Cinta Sejati

Cinta sejati? Pernahkah terbayang, cinta sejati itu seperti apa sih? Cobalah bayangkan Anda menerima cinta sejati itu… Apakah yang akan Anda lakukan? Tentunya Anda akan berusaha untuk membalas cinta itu bukan? Yah, yang saat ini akan saya bahas adalah mengenai cinta… Bukan cinta biasa, tapi cinta yang sangat luar biasa, kasih terbesar telah saya terima, yang telah didemonstrasikan 2000 tahun silam…

Hari ini adalah hari Jumat Agung, hari di mana umat Kristen memperingati kematian Yesus Kristus 2000 tahun silam. Sebuah kematian yang didapatkan dengan cara yang sangat hina dan tidak pantas, penyaliban! Hukuman salib adalah hukuman yang sangat menyakitkan. Kebanyakan hukuman mati membuat terhukum secepat mungkin mati (seperti hukuman tembak, kursi listrik, dll.). Tapi, hukuman salib ini tidaklah demikian. Terhukum akan merasakan penderitaan kesakitan yang sangat menyakitkan sebelum dia akhirnya mati. Bayangkan, dua paku pada tangan kiri dan kanan, serta sebuah paku pada kaki harus menyangga berat tubuh terhukum. Tak terbayangkan…

Yang lebih menyakitkan lagi, Yesus tidak hanya disalibkan. Dia juga dicemooh dan disesah sebelum penyaliban itu. Dan, dia harus memikul salib hingga ke bukit Golgota tempat Dia disalibkan. Penelitian “manusia kain kafan” menyebutkan terdapat 726 bekas luka cambuk pada tubuh Yesus. Luka yang disebabkan oleh cambuk berduri, yang sekali cambukannya dapat mengangkat daging orang yang dicambuk. Saya membayangkan, kalau hanya tertusuk jarum saja sudah sakit, apalagi dicambuk 726 kali dan dipaku? Tak terbayangkan…

Lalu, apa yang membuat Yesus harus disalibkan? Apakah karena dosa-dosa-Nya? Ternyata tidak demikian. Inilah cinta sejati yang diberikan Yesus pada kita. Marilah kita lihat, mengapa Yesus harus mengalami penderitaan ini. Penderitaan ini telah dinubuatkan jauh sebelum Dia disalibkan oleh Nabi Yesaya.

Yesaya 53

1Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan? 2Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknya pun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupa pun tidak, sehingga kita menginginkannya.



3Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kita pun dia tidak masuk hitungan.

4Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

5Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

6Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

7Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.


8Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.

9Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.


10Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

11Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.



12Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.



Ya Tuhan, terima kasih untuk semua pengorbanan-Mu. Terima kasih untuk penebusan yang Kau berikan. Terima kasih untuk cinta sejati yang telah Kau tunjukkan dan berikan. Ampunilah semua dosa-dosaku. Ajar aku untuk dapat terus taat dan setia kepada-Mu.

Yohanes 15:13

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

Sumber gambar: film Passion of The Christ

Iklan

Tag:, , , , , , , , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

41 responses to “Cinta Sejati”

  1. fiksirealita says :

    Terima kasih…atas sajiannya, Salam kenal, GBU

  2. Charles says :

    @fiksirealita

    Sama-sama… Salam kenal juga. GBU too… 😀

  3. zao says :

    🙂
    Met Paskah..
    Gbu

  4. Charles says :

    @zao:

    Met Paskah juga…^^ GBU 2… 😀

  5. Ivan Wangsa C.L. says :

    Salam kenal juga…
    Blognya keren…

  6. Charles says :

    @Ivan Wangsa C.L.

    Makasi ya… 😀

  7. fahd says :

    @Charles

    Link yang anda tujukan tidak berguna mas bagi seseorang yang kebingungan mencari Tuhannya. Karena didalam link tersebut hanyalah pembenaran sepihak saja.
    KALAU MAU DIARTIKAN DENGAN KATA LAIN, LINK YANG ANDA BERIKAN ADALAH DOKTRIN.

    Trims anyway

  8. Charles says :

    @fahd:

    Sepertinya salah tempat mas, commentnya… Btw, comment-nya uda saya balas di sini.

  9. Asih Susanti says :

    Oh..my God.Berapa kali ya gw nonton film ini sering banget malah tapi gw masih aja suka nangis. Betapa besar pengorbanan Yesus Kristus untuk menebus dosa manusia.Sungguh itulah sebenarnya yang namanya cinta sejati mau mengorbankan diri kita tanpa menuntut apa-apa meskipun dicaci dan dimaki.

  10. jumali says :

    hanya orang yang stres/ bodoh yang mau di salip…….

  11. Charles says :

    @jumali:

    Memang pengorbanan itu kadang terlihat bodoh… Tapi, tanpa pengorbanan, tiada kasih…

  12. rere says :

    JC I LUV U

  13. uj says :

    orang kok nyembah orang? kan gak logis?

  14. uj says :

    sama sama orangnya kok disembah?

  15. aras says :

    love Jesus 4ever

  16. zack says :

    musyrik— musyrik… bertobatlah kalian…

  17. savetheforest says :

    dimanakah cinta sejati itu…
    mengapa sulit untuk diungkapkan

  18. ariez says :

    Sungguh besar kasih Allah.

    Salam kenal. JBU

  19. vOnY says :

    kasih memang sunggauh besar…dy berkorban tuk menebus umat manusia..tp,, mengapa manusia tetap saja tidak tahu berterima kasih dengan cara tidak menuruti perintahnya…
    dan,, masih ada saja org yg meremehkan dy tp,, tdk tw berapa besar perkorbananx pada qt…

  20. vOnY says :

    kasih memang sungguh besar…dy berkorban tuk menebus umat manusia..tp,, mengapa manusia tetap saja tidak tahu berterima kasih dengan cara tidak menuruti perintahnya…
    dan,, masih ada saja org yg meremehkan dy tp,, tdk tw berapa besar perkorbananx pada qt…

  21. irwan says :

    UJ>>manusia kok nyembah manusia?… klw kita ingin menyelamatkan ikan ((manusia,termasuk saya dan UJ sendiri)) didalam laut ((Dunia)) ,yg laut nya ada racun ((iblis)) sementara ikan itu sangat dikasihi sama manusia ((bisa saudara UJ sendiri,atau manusia yg lain yg punya cinta sejati)) yg ingin menyelamatkan ikan itu apa yg harus kita lakukan? kita beritahu kpd ikan2 itu,bhw laut tempat ikan2 itu hidup telah tercemar racun dengan pengeras suara,spt ‘toa’ dan sejenisnya? atau kita pake kapal perang nya indonesia atau negara lain untuk menangkap ikan itu dan memindah kan nya ke kolam di belakang rumah kita? ‘MUSTAHIL’. yg ada ikan itu malah takut disaat mereka mendengar suara kita atau mati disaat kita mau pindahin ke kolam dibelakang rumah kita ((emang ada kolam yg bisa nampung ikan selaut)).. satu2 nya cara ada lah kita harus merubah diri kita menjadi ikan2 itu dan mengajak mereka ke tempat yg aman. sial nya ikan2 yg mau diselamatkan itu sok pintar,belagu,keras kepala, malah berkata kpd manusia yg berubah jd ikan itu bhw dia adalah setan. begitu juga dgn Yesus Kristus,DIA disebut anak ALLAH bukan berarti dia anak ALLAH hasil biologis ((emang kapan seh ALLAH married)) tp karena DIA berasal dari ALLAH!!! saya lahir di medan,tentu orang menyebut saya anak medan,bukan anak jakarta? karena saya memang bukan anak jakarta. tujuan Yesus turun ke dunia sama spt ilustrasi yg saya ceritakan td. sekarang kita telah disediakan makanan,tergantung kita,ingin kenyang? kita harus raih makanan itu,ingin lapar tetap duduk manis di tempat anda dan jgn beranjak. ingin diselamatkan? segera temui jalan keselamatan ((Yesus Kristus)) itu. God Bless Us

    • juan says :

      jangan perdebatkan agama siapa yang terbaik n yang benar mending jalani jalan mu menurut keyakinan yang u miliki

  22. Messianic says :

    TUHAN ALLAH ORANG KRISTEN IYALAH YAHWEH

    * LIHAT KAMUS PALING BELAKANG DI KITAB SUCI

    YAHWEH MEMBERKATI

  23. maria says :

    hiks hiks… Tuhan Yesus baik banget yah… I Love U Jesus forever
    tak dapat kubalas cintaMu bagiku Bapa

  24. Adie says :

    Dlm kitab injil ada mengatakan akan lahir seorang rasul atau pn nabi selepas nabi isa umat selepas itu di minta beriman, maka berimanlah kamu dengan dia selepas saya ….tapi semua itu di putar belit untuk kepenting para pendeta pada ketika itu dan selepas itu. Satu persoalan kenapa perlu ada perjanjian lama dan baru siapa pula kita dikalangan manusia pandai2 mengubah kalam atau kitab ataupun firman Allah siapa kita layak kah kita mengubah ubah tidak mustahil lepas ini ubah lagi mengikit citarasa pendita pada zaman itu nanti. Al Quran adalah himpunan kitab2 terdahulu kitab zabur, kitab taurat dan kitab injil. Al Quran masih asli dari ianya diturunkan hingga hari kiamat nanti. Ini lagi tak patut sesuka ati je menyalib orang lepas tu pula dia lah penebus dosa2 patutkah ko da kena siksa di suruh tanggung dosa orang pula tak patut tak patut…

  25. aku anak raja says :

    tanx buat sajian nya,
    memang tak ada kasih yang lebih besar dari kasih Yesus kepada kita,

    salam knl ya bro,

    ad w di nalle_k_@yahoo.com

    GBU,,,,

  26. aku anak raja says :

    oya sori w ada ambil beberapa ganbar dari blok,,,

  27. bimasena says :

    bima said,

  28. vin_Liv says :

    vinka: wh” jeSus is the bext..tp knp yh ad org yg msh jga ngk percya??? dasar prah…
    livia:hiks hiks astaga tuhan kasian bgt..tp demi manusia dy mw di salib..kn tuhan anak allah yang menciptakkan bmi tp kl msh ad jg org yg gx prcy itu nma’y gx brsykur n gx tau mlu

  29. yudha arrya says :

    love jesus 4ever because…
    He is my savior..Amien

  30. me says :

    bntr lg uda mw jumat agung…
    gk bwt crita2 lg mengenai JC?

  31. sherry sandra saras says :

    mskipun aku baru liat blog nie skr, ak ttp sk kok dengan blog ny….
    ak jg mw ngucapin “Happy Easter” mskipun udh telat banget

  32. GILA BLOG says :

    blogwalking yawww … sipp,,

  33. Budi says :

    Cinta dan kasih setiaNya,Dia rela untuk kita.Namun kita masih belum sadar
    atas semua kasihNya itu.Mari kita sam-sama memuliakan pengorbananNya
    dan memuji Dia sampai selama lamanya.Tmksh.Gbu

  34. Yosefa Yulianawaty says :

    Salam Kenal. Terima kasih atas cerita yang anda buat, saya sangat senang menonton film the Passion Of The Christ, tapi aku paling ngeri melihat penyiksaan atas Yesus sebelum Ia di salibkan. Betapa besar pengorban Yesus Kristus atas dosa kita umat manusia-itulah yang dinamakan cinta sejati, Dia rela mengorbankan diri untuk dosa kita tanpa mengharapan balasan apapun dari kita sebagai umatnya.
    Tapi cinta seperti itu sulit untuk di dapatkan di jaman sekarang ini, semua hanya memikirkan kepenting diri sendiri, Terima Kasih.

  35. NN says :

    Good job!
    komentar orang-orang culas dicuekin aja. Mereka ibarat ANJING yang menggongong, gak usah ditanggapin.
    GBU.

  36. Ijoe says :

    Sungguh luar biasa kasih Allah pada kita lewat pengorbanan Yesus AnakNya di kayu salib….

  37. marsel says :

    apapun yang mereka katakan, mereka tidak akan pernah memahami KASIH dan PENGORBANAN YESUS dengan pikiran mereka, karena pikiran ALLAH tidak terselami oleh siapapun, Tuhan Yesus memberkati. . … .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: