Sariawan

Kemarin malam, saat sedang makan, saya secara tidak sengaja menggigit mulut saya sendiri. Meskipun sedikit, darah pun keluar. Satu hal yang terbayang di pikiran saya, luka ini akan menjadi sariawan yang tidak mengenakkan, dan akan saya alami cukup lama sebelum luka itu akhirnya pulih kembali.

Sariawan memang sesuatu yang tidak mengenakkan. Tapi, dari sana, saya dapat belajar sesuatu. Belajar apa? Seperti sariawan, satu gigitan dapat mengakibatkan sariawan berkepanjangan, begitu pula di kehidupan ini, satu kesalahan bisa mengakibatkan hal yang tidak mengenakkan yang berkepanjangan. Ambillah contoh, sebuah kata-kata kasar dapat mengakibatkan luka pada hati orang yang menerima perkataan tersebut. Hubungan pun dapat menjadi tidak baik karenanya. Contoh lain, satu kesalahan dalam perhitungan saat ujian dapat mengakibatkan jawaban akhir yang salah. Dan, jika soalnya adalah pilihan ganda, kesalahan tersebut bisa mengakibatkan kita mendapat nilai nol untuk soal tersebut.

So, apa yang harus kita lakukan? Kembali ke peristiwa saya mendapat sariawan, sariawan itu saya dapatkan karena saya mengunyah makanan dengan terburu-buru. Kesalahan akan lebih banyak timbul saat kita menyelesaikan sesuatu dengan terburu-buru dan tidak hati-hati. Maka, kita harus lebih berhati-hati dan teliti di dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan. Ingatlah, ketidakhati-hatian dan ketidak-telitian kita bisa mengakibatkan kerugian yang besar (seperti halnya sariawan) yang harus kita tanggung. Berpikirlah sebelum bertindak. 😀

~semoga sariawan ini bisa cepat sembuh…

Tag:, , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

One response to “Sariawan”

  1. mimi says :

    minum abotil om charles…
    hha

Tinggalkan Balasan

