Berbagi ilmu, yuk…

Teman-teman, berbagi ilmu itu tidak rugi loh, malah menguntungkan… 😀 Saya sudah merasakannya sendiri. Memang dengan belajar, ilmu kita akan bertambah. Tapi, dengan kita membagikan ilmu tersebut, kita pasti akan lebih mengerti lagi (iya dong ya, gimana bisa menjelaskan kalau ga ngerti? :P).

Pengalaman yang telah saya rasakan tentang berbagi ilmu adalah saat saya menjadi asisten dosen. Sudah 4 semester saya menjadi asisten dosen, dan saya banyak mendapatkan hal-hal baru selama saya mencoba membagikan ilmu yang telah saya dapatkan lebih dahulu. Saya juga menjadi lebih paham akan konsep yang saya ajarkan, dan juga, hal itu membantu saya untuk tidak melupakan ilmu yang telah saya dapatkan (biasanya kalau cuma belajar tapi ga suka dipakai suka lupa tuh…).

Jadi, kalau kita berbagi ilmu, kita telah membantu orang lain (yang kita bagikan ilmunya), dan juga diri kita sendiri. Tidak hanya orang yang kita bagikan ilmu yang akan bertambah ilmunya, ilmu kita pun akan bertambah. (Yang saya paling ingat, saya baru memahami konsep penyelesaian masalah tower of Hanoi saat saya mengajarkannya. Sebelumnya, saya belum terlalu paham akan konsep tersebut…).

Berbagi ilmu itu gampang-gampang-susah. Tapi, kalau ada kemauan, kita pasti bisa. Selain menambah ilmu yang kita bagikan, kita juga bisa menambah ilmu kita dalam berkomunikasi, dan menjelaskan maksud kita kepada orang lain. Itu juga suatu ilmu tersendiri loh…

Ilmu apa yang teman-teman miliki? Ga harus ilmu-ilmu yang ada di kuliah saja, banyak ilmu-ilmu lain yang dapat teman-teman bagikan. So… berbagi ilmu, yuk… 😀

Tag:, , , , , , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

10 responses to “Berbagi ilmu, yuk…”

  1. yud1 says :

    lewat blog? it’s always a nice place to start. 😉

    tapi kadang-kadang, sesuatu yang tidak dimaksudkan sebagai ‘berbagi ilmu’ juga bisa jadi ‘pencerahan’ buat orang lain, lho. bisa dari blog orang lain, lewat cerita obrolan, atau bahkan dari melihat pengalaman orang lain.

    yah, tapi memang definisi ‘ilmu’ itu luas sekali, sih.

    ~cheers, 😉

  2. irvan says :

    ada event bagus tuh untuk nyalurin ilmu….

    Pengmas on IT…

  3. hilda says :

    eh bener yg lo bilang. jadi asdos itu bisa bikin lo tambah ngerti. ilmu yg dipendem sendiri itu ternyata emang kurang berguna

  4. kamal87 says :

    yap, blog is a good place to share our knowledge right

  5. Charles says :

    @yud1:

    Yup, setuju. Ilmu itu memang luas, dan dapat kita bagikan dengan berbagai bentuk… Bahkan, kadang kita tidak sadar sudah berbagi ilmu dengan orang lain melalui tulisan blog kita yang menurut kita biasa-biasa saja. Mungkin saja kan? 😉

  6. Charles says :

    @irvan:

    Detail pengmas on IT gimana tuh van? 😀

    update:

    abis liat “iklan” pengmas on IT di SCeLE… Pengen ikut sih, tapi waktunya nih yang susah. Ga bisa hari sabtu… T.T

  7. Charles says :

    @hilda:

    Betul hilda… Setelah jadi asdos baru berasa kan? hehehe…

  8. Charles says :

    @kamal87:

    Setuju… Tapi tergantung isi blognya juga sih. Sekali lagi, blog hanyalah tools. Apakah tools itu akan dimanfaatkan dengan baik atau tidak ya tergantung pemiliknya… Tapi blognya kamal bagus loh, bermanfaat… Saya rekomendasikan deh… 😀

  9. Ricky says :

    Betul sekali…
    Dengan berbagi ilmu jadi lebih paham, bukan saja yg dibagi ilmunya, tapi juga yg membagi ilmunya, istilahnya ini seperti simbiosis mutualisme (hubungan yg saling menguntungkan).
    Gw juga merasakan hal yg sama sih…

    @Charles:
    Kapan2 gw bagi2 ilmu diplomasi gw… (ilmu yg banyak berisi trik ucapan dan tindakan yg logis berdasarkan keadaan/kebiasaan yg terdapat pada lingkungan/orang/benda)
    Btw, kalo ga salah sekitar hari lu posting ini tulisan, di kos gw jg terpikir mau posting hal ini jg di blog gw, cuma blom sempet aja… Akhir2 ini bisa terpikir hal2 yg hampir sama nih… :p

  10. edi says :

    setuju gua juga berpikir kenapa banyak orang gak mau berbagi ilmu

Tinggalkan Balasan

