jelas2 kata2 ini bukti bahwa mereka memanfaatkan ketidak kritisan dan kemalasan anda ..

    malas itu setan bos,, gara2 malas buyar semua.. kenapa anda takut kerja? anda putus asa jalanin hidup? klo mmng tianshi itu benar gak usah kerja aj semua ikut tianshi aj semua.. gak ad penemuan2 baru yng memajukan dunia ini -kiamat-

    kasian gw ama member tianshi, mungkin kbnykn dijauhi.. dan mereka ad yng membuang waktu untuk kuliah.. bahkan keluar dari kuliah.. mereka tergait mimpi tanpa action (baca:kemalasan)

    makanya udah lah..
    mnding lw semua ikutin perkembangan dunia ini.. drpd kaya gtu gak jelas.. berkereasi kan lbh baik bos? ya gak?

    mmber mlm itu gw liat sih mmbuang wktu bwt seminar2 gak jelas gtu.. katanya cuma bwt 2 thn.. tp ad jga yng gak berhasil.. sia2 2 thn umur dia..

    harapan hidup orang 60 thn.. 2 tahun itu sayang bgt lho klo dibuang bwt gituan doang.. lagian klo tu bisnis bangkrut.. lw dpt uang drimana misal lo udah tua? miskin deh..

    jngn mls lah.. setan lo banyak tu,,, fanatik gak jelas gtu
    kasian ckckckck

  38. herve says :

    lain guru beda ilmu..pro kontra wajar.. jng saling mengangu..buat wawasan aja! tpi dlam hatiku,ogaaaahh bangettttt!!!!!!!!!

  39. risha faiq says :

    #

    begini ya mas..
    menanggapi kata2 mas tentang yang part 2 td..
    dsni saya sudah mengikuti bisnis mlm tersebut..

    begini..
    sebelum mengikuti bisnis MLM tersebut, saya juga mencari2 artikel ttg MLM tersebut..
    saya mencari sisi baik dan buruknya..
    dan selama ini, saya hanya mendapatkan masalah yang selama ini dipermasalahkan oleh orang2, y mslahx cuma itu2 aj..
    yg bilang haram lah..
    boong lah..
    bikin rugi lah..
    dan semua itu tu, cuma lewat perkiraan orang2 aja..
    inget mas, hidup tu bkn cuma sekedar lewat perkiraan!!
    invisible is nothing klo orang bilang..

    coba deh mas pikir..
    mslh pertama..
    yang dibilang haram..
    orang2 bilang cma dr kelihatan awalnya saja..
    saya sudah mendapatkan kalo MLM tianshi it ga haram lho..
    butuh bukti?
    emang jaman sekarang ad yang menyelewengkan bisnis money game yang berkedok MLM..
    dan MLM yang boleh dijalankan itu juga ada syarat2nya..
    tau ga? klo Rasulullah dulu pernah gunain sistem kayak gini juga?
    pokoknya, saya sudah punya bukti itu semua lah..
    bilang ke aku kalo butuh..
    ok?

    yang kedua..
    ada yang bilang kalo itu boong kan?
    kalo saya bilang itu g boong, dan saya punya buktinya gimana?
    semua orang yang bilang klo itu boong tu, mereka cuma kenal bisnis ini cuma sepintas..
    saya dulu juga gitu..
    menurut saya dulu, bisnis kayak gini mana ada?
    awalnya emang keliatan bgt klo ini semua boong..
    tapi, bis it, aq cri2 semua infonya..
    n ud ad buktix mlah!
    trus mw ngmg ap lg lu?

    dan yg terakhir..
    seperti yg mas bilang td..
    bisnis ini pasti bikin rugi?
    knp mas?
    gr2 manusia di dunia bakal punah?
    emang mas bilang kayak gitu ud ad bukti yang rugi mas?
    disina saya ngmg dlm konteks orang2 yang mengikuti bisnis ini, dia ud ngerti ttg ini semua, dan dia sungguh2 dlm ngerjain bisnis ini lho mas..
    ad g?
    bingung?
    g ad kn?
    yg saya dapati selama ini tu y, orang2 yang gagal dalam bisnis ini tu, orang2 yang asal ikut tiens aj..
    pdhal dy tu g ngerti sma skli ttg seluk beluk n caranya..
    ngerti?
    td bilang ap?
    manusia bkal hbis dan yg terakhir ikut pastu rugi?
    duh mas, mas ud umur berapa sih?
    gini dh, dlu diajarin ips g sh?
    ud tw perkembangan penduduk di bumi ini gimana?
    kalo lum tau, aq ksh tau deh..
    yg di Indonesia aja ya mas..
    taon 1930 ni, di Indonesia tu ad penduduk jmlahnya 60700000! terus, tahun 2005, ad 213375000! gimana tuh?
    bnyak bgt kn?
    pemerintah aja bingung gimana nanggulangi peledakan penduduk itu..
    ko mas bsa pede bilang bkal kekurangan orang bwt ikut MLM?
    tau g sh, klo tiens thu berdiri dr kpn?
    taon 1992 tau mas!!
    dan amp sekarang, lum ad tuh, mslh yg kyk mas bilang..
    manusia tu g ad hbisx mas..
    di dunia tu pd pusing orang2 mikirin gmn nanggulanginya..
    eh, mlh mas bsa bikin permisalan semudah itu?
    duh duh..

    pesenku ni ya mas..
    kita thu jadi manusia hrus kritis..
    kritis dlm semua hal..
    kerjaan..
    agama..
    diri sendiri..
    dll..
    saya dulu juga kayak mas..
    memandang tianshi cuma dalam hal perkiraan aja..
    tapi saya mencoba kritis mas..
    saya bru msuk tianshi tepat seminggu yang lalu lho..
    dan saya sekarang masih berumur 16 tahun..
    msa mas klh kritis am ank ingusan seperti saya?
    malu atuh mas..

    mksh bwt smwx..
    klo mnrt mas pendapat mas emang bener..
    tolong tanggapi comment saya donk..
    ok?
    makasih..

  40. jojo says :

    entah guru, sopir taksi, tukang besak, koki, programmer, mlm, pedagang…

    SEMUA CARI ORANG

    guru = cari murid
    sopir taksi, tukang becak = cari penumpang
    programmer = cari klien, ato kebalikannya klien = cari programmer
    mlm = cari downline
    pedagang = cari pembeli

    jadi semua usaha juga cari orang, jangan jelek2kan suatu usaha jika kamu belum tau seluk-beluknya, oke.

    damai ajalah!
    jangan adu domba!
    males

    • mimi says :

      * jojo : okeh deh om

    • Gembolo Geni -Utusan Akherat !!! says :

      Lha kalau orang mw Usaha BUNUH DIRI alias PENGAN MODARRRRRRRRRRRR???? Cari Siapa mennnnnnnnnnnn? Yang di cari Cuma Racun Serangga,Kerta Api jalan,Jurang,Sumur bahkan ada yang Nekad Cari Menara Listrik dan Tiang tuk bunuh diri!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Yang pazteeeeee itu USAHA juga tooooohhhhhhhh.Faktanya gak Cari ORANG gitzuuuuuuuu lhaowwwwww!

  41. mimi says :

    ni temen” kan udah aq bilang..
    klo mo kelahi di pintu pagar sana ajj..
    tuh pintu keluar ada di samping..
    hihihihihi πŸ˜›

  42. alfarizzy says :

    aslmkm wr.wb
    ni gw mau cerita pengalaman pahit gw waktu gw join tiens.

    gw dulu masih inget ketika gw di presentasi sama orang yang g gw kenal. waktu itu dia ngaku saudaranya dari temen gw yang gw kenal dengan baik dan kebetulan jg satu kampung sama gw. waktu itu gw kuliah di jogja. dia ngajakin gw bwt kumpul-kumpul mau bikin komunitas mahasiswa padang. Gw sih pada waktu jg agak heran karena komunitas mahasiswa padang di jogja udah ada…, tapi terus gw konfirmasi k temen gw tersebut emg betul org yg ngajakin gw ntu adalah saudara dari temen gw tersebut tapi dia g tau saudaranya itu mau ngajakin gw ngapain. gw kira waktu itu kumpul2 sambil makan2. Ehh tau2 nya gw di bwa pake mobil n diajakin k sebuah gedung pertemuan n d presentasiin tiens. gw mau kabur waktu itu g bisa karena gw gak punya kendaraan. gw terus di tahan2 sampe malemnya. waktu itu emg pertama kalinya gw d presentasiin tiens. gw sangat tertarik waktu itu sampe akhirnya gw join 2,3 jt yang padahal itu adalah tabungan gw selama 1 tahun buat beli motor. katanya waktu di presenteasiin itu, untuk mencapai *8 kira kira butuh waktu 1 sampai 2 tahun. Setelah itu gw pikir kalo emang betul bwt apa gw nabung mending di investasiin. Setelah gw join tiens tau2nya yang katanya modal 2.3 juta sekali seumur hidup ternyata bohong sama sekali. setelah itu kita harus ikut diamond club biar naik peringkatnya jadi cepat n harus belanja sebesar 600 rb lagi. Upline gw terus maksa2 bwt ikutan diamond club,, yang sebenarnya untuk naik peringkat di tiens sama aja yaitu NYARI ORANG SEBANYAK BANYAKNYA.

    Singkat cerita awal gw join dulu 1 hari gw join besoknya gw ajak temen langsung join *3 n besoknya langsung g aktif. Seteleah itu gw gak dapat2 downline lagi seteleah presentasiin sebanyak 23 orang dalm 1 bulan. Karena gw waktu itu downlinenya gak nambah2 upline *6 gw g bantu lagi n malah manfaatin gw. Laptop gw dipinjam katanya bwt presentasi cmn 1 hari, ehh taunya malah di bawa k kebumen bwt jaringannya yang disana sementara gw yang di jogja di tinggalin sampe laptop gw g balik2 selama lebih satu bulan. Dia terus ngeles cari2 alasan bwtnunda ngeablikn laptopnya. gw bilang “kan bapak udah *6 dengan penghasilan 3 sampe 8 juta perbulan masa g mampu beli laptop. ” Gw tanyain k upline nya yg *7 katanya dia gak tau sama sekali, padahal tiap hari sabtu *7 gw itu opp k kebumen gak mungkin gak tau. Sejak saat itu gw ngerasa emg benar kata orang bahwa bisinis mlm adalah bisnis tipu menipu. sejak saat itu g pernah terlalu percaya sama orang. Sejak awal bwt janji aja tiens udah gunain cara yang tipu menipu. Mudah2an gw doain segala sesuatu yang dimulai dengan tipu menipu tidak akan menghasilkn sesuatu yang baik,

    gw juga ngerasa selama join terlalu memandang rendah pekerjaan orang lain,, sifat egois gw jadi tinggi.Hubungan gw sama teman jd buruk tiap minggu gw di paksa sama upline buat beli tiket OPP untuk di jual k prospekan. padahal tiket minggu sebelumnya masih ada,, tetap aja dipaksa bwt ngambil tiket OPP tiap minggunya.Y habis semua kiriman orang tua tiap bulannya bwt operasional tiansi. belum lagi pulsa bwt phone session. Yang bikin gw gak senang upline *7 gw memandang rendah orang yang kuliah di perguruan tinggi katanya “capek2 kuliah bertahun-tahun cmn dapat ijazah”, yang artinya sama saja merendahkan ilmu pengetahuan.

    waktu awal join dulu dijanjiin,,kalo selama 4 bulan modal g balik tapi selama kita ikut sistem peta aset unicore modal dikembalikan,,, yang ternyata semua itu hanya bulshit belaka. padahal waktu d presentasiin pertama kali g d jelasin sistemnya itu kayak apa. Secara akal sehat g mungkin kita ikut sistem,, yaitu :
    1. harus hadir disetiap pertemuan yang dibuat upline padahal gw juga kuliah y g mungkinlh….
    tujuannya agar upline gak bangkrut bwt nyewa ruangan atau gedung, karena setiap kita masuk gw harus bayar htm 5000
    2. gw liat di PAU(peta aset unicore) itu cuman diagram2 doank, jadi CL, EXEL, n seterunya ….
    menurut pendapat gw g mgkn sistem yang d bikin PAU itu terpenuhi selama 4 bulan.

    Bicara mengenai impian, padahal impian gw awalnya bukanlah BMW, kapal, villa yang semuanya di ukur secara materi. impian gw dulunya bisa menjadi orang yang besar di bidang ilmu pengetahuan yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Gara-gara tiens gw berpikir segala sesuatu diukur secara materi.

    akhirnya gw memutuskan untuk berhenti dari tiensi. dari pengalaman gw di atas mungkin gw tidak menyalahkan tienshi nya sendiri, tapi mgkn gw lebih menyalahkan kebanyakan oknum tiens yang kurang baik,, gak tau apakah itu terbentuk dari sistem duplikasi yang diajarkan di unicore atau tidak.
    sekali lagi ini hanya pengalaman serta pendapat saya pribadi.

  43. Gembolo Geni -Utusan Akherat !!! says :

    Tak gendong…kemana-mana! sini dong, enak dong! dari pada naek busway kesasar…mendingan tak gendong toh…,enak toh! mantep toh!!!!! yapz….! daripada Jadi Orang Sok Sukses-Sok Gagal-Sok Pinter-Sok Goblog-Sok Menasehati-Sok olok-olok! pertanyaanya,apa yang anda dapattttttttttttttttttt? Sakit hateeeeeeee? Benciiiiiiiiiiiii? Ngomel-ngomel…………Paling-paling semua UJUNGNYA CARI DUKUNGAN AMA SIMPATISAN DOANG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Gak usah MUNA dechhhhhhhhhhhhh!!!!!! Ngaku aja Broooooooooooooooooo! DUNIA INI ADA SIANG JUGA MALAM! Lha kalo kamu minta Siang terussssssssssssssssssss,apa elo gak kepanasan terus MODARRRRRR??????????????????????? Lha kalo minta Malam teruussssssssssssssssss! apa yach gak kedinginan,beku terus MODARRRRRRRRRR juga?????????????????????????????

    Daripada adu Argument…………………….mending Ngumpulin POint Pahala Ke AKHERAT!!!!!! Disana kagak ada gicuuu-gicuaaaaaan! Gak pake Ricuh kaya elo2 pade! Hidup Pizzzzzzzzzzzzz Fulllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll bin Bangettttttttttttttttttttttttttttttttt!! keren Abizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz! Kalau Anda tidak Percaya,,,,,,,,,,,,,,Silakan MODARRRRRRRRR duluan! Di tungggu Malaikat Pencabut Nyawa Tuuuuuuuuuch!

  44. mojo says :

    Melianature indonesia adalah jawaban dr orang-orang yg trauma akan MLM

  45. mas bro says :

    makasih gan postingannya

Trackbacks / Pingbacks

  1. MLM Tianshi in my opinion… (Part 3) « Charles’ Notes… - 10 Juni 2008

Tinggalkan Balasan

