Di Balik Kegagalan Selalu Ada Hikmah…

Wah, sudah cukup lama juga ya saya tidak menulis dan membalas comment di blog ini. Cukup banyak hal yang terjadi selama itu. Sesuatu yang akan saya ceritakan pada tulisan saya kali ini…

Minggu lalu (karena sekarang sudah hari Senin, hehe) dapat dikatakan menjadi minggu yang buruk bagi saya. Kenapa? Pertama, saya menjalani dua ujian sepanjang minggu itu, dan dua-duanya dapat dikatakan “gagal”. Padahal seharusnya, saya cukup bisa di mata kuliah tersebut. T_T Berikutnya, banyak hal yang ada di pikiran, dari urusan di Fasilkom, PO Fasilkom, sampai urusan gereja dan keluarga. Sebenarnya, minggu ini bukanlah minggu yang teramat padat untuk saya, tetapi minggu-minggu mendatang sudah banyak deadline tugas menunggu untuk diselesaikan, dan betapa banyaknya hal yang harus saya lakukan (setidaknya sampai dua bulan ke depan). ~tema PJ jumat kemarin tentang hal kekhawatiran cukup mengena…

Lalu, apakah yang akan saya tulis di sini? Apakah saya akan mengeluh karena semua hal di atas? Jujur, awalnya keluhanlah yang keluar dari mulut saya. Sampai-sampai saya kehilangan semangat, juga untuk menulis di blog ini (untungnya sekarang sudah sembuh, hehe). Namun, setelah saya merenungkan lagi, keluhan hanyalah menambah berat beban ini. Keluhanlah yang membuat saya menjadi tidak semangat. Akhirnya, saya memutuskan untuk tidak mengeluh, sebaliknya, malah bersyukur untuk semua hal yang boleh ada dan terjadi di dalam kehidupan saya.

Tidak mudah untuk bersyukur di tengah banyaknya hal yang tidak mengenakkan terjadi di dalam hidup kita. Saya pun merasakannya. Tapi, setelah saya merenungkan, setiap hal tersebut dapat terjadi di dalam hidup saya karena Tuhan mengizinkan itu terjadi, dan itu semua adalah untuk kebaikan saya. Saya mengingat sebuah lagu syukur, yang liriknya berbunyi seperti berikut:

Syukur pada-Mu ya Allah atas s’gala rahmat-Mu
Syukur atas kecukupan dari kasih-Mu penuh
Syukur atas pekerjaan, walau tubuh pun lemban
Syukur atas kasih sayang dari sanak dan teman

Syukur atas bunga mawar, harum, indah, tak terp’ri
Syukur atas awan hitam dan mentari berseri
Syukur atas suka-duka yang Kau b’ri tiap saat
Dan Firman-Mulah pelita agar kami tak sesat

Syukur atas keluarga, penuh kasih yang mesra
Syukur atas perhimpunan yang memb’ri sejahtera
Syukur atas kekuatan kala duka dan kesah
Syukur atas pengharapan kini dan selamanya

Ada satu bagian yang unik di dalam lirik di atas. “Syukur atas suka duka”. Ya, kita harus bersyukur setiap saat, di saat suka dan di saat duka.

Di tengah “kedukaan” saya tentang kegagalan saya dalam ujian, saya menjadi dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang yang gagal dalam ujian. Saya bisa lebih memahami mereka. Dan terlebih daripada itu, saya kembali diingatkan bahwa semua hal yang saya terima adalah anugerah dari Tuhan. Jika saya hanya mengandalkan kekuatan saya saja, saya pasti akan jatuh… Saya juga diingatkan untuk lebih tekun dalam belajar, dan untuk lebih bijak di dalam membagi waktu yang telah Tuhan berikan pada saya.

Di balik kegagalan, selalu ada hikmah yang dapat kita ambil… Dan, hikmah itu akan sangat berarti untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik lagi di masa depan. Karena itulah saya lebih memilih bersyukur daripada menganggap itu sebagai sebuah kesialan. Susah… Benar, saya merasakan kalau bersyukur di saat sulit adalah sesuatu yang susah… Tapi, ingatlah ada pelangi di balik hujan, demikian juga semua kesusahan yang kita lihat sekarang akan menjadi kebaikan pada saatnya kelak. πŸ™‚

~btw, saya mendapatkan kekuatan ketika membaca tulisan-tulisan di sebuah blog, dan ketika saya mengetahui kalau ada teman yang sama-sama berjuang seperti saya. Yah jadi, kalau ada yang bilang blogger belum bisa memberikan citra positif, saya tidak setuju… Jangan samakan blogger dengan oknum blogger. Eh, kok jadi OOT yah, hehe…

okeh… semoga saya bisa senantiasa bersyukur. Tidak hanya bersyukur, saya juga akan berusaha untuk bangkit, tentunya dengan pertolongan-Nya. Terima kasih Tuhan, untuk satu pelajaran lagi yang telah Engkau berikan padaku…

Tag:, , , , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

14 responses to “Di Balik Kegagalan Selalu Ada Hikmah…”

  1. waterbomm says :

    kek lagunya dewa
    “dibalik segala duka tersimpan hikmah yang mungkin bisa jadi pelajaran” πŸ˜€
    lagunya dalem tuh πŸ˜€
    ayoo semangat!!

  2. anwarchandra says :

    hari yang baik memberikan sukacita
    hari yang buruk memberikan pengalaman

  3. kw says :

    yang kurang “diwaspadai” biasanya kalau lagi sukses… jarang yang memikirkan ada apa di baliknya? πŸ™‚

  4. yud1 says :

    katanya sih,

    “good things makes me happy. bad things makes me stronger. I have no complaints with life anyways.”

    [OOT]

    Jangan samakan blogger dengan oknum blogger. Eh, kok jadi OOT yah, hehe…

    bukaann! salah itu! :mrgreen:

    bukankah seharusnya ‘jangan samakan blogger dengan hacker’? 😎

    [/OOT]

  5. yud1 says :

    *baca komen sendiri*

    yah, typo… jadi salah grammar deh tuh.

    ~ya sudahlah
    ~thanks anyway πŸ˜‰

  6. Okta Sihotang says :

    ha..ha…
    semangat mas….okta magh, pasrah aja UTSnya πŸ™‚

  7. kamal87 says :

    watermelon char πŸ™‚

    postingannya mirip sama postingan gw yg ini
    kenapa mengeluh?

  8. hanggadamai says :

    Kita harus selalu bersyukur ya mas…

  9. sigid says :

    Syukur atas suka duka selalu menjadi hal berat dari waktu ke waktu dan tidak semua orang bisa melakukannya. Ada juga yang bisa mengucapkan syukur namun hatinya tetap sedih, hanya sebatas ucapan.

    Sepertinya ada satu alasan lagi untuk bersyukur ya mas, yaitu mampu bersyukur dalam suka duka :mrgreen:

    Tetap berjuang mas ….

  10. oscarz says :

    Saya kayaknya lebih gak beruntung 😦
    harus bersyukur selalu, dan masih ada harapan untuk berjuang di semester ini. kalau ada waktu luang maen senam jari ini yah… πŸ˜€

  11. tunik says :

    ya, bersyukur memang selalu meringankan langkah saya didalam menjalani kehidupan ini… Jadi bersyukurlah atas diri kita apa adanya..

  12. Charles says :

    @all:

    thanks yah… πŸ˜€

  13. RedZz says :

    Cha,
    besok gw muLai UTS untuk pertama kaLinya..
    hihihi.. serem juga nih.. /:D

    ciayo with your Life, Cha.. /jiayo
    gw juga nih..

    (nb. UTS: Ujian Tu Suramm…)

  14. bluethunderheart says :

    dan aku bersyukur kamu mau bersahabat denganku.
    sukses dan semangat terus ya.
    salam hangat selalu

Tinggalkan Balasan

