MLM Tianshi in my opinion… (Part 1)

Tulisan berikutnya:

Warning: Tulisan ini dibuat bukan untuk mendukung atau menjelek-jelekkan bisnis multi level marketing. Ini hanyalah pendapat dan hasil pemikiran saya saja atas bisnis ini. Kalau ada yang bertanya, kenapa saya memasukkan nama merk “Tianshi” di judul, itu karena satu-satunya MLM yang saya tahu (baca: pernah diprospek dan dipresentasikan sistemnya).

Suatu hari beberapa tahun yang lalu… Saya menerima SMS dari seorang teman yang mengajak saya untuk ketemuan. Katanya, dia ingin menawarkan kepada saya sebuah bisnis yang bagus. Dia cukup berhasil membuat saya penasaran dengan bisnis tersebut dan akhirnya kami pun bertemu.

Pertemuan diawali dengan pertanyaan: “Apa yang menjadi cita-cita atau impian saya”. Lanjut… Dia mengeluarkan sebuah buku yang dia sebut “alat bantu presentasi”, dan dia mulai mempresentasikan kepada saya mengenai bisnis tersebut, yang kemudian saya tahu bahwa itu adalah bisnis MLM alias “Multi Level Marketing”, secara lebih spesifik, MLM Tianshi.

Kalau yang sudah ikut, atau setidaknya sudah pernah dipresentasikan mengenai bisnis ini, tentunya mengetahui bagaimana sistem dari bisnis ini. Diawali dari bintang 1, 2, atau 3, merekrut orang lain untuk menjadi downline, agar kita dapat naik jadi bintang 4, 5, 6, 7, 8, bronze lion, silver lion, gold lion, diamond, dll, yang pastinya semakin tinggi tingkatannya semakin besar bonus yang didapat. Termasuk di dalamnya terdapat bonus uang puluhan juta, mobil BMW, kapal pesiar, sampai pesawat.

Saat itu, teman saya membukakan bahwa sudah ada mahasiswa Indonesia yang meraih BMW, juga membukakan tentang produk kesehatan herbal (Tianshi) yang mereka tawarkan. Dia menceritakan pengalamannya menggunakan produk Tianshi saat menjelang ujian, yang meningkatkan stamina dan membuatnya berhasil menahan kantuk dalam belajar, dll dll… Modal awal yang dibutuhkan untuk menjadi bintang 3 adalah 2 juta rupiah. Singkat cerita, di akhir presentasi, saya cukup tertarik untuk ikut di dalam bisnis tersebut.

Karena saya adalah seorang anak yang baik :mrgreen: , saya menceritakan tentang bisnis tersebut ke orang tua saya dan meminta pendapat mereka (apakah sebaiknya saya bergabung atau tidak). Saya melihat bisnis tersebut adalah bisnis yang positif dan dapat menjadi sangat menguntungkan. Namun, saya cukup terkejut ketika orang tua saya dengan suara bulat tidak mengizinkan saya untuk ikut dalam bisnis tersebut. Jujur saat itu saya tidak melihat sisi negatif dari bisnis tersebut (karena semua yang dipresentasikan pada saya adalah hal-hal yang positif, baik-baik, indah-indah, dan menggiurkan). Karena itu, saya sebenarnya kurang bisa menerima penolakan dari orang tua saya. Namun, ternyata orang tua saya telah lebih dahulu mengetahui tentang bisnis tersebut, dan mereka tidak memperbolehkan saya untuk ikut. Mereka lebih mengerti akan bisnis itu, meskipun alasan-alasan yang mereka kemukakan tidak memuaskan saya saat itu.

OK, sekali lagi sebagai seorang anak yang baik :mrgreen: , saya mematuhi orang tua saya. Maka, saya mengatakan pada teman saya bahwa saya tidak bisa ikut dalam bisnis tersebut (meskipun dalam hati masih pengen ikut tuh).

Seiring berjalannya waktu, saya mulai mencari tahu lebih dalam tentang bisnis MLM Tianshi ini, baik dari internet, dari teman-teman saya yang lain, dan saya sendiri mulai memikirkannya (sok mikirin… ๐Ÿ˜› ). Saya menemukan cukup banyak hal mengenai bisnis MLM Tianshi ini yang tidak diberikan pada saya saat presentasi, dan menemukan adanya beberapa hal yang ditawarkan bisnis ini yang membuat saya tidak damai sejahtera. Pada akhirnya, saya bersyukur waktu itu saya tidak menuruti emosi saya (untuk gabung dalam bisnis ini) dan memilih untuk mendengarkan orang tua saya.

Hasil-hasil pemikiran saya mengenai bisnis MLM Tianshi ini akan saya bagikan pada tulisan saya selanjutnya. So, stay tuned… ๐Ÿ˜€

~to be continue

Tautan:

Tag:, , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

40 responses to “MLM Tianshi in my opinion… (Part 1)”

  1. mia says :

    iya charles, saya juga pernah, tapi kalo saya sih justru awalnya skeptis, apalagi saua kecewa karena orang yang mengajak saya “ketemu” mengajak ketemu dengan alasan “kangen, udah lama nggak ketemu” dan ternyata presentasi MLM tianshi, saya kecewa karena memang ingin ketemu, ternyata dia hanya bertujuan bisnis. lalu karena saya menolak, saya sempat dibujuk2 sampai agak “memaksa”, sehingga sampai sekarang saya tidak respek dengan sistem rekrutmen MLM sejenis ini.
    ya, segala sesuatu sebaiknya emang dipertimbangkan benar2 ya, selalu ada baik-buruknya, dan ternyata orangtua memang lebih tau ya les=)

  2. ridlomuslim says :

    mas charles, tulis aja semua yang anda ketahui tentang tianshi ini,sebab keluarga saya pada gila-gilaan ikutan bisnis ini. pada tahun 2003 saya sudah didaftarkan oleh seseorang untuk ikut bisnis ini. namun tidak saya jalankan, sbab menurut saya menyalahi kodrat. saya tidak butuh pesawat, saya butuh ketenangan hati dan istri setia

  3. Andra says :

    Silakan dilanjutkan part yang berikutnya.

  4. Charles says :

    @mia:
    iya mia, orangtua memang lebih tau dari kita, kalo kata orang, sudah makan asam garam, hehe… Btw, satu poin yang akan saya bahas pada postingan selanjutnya ternyata mia juga mengalaminya. Jangan lupa baca sambungannya ya, mia… hehe ๐Ÿ˜€

    @ridlomuslim & Andra:
    ditunggu aja ya part 2-nya… ๐Ÿ˜€

  5. hanggadamai says :

    nunggu part selanjutnya juga

  6. RedZz de Lady says :

    ayo2, semangat!!!

    gw juga pernah Lho diprospek TianShi sama temen gw..
    tapi kebetuLan waktu itu gw Lagi ikut QuestNet, jadi……………
    *some text missing*

    ~to be continued on the next post

    =p

  7. winwin says :

    Jadi teringat dengan amway.. dulu diajakin tante ketemuan dengan alasan ‘makan malam di sarina’ eh taunya malah nyasar ke perkumpulan orang2 yang lagi berapi-apinya memamerkan keberhasilan mereka karena menjalankan bisnis amway.. sempat bengong juga malah perut lagi keruyukan gitu lagi :(. Pas disitu aku diajak ikut seminar leadership dengan catetan bayar 600rebo. Karna aku ga mau ikut, jadinya aku dibilangin tante supaya ikut pertemuan (apa gitu namanya) yang bayar 50rebo supaya lebih ngerti gunanya seminar leadership. Aku iyakan dengan maksud supaya tau aja , eh taunya sampe disono aku malah dipaksa harus ikut seminar leadership sampe tante ku yang nyodor2in kartu kreditnya supaya aku dapet tiket *bukan dibayarin loh* akhirnya jadi deh aku dapet tu tiket dan berhutang sama tante..

    dan tau kah sodara2 apa isi seminar nya??? ga laen dan ga bukan cuma mamerin apa aja yang udah didapat oleh member2 yang udah banyak downline nya (ada jabatannya gitu de) padahal tuh judul seminar LEADERSHIP tapi isinya sama sekali gda hubungan nya dengan itu. Harusnya seminar berlangsung dua hari, tapi aku ga ikut hari keduanya karna tiketnya sengaja aku basahin dan robek2in jadi tanteku gda alasan buat ngajak aku kesono.

    sejak saat itu aku bertekad dengan bulat hati untuk tidak mengangkat telp tante ku, maupun orang2 yang aku kenal dalam bisnis itu. mending langsung say no aja de ke bisnis mlm seperti ini.

  8. misugijunz says :

    uang itu akar kejahatan….

    just remind what Bible said…

  9. mia says :

    les, ditunggu lho part-2nyaa

  10. Charles says :

    @mia:
    iya mia… sabar ya, maaf lama… diusahakan besok atau hari minggu sudah bisa jadi tulisannya… btw, makasih loh dah ditungguin ๐Ÿ˜€

  11. Charles says :

    @RedZz de Lady:
    Mana nih lanjutannya? ๐Ÿ˜›

    @winwin:
    Yah, MLM itu memang banyak kedoknya… Memang harus semakin berhati-hati di jaman ini…

    @misugijunz:
    sedikit ralat, cinta uang itu akar kejahatan… ๐Ÿ˜€

  12. winterwing says :

    orang tua mas pernah diajak. apakah ia menjalankan sistemnya? teman mas punya upline yang lebih berhasil yang tentunya telah ia diceritakan. mas bisa cari uplinenya. teman mas mengjak bisnis agar kaya. apakah orangtua mas kaya?
    informasi yang kurang? apakah mas benar-benar siap menerimanya?
    tidak damai sejahtera? apakah itu?

  13. Charles says :

    @winterwing:

    orang tua mas pernah diajak. apakah ia menjalankan sistemnya?

    Ya, orang tua saya juga pernah diajak oleh teman orang tua saya… Tetapi orang tua saya sendiri tidak ikut bisnis ini.

    teman mas mengjak bisnis agar kaya.

    Benar… Ini adalah motivasi yang ditawarkan oleh teman saya ketika mengadakan presentasi. Untuk menjadi kaya…

    apakah orangtua mas kaya?

    Kok jadi nanya orangtua saya kaya atau tidak? Orangtua saya tidak kaya, tapi syukurlah berkecukupan…

    informasi yang kurang? apakah mas benar-benar siap menerimanya?

    maksud pertanyaan mas yang ini apa ya?

    tidak damai sejahtera? apakah itu?

    Itu adalah perasaan saya mas… Kalau ditanya kenapa begitu, mungkin tulisan saya di part-part selanjutnya bisa menjelaskannya…

  14. iwan says :

    @winterwing
    Member MLM apakah kamu ini…?

  15. mystic88 says :

    sayah jg bahas ini tianshi
    solitaryplatitude.wordpress.com

    juga bro masak
    masak0007.wordpress.com

    bro bravo
    bravo9862.wordpress.com

    bro anthony
    anthonysteven.wordpress.com

    dan tim tianshi watch
    http://www.tianshi-watch.com

    monggo mampir ๐Ÿ™‚

  16. rian says :

    wah seandainya saya baca blog ini dari awal. saya sudah terlanjur ikut meski belum terlalu jauh.saya justru merasa beruntung karena terlambat baca blog ini!!

    memang nggak semua yang saudara tulis salah, tapi saya rasa anda cuman memandang “hal tsb” dari satu sisi sudut pandang……

    setiap usaha memang terdapat +/- nya….

    memang “berbohong” adalah hal yang (teramat) buruk karena segala sesuatu yang diawali dengan kebohongan belum tentu berujung pada kesuksesan, bahkan munkin terjerumus ke jurang kegagalan, saya (akan) selalu berusaha jujur dalam setiap presentasi.

  17. Charles says :

    @mystic88:
    oke… saya mampir deh… hehe ๐Ÿ˜€

    @rian:
    memang benar semuanya memiliki sisi positif dan sisi negatifnya. Presentasi yang baik adalah yang memperlihatkan kedua sisi, sisi positif dan sisi negatifnya. Itulah yang dikatakan presentasi yang jujur.

    Seandainya semua distributor Tianshi seperti Anda, jujur di dalam setiap presentasinya (tak ada kebohongan atau hal yang disembunyikan)… Keep that good attitude. ๐Ÿ˜€

  18. jhorlin says :

    hai mas charles n tmen2 pengikut idiologi “Menurut Pemikiran Saya”

    salam knal sy jhorlin,maaf sy tdk sengaja membaca blok mas ye,dari tadi baik dari opini mas charles n tmen2 yang negatiiiiiif mulu,g ada positifnya.wah saya jd kasian.tmen saya pnah blang ttg sikap orang pd umumnya.kalo ya positif bgabug dengan positif jd positiflah hasilnya,kalo positif bgabung dgn negatif mk negatiflah hasilnya bgitu jg sebaliknya n kalo negatif digabung ma negatif maka positiflah NEGATIFLAH.tnyata memang baner euy.mas n tmen selalu blg menurut “pemikiran saya”.mas cari info ya mbo yg lengkap,baca buku yang lengkap tanya ma yang yang ahli,saya rekomedasikan ma ktua APLI misalnya??BpK Helmy Antamimi.org yg paling tau ttg MLM.Msuk kek ke situsya RTK,klo g bs ya bli bukunya n di baca,klo ada buku2 yang negatif jg bisa di baca.pkoknya bgus deh..
    jd dpt info ya yg jelas n kongkrit.td ada sy baca slah satu partisipan mas y intiny g btuh kaya(duit) yg ptg hidup tnang???,cb di kroscek BBM naik sembako naik n apa2 naik dy msh tng g,mungkin tmen mas itu klo blanja bwt kbutuhanny pake daon kali yee ??? org bangun masjid aja pake duit n kencing jg pake duit,ato kencingny di tiang kali ye??? klo hanya memandang duit sj di MLM salah basar,mas uda bahas jg sedikit ttg itu tp msh kurang sy menyarankan cri lagi mas info y lengkap,duit emang bkn segala2nye tp segale2nye btuh duit,bwt blog ini jg btuh duit n tmen smua nulis comment jg pake duit di warnet bkn pake daon,kasian sy,tp krn ini “Mnurut Pemikiran Saya”(Mas Charles N tmen2) yah mo dibilang apa lagi.percuma..????tp its okeylah.itu masukkan jg,ttg prioritaskan keju2ran.Distributor(seorangan) yg mas n tmen2 anggap g ju2r kok knenya k MLMnya ato TIENSnya???Mmmmm…..aneh ya??sy kasi beberapa info.RTK (Robert T.Kiyosaki) dlm Bukunya Bussiness school n bukuny y laen(maenlh k Gramed!!!)menyarankan org2 hrus puny bisnis sendre dy merekomendasikan MLM,apalagi org2 spt mas charles n tmen2.RTK & Donald Trump dlm Why we want you to be rich” jg sama,merekomendasikan MLM,Mikhael Gorbacef,KH.Hassim Muzadi (distributor TIENS),AA Gym bahkan punya MLM sendre,Slh 1 bpk Marketing dunia Hermawan Kartajaya merekomenasikan hal yg sama,bahkan penelitiannya dy di TIENS,Buku terbarunny yg di launching taon lalu d PBB jg pnelitiannya di TIENS.org2 ini “Menurut Pemikiran Saya” tentunya bkn org bodoh ya????bgmana menurut mas???apakah mrk org bodoh???asal ngomong,barang kali???.
    ato mungkin di suap,menurut pemikirang mas n tmen2 ^_^?mereka yang bodoh ato mas n tmen2 yah???.apapun yg ada d pemikiran kalian yah,wajar2 saja.Kan “Menurut Pemikran Saya”???qt bebas berekspresi kok ^_^.
    Sy ulangi ye,”Menurut pemikiran saya” mereka org pinter n sy pcaya ma mrklah???Kan “menurut pemikiran saya”.
    so be wise n carefullah??? ^_^
    Mbok ya dtg k NDT,biar dapat info y jlas.ato 24 Agustus 2008 do glora bung karno,disana SBY meresmikan kerjasama tiens dgn Prusahaan2 bsar n Raksasa dunia.ato nonton acaranya Unicore n Tiens di Trans7 jm 11.00 WIB stiap sabtu.oiya klo mo blajar itung2an dtg k NDT,mungkin uda pernah dtg kali mas,disana ada pembahasan itung2an yang jelas.
    oke duech mas,gud luck yah.ini hanya menurut pemikiran saya ajah.maaf klo ada yg menyinggung.
    GBU.

    • asdar says :

      Jumlah orang sukses itu sedikit pak, hanya mereka yg punya mental sukses yg mampu meraihnya.
      sukses utk bapak Jhorlin

  19. det. Conan says :

    “Ini hanyalah pendapat dan hasil pemikiran saya saja atas bisnis ini”

    Kalo masih pendapat dan hasil pemikiran mending jangan di posting ke web ya..

    Sebaiknya apa yg disebut “pendapat dan hasil pemikiran” anda tersebut di cross checked khan lebih dulu ke banyak…sekali lagi banyak pihak..dan pihak2 tsb bukan hanya dari pihak yg pro/negatif dgn Tiens…harus imbang dari yg pro n kontra dari yg gagal di tiens sampe yg sukses di Tiens..setelah itu anda pikir2 pikir2 ulang lagi (dengan hati nurani) apakah jadi di posting ato tidak

  20. poniran sam says :

    aku terus terang nyesel join di bisnis ini. tp ga nyesel ama produknya.
    org2 atas pada bermulut besar smw.
    perbandingan org yg sukses dng yg tdk di bsnis ini 1:1000
    mendingan aku mulai berbsnis dr nol aja keak donald trump ama robert kiyosaki.
    toh mereka smw ga kaya lwt mlm.
    cm pak trisulo dan bwahanya yg sukses di bisnis ini. merekapun pndpatanya ga sekaya lampard yg gajinya 2,6 M per pekan.
    maaf, ini hanya pemikiranku.

  21. ANTO says :

    biasa orang awam yang pikirannya dan mentalnya hanya sebatas pegawai atau bisnis sendiri memang begitu, kata sukses hanya dilihat dari kekayaan, kalo kita bisa melihat dengan akal sehat, MLM adalah bisnis yang sangat menjanjikan, kita lihat negara-negara maju, semua mengadopsi MLM sebagai pendongkrak perekonomian mereka, tidak perlu jauh2, negara tetangga kita, singapore dan malaysia, mereka punya kekayaan alam apa??? tapi mereka punya otak untuk berfikir bagaimana caranya bisa kaya tanpa selengkap indonesia. itu namanya sukses bro… bisa ngebantu sukses orang lain juga….tapi kita masyarakat indonesia terlalu cemen….karena banyak hanya pengen kaya sendiri, pada korupsi bisanya……
    kalo tidak mau ikut MLM nda usah memperbesar mulut doank,,,, hidup itu pilihan, gara2 oarang-orang brengsek man money game mengatas namakan MLM, rakyat indonesia jadi banyak anti MLM…..perjuangan belum brakhir, kita tunjukun, kita bisa sesukses singapore ato malaysia……

  22. Shun says :

    @Anto: Singapore & malaysia bnyak mlm ya bro?

    Saya sangat ingin tau lebih detail tetang bisnis ini

    http://blog.shun-setiyabudi.co.cc/ada-apa-dengan-mlm/

  23. MLM ITU BENAR says :

    MENEURUT SAYA BISNIS ITU SANGT BAIK DAN JUGA SANGAT MENGUNTUNGKAN, SAYA SUDAH GABUNG DENGAN BISNIS INI DAN MENURUT SAYA SANGAT MENGUNTUNGKAN….JADI AMBIL SIFAT POSITIF NYA BUKAN HAL YANG NEGATIV

  24. Chito_desk says :

    Uang memang bukan segalanya,tapi segalanya butuh uang,di bisnis tianshi bukan hanya finansial yg saya dapat,tapi juga kawan2 baru,perkumpulan org positif dari latar blkg yg brbeda2,keluarga baru yg lebih “real”,tiada tujuan lain saya ikut berkomentar selain ingin mengajak teman2 sesama manusia untuk belajar dan berjuang bersama,bangkit dari keterpurukan,berhenti mengkritik yg tidak perlu,ketahui lebih dalam,kenali para “leader” maka anda akan menemukan jalan,..Menuju sukses(inspirasi:Berfikir dan berjiwa besar/David J.S)
    para pemimpi teruskan perjuangan,go freedom be excel diamond

    dewaruci@rocketmail.com

  25. Chito_desk says :

    Uang memang bukan segalanya,tapi segalanya butuh uang,di bisnis tianshi bukan hanya finansial yg saya dapat,tapi juga kawan2 baru,perkumpulan org positif dari latar blkg yg brbeda2,keluarga baru yg lebih “real”,tiada tujuan lain saya ikut berkomentar selain ingin mengajak teman2 sesama manusia untuk belajar dan berjuang bersama,bangkit dari keterpurukan,berhenti mengkritik yg tidak perlu,ketahui lebih dalam,kenali para “leader” maka anda akan menemukan jalan,..Menuju sukses(inspirasi:Berfikir dan berjiwa besar/David J.S)
    para pemimpi teruskan perjuangan,go freedom be excel diamond

    dewa_ruci@rocketmail.com

  26. wkwkwkwkwk says :

    yaaa.. sbnrnya kasian juga sih gw,, mereka di suru bayar gitu 2jt, trus ikud seminar2 gtu bayar lagi tentunya,, trus hrus ktmuan di sana sini ongkos lagi tntunya,,
    dan 1 hal lagi.. waktu.. waktu adalah uang man.. lw buang2 waktu 1 orng gw liat si 2 jam-an gtu aplgi orngnya gak trtarik.. mkn lama deh tu wktu bwt presentasi..

    iya lah di fanatik.. 2 juta man !! gede !! wkwkwkwkwkwkwkwk

    mereka bilang (“drpda kerja2 gtu gak kaya2, mnding ikud”)
    anda sadar tdk y? jelas2 kata2 ini bukti bahwa mereka memanfaatkan ketidak kritisan dan kemalasan anda ..

    malas itu setan bos,, gara2 malas buyar semua.. kenapa anda takut kerja? anda putus asa jalanin hidup? klo mmng tianshi itu benar gak usah kerja aj semua ikut tianshi aj semua.. gak ad penemuan2 baru yng memajukan dunia ini -kiamat-

    kasian gw ama member tianshi, mungkin kbnykn dijauhi.. dan mereka ad yng membuang waktu untuk kuliah.. bahkan keluar dari kuliah.. mereka tergait mimpi tanpa action (baca:kemalasan)

    makanya udah lah..
    mnding lw semua ikutin perkembangan dunia ini.. drpd kaya gtu gak jelas.. berkereasi kan lbh baik bos? ya gak?

    mmber mlm itu gw liat sih mmbuang wktu bwt seminar2 gak jelas gtu.. katanya cuma bwt 2 thn.. tp ad jga yng gak berhasil.. sia2 2 thn umur dia..

    harapan hidup orang 60 thn.. 2 tahun itu sayang bgt lho klo dibuang bwt gituan doang.. lagian klo tu bisnis bangkrut.. lw dpt uang drimana misal lo udah tua? miskin deh..

    jngn mls lah.. setan lo banyak tu,,, fanatik gak jelas gtu
    kasian ckckckck

  27. New comers MLM says :

    woooi kerja keras donk!!! mana ada kaya mendadak tanpa kerja keras… kalo orang jawa u gampang nglokro (gampang nyerah). nasib gak akan ditentukan oleh perusahaan tapi ditentukan oleh kita sendiri.. perusahaan hanya memfasilitasi..

  28. gha unicore says :

    MLM……bisnis yang nyari2 orang tuh…… sebenarnya kalo dilogikain tuh gampang banget….supir angkot nyari2 orang ga???? nyari2 orang khn???? tapi nyadar ga??? ga da yang nyadar….kalo kita naek angkot keuntungannya apa??? cuma ringanin kaki doank….keuntungan lain???
    berpikirlah secara logis…..

  29. agung2001 says :

    nice post,,
    keep going bro,,

  30. Dedy says :

    wah..asssiknya juga ini blog…Membhas ttg MLM…aq dulu paling suka melampiaskan kekesalan ku terhadap agent2 MLM …di blog2 victim prospecting……

    Banyak MLM untuk ngajakin aq u joint…tapi semua tak tolak…

    Pada saat Bank tempat aq Kerja mengalami merger dan aq salah satu yang di PHK….
    dan akhir melamar sana sini….akhirnya diterima …..and sama lagi ..PHK lagi……..dan akhir bener nganggur…..dan keputusan ku untuk membuka usaha jasa catering……dan lumayanlah dan ujung2nya ……..konsumen mulai sepi…….PUSING LAGI

    sedangkan kebutuhan banyak maklum punya anak 3 masih sekolah…..aq pusing…….

    akhir Agent2 MLM berMunculan lagi…..mereka menawarkan aq u joint lagi….akhirnya berkat dorongan keadaan keluarga……dari sekian banyak MLM…..akhirnya aku pilih salah satu….muda2han ngak KETIPU…..awal coba2……….ngak enaak di telp, sms , maklum temen satu kantor dulu yg udah join duluan……

    Singkat cerita…Proses waktu, belajar dan mengubah paradigma ke arah yang POSITIP, dan MAKLUM hidup ini PILIHAN dan Impian untuk ibadah dan membesarkan Anak…..

    Banyak Ketemu temen2 anti MLM….AQ UDAH KENAK CUCI OTAK…sama Agent MLM……..
    intinya Setiap Orang yang sudah memilih tentu sudah tau AKIBATNYA…………

    BISNIS TEMPAT SAYA JOINT adalah BISNiS yg diBEDAH di BLOG INI…….MANTAP….

    HAL POSITIP dlm Bedah Bisnis….Berbuat pembaca u berpikir 2 kali u bergabung dalam Bisnis yang MENURUT PIKIRAN MEREKA MENYESATKAN….

    Waktu kami melakukan Presentasi ada peserta membawa isi blog ini..yg di print…dan mereka menanyakan keabsahan…..toh mereka NEGATIF…akhirnya POSITIF….Intinya tanyakan Pada orang yang tau ttg MLM….bukan Manusia ANti MLM (NEGATIF KELAUT AJA)

    SUKSES SELALU…

    THANK ATAS PROMOSI GRATIS..BLOG INI……

  31. dziela says :

    kalo nerima info yang baru secuil jangan banyak coment” yang g jelas, kalo udah mendalami baru boleh blak blakan, yang saya tau tentang MLM tuh bagus, tp banyak segelintir orang yang mengatasnamakan MLM ternyata hanyalah permainan uang (money game) kalo rekrut orang dapet bonus tanpa ada hal yang real (jual beli) itu bukan bisnis tapi money game, tapi di bisniss ini kita ngeluarin uang 2 juta kita dapet barang, dan bisa kita jual kembali atau kita konsumsi sendiri, mungkin sekarang anda bisa membuka mata lebar”, supaya anda bisa melihat jelas perbedaan antara pebisnis dan penipu…. semoga bermanfaat ini hanya sekedar share za, …….
    ^_^…..

  32. Tiens says :

    MLM:-P. bintang 1 sampe bintang 8.hahaha
    Smua itu bohong dan merugikan 100%.
    Alhamdulillah aku g jadi ikut.masak hanya dengan modal 2 jt dlm 8 bulan bisa 1 miliar ngimpi x.:-P wkwk

Tinggalkan Balasan

