Naik Kereta Gratis

Kisah ini berawal dari kemarin malam, di tengah belajar untuk ujian anum (baca: analisis numerik), seorang teman memberikan informasi ini kepada saya:

March 28, 2008, 4:27 pm
31 Maret, KRL Jabotabek Tetap Jalan

KRLmania.com,
Beredarnya kabar akan adanya aksi mogok massal seluruh karyawan Divisi Jabotabek yang tergabung dalam Serikat Pekerja Divisi Jabotabek pada hari Senin, 31 Maret 2008 nanti, , membuat resah banyak pengguna KRL Jabotabek.

Mereka berharap, aksi mogok tersebut tidak mengganggu operasional KRL Jabotabek pada hari Senin nanti.

“Bener gak sih mau mogok ?. kalao mau mogok mbok ya di hari libur aja,” uajr sorang Roker.

Kabar mengenai aksi mogok ini dibantah oleh Kepala Humas Daops. I, PT KA, Ahmad Sujadi. Menurutnya Serikat Pekerja tidak akan melakukan aksi mogok. Kemungkinan memang akan ada aksi demo, tapi bukan mogok massal. Aksi demo ini akan dilakukan oleh karyawan Kowasjab, Koperasinya Karyawan PT KA Divisi Jabotabek yang selama ini mempekerjakan karyawan penjual tiket di stasiun-stasiun. “Mereka bukan karyawan PT KA, tapi tenaga outsourcing yang dipekerjakan oleh Koperasi untuk menjual tiket KRL Jabotabek,” ujarnya.

“KRL Jabotabek akan tetap beroperasi,” ujarnya.

(nc)

Berhubung pagi ini ada ujian di kampus saya di Depok jam 8 pagi, dan saya biasanya menggunakan jasa kereta api untuk mengantarkan saya dari Stasiun Kota jam 6 pagi setiap hari Senin, issue pemogokan membuat saya agak khawatir…

Seperti biasa, saya sampai di Stasiun Kota jam 6 pagi. Masuk ke dalam stasiun, dan cukup terkejut melihat loket tidak dibuka. Ada satu petugas yang meminta saya untuk menuju loket yang lain. Saya pergi ke loket yang lain… Sesampainya di sana, saya melihat banyak orang berkerumun, tetapi loketnya tidak dibuka juga… Dag dig dug… “Wah, jangan-jangan beneran mogok nih?” T.T

Setelah mengamati beberapa lama, saya melihat banyak petugas yang berkerumun di depan pintu tempat penjualan tiket… Ternyata, mereka tidak dapat membuka pintu tersebut (yang saya juga tidak tahu kenapa, mungkin karena yang membawa kuncinya tidak datang alias mogok!?). Wah, bagaimana ini, pas saya ada ujian jam 8 pula…

Akhirnya, ada petugas yang mengatakan, “Ya udah… Masuk aja ke peron… Ga usah pakai karcis.” Masuklah saya bersama kerumunan orang yang lain ke dalam peron tanpa membawa karcis. Sang penjaga karcis pun berkata, “Ayo… Hari ini gratis…”. Untuk pertama kalinya, saya naik kereta GRATIS (bukan karena ga mau bayar loh, hehe).

Untunglah kereta berjalan seperti biasa (malah sampai di tujuan lebih cepat dari biasanya), dan tidak terjadi gangguan di perjalanan. Ternyata, pemogokan tidak selalu berdampak negatif buat konsumen (seperti saya)… πŸ˜›

~sering-sering gitu, KRL bisa bangkrut nih…

Tag:, , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

8 responses to “Naik Kereta Gratis”

  1. teddywijaya says :

    Coba dateng ke stasiunnya jem 6 lewat (naek kereta yang selanjutnya), bakal rebutan tiket deh…

    Charles:
    Wah, beruntung dong ya tadi, hehe… Btw, jam 6:15 masih free tuh. Abis itu rebutan ya? :mrgreen:

  2. _on says :

    gara” takut keretanya kenapa”, jadinya begitu denger klo ekonomi ac tujuan depok udah persiapan berangkat dari st.manggarai, akhirnya gw memutuskan naik ekonomi ac.. brangkat dari tebet jam stnga 7,, nyampe d kampus jam 7 lewat dikit XD baru kali ini gw dateng secepet itu bwt kuliah XD lumayanlah masi bisa blajar lagi d kampus..

    ~btw, keknya gw kenal ma temen lo yg ngasi informasi itu d tengah belajar untuk ujian anum :p ehehehe

  3. hanggadamai says :

    abis naek kreta, ujiannya bisa langsung posting ya?? πŸ™‚

  4. sigid says :

    Eh, saya juga penumpang kereta mas, tapi jurusan Jakarta-Jogja PP, sering bolak balik tiap bulan.
    Terlepas dari bagaimana kondisinya, kereta tetap jadi pilihan nomor satu bagi banyak orang.
    Semoga saja PT. KAI lebih memperhatikan pelayanannya πŸ˜€

  5. Okta Sihotang says :

    tahun lalu, okta naik kereta api dri tebing ke medan..rame amat uey penumpangnya..iyalah, wong kereta api ekonomi πŸ™‚

  6. romy says :

    Hoho, lumayan tuh gratis.
    ~Saya jarang naik kereta sih

  7. Charles says :

    @_on:

    Wah, harusnya kita sampainya ga beda jauh dong ya…

    ~_on hebat loh, bisa tau siapa, hehe…

  8. Charles says :

    @hanggadamai:
    abis ujian, sempet merenungi nasib nilainya dulu, baru deh posting… hehe

    @sigid:
    Wah, sesama pengguna jasa kereta… Kereta emang pas deh dari segi ekonomi dan ga kena macet… Kereta ekonomi AC juga uda cukup nyaman dan aman. Cuma emang kalo kereta ekonomi jam-jam tertentu uda kaya ikan sarden. Semoga PT KAI terus maju deh… πŸ˜€

    @Okta Sihotang:
    Iya, di sini juga rame banget kalo naek kereta ekonomi jurusan tertentu, jam-jam tertentu… Saya juga pernah mengalaminya.

    @romy:
    iya lumayan banget, apalagi setelah mendengar antrian beberapa menit sesudahnya… :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

